Kesemutan atau paresthesia dalam bahasa medis dan/atau dalam bahasa sunda sering disebut juga sebagai singsiremeun adalah suatu keadaan tubuh dimana mengalami tekanan yang cukup lama sehingga menyebabkan sensasi tertentu. Akibat tekanan yang terlalu lama, akhirnya peredaran darah yang harusnya dialirkan ke otak mengalami penyumbatan.

Biasanya kesemutan terjadi pada kaki dan tangan, misalnya ketika anda duduk dengan melipat kaki salama berjam-jam atau ketika anda menindih lengan anda pada saat tidur.

Anda sering mengeluh karena sering mengalami kesemutan? Jika anda mengalami paresthesia yang berkelanjutan atau dengan intensitas yang sering, alangkah baiknya anda mengkonsultasikannya kepada dokter yang lebih tahu, karena sebenarnya kesemutan juga bisa memberikan ciri-ciri suatu penyakit, maka dari itu janganlah menyepelekan suatu penyakit ini.

Loading...

Biasanya apabila paresthesia yang anda alami memburuk, akan disertai dengan munculnya ruam, pusing, kejang otot, beser atau lebih sering buang air kecil, nyeri leher, nyeri jari, nyeri lengan bawah, tubuh terasa lemas, kehilangan kesadaran, dan gejala yang tidak biasa lainnya.

Nah, lalu bagaimana sih cara mencegah kesemutan itu sendiri? Berikut ini kami akan membahas mengenai cara-cara untuk mengatasi paresthesia, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang mempunyai keluhan mengenai paresthesia. Berikut adalah cara mengatasi paresthesia:

  1. Lakukan gaya hidup yang sehat
BACA JUGA  Foto-foto “Before” dan “After” yang Bakal Bikin Anda Ingin Ubah Gaya Hidup

Mulai dari sekarang, baiknya anda memulai gaya hidup yang sehat misalkan dengan berolahraga rutin, menghindari terpapar racun, berhenti merokok, menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan yang paling penting adalah pola makan yang sehat. Apalagi bagi anda yang mempunyai riwayat keluarga berpenyakit diabetes, anda baiknya mengontrol pola makan anda.

Kebanyakan kesemutan berkepanjangan biasanya menyerang penderita berusia lanjut. Vitamin dan nutrisi yang seimbang serta olah raga yang rutin sekiranya cukup untuk membuat anda lhidup lebih sehat. Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B1 misalnya sayuran hijau, daging merah, biji-bijian, dll karena vitamin ini berhbungan dengan aliran dan rangsangan pada sistem saraf. Tentunya dengan gaya hidup yang sehat anda akan dapat menjaga berat badan ideal dan terhindar dari paparan racun.

  1. Hindari aktivitas yang membuat objek tubuh tertekan terlalu lama

Menghindari aktivitas yang tertekan terlalu lama akan membuat peredaran darah pada tubuh kita lancar. Hal ini jelas akan menghindari terjadinya kesemutan, jangan berlama-lama menekan anggota tubuh anda, misalnya ketika anda duduk dan bersila sambil menonton tv atau bioskop dengan waktu yang tidak sebentar misalnya berjam-jam.

BACA JUGA  Seminggu Turun 7 Kg, Ikuti Cara Kilat Ini

Hindari juga menulis dengan posisi sambil tiduran tengkurap, Hindari tekanan yang berlebih pada tangan anda ketika ditindih kepala saat tidur. Hindari penggunaan sepatu yang terlalu kecil karena hal itu akan menekan peredaran darah dan saraf kaki anda.

  1. Jaga sikap tubuh yang baik

Mulai dari sekarang biasakan sikap tubuh yang baik misalnya menggunakan kursi tegak ketika akan menulis, jangan menekuk organ kaki dan tangan dengan waktu yang lama, istirahatkan jari anda dan tangan anda ketika sedang mengetik dan menulis, anda bisa melakukan peregangan secara sederhana untuk melancarkan kembali peredaran darah di tubuh anda.

Jika anda mengalami kesemutan berkepanjangan dan anda berkonsultasi ke dokter, anda pasti akan diberikan perlakuan seperti tes darah, tes elektromiogram, pemeriksaan cairan, tes saraf, tes MRI, dan tes medis lainnya. Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai cara mengatasi kesemutan, smeoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua!

BAGIKAN