Pensiun memang masih kelihatan jauh, tapi itu bukan berarti kamu tak bisa mempersiapkan lebih dahulu. Dengan tips yang tepat untuk perencanaan pensiun, kamu dapat mengambil pendekatan proaktif dalam mempersiapkan masa depan bersama keluarga. Berikut ini adalah tujuh tips terbaik yang bisa digunakan.

1. Mulai lebih awal

Ketika harus merencanakan masa pensiun, sebenarnya tidak ada yang namanya dimulai terlalu dini. Sebenarnya semakin cepat memulai merencanakan dan menabung, semakin mudah dan nyaman masa depan Anda nantinya.

Loading...

Kamu bisa mulai dengan jumlah kecil dan hanya bekerja dengan cara sendiri untuk meningkatkan tabungan. Dua puluh sampai tiga puluh tahun dari sekarang, tabungan mu akan bertambah dan kamu pun akan memiliki sejumlah uang untuk dibelanjakan untuk masa pensiun nanti.

2. Tingkatkan kontribusi pensiun Anda


Loading...

Salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kontribusi pensiun adalah menunggu sampai kamu ada kenaikan gaji. Ini dapat membantu memastikan bahwa kamu tak akan kekurangan anggaran.

Jika kamu mendapatkan kenaikan gaji, pastikan persentase yang besar langsung ke tabungan pensiun. Dengan cara ini, kamu dapat melanjutkan standar hidup saat ini sambil menyimpan lebih banyak untuk masa depan.

3. Hindari penipuan

Seperti pepatah lama: “Jika terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu.”

Ada banyak orang saat ini yang bisa memberi Anda cara menarik untuk berinvestasi dan menumbuhkan uang. Meski terlihat legal, kamu tetap harus berhati-hati. Pastikan kamu melakukan penelitian terlebih dahulu dan mencari saran dari profesional sebelum memberi uang kepada orang lain.

4. Bebaskan diri Anda dari hutang

Seiring usia pensiun kamu, sebaiknya membebaskan diri dahulu dari hutang. Dengan tingginya tingkat suku bunga pinjaman akhir-akhir ini, kamu tidak ingin terjebak dengan banyak iuran begitu Anda pensiun.

Meskipun membayar tagihan kartu kredit dengan jumlah minimum untuk menghindari kehabisan uang, malah dengan cara itu akan membuat kamu akan lebih lama lagi berhutang. Ini berarti bahwa kamu akan menghabiskan lebih banyak uang daripada yang seharusnya dibayar untuk hutang.

Alih-alih memilih kenyamanan, sisihkan anggaran tertentu sehingga kamu bisa memiliki cukup uang untuk melunasi pinjaman di bank. Ini mungkin terdengar seperti kerja keras dan pengorbanan, tapi bisa mempersingkat waktu Anda membayar dan Anda bisa membebaskan diri dari hutang lebih awal.

5. Buat surat wasiat

Menciptakan surat wasiat adalah salah satu tip terlaris untuk perencanaan pensiun. Jika kamu memiliki aset dan ingin memberikannya kepada orang tertentu, kamu dapat menentukannya sesuai kehendak dan wasiat terakhir.

Surat wasiat adalah penting di mana pun kamu berada dalam hidup Anda. Namun, karena kebanyakan orang merasa tidak nyaman untuk membicarakan kematian, mereka cenderung menunda dan bahkan mengabaikan ini.

Jika gagal merancangnya, ada kemungkinan kamu berharap tidak akan ditangani dengan semestinya. Ini bisa berakhir dengan memakan waktu yang sangat lama sebelum aset kamu didistribusikan ke orang yang tepat.

7. Konsultasikan dengan ahli perencanaan pensiun

Situasi setiap orang berbeda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam merencanakan masa pensiun, kamu dapat mencari bantuan profesional. Sebenarnya ada orang yang menawarkan layanan semacam itu. Meskipun mereka dapat meminta biaya tertentu, tapi kamu yakin bahwa potongan nasihat mereka sangat berharga.


Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here