Halo ada yang masih belum tidur? Apakah kamu sedang mengalami stress atau memikirkan soal hubungan percintaan yang hampir di ujung tanduk? Hal-hal tersebut tentunya membuat kamu susah tidur karena otak yang dipaksa bekerja dan memikirkan berbagai macam masalah. Selain banyaknya masalah, banyak juga faktor yang membuat kamu sulit tidur seperti memikirkan skripsi, hutang, masalah keluarga, mantan pacar, atau bahkan karena kecanduan nonton filem.

Tapi susah tidur ternyata sangat bahaya sekali lho! Kamu bisa saja sedang terjangkit penyakit insomnia akut karena sangat sulit sekali memejamkan mata. Bahkan seringkali kamu belum bisa tidur sampai subuh.

Apa Itu Insomnia?

Loading...

Sebenarnya insomnia adalah penyakit susah tidur yang sangat akut. Namun, insomnia bukanlah penyakit fisik seperti demam, batuk, pilek, dan lain sebagainya. Penyakit yang satu ini memang tergolong menyerang kondisi psikis manusia. Meskipun sepertinya ringan dan tidak menular, tapi insomnia bisa menimbulkan dampak buruk, terutama bagi kesehatan tubuh kamu.

Apa Saja Bahayanya?

Perlu kamu ketahui kalau bahaya insomnia atau susah tidur tidak hanya menyerang kondisi kesehatan saja tetapi juga psikis manusia. Kurangnya jam tidur membuat tubuh dan otak kamu tidak bisa istirahat dengan baik. Oleh sebab itu, dampak negatif yang sering dialami banyak orang adalah seperti tidak fokus, sering lupa, kurang motivasi hidup, stress, dan bahkan sampai depresi.

Nah untuk dampaknya terhadap kesehatan tubuh antara lain bisa mengakibatkan tubuh cepat lelah, letih, lesu, dan daya tahan tubuh jadi lemah. Tak hanya itu, ternyata insomnia juga bisa memicu penyakit mematikan seperti serangan jantung, hipertensi, dan sebagainya. Ada lagi nih yang paling penting, penyakit susah tidur juga bisa memicu jerawat, mempercepat penuaan, wajah kusam, dan resiko kanker payudara.

BACA JUGA  Hiy! Dokter Temukan 200 Batu dalam Tubuh Wanita Ini

Tips Tidur Lelap

Kalau susah tidur atau insomnia menimbulkan banyak sekali dampak buruk, lalu bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja dengan tidur yang cukup dan pola hidup yang sehat. Namun, bagi kamu yang sudah terbiasa untuk begadang, pastinya sulit sekali untuk bisa tidur dengan lelap bukan? Berikut ini adalah beberapa tips jitu agar kamu bisa tidur lelap tanpa gangguan dan terhindar dari insomnia

1. Relaksasi

Karena gangguan tidur atau insomnia tidak diakibatkan oleh penyakit fisik melainkan psikis, maka cara jitu yang harus kamu lakukan adalah dengan relaksasi. Kegiatan ini bisa menstimulasi otak kamu agar berada di dalam keadaan tenang dan rileks. Kamu bisa mendengarkan musik berirama ringan sebelum tidur agar otak menjadi rileks.

2. Mandi Air Hangat

Cara yang satu ini juga cukup ampuh agar kamu bisa tidur lelap di malam hari. Cobalah untuk mandi dan berendam air hangat pada sore hari sebelum waktu tidur. Kamu bisa menambahkan aromaterapi atau sabun wangi yang bisa membuat pikiran serta badan menjadi segar. Katanya, mandi dan berendam air hangat bisa merelaksasi tubuh dan pikiran, sehingga tidur malam bisa lebih lelap.

BACA JUGA  Begini Cara Diet yang Baik dan Benar

3. Cobalah Matikan Lampu dan Alat Elektronik

Ada sebuah studi yang menemukan kalau ternyata tidur dengan lampu kamar yang masih menyala bisa memicu timbulnya kanker. Sangat berbahaya bukan? Karena itulah kamu harus mengubah cara tidur mulai sekarang. Cobalah matikan semua lampu dan gadget sebelum tidur. Cara ini sangat ampuh sekali untuk membuat kamu bisa tidur lelap di malam hari.

4. Olah Raga Teratur

Satu lagi tips bagi kamu yang punya masalah susah tidur, yaitu melakukan olah raga kurang lebih 2-3 jam sebelum waktu tidur. Cara ini ampuh juga karena membuat tubuh merasa kelelahan dan membuat kamu semakin mengantuk. Memang olah raga adalah cara paling jitu untuk membuat tubuh semakin sehat dan bugar.

5. Kamar yang Nyaman

Agar tidur kamu lelap dan berkualitas, maka cobalah untuk mengubah penataan di dalam kamar. Kamu bisa menata dan membersihkan kasur, membuat dekorasi lucu di kamar, memasang lampu tidur, memberi pengharum ruangan, dan sebagainya. Kamar dan kasur yang nyaman ternyata bisa membuat kamu merasa cepat ngantuk dan bisa tidur lelap.

Jangan pernah meniru kebiasaan orang barat yang sering mengkonsumsi pil tidur di malam hari. Meskipun ampuh, tapi hal tersebut akan memberikan dampak buruk jangka panjang bagi kesehatan. Kamu harus mengubbah pola hidup dan cara tidur mulai sekarang. Kalau ada tips alami agar bisa tidur lelap, kenapa harus bingung?

BAGIKAN