Siapa sih yang tidak ingin hamil setelah menikah? Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kehamilan  menjadi salah satu momen yang banyak ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Bahkan setelah menikah pasti banyak orang yang bertanya” kapan punya momongan?” Tentu saja pertanyaan ini sangat memotivasi setiap pasangan untuk segera hamil.

Bicara tentang kehamilan, memang secara langsung akan menyakut semua kesehatan mulai dari kesehatan ibu dan janin yang ada di perutnya. Oleh karena itu, seorang wanita yang sedang hamil wajib untuk menjaga kesehatan janinnya agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Seorang wanita hamil pasti akan mengalami beberapa tanda hamil muda.

10 Tanda Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Tanda-tanda yang dialami satu wanita dengan yang lainnya memang berbeda-beda. Ada yang jelas sangat terlihat namun ada yang tidak. Bahkan ada yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Bisa dilihat, banyak orang yang tahu mengenai kehamilannya setelah usia kehamilannya menginjak 2-3 bulan. Padahal tanda hamil muda ini wajib untuk diperhatikan karena hal ini bisa sangat rawan sekali terhadap kesehatan janin. Tidak jarang banyak wanita yang mengalami keguguran pada usia janin muda. Oleh karena itu, wajib sekali hukumnya bagi Anda untuk tahu tentang apa saja sih tanda bahwa seseorang sedang mengalami hamil muda. Yuk langsung simak ya penjelasan berikut ini :

  • Terlambat Menstruasi

Tanda-tanda hamil muda yang paling bisa terdeteksi adalah terjadinya keterlambatan menstruasi. Seorang wanita yang sedang hamil pasti akan terlambat menstruasi karena sel telur yang biasanya luruh pada saat menstruasi telah berhasil dibuahi dengan sempurna dan menyebabkan sel telur tersebut tertanam di dalam janin dan akan terus menerus berkembang. Biasanya Anda akan mengalami keterlambatan menstruasi selama dua Minggu atau lebih. Namun tidak semua keterlambatan menstruasi akibat dari kehamilan. Ada yang terlambat menstruasi karena sedang stress atau hormon sedang tidak teratur. Jadi untuk pastinya, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan testpack ya.

  • Mengalami Kram Perut

Tanda hamil muda selanjutnya adalah terjadinya kram perut. Pasalnya, pada setiap bulan  ada beberapa wanita yang mengalami kram perut karena menstruasi. Begitu juga dengan kehamilan. Kram perut yang disebabkan karena kehamilan dan menstruasi memang sangat mirip. Namun Anda juga harus memperhatikan kapan kram perut tersebut terjadi. Apabila Anda biasanya menstruasi pada akhir bulan sementara itu Anda sudah mengeluh karena kram perut maka Anda harus  bersiap-siap untuk menerima kehamilan. Bisa jadi kram perut ini terjadi karena proses ovulasi atau penanam  janin sedang berlangsung. Pada saat itu, janin mungkin sudah tertanam di rahim.

  • Mengalami Pembesaran Payudara

Payudara seorang wanita yang sedang hamil memang sangat sensitif sekali. Salah satu tandanya adalah payudara akan terasa berat dan membengkak. Hal ini bisa menjadi salah satu tanda hamil muda yang sangat mudah untuk dideteksi. Selain itu, bagian puting juga akan menghitam dan membesar dan payudara akan terasa sangat halus dan lembut jika disentuh.  Pada usia kehamilan 2-3 bulan biasanya payudara akan mulai mengeluarkan cairan susu.

  • Payudara Sangat Peka

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya bahwa payudara wanita yang sedang hamil makan sangat peka dan sensitif.  Anda mungkin akan mengalami rasa nyeri pada bagian payudara dan puting. Namun, rasa nyeri ini akan sangat terasa pada seluruh bagian payudara. Selain itu tanda hamil muda juga terlihat akan muncul garis-garis pembuluh darah yang berwarna kebiruan.

  • Muncul Berbagai Masalah Kulit

Wanita yang hamil pasti akan menunjukan tanda perubahan yang terjadi pada kulitnya.  Ada beberapa masalah kulit yang muncul misalnya saja jerawat dan ruam-ruam pada kulit karena disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang, bibir menjadi kering dan pecah-pecah, dan kulit juga akan terasa sangat gatal. Pada saat hamil, kulit akan menjadi lebih sensitif.

  • Mudah Mengalami Kelelahan

Tanda hamil muda yang sering terlihat adalah kelelahan yang luar biasa. Meskipun tidak habis melakukan kegiatan yang berat, seorang wanita yang hamil akan cenderung merasa lemas dan merasa sangat lelah. Maka tidak heran kita sering lihat seseorang yang sedang hamil muda akan suka tidur dan rebahan sepanjang hari dan merasa sangat malas dan kurang bergairah dalam melakukan segala aktivitas.

  • Sering Pipis

Apabila Anda sering bolak-balik pipis ke kamar mandi, bisa jadi hal ini adalah tanda hamil muda. Seseorang yang hamil biasanya frekuensi buang air kecilnya akan semakin meningkat. Hal ini karena kandung kemih tertekan oleh janin yang tertanam di dalam rahim. Selain itu, hal ini juga disebabkan karena produksi hormon HcG di dalam tubuh meningkat dan akan menyebabkan peredaran darah di sekitar panggul dan ginjal tidak lancar. Akibatnya, Anda akan sering buang air kecil

  • Peka Bau

Biasanya seorang wanita yang sedang mengalami kehamilan akan sangat peka terhadap bau-bau yang ada di sekitarnya. Entah itu bau yang enak ataupun yang tidak sedap. Bahkan biasanya bau yang suka malahan akan membuat mual di perut. Anda akan merasa ingin muntah terus ketika mencium bau tersebut.

  • Perubahan Pada Pola Makan

Seorang wanita yang sedang hamil akan cenderung mengalami perubahan pola makan. Biasanya ibu hamil akan menjadi lebih sering  makan dan mencari camilan. Makanan yang sebelumnya disukai juga bisa tiba-tiba menjadi tidak enak di lidah dan membuat mual dan tidak bisa diterima oleh perut. Nafsu makan juga akan menurun karena perut terasa begah. Namun adakalanya Anda akan merasa lapar sepanjang hari dan bisa jadi tiba-tiba di malam hari Anda makan.

  • Mual yang Luar biasa.

Ada banyak wanita hamil yang mengalami tanda-tanda hamil muda dengan muntah-muntah terutama pada pagi hari. Namun, tidak semua wanita mengalami hal tersebut. Ada beberapa juga yang baru merasakan mual dan muntah di tengah atau akhir kehamilan saja. Kebanyakan para suami menyadari bahwa mual menjadi  salah satu tanda kehamilan. Namun ternyata salah.  Tidak semua mual menjadi tanda kehamilan namun ada beberapa mual yang disebabkan karena masuk angin atau kondisi badan yang sudah tidak fit. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan kepastian ya.

  • Sakit Kepala

Tanda hamil muda adalah sakit kepala. Sakit kepala ini terjadi karena adanya perubahan hormon dan juga pertambahan volume darah yang mengalir di dalam tubuh.  Namun Anda perlu berhati-hati jika sakit kepala yang dirasakan memang  karena kehamilan. Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat dan tidak boleh sembarang konsumsi obat sakit kepala karena akan membahayakan janin. Lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu mengenai sakit kepala Anda supaya diketahui penyebabnya dan diberikan obat yang tepat.

  • Perubahan Mood

Pada dasarnya, mood seseorang bisa berubah-ubah. Terlebih lagi pada orang hamil. Perubahan mood seorang yang hamil akan sangat terlihat jelas. Mereka akan lebih senstif pada suatu hal yang mana akan cenderung lebih emosional karena adanya perubahan hormon pada tubuh yang terjadi sangat drastis. Anda akan cenderung mudah menangis dan mudah sedih. Atau bahkan sangat mudah marah-marah.

  • Mengalami Gangguan Pernafasan

Pada beberapa wanita hamil sering mengeluh mengalami sesak nafas. Mereka jadi akan nampak terengah-engah seolah -olah kehabisan nafas. Hal ini karena janin mendesak beberapa bagian tubuh termasuk paru-paru. Janin juga membutuhkan asupan oksigen. Oleh karena itu, istri Anda harus berbagi oksigen dengan janin. Hal ini juga akan menyebabkan dagragma akan terasa sedikit tertekan sehingga Anda akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

  • Sering Sembelit

Pada saat hamil Anda pasti akan sering mengelus perut karena Anda pastinya tidak merasa nyaman, bukan? Hal ini disebabkan karena produksi hormon progesteron pada ibu hamil yang meningkat sampai dengan 19 kali lipat. Selain itu, sistem pencernaan pun akan sedikit terganggu.

Anda akan mengalami beberapa masalah misalnya saja sembelit dan kembung karena terjadi kehamilan. Susah BAB ini memang menjadi hal yang lumrah pada seorang wanita yang sedang hamil

  • Mengalami Peningkatan Suhu Tubuh

Salah satu tanda hamil muda yang umum adalah terjadi peningkatan suhu tubuh. Jika suhu tubuh Anda naik lebih hangat dari biasanya maka bisa jadi sedang terjadi pembuahan di dalam tubuh dan rahim sedang menyiapkan tempat untuk berkembangnya janin.

  • Mengalami Nyeri Pinggang

Tidak hanya nyeri pada pinggang saja yang terjadi pada saat menstruasi. Namun ketiak Anda hamil juga akan mengalami hal yang sama dimana pinggang akan terasa sangat nyeri. Nyeri pinggang pada wanita hamil ini disebabkan karena ligamen mulai mengendur dan Anda mulai menggunakan punggung sebagai pusat tumpuan selama kehamilan berlangsung. Tentu saja hal ini akan membuat pinggang menjadi sakit.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil Muda

Setelah Anda tahu apa saja sih tanda hamil muda, maka Anda harus senantiasa menjaga kesehatan selama kehamilan. Hal ini karena pada masa hamil muda sangat rentan terjadi penurunan kesehatan yang bisa menyebabkan keguguran. Berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan saat hamil muda, yaitu :

  • Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan ibu dan janin pada masa kehamilan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Pada saat hamil, Anda harus benar-benar memperhatikan segala jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanlah jenis makanan yang sehat misalnya saja buah-buahan dan sayuran. Selain itu, jangan lupa ya untuk konsumsi suplemen atau vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

  • Rajin Periksa Ke dokter

Salah satu kunci sehat saat hamil adalah dengan selalu rajin memeriksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan kesehatan janin dan ibu serta menjaga kesehatan keduanya. Anda biasanya akan diberikan beberapa obat penunjang untuk menjaga kesehatan buah hati Anda.

  • Kurangi Aktivitas Berat

Siapa bilang wanita hamil tidak boleh berkativitas? Boleh saja sih beraktivitas asalkan tidak boleh terlalu berat karena akan mengganggu kesehatan selama kehamilan. Lebih baik Anda bedrest sejenak dan tidak melakukan hal yang sekiranya akan membahayakan kesehatan Anda.

Yuk selalu jaga kesehatan selama kehamilan dengan tanggap terhadap tanda-tanda yang terjadi selama kehamilan muda.  Dengan selalu tanggap maka akan membuat ibu dan bayi akan sehat dan terus selamat hingga persalinan nanti.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *