Menjalani hubungan asmara memang tidak akan pernah berjalan mulus. Akan selalu ada rintangan yang menjegal, bahkan mengakhiri jalinan yang sudah dibina cukup lama. Mereka yang tidak beruntung tidak jarang memperoleh nasib buruk—salah satunya perselingkuhan. Ketidaksetiaan dari pasangan tentunya akan membuat kita putus asa dan sulit untuk membangun kepercayaan.

Di sisi lain, hal seburuk perselingkuhan pun memberikan pelajaran-pelajaran berharga bagi pasangan. Tak ada salahnya untuk berduka, tapi jangan sampai kalian larut terlalu lama dan melupakan berbagai hikmah berharga berikut ini.

1. Karena Semuanya Akan Berakhir

Loading...

Terlalu dibayangi rasa nyaman dan kebahagiaan tanpa diiringi rasa syukur tak pelak membuat kalian dan pasangan terlena. Hal ini berlaku juga dalam sebuah hubungan, karena tak jarang kesempurnaan tadi dijadikan tameng untuk berselingkuh. Begitu kalian sadar, semuanya sudah terlambat untuk diperbaiki. Dari sini, kita bisa melihat betapa rapuhnya hubungan manusia dan salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan tidak lupa bersyukur dan menyadari keadaan.

2. Bukan Salahmu Kalau Dia Selingkuh


Loading...

Skandal perselingkuhan tak jarang membuat salah satu pihak merasa bersalah. Berlabuhnya hati sang kekasih ke tambatan lain tak jarang menimbulkan pikiran-pikiran negatif. Namun sesungguhnya, kalian belum tentu menjadi pihak yang bersalah dalam kejadian ini. Bagaimana kalau seandainya kalian sudah melakukan hal terbaik, tetapi dia tetap memutuskan untuk pergi? Di sisi lain, bukan berarti dia berlabuh ke sosok yang lebih baik. Jadi berhentilah menyalahkan dirimu atas perselingkuhan ini.

3. Mulai Belajar Mencintai Diri Sendiri

Perginya sang kekasih ke pelukan orang lain mungkin akan membuat kalian nelangsa selama beberapa waktu. Namun, setelah menyadari kefanaan hubungan dan fakta bahwa kalian tidak bersalah, segeralah bangkit untuk memulai hidup baru tanpanya. Dalam tahap ini, kalian akan menyadari bahwa hubungan asmara kadang mempengaruhi kemandirian dan membuatmu tergantung. Kemudian saat kalian sudah sendiri, kalian akan menyadari pentingnya untuk mencintai diri sendiri.

4. Kekaburan Aspek Hitam dan Putih

Perselingkuhan tak jarang mengejutkan banyak orang. Kalian yang sempat menyangka sang pasangan adalah sosok baik dan bertanggung jawab ternyata berani bermain api di belakang. Kalian mungkin akan kaget, tetapi fakta ini memberikan pengalaman baru: ternyata, tak ada yang hitam dan putih di dunia ini. Walau mulanya tidak terbiasa, kalian akan mempunyai pandangan baru terhadap orang lain dan tentunya hubungan. Perselingkuhan tak jarang mengubah seseorang jadi sosok yang lebih baik.

5. Jangan Sampai Mengubah Sesuatu

Marah, kecewa, dan sedih sering kali membuat pandangan atau kepribadian seseorang berubah drastis. Bahkan ada yang menganggap kalau perempuan atau lelaki adalah peselingkuh. Kalian berhak berduka, tetapi jangan sampai hal tersebut menyeretmu lebih dalam dan mengubah pandangan hingga dirimu jadi orang lain. Kepergian pasangan yang berani menyelingkuhimu bisa menjadi tanda bahwa ada seseorang yang siap menyayangimu lebih baik dan tentunya setia dibandingkan sang mantan.

6. Belajar Memaafkan dan Berdamai

Pada akhirnya, kalian harus menerima keadaan dan berdamai dengan situasi sulit tersebut. Apalagi kalau kalian memang ingin segera move on dan menjalani hidup baru. Sebagai langkah awal, kalian harus bisa memaafkan kesalahan yang tidak bisa ditarik lagi. Memaafkan mungkin terasa berat, tetapi menyimpan dendam hanya akan membuat kalian kian nelangsa. Sikap ini juga tidak akan melemahkan kalian di depan sang peselingkuh. Justru memaafkan menunjukkan kekuatan kalian menghadapi cobaan.


Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here