Memiliki bayi memang sebuah anugrah yang sangat indah dari Sang Maha Kuasa. Meskipun demikian, sebagai orangtua kita memiliki keharusan untuk merawat dan mendidik agar si bayi dapat tumbuh sehat dan cerdas. Tumbuh kembang bayi sangatlah ditentukan dengan apa yang mereka makan  dan konsumsi selama masa pertumbuhan, terutama saat menginjak usia 6 bulan karena pada usia tersebut si bayi sudah bisa menyangga kepalanya sendiri serta siap mengonsumsi makanan padat yang juga dimakan oleh orang-orang di sekitarnya.

Banyak orangtua yang biasanya memberi makanan berupa bubur bayi instan, namun oleh karena proses pembuatannya yang sangat panjang, bubur bayi instan cenderung memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang kurang mencukupi. ASI memang diketahui oleh khalayak umum sebagai sumber nutrisi terbaik bagi bayi,namun bayi dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan, sehingga meski harus mengonsumsi ASI selama 2 tahun, ada baiknya untuk dipersiapkan mengonsumsi makanan lain. Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar para orangtua mengolah makanan bayi itu sendiri atau memberi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), sehingga bayi tidak hanya mengonsumsi ASI dan mendapatkan sumber nutrisi dan vitamin untuk tumbuh kembangnya.

Berikut adalah 10 makanan yang bisa dijadikan MPASI bagi bayi berusia 6 bulan:

  • Puré Beras

Puré, atau bubur beras adalah makanan yang wajar dikonsumsi bayi, namun agar lebih variatif maka bayi dapat diberi beras merah. Cara membuat pure pun cukup mudah, Anda hanya memerlukan beras merah ataupun beras putih secukupnya dan ASI. Setelah bahan sudah lengkap, Anda bisa langsung membuat bubur yang kemudian disaring dan dicampur dengan ASI. Beras merah adalah makanan pokok yang bebas alergi dan mudah dicerna bayi, sehingga cocok dikonsumsi bayi berusia 6 bulan.

  • Puré Alpukat

Setelah sebelumnya menggunakan beras, kali ini kita akan menggunakan buah alpukat. Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang berfungsi untuk perkembangan otak bayi.  Anda akan memerlukan alpukat sekitar 50 gram yang sudah dikupas dan dipotong-potong serta ASI sebanyak 30ml atau 3 sendok makan. Selanjutnya, Anda dapat menghaluskan alpukat menggunakan blender agar lembut dan dapat dikonsumsi bayi berusia 6 bulan. Setelah itu, tuangkan ke wadah makan si bayi dan campurkan dengan ASI. Bayi Anda pasti akan menyukai puré alpukat yang lembut ini!

  • Bubur Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat sehat dengan banyak serat, cocok untuk dikonsumsi bayi berusia 6 bulan. Pisang juga ternyata sudah dikenal sebagai MPASI secara umum karena teksturnya yang lembut dan mudah ditemukan. Cara membuat bubur pisang cukup mudah, yakni dengan melumatkan pisang menggunakan garpu ataupun blender. Selanjutnya Anda dapat menambahkan ASI untuk mengencerkannya dan menjadi bubur. Namun, para dokter menyarankan agar bayi berusia 6 bulan untuk tidak terlalu sering diberi pisang karena ada kemungkinan untuk menyebabkan konstipasi.

  • Puré Pepaya

Di kalangan orang dewasa buah pepaya dikenal sebagai buah yang dapat melancarkan pencernaan dan dapat mengobati diare, apalagi untuk bayi berusia 6 bulan. Hal ini disebabkan oleh enzim papain yang terkandung di dalam pepaya. Cara membuat pure papaya juga tidak ribet. Siapkan papaya secukupnya, yang tentunya sudah dikupas dan dibersihkan. Jangan lupa dipotong-potong petak dan kemudian blender hingga lembut. Karena tekstur papaya yang tidak terlalu keras maka jika ingin dilumatkan dengan garpu juga bisa, jangan lupa untuk diaduk rata bersama ASI setelah dituang ke wadah makan bayi Anda.

  • Puré Wortel

Sayur yang satu ini sangat dikenal untuk memberikan kita mata yang indah dan cemerlang karena kandungan vitamin A yang dimiliki, bayi Anda tentu sangat membutuhkan hal ini. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan mineral yang tinggi. Agar bisa dikonsumsi bayi berusia 6 bulan, tentu wortel yang bertekstur keras harus dilembutkan terlebih dahulu untuk dijadikan pure. Caranya adalah dengan merebus wortel secukupnya, kemudian dilembutkan, lalu diaduk rata bersama ASI.

  • Bubur Ubi Jalar

Ubi jalar adalah tanaman yang kaya akan karbohidrat dan bisa dijadikan pengganti nasi bahkan untuk orang dewasa. Selain karbohidrat, ubi jalar juga mengandung beta karoten, vitamin A,vitamin C serta antioksidan. Untuk bayi berusia 6 bulan akan sangat cocok jika dijadikan bubur,caranya adalah dengan mengukus ubi jalar secukupnya, setelah lembut lalu dikukus dan kemudian dilumatkan dengan garpu. Jangan lupa untuk dicampur dengan ASI ya.

  • Bubur Labu Kuning

Labu kuning memiliki rasa yang khas dan enak di lidah, pastinya dapat dinikmati sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi berusia 6 bulan. Labu kuning mengandung serat, nutrisi serta berbagai vitamin penting seperti vitamin A, C dan K juga vitamin B3. Selain itu, labu kuning juga memiliki tekstur yang sangat mudah untuk dilumatkan sehingga tidak akan begitu sulit untuk mengolahnya menjadi bubur, hanya perlu dikerok dan ditempatkan di wadah makan si bayi sambil dilembutkan dengan garpu, jika sudah cukup lembut maka bisa ditambahkan ASI agar bisa disantap si kecil.

  • Yoghurt Tawar dan Buah Halus

Yoghurt dikenal dapat melancarkan pencernaan, karena terbuat dari susu yang difermentasi yoghurt juga mengandung vitamin D yang sangat berguna untuk menguatkan tulang serta gigi. Bagi para orangtua akan sangat dianjurkan untuk memberi yoghurt tawar, dan agar memiliki variasi rasa, yoghurt dapat ditambahkan buah-buahan yang sudah dihaluskan sebelumnya seperti alpukat, stroberi, pepaya, dan lain sebagainya. Pada masa ini sangat tidak dianjurkan untuk memberi pemanis tambahan bagi si kecil, baik itu berupa gula ataupun madu, karena bayi berusia 6 bulan belum siap menerimanya.

  • Bubur Kentang

Satu lagi makanan pengganti sumber karbohidrat selain ubi jalar, kentang. Kentang yang sudah dikonsumsi secara umum ini juga dapat disajikan kepada bayi berusia 6 bulan dengan cara yang sangat mudah. Bubur kentang dapat disajikan dengan cara dikupas terlebih dahulu, kemudian direbus hingga lembut. Setelah itu,kentang dapat dilumatkan menggunakan garpu atau dijadikan kentang tumbuk. Jangan lupa untuk menambahkan ASI ketika disajikan di mangkuk makan si kecil.

  • Bubur Susu dan Brokoli

Tentunya kita menginginkan agar bayi kita tumbuh sebagai penyuka sayuran agar bisa tetap sehat, kebiasaan ini haruslah dimulai dari kecil, paling tidak dari usia 6 bulan ini. Selain brokoli, dapat juga digunakan alternatif sayuran lain seperti sayur sawi ataupun sayur bayam. Sebagai makanan pendamping ASI, lagi-lagi sayuran harus ditambah ASI. Namun sebelum itu, sayuran harus direbus terlebih dahulu, kemudian diblender, baru ditambah ASI. Bubur susu dan brokoli yang sehat pun siap untuk disantap bayi Anda.

Di era modern ini tidak semua Ibu memiliki waktu yang cukup untuk selalu memasak MPASI dikarenakan tuntutan karir dan tuntutan zaman yang membuat waktu semakin sempit. Tidak sedikit Ibu yang merangkap sebagai wanita pekerja kebingungan untuk mempersiapkan MPASI bagi si buah hati karena tidak punya cukup waktu untuk memasak di dapur. Mengetahui kebutuhan Ibu masa kini, Milna pun hadir sebagai solusi makanan pengganti ASI yang praktis dan memang diformulasikan khusus untuk bayi berusia 6 bulan ke atas untuk dijadikan makanan pendamping.

Bubur bayi Milna untuk usia 6 bulan reguler datang dalam berbagai varian rasa yang cukup sama dengan apa yang dapat Ibu masak di dapur, yakni: sup ayam wortel, tim hati ayam bayam, beras merah dan pisang. Bubur Milna untuk bayi usia 6 bulan memang dibuat khusus sebagai makanan pendamping ASI dengan Komposisi Gizi Milna (Formula 4 sehat 5 sempurna) yakni Karbohidrat, Lemak, Protein, Vitamin dan Mineral yang berasal dari nutrisi daging, sayur, serta buah-buahan. Anda tidak perlu cemas sebab bubur Milna dibuat tanpa bahan pengawet dan pewarna yang digunakan juga pewarna alami sehingga aman dikonsumsi bayi yang masih sangat kecil dan mengalami masa pertumbuhan.

Ada pula bubur bayi Milna organik rasa beras merah dengan kotak berwarna merah dan kacang hijau dengan kotak bergambar kacang hijau. Merupakan makanan pendamping ASI dengan bahan organic pertama di Indonesia, yakni 95% bahan-bahan organic pilihan bersertifikasi resmi dan berkualitas tinggi yang diproses secara alami tanpa pestisida, tanpa bahan pengawet serta tanpa bahan kimia buatan lainnya sehingga pertumbuhan si bayi dapat teroptimalisasi dengan baik.

Bubur bayi Milna baik yang reguler maupun yang organik sama-sama memiliki berat sebesar 120 gram. Keduanya diproses secara aman dan alami. Sama-sama tinggi protein, tinggi serat, tinggi kalsium, mengandung Omega 3 & 6 kaya akan Zinc dan Zat Besi, serta mengandung 12 Vitamin dan 8 Mineral.

Bubur Milna sangat berguna untuk dijadikan makanan pendamping ASI bagi bayi berusia 6 bulan ke atas, membantu pertumbuhan tulang dan gigi, membantu perkembangan otak, dapat menghindari bayi dari anemia atau kurang darah serta membantu kesehatan saluran cerna bayi.

Selain bubur milna untuk bayi berusia 6 bulan, ada pula Milna bubur bayi 9 bulan, Milna Goodmill, Milna biskuit bayi, Milna toddler biscuit, dan Milna toddler instant pudding.

Patut diingat, bubur Milna menggunakan protein soya, bebas protein susu dan bebas gluten (protein gandum) yang dapat membuat bayi terhindar dari alergi. Bubur Milna juga telah teruji klinis dapat menambah berat badan si kecil hingga 400 gram apabila dikonsumsi rutin selama 6 minggu. Sangat baik dikonsumsi si kecil yang sudah mulai kritis dan beraktivitas banyak seperti merangkak, tengkurap, duduk tegak dan berguling.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan yang ada di dalam bubur Milna memang diformulasikan agar mudah dicerna dan diserap oleh bayi. Selain formula yang gampang diserap, yang membuat Milna cocok sebagai pendamping ASI adalah teksturnya yang lembut, halus dan encer layaknya bubur susu. Oleh sebab itu Milna juga dikenal sebagai bubur bayi terbaik di Indonesia. Brand yang berada di bawah PT Kalbe Nutritionals ini sudah menjadi pilihan ibu-ibu dari lintas generasi selama 30 tahun dan sering memenangkan penghargaan sebagai Top Brand for Kids. Kualitas bubur Milna memang tidak perlu diragukan lagi.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menjadikan bubur Milna sebagai makanan pendamping ASI Anda. Buburnya bebas pengawet, mengandung nutrisi yang diperlukan si kecil dan tentunya sangat praktis!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *