Makanan sehat untuk ibu hamil sangat diperlukan, karena dengan asupan gizi yang lengkap akan berpengaruh bagi kesehatan janin dalam kandungan. Makanan sehat untuk ibu hamil juga tersedia berbagai macam tergantung berapa usia kehamilan ibu hamil, tentu ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung berbagai macam vitamin. Makanan yang sehat juga adalah makanan yang memiliki berbagai kandungan gizi yang dIbutuhkan janin.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, ibu hamil juga harus berolahraga ringan untuk menjaga kondisi daya tahan tubuh saat mengalami kehamilan. Dan juga ibu hamil harus mengatur pola tidur, untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Dampak pola makan yang buruk akan mempengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan, waktu yang ditentukan untuk menjaga pola makan pada ibu hamil adalah usia hamil itu sendiri yaitu selama 9 bulan. Dampak yang disebabkan ketika ibu hamil tidak menjaga pola makan saat proses kehamilan akan berdampak pada janin dan berdampak pada kesehatan ibu hamil saat proses kehamilan. Hal yang terjadi apabila ibu hamil kekurangan gizi adalah ibu hamil akan mengalami beberapa gejala penyakit. Beberapa gejala yang ditimbulkan terkait dengan kekurangan gizi pada ibu hamil adalah pegal, mual, sembelit, varises, kram kaki dan lelah.

Rasa lelah disebabkan karena ibu kekurangan karbohidrat dan protein, maka jika ingin menghindari rasa lelah yang berlebih ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat dan Protein. Jika ibu hamil mengalami sembelit maka ibu hamil kekurangan asupan makanan yang mengandung serat seperti buah – buahan. Jika ibu hamil mengalami varises itu karena ibu hamil kekurangan asupan Vitamin C. Gejala kram kaki pada ibu hamil juga disebabkan karena ibu hamil minum mengkonsumsi mineral fosfor dan kalsium.

Jika ibu hamil menjaga pola makan baik, dengan mempertimbangkan gizi sebagai asupan untuk janin maka 95 persen bayi akan terlahir normal, dengan kesehatan yang tergolong baik. Jika ibu hamil tidak menjaga kesehatan dan memperhatikan asupan gizi pada saat kehamilan, maka kemungkinan 65% janin akan mengalami kecacatan fisik dengan tubuh yang tidak sempurna atau bayi nya meninggal dunia.

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat diperlukan untuk kesehatan ibu hamil saat proses mengandung ataupun kesehatan dari janin itu sendiri, berikut  6 makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi untuk ibu hamil.

Bayam

Bayam sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil, karena bayam mengandung vitamin A,B,C dan K serta magnesium folat. Serat yang ada pada bayam bisa mengatasi masalah kehamilan yang sering terjadi, yaitu sembelit. Tentu tidak menyenangkan kan, apabila kita mengalami sembelit saat proses kehamilan, karena akan mengganggu aktivitas kita sehari – hari disaat kita menjalani proses kehamilan.

Cara mengolah bayam untuk ibu hamil pun bervariasi mulai dengan mencampurkannya pada sop ataupun membuat bubur yang terbuat dari bayam. Ada baiknya Anda mengolah bayam yang masih segar bukan bayam yang disimpan berhari – hari di kulkas. Karena bayam yang tidak disimpan di kulkas akan sangat segar dan kaya akan vitamin.

Telur

Telur sangat diperlukan untuk menunjang gizi pada kesehatan ibu hamil maupun kesehatan janin, karena telur mengandung protein dan karbohidrat yang akan membuat ibu hamil tidak mengalami kelelahan yang terlalu sering.

Kelelahan pasti akan tetap terjadi pada ibu hamil, namun dengan mengkonsumsi telur maka kelelahan yang dialami ibu hamil akan berkurang. Karena dengan mengkonsumsi telur maka energi ibu hamil akan bertambah. Telur pada ibu hamil dapat dikonsumsi ibu hamil setiap 2 hari sekali untuk memenuhi gizi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi telur kesehatan otak janin juga dapat terpenuhi.

Ikan

Mengkonsumsi ikan sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Ikan juga termasuk makanan yang mudah didapatkan dan diolah. Kita dapat membeli Ikan di pasar ataupun membeli jajanan mengolah Ikan. Selain mudah mendapatkannya mengolah ikan juga sangat mudah sekali, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah Ikan. Terdapat beberapa jenis Ikan yang bisa kita olah, tentunya memiliki kandungan yang baik untuk perkembangan ibu hamil.

Di dalam Ikan terkandung lemak namun bukan lemak jenuh, sehingga dengan mengkonsumsi Ikan secara rutin akan membuat ibu hamil tetap mendapatkan asupan protein tetapi kenaikan berat badan juga terjaga.

Kandungan DHA pada Ikan juga mencegah resiko keguguran pada ibu hamil terutama ibu hamil yang hamil di trimester pertama. Hal ini membuat ibu hamil mengalami kontraksi dini. Maka dari itu ikan sangat diperlukkan untuk kondisi kesehatan ibu hamil maupun janin.

Jus Jeruk

Jus jeruk adalah makanan untuk ibu hamil yang sangat mudah membuatnya dan juga mudah didapatkan. Jeruk hampir ada dalam berbagai musim yang ada di Indonesia. Maka sangat mudah sekali mendapatkan Jeruk

Dengan mengkonsumsi jus jeruk maka ibu hamil akan mendapat asupan Vitamin C, yang baik bagi kesehatan ibu hamil maupun janin. Folat dan asam folat yang terdapat dalam jus jeruk sangat berpengaruh terhadap bayi. Saat bayi terlahir maka 98% tidak terjadi kecacatan pada bayi jika ibu rutin dalam mengkonsumsi jus jeruk.

Kandungan potasium yang terdapat dalam  jus jeruk sangat penting untuk menjaga fungsi otot,  fungsi metabolisme, dan kebugaran tubuh secara menyeluruh. Jikalau ibu hamil kekurangan Potasium maka ibu hamil akan mengalami kekurangan darah.

Kacang Merah

Kacang merah merupakan makanan yang mengandung asam amino dan protein, fungsi asam amino dan protein adalah menjaga daya tahan tubuh ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan. Sehingga dapat lebih kuat melawan berbagai macam jenis penyakit dan infeksi, yang kemungkinan terjadi pada proses kehamilan.

Selain asam amino dan protein terdapat juga kandungan serat yang terdapat dalam kacang merah. Kacang Merah mampu menghilangkan gejala asam lambung yang terdapat pada ibu hamil dari dalam tubuh karena kacang merah mengandung serat.

Mengolah kacang merah juga relatif sangat mudah, yaitu dengan membuat sup kacang merah yang diolah bersama dengan daging ataupun tambahan sayuran lainnya.

Singkong

Mengkonsumsi singkong sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil, dikarenakan singkong mengandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Singkong juga membantu ibu hamil terhindar dari berbagai macam penyakit serta meningkatkan sistem imun pada ibu hamil. Pencernaan ibu hamil pun akan terjaga dengan adanya kandungan serat yang terdapat pada singkong. Cara mengolah singkong pun beragam mulai dengan menggoreng, merebus,dan mencampurkannya pada sop.

Singkong sendiri sudah sejak dulu menjadi makanan favorit yang digemari masyarakat, karena mempunyai cukup banyak gizi. Kandungan gizi pada singkong membuat badan menjadi sehat dan terhindar dari bermacam – macam penyakit.

Dengan 6 makanan sehat untuk ibu hamil Anda akan mendapatkan asupan gizi yang baik untuk kesehatan ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan. Ada baik nya dalam proses kehamilan Moms dapat mencoba beberapa tips di atas untuk menjaga kesehatan Anda maupun janin di dalam kandungan.

Di bawah ini juga tersedia produk dari Kalbe yang dapat memberi asupan gizi pada ibu hamil maupun pada janin. Produk tersebut adalah Prenagen Liquid Juice Grape 300ml. Minuman ini perpaduan antara delima merah dan anggur. Buah delima merupakan lambang kesuburan dan kemakmuran yang sudah melegenda. Minuman ini dapat diminum ketika ibu hamil sedang dalam masa kehamilan atau pada masa menyusui.

Keunggulan dari Prenagen Liquid Juice Grape 300ml adalah;

  • Perpaduan Buah Delima dan Buah Anggur.

Tentu dengan perpaduan ini akan memberikan rasa yang unik dan enak untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin dan gizi, namun jika ingin mengkonsumsi minuman yang sehat sekaligus baik digunakan untuk ibu hamil, tidak ada salahnya Moms mencoba mengkonsumsi minuman Prenagen Liquid Juice Grape 300ml.

  • Tinggi Vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan untuk kesehatan ibu hamil saat mengandung, karena Vitamin C adalah kandungan gizi yang wajib dikonsumsi ibu Hamil. Vitamin C juga dapat mencegah sariawan yang sering terjadi pada ibu hamil, akan sangat terganggu bukan jika dalam kondisi mengandung ibu mengalami sariawan.

  • Bebas Lemak

Meskipun kandungan lemak sangat diperlukan oleh ibu hamil namun mengkonsumsi lemak yang berlebih juga tidak diperbolehkan dalam proses kehamilan, karena akan membuat ibu hamil mengalami peningkatan berat badan dan dapat menyebabkan Kolesterol.

  • Dapat Langsung Diminum

Dengan membeli produk ini Moms, tidak perlu mengolah, melainkan langsung bisa diminum. Karena produk ini dikemas seperti minuman kemasan dalam botol, maka akan sangat praktis diminum. Ibu hamil juga bisa membeli beberapa produk untuk disimpan dan diminum sewaktu – waktu.

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mencoba minuman ini, karena selain mudah didapat minuman ini juga mempunyai kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil maupun bagi janin. Dianjurkan untuk membeli beberapa agar dapat disimpan di dalam kulkas dan dapat diminum sewaktu – waktu.

Kegunaan dari produk ini adalah sebagai berikut;

  • Pembentukan sel darah merah yang dapat mengurangi gejala anemia yang sering dialami oleh ibu hamil, sehingga kesehatan ibu hamil sangat terjaga dan juga menghindari cacat tabung saraf pada janin.
  • Untuk pemeliharaan dan pembentukan jaringan kolagen, sehingga kulit menjadi lebih kencang.
  • Dengan tidak adanya kandungan lemak akan membuat tubuh ibu hamil tetap terjaga dengan tidak mengalami kelebihan berat badan. Karena tentu kelebihan berat badan sangat mengganggu pada proses kehamilan.

Minuman ini dianjurkan untuk diminum 2 botol per hari. Jadi, jika  Anda akan mengkonsumsi selama seminggu sebaiknya Anda membeli produk ini sebanyak 14 botol.

Anjuran penggunaan produk ini adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Sebelum diminum harus dikocok terlebih dahulu serta segera habiskan setelah dibuka.

Jadi pemenuhan gizi sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Anjuran 6 makanan sehat untuk ibu hamil diatas sudah cukup memenuhi syarat untuk memenuhi gizi pada ibu hamil dan janin. Ditambah dengan rekomendasi produk minuman dari Kalbe yang dapat dikonsumsi ibu hamil selain mengkonsumsi 6 makanan sehat untuk ibu hamil yang sudah dijelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat ya Moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *