Mendapatkan kemandirian secara finansial tidak dapat dikejar dalam semalam dan juga tidak akan terjadi hanya dengan tahu bagaimana cara memotong anggaran. Tapi, dengan begitu adalah cara yang baik untuk memulai.

Seperti banyak orang mengatakan, bertahan lebih sulit dari pada juara.

Bertahan dengan uang yang saat ini Anda miliki adalah cara terbaik untuk mengumpulkan kemenangan kecil dan kemenangan cepat dalam usaha Anda mencapai keamanan finansial. Ini adalah hal yang harus Anda pikirkan, pertahanan adalah tempat belajar dari apa yang benar-benar dibutuhkan, selain itu juga mengasah tingkat kedisplinan.

Loading...

 

Sebagian orang berpikir untuk menghadapi kesempitan finansial, akan menghasilkan uang lebih banyak lagi. Itu sebetulnya bagus dan tidak ada yang salah untuk mencari uang lebih banyak!

Tapi yang terbaik adalah bangun tembok pertahanan terlebih dahulu. Mendapatkan uang banyak tidak akan membuat Anda kaya selama tidak tahu cara menggunakannya.


Loading...

Jika Anda tidak bisa mengelola 5 juta rupiah dengan baik dalam sebulan, tentu tidak akan lebih baik mengelola uang 10 juta rupiah.

“Manajer bisnis yang benar-benar baik tidak bangun di pagi hari dan mengatakan ‘Hari ini saya akan memotong biaya’ lebih banyak daripada dia bangun dan memutuskan untuk berlatih bernafas.” -Warren Buffett.

Pikirkan apa yang sedang mengendalikan Anda, memilih untuk bertahan hampir sepenuhnya, atau terserah Anda? Ini tidak seperti mendapatkan kenaikan gaji di pekerjaan Anda, kembali di pasar saham atau klien yang mempekerjakan Anda sebagai freelancer. Ini bukan hal buruk, tapi itu bukan taruhan yang pasti.

Jika Anda memotong biaya, Anda segera menyimpan uang itu. Ini adalah kemenangan yang dijamin untuk Anda. Pikirkan bagaimana cara memotong biaya dan area mana yang dapat Anda lakukan. Berikut adalah beberapa saran cepat dari kehidupan saya sendiri.

  1. Gym

Apakah Anda menggunakannya dan apa itu bernilai?

Bagi banyak anggota gym, ini tidak sebanding dengan biaya, terutama jika itu lebih merupakan pernyataan aspirasional daripada sebagian dari rutinitas sebenarnya. Lebih baik berlari setiap pagi dan itu gratis.

2. Mobil

Kalau membeli mobil, pilihlah yang Anda butuhkan, bukan yang terbaur dan terbesar. Jangan terjebak dengan iklan teve dengan iming-iming fitur canggih bisa ini bisa itu. Jangan juga punya supir pribadi untuk mengantar Anda kemanapun.

3. TV Kabel

Menghabiskan banyak waktu dan uang di TV adalah cara yang baik untuk menjadi kurang sehat dan kurang menyimpan uang Anda. Hal yang sama berlaku untuk banyak pilihan hiburan. Coba lagu pengantar tidur baru ini: “Netflix dan dinginkan / bunuh tagihan kabelnya.”

4. Waktu yang Tepat

Manfaatkan restaurant yang sedang mengadakan happy hour, dimana di jam tersebut segalanya akan menjadi murah. Atau cari penawaran khusus di toko atau di toko online. Gunakan saat-saat itu untuk menyimpan uang.

5. Gila Lifestyle

Hindari itu. Jauhi pengeluaran lebih banyak barang mewah, seperti gadget kelas atas atau pakaian dari desainer ternama. Itu sama saja pemborosan dengan menghabiskan tabungan dari pada menghemat.

6. Nabung Melebihi 10% per bulan

Tidak peduli penghasilan Anda, Anda mungkin akan berterima kasih pada diri Anda di kemudian hari untuk menghemat lebih banyak sekarang. Minat majemuk membutuhkan waktu untuk bekerja sesuai keinginan Anda, dan Anda perlu memberikan dorongan.

Biasanya dianjurkan untuk menghemat 10%, tapi menurut saya ini tidak mencukupi di dunia dengan masa pakai yang lebih lama, penundaan yang lebih lama dan biaya perawatan kesehatan yang meningkat. Cobalah untuk menghemat lebih banyak jika bisa.

7. Jaga Hubungan

Hal ini lebih berkaitan dengan kemajuan karir Anda daripada menghemat uang, namun tetap terhubung dengan orang-orang yang pernah Anda kenal di masa lalu atau bekerja dengan sekarang hanya dapat membantu Anda.

Bahkan jika Anda tidak merasakan manfaatnya sekarang, terus membangun hubungan Anda dengan membantu orang-orang yang Anda bisa. Belajar bagaimana mengurangi biaya, tapi modal manusia juga membayar dividen.


Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here