Sebagai ibu hamil tentu kita harus sangat hati-hati dalam memilih makanan, selain itu kita juga dianjurkan untuk memakan makanan yang bergizi serta bernutrisi lengkap. Sebab, ketika kita hamil, perut kita terisi bukan hanya untuk diri kita sendiri, namun juga si jabang bayi. Makanan yang kita konsumsi berpengaruh terhadap keberlangsungan janin itu sendiri. Oleh sebab itu kita akan mengulas sedikit mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil.

Makanan yang baik untuk ibu hamil apapun selama itu 4 sehat dan 5 sempurna tentu dapat dimakan oleh ibu hamil. Namun, ada beberapa makanan yang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungannya yang dapat memberi efek lebih jika dibandingkan makanan lain, misalnya mempercepat pertumbuhan janin, membuat ibu lebih sehat dan fit selama masa kehamilan, menjamin kesehatan janin dan lain sebagainya. Kandungan nutrisi lebih inilah yang perlu dan baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena sekali lagi, ibu hamil juga harus memberi makan janin yang sedang dikandung.

Menurut pendapat para ahli, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil yang berfungsi untuk mengembangkan janin seperti omega 3, zat besi, vitamin B12, kalsium dan asam folat.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil:

  • Telur

Telur dikenal karena kandungan proteinnya yang tinggi, selain protein telur juga mengandung vitamin dan choline yang berfungsi membantu perkembangan otak bayi selama berada di dalam kandungan. Telur mudah untuk didapat bahkan di warung terdekat, ibu hamil sangat tidak disarankan untuk memakan telur dalam keadaan mentah, telur dapat dikonsumsi dalam berbagai cara seperti biasa seperti  direbus, dijadikan telur dadar, mata sapi, dan lain-lain. Menurut para ahli, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 2 butir telur ayam selama seminggu.

  • Ikan Salmon

Makanan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah ikan Salmon. Ikan yang satu ini memang agak mahal jika dibandingkan dengan ikan lainnya, namun mahalnya ikan salmon sebanding dengan kandungan baik yang dimiliki seperti protein dan sangat kaya akan asam lemak, DHA, EPA, dan kandungan omega 3, dijamin dapat mempersiapkan Anda untuk melahirkan anak yang cerdas. Untuk ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi salmon dengan cara direbus atau dikukus, akan nikmat dimakan selagi hangat paling tidak sebanyak 2-3 porsi agar perkembangan janin optimal. Hindari juga penggunaan MSG dan bahan kimia lainnya ketika mengolah ikan salmon.

  • Daging Tanpa Lemak

Ibu hamil wajib mengonsumsi daging. Daging tanpa lemak tinggi akan zat besi yang berguna baik untuk membantu produksi hemoglobin dalam darah.  Zat besi yang dimiliki daging tak berlemak jauh lebih tinggi jika dibandingkan sayuran dan kacang-kacangan. Karena itu, daging tanpa lemak dapat menghindari ibu hamil dari anemia dan pendarahan saat melahirkan. Selain zat besi, daging tanpa lemak juga mengandung gizi yang lengkap serta protein yang tinggi. Berguna memberi energy yang cukup bagi ibu hamil agar terus dapat melakukan aktivitas secara lancar dalam keadaan hamil, gizi yang lengkap juga berguna untuk tumbuh kembang janin agar kebutuhannya juga terpenuhi dan lahir dengan sehat.

  • Ubi

Selain menjadi sumber karbohidrat alternatif pengganti nasi, ubi ternyata juga mengandung banyak vitamin A yang baik untuk membangun sel-sel kesehatan pada janin dan merupakan salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, ubi juga mengandung serat dan potassium yang berperan sebagai ASI Booster atau membantu tubuh ibu hamil agar dapat memproduksi ASI dengan lancar.  Tentunya membuat ubi bagus dan direkomendasikan untuk dimakan ibu hamil. Cara mengonsumsinya bisa dengan dijadikan ubi rebus atau ubi kukus untuk dijadikan sarapan atau cemilan bagi ibu hamil.

  • Alpukat

Alpukat sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena meskipun mengandung lemak, tapi lemak yang dikandung bukanlah lemak jenuh. Alpukat juga mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin K, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Selain itu ada pula kandungan lain seperti folat, kalium dan tembaga. Alpukat sangat baik untuk kesehatan kulit ibu hamil dan pertumbuhan jaringan otak bayi.

  • Buah-buahan berry

Buah-buahan tentu menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil dan wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun terutama buah-buahan berry sebab buah seperti blueberry dan strawberry dikenal mengandung banyak vitamin C dan antioksidan. Ini tentunya berguna dan baik untuk melawan infeksi, melancarkan tekanan darah dan membantu penyerapan zat besi. Seratnya yang tinggi juga dapat melancarkan pencernaan serta memberikan rasa kenyang lebih lama.

  • Kentang

Selain ubi, makanan yang mengandung banyak karbohidrat ini juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kentang mengandung beta-karoten, vitamin B6, vitamin C, kalium dan zat besi. Kandungan beta-karoten dapat mengubah antioksidan menjadi vitamin A yang kita kenal sangat membantu perkembangan mata, tulang dan kulit.

  • Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang akan sangat baik selama proses kehamilan karena dapat menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang dikandung. Salah satu fungsi kacang adalah menjaga kekebalan tubuh ibu saat hamil. Kacang-kacangan seperti kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B yang baik dalam proses pengembangan syaraf janin, jenis kacang lain seperti kacang polong dapat membantu agar berat badan bayi ideal dan tidak lemah pada saat hari kelahiran. Kacang-kacangan lain yang bagus dan bisa Anda konsumsi adalah kacang polong dan kacang kedelai.

  • Sayuran Hijau

Makanan yang baik untuk ibu hamil ke 9 adalah sayuran. Karena ibu hamil wajib mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, maka sayur sudah menjadi bagian dari menu wajib dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Namun ada beberapa sayur yang lebih baik untuk ibu hamil, salah satunya bayam. Bayam memiliki berbagai kandungan sehat di dalamnya seperti folat, kalsium dan zat besi. Folat sangatlah penting oleh ibu hamil karena dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi. Agar bayam yang dikonsumsi nutrisinya tetap terjaga dapat dikonsumsi dengan cara direbus asal tidak terlalu lama atau bisa juga dijadikan jus. Selain bayam, Anda juga bisa mengonsumsi brokoli. Brokoli kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi dan folat. Mengonsumsi brokoli sebagai makanan selama hamil dapat meningkatkan imunitas ibu hamil dan bayi yang dikandung.

  • Produk Susu

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seorang ibu yang sedang hamil wajib mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, sehingga susu menjadi salah satu menu wajib. Namun tidak hanya susu cair, tapi produk-produk susu lainnya seperti keju dan yoghurt karena mengandung kalsium dan protein-protein penting. Kalsium dalam susu dapat membantu menguatkan tulang ibu hamil dan membantu pembentukan tulang pada bayi, membuat produk susu baik untuk ibu hamil konsumsi. Tetapi ada beberapa jenis keju yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, jadi harus tetap cermat. Selain itu, apabila tubuh Anda memiliki kadar intoleransi tertentu terhadap laktosa sebaiknya dihindari. Yoghurt juga harus dibatasi apabila Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Agar masa-masa kehamilan Anda tidak merepotkan, Kalbe memiliki beberapa produk yang dapat membantu mengoptimalisasi pertumbuhan janin Anda agar pertumbuhannya bisa lebih sehat. Dan juga untuk memenuhi kebutuhan akan makanan yang baik untuk ibu hamil. Salah satunya adalah lovamil.

Susu lovamil ibu hamil diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi nutrisi ibu hamil dengan kandungan yang sesuai. Diperuntukkan juga untuk kebaikan gizi janin yang masih berada di dalam kandungan.  Lovamil ibu hamil memiliki tiga rasa yakni cokelat, kacang hijau, dan vanilla. Dapat Anda beli dengan harga Rp. 22.500 untuk kemasan 175gr dan Rp. 15.500 untuk kemasan 120 gr.

Selain lovamil, ada juga Anmum Materna. Susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil, dan baik untuk mendukung kesehatan ibu dan janin. Berguna untuk membantu memenuhi nutrisi tambahan yang dibutuhkan ibu dan sang janin, mulai dari awal perencanaan kehamilan dan selama masa kehamilan. Mengandung berbagai nutrisi, protein, serat pangan larut, inulin, sodium, potassium serta berbagai vitamin yang diperlukan ibu hamil seperti A, C dan B12.

Susu ini mengandung asam folat yang tinggi juga yang berguna untuk perkembangan sel ibu dan janin. Susu ini berguna untuk memelihara fungsi saluran pencernaan, menunjang perkembangan kehamilan, juga sebagai nutrisi tambahan pada ibu hamil selain makanan berat.

Anmum Materna memiliki rasa coklat, dapat Anda miliki dengan harga Rp 85.000 untuk kemasan 400gr dan Rp 43.000 untuk kemasan seberat 200 gr.

Produk selanjutnya adalah Lactamil Pregnasis yang merupakan susu khusus untuk ibu hamil yang dapat mendukung kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Lactamil Pregnasis memiliki berbagai pilihan rasa yang ibu hamil sukai. Susu ini memiliki berbagai kandungan seperti DHA, kolin, dan biotin per sajiannya. Nutrisi detail lainnya seperti zink, yodium, zat besi, magnesium dan berbagai vitamin seperti vitamin B6, B12, C, K dan lain-lain. Dapat menghindari ibu hamil dari kondisi rendah gula dan rendah lemak, membantu nutrisi setiap harinya, dan berfungsi mengoptimalisasikan tumbuh kembang si janin.

Lactamil pregnasis terdiri atas berbagai rasa seperti  vanilla dan coklat, dapat dibeli seharga Rp 75.000 untuk kemasan 400gr dan Rp 38.000 untuk kemasan 200gr.

Untuk ibu menyusui, produk-produk di atas juga memiliki susu khusus ibu menyusui seperti Lactamil Lactasis, Anmum Lacta dan Lovamil menyusui. Harganya sama dengan yang versi ibu hamilnya.

Selama hamil, ibu hamil memang harus mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna namun  tidak ada salahnya untuk mengonsumsi nutrisi tambahan seperti produk-produk kalbe. Produk-produk di atas dijamin aman dan sudah diuji klinis oleh para ahli, sehingga fungsi yang tertera memang benar adanya. Mengonsumsi nutrisi tambahan oleh para ibu hamil bukanlah hal yang jarang lagi, sebab ibu pasti menginginkan yang terbaik bagi si calon bayi. Ditambah lagi konsumsi nutrisi tambahan tersebut dapat membuat tumbuh kembang bayi menjadi jauh lebih optimal, bayi bisa lahir dengan keadaan sehat, berat badan yang cukup dan tidak kekurangan.

Kesehatan Ibu juga sangatlah penting untuk dijaga selama masa kehamilan, oleh sebab itu konsumsi nutrisi tambahan bisa membuat ibu hamil tetap beraktivitas baik, tidak mudah lelah, terhindar dari kekurangan cairan tubuh, terhindar dari kram dan kontraksi otot dan lain-lain. Tidak lupa si ibu juga harus dijaga kesehatan mental dan emosionalnya dalam mempersiapkan persalinan yang merupakan tanggungjawab orang-orang terdekat; keluarga, sahabat dan tentunya suami tercinta.

Kalbe memang dikenal akan produk-produknya yang bagus dan berkualitas serta memiliki fungsi yang variatif, bagi para ibu hamil tunggu apa lagi? Ayo beli produk kalbe sekarang juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *