Sebuah foto yang memperlihatkan wajah babak belur mahasiswi Indonesia di Korea Selatan, Jessica Setia (21), membuat netizen meradang. Kabarnya, Jessica dihajar penjaga pintu sebuah klub malam di Kota Busan, Korsel.

Insiden yang dialami Jessica masih diselidiki Kepolisian Busan. Namun, pihak pejabat kedutaan Indonesia di Seoul sudah mengetahui kabar tersebut dan menghubungi yang bersangkutan untuk memberikan bantuan.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Korean Herald, Jessica mengatakan bahwa insiden ini terjadi karena si penjaga pintu klub malam “amat kasar dan rasis kepada mereka tanpa alasan”.

BACA JUGA  Rasis! Iklan Sabun Ini Dikecam Dunia
Loading...

“Mereka (penjaga pintu klub) memperbolehkan rekan-rekan saya, yang warga asli Korea, begitu saja. Ketika saya dan teman Indonesia saya ingin masuk, mereka mempersulit,” kata Jessica.

Ia mengatakan, rekannya yang bernama Gabrielle didorong oleh si penjaga hingga jatuh terjerembab. Ia pun membalas perbuatan itu dengan mendorong balik si penjaga. Tanpa ampun, Jessica pun dihajar hingga babak belur.

Pihak klub memberikan keterangan amat berbeda dengan Jessica. Mereka membantah ada diskriminasi soal siapa yang boleh atau tidak boleh masuk. Pihak klub juga berdalih bahwa penjaga pintu hanya membela diri karena Jessica melontarkan sumpah serapah dan melayangkan tinjunya ke arah si penjaga.

BACA JUGA  Kena Macet, Wanita Ini Tinggalkan Mobil untuk Kencing, Waktu Kembali Mobil Sudah Raib

Seorang polisi yang menangani kasus ini juga mendapat pengakuan dari si penjaga bahwa Jessica-lah yang pertama kali menyerangnya.

“Si penjaga mengatakan bahwa insiden itu merupakan aksi saling balas. Saat berkelahi, pipi kiri si penjaga bengkak, berdasarkan penyelidikan kami. Kami akan menyelidiki kasus ini lebih lanjut pada Senin,” ujar sang polisi kepada Korea Herald.