Krisis kesehatan global yang belum pernah terjadi sebelumnya telah memaksa banyak negara untuk menerapkan protokol karantina dan penguncian untuk menahan penyebarannya. Karena itu, orang dibiarkan tinggal di rumah lebih lama dari yang mereka bayangkan.

Terjebak di dalam rumah Anda melakukan hal yang sama setiap hari, menatap dinding yang sama setiap hari, bisa membuat Anda tercekik. Ancaman virus di luar membuat Anda merasa cemas dan ketakutan, tetapi keadaan normal baru juga menyebabkan Anda sangat bosan.

Tidak apa-apa, dan itu bisa dimengerti. Ketahuilah bahwa merasa bosan adalah kemewahan di saat-saat sulit ini. Bosan di rumah berarti Anda aman. Itu adalah hal terbaik yang dapat Anda harapkan ketika jutaan orang terkena virus di luar.

Sekarang, apa yang dapat Anda lakukan untuk mengekang kebosanan ini, dan semua tekanan lain yang Anda rasakan saat terisolasi di rumah, adalah beradaptasi. Temukan hal-hal yang berguna untuk membuat diri Anda produktif, meningkatkan kesehatan mental Anda, dan membantu Anda tetap waras, seperti di bawah ini.

Tetaplah Berkeringat

Penting untuk tetap aktif secara fisik untuk tujuan metabolisme dan kesehatan mental yang lebih baik. Jika Anda dulu pergi ke gym sebelum virus melanda negara Anda, ini seharusnya tidak menjadi alasan bagi Anda untuk berhenti melatih fisik Anda — Anda masih bisa berolahraga di rumah.

Anda dapat memeriksa YouTube untuk mengetahui berbagai latihan olahraga di rumah. Anda dapat menemukan latihan yang tidak membutuhkan peralatan, berdampak rendah untuk pemula, dan berbagai aktivitas (mis., HIIT, barre, yoga, dll.) Yang dapat Anda pilih. Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba aplikasi kebugaran. Tetap aktif tidak hanya membantu Anda menjaga kebugaran, tetapi juga membuat Anda merasa lebih baik.

Temukan Hobi Baru atau Kembangkan Bakat dan Minat Anda

Jika hobi Anda melibatkan keluar, Anda mungkin ingin melihat kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di rumah. Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda coba dan lihat apakah Anda akan terpikat pada diri sendiri:

    • Pembuatan kopi rumahan
    • Berkebun
    • Jahit
    • Lukisan
    • Sulaman
    • Mengganti atau merombak perabot

Di sisi lain, Anda juga dapat mengembangkan minat dan keterampilan Anda. Karena Anda memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan di rumah, Anda dapat mempertimbangkan untuk mempelajari bahasa baru, melatih keterampilan memasak Anda, dan meningkatkan atau lintas keterampilan untuk pertumbuhan karier Anda.

Membaca Buku

Salah satu cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan fokus pada waktu Anda sendiri adalah dengan membaca. Jika Anda masih memiliki beberapa buku yang belum tersentuh tergeletak di sekitar rumah, inilah saat yang tepat untuk membersihkan debu dan mulai membaca. Di sisi lain, Anda dapat meminta teman atau keluarga untuk memberikan beberapa buku untuk dibaca di rumah.

Anda dapat menjadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas Anda dengan mengalokasikan beberapa jam setiap hari untuk itu. Jika Anda ingin berbicara tentang buku yang telah Anda baca, bergabunglah dengan klub buku online. Jika tidak ada yang menurut Anda menarik, Anda selalu dapat memulai sendiri!

Jaga Tingkat Rutinitas Anda

Untuk membantu Anda merasakan kenormalan, usahakan untuk menjaga dan melakukan rutinitas hari-hari sebelum pandemi. Tetap di rumah tanpa melakukan apa pun bisa membuat Anda merasa lesu. Jika sekarang Anda bekerja dari rumah, bangunlah sekaligus pra-karantina, dan luangkan waktu untuk bersiap-siap bekerja. Jika Anda biasa minum kopi sebelum berangkat ke kantor, buat sendiri cangkirnya di rumah.

Bersihkan Kamar

Barang-barang yang berantakan dan pernak-pernik yang tidak perlu sering kali menyebabkan stres; Anda tidak menyadarinya. Menjaga segala sesuatunya rapi sangat penting untuk ruang kerja Anda, karena membantu meningkatkan produktivitas Anda dan memungkinkan Anda fokus lebih baik. Hal terakhir yang Anda butuhkan selama ini adalah lebih banyak stres di rumah. Pastikan untuk merapikan dan menjaga tempat Anda serapi mungkin.

Ubah Pola Pikir Anda

Alih-alih berpikir, “Saya terjebak di rumah,” ubah pola pikir Anda dan pikirkan berapa banyak waktu yang Anda miliki sekarang untuk diri sendiri: “Saya akhirnya bisa fokus pada diri sendiri.” Melakukan sesuatu yang selalu ingin Anda coba (mis., Memulai podcast) atau yang selalu perlu Anda lakukan tetapi tidak pernah punya waktu (mis., Merapikan lemari pakaian Anda) selama waktu ini bisa menjadi produktif.

Ini juga dapat mengarah pada pembentukan sikap dan pandangan yang lebih positif untuk masa depan.

Kesimpulan
Sampai dunia berhasil melawan virus dan mencapai titik di mana aman untuk kembali normal secara bertahap, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya di rumah. Semoga tips di atas dapat membantu Anda mulai menata keseharian Anda menjadi lebih baik dan menginspirasi Anda untuk menemukan lebih banyak tentang diri Anda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *