Sara Geurts, seorang perempuan blasteran Amerika Serikat-Korea, memang berbeda dari perempuan kebanyakan. Perempuan berusaia 26 tahun itu mengalami kondisi kesehatan langka yang membuat kulitnya terlihat keriput dan tampak amat kendor.

Namun, hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk terjun ke dunia modelling. Padahal, dunia modelling dikenal kejam dan lebih mengutamakan model-model dengan stereotipe tertentu seperti tubuh langsing dan kulit kencang.

Sara, perempuan asal Minneapolis, Minnesota, mengidap sindrom Dermatosparaxis Ehlers-Danlos (EDS), sebuah kondisi genetik yang disebabkan oleh kurangnya protein kolagen dalam tubuh.

Loading...

Lansiran The Sun, sindrom ini dialami 1 dari 5.000 orang. Sara adalah satu dari hanya 12 orang di dunia yang memiliki EDS.

Sara Geurts. (Instagram)
Sara Geurts. (Instagram)

Sindrom ini membuat kulitnya lembut, kendor, dan amat rapuh. Tak hanya itu, sindrom ini juga membuat sendi dan ototnya lemah dan terkadang membuatnya amat kesakitan.


Loading...

Boleh dikata, Sara cukup beruntung. Sebab ada pengidap EDS yang kerap mengalami lepas sendi hingga membutuhkan alat penyangga atau kursi roda.

“Saya perhatikan seiring bertambahnya usia saya, kondisi ini memiliki dampak kian besar di hidup saya,” katanya kepada The Sun.

“Saya menghindari pakai baju super ketat karena bisa merobek kulit saya,” sambungnya.

Sara Geurts. (Instagram)
Sara Geurts. (Instagram)

Untuk mengatasi rasa sakit pada sendi, Sara memilih perawatan alami seperti terapi pijat, akupuntur, dan mariyuana untuk pengobatan.

Awalnya, Sara tidak percaya diri pada tubuhnya. Ia selalu mencoba menutupinya dan tidak ingin bertanya soal kondisinya.

Namun, kian dewasa, Sara kian mencintai tubuhnya dan kian percaya diri. Terutama setelah ia putus cinta pada usia 22 tahun.

Sara Geurts. (Instagram)
Sara Geurts. (Instagram)

“Ini perjalanan yang sulit. Namun dengan dukungan luar biasa dari kelompok pertemanan yang saya miliki, saya mulai menghargai tubuh saya sendiri secara lengkap,” kata Sara.

Sara Geurts. (Instagram)
Sara Geurts. (Instagram)

Kini, berkat dukungan dari teman dekat yang juga fotografer pribadinya, Briana Berglund, Sara tengah meniti karier di dunia modelling.

“Saya ingin mendobrak standar yang ada di dalam masyarakat dan apa yang dianggap sebagai kesempurnaan, sehingga apa yang menjadi ketidaksempurnaan dan keunikan Anda dianggap sebagai kecantikan sejati,” ujarnya.

Sara Geurts. (Instagram)
Sara Geurts. (Instagram)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here