Seorang ibu pasti sangat memperhatikan perkembangan anak nya dari waktu ke waktu hingga anak nya bertumbuh. Banyak orangtua menginginkan agar anak nya memiliki perkembangan yang normal, karena dengan perkembangan anak yang normal akan membuat orang tua merasa bahagia. Kepuasan seorang ibu akan perkembangan anaknya juga tentu saja karena mengingat betapa susah nya masa – masa mengandung yang dialami oleh seorang ibu. Tentu seorang ibu dan ayah akan merasa bahagia ketika kemampuan motorik anak nya sudah terlihat.

Perkembangan anak sering diperhatikan oleh orang tua, apalagi jika anak nya baru dilahirkan atau bayi di bawah 5 tahun (Balita). Orang tua akan merasa bahagia dengan berbagai tingkah lucu yang dilakukan si kecil. Tentu ini akan membuat orang tua bahagia dan merasa damai ketika melihat si kecil berkembang dengan pesat.

Perkembangan bayi laki- laki atau perempuan di bawah 1 tahun relatif sama, tidak berbeda jauh. Kecuali jika anak sudah menginjak umur di atas 7 tahun maka emosi perempuan akan lebih tinggi daripada laki – laki. Karena kebanyakan anak perempuan lebih cenderung mengekspresikan perasaannya dengan menangis apabila ada sesuatu hal yang menyentuh hati nya. Berbeda dengan anak laki – laki, anak laki – laki cenderung susah untuk mengekspresikan emosi nya karena rendah nya tingkat emosi yang dimiliki, hal ini membuat anak laki – laki sukar untuk menangis.

Perkembangan bayi adalah hal sangat penting, ada berbagai perkembangan bayi mulai dari baru lahir hingga menginjak umur 5 tahun (Balita). Tentu orang tua akan merasa sedih ketika anak nya tidak menunjukan perkembangan yang sesuai dengan tahapan yang ada. Ada pula anak yang mengalami kelainan fisik. Anak yang mengalami kelainan fisik  belum bisa dilihat saat bayi, lebih tepatnya berumur dibawah 6 bulan.

Hal ini bisa dilihat ketika anak itu mulai menginjak usia di atas 6 bulan, hal ini ditandai dengan susah berbicara, gangguan penglihatan, dan beberapa indera ataupun organ yang tidak berfungsi.

Perkembangan anak yang terjadi pada indera dan organ tubuh juga sangat diperhatikan oleh orang tua. Mulai dari mata bisa berfungsi dengan baik, telinga bisa mendengar dsb.

Namun kita harus mengetahui secara spesifik apa saja perkembangan bayi yang berumur 5 bulan. Di dalam artikel ini akan dibahas secara khusus mengenai perkembangan bayi pada umur 5 bulan. Tentu perkembangan bayi bermacam – macam dari saat dilahirkan hingga 5 tahun, namun ini lah pembahasan secara spesifik mengenai perkembangan bayi pada umur 5 bulan.

Mulut Mulai Membuka dan Sering Mengeluarkan Air Liur

Saat bayi berusia 5 bulan maka akan mulai membuka mulutnya lebih sering karena si kecil sudah mulai mengoceh dan dari membuka nya mulut si kecil akan mengeluarkan air liur. Ada beberapa bayi yang mengeluarkan air liur yang banyak namun ada juga yang mengeluarkan air liur lebih sedikit.

Untuk mengantisipasi hal ini maka ibu harus menyediakan tisu untuk si kecil, ketika si kecil mengeluarkan air liur secara berlebihan. Karena biasanya jika bayi mengeluarkan air liur akan membasahi leher jadi ibu harus membersihkan nya dengan lap basah atau tisu.

Gigi yang Sudah Mulai Tumbuh

Normalnya masa awal pertumbuhan gigi pada bayi, adalah ketika bayi berumur 5 bulan. Gusi bayi akan mulai membengkak dan memerah dan gigi akan tumbuh. Akan tetapi ada bayi yang proses pertumbuhan gigi nya lebih cepat yaitu pada saat bayi menginjak umur 4 bulan. Dan ada juga bayi yang lambat dalam proses pertumbuhan gigi yaitu pada saat bayi menginjak umur 6 hingga 7 bulan.

Menoleh jika Mendengar Suara

Ketika bayi menginjak umur 5 bulan maka bayi sudah mulai bisa merespon suara yang ada, tentu hal ini harus dilatih terlebih dahulu. Dengan memberikan mainan yang dapat berbunyi, sehingga membuat si kecil merespon terhadap suara yang ada. Si kecil juga mulai bisa mengenali nama nya, semakin sering ibu memanggil nama anak nya maka si kecil akan semakin berkembang, terutama saat menginjak umur 5 bulan si kecil akan dapat merespon ketika dipanggil namanya.

Menggenggam Meraih Mainan

Menjelang usia 6 bulan si kecil sudah mulai bisa meraih barang atau mainan yang diberikan ibu, walaupun belum bisa menggenggam dengan baik namun si kecil mulai bisa meraih mainan. Ibu bisa melatih si kecil dengan memberikan mainan di depan si kecil dan membiarkan si kecil meraih mainan atau barang tersebut.

Tentu nya si kecil hanya bisa menggenggam atau memegang barang – barang yang kecil sesuai ukuran tangan nya. Sebaiknya ibu tidak memberikan mainan yang terlalu besar dan berat untuk melatih si kecil agar dapat menggenggam dan meraih mainan.

Mengekspresikan Perasaanya

Si kecil mulai bisa mengekspresikan perasaannya kepada ibu. Mulai dari menangis ketika ibu pergi meningalkannya, marah ketika mainannya diambil, meminta ibu menggendong nya dengan mengangkat tangan dan tertawa ketika melihat wajah ibu atau ayah nya. Tentu perkembangan ini merupakan perkembangan yang sangat disukai ibu karena ketika si kecil mulai bisa mengekspresikan perasaannya, ibu menjadi lebih mengerti apa yang diinginkan bayi nya dan ibu merasa bahagia apabila si kecil tertawa ketika ibu berada di samping si kecil.

Takut Pada Orang Asing

Setiap hari nya yang lebih sering dilihat si kecil adalah ibu nya, namun beberapa anggota keluarga yang berada di rumah juga terkadang dihafal oleh si kecil. Jadi ketika si kecil melihat orang asing, mungkin itu teman ibu nya yang mengunjungi si kecil, si kecil mulai menangis karena tidak pernah melihat orang tersebut. Maka ibu harus segera menggendong bayi nya dan menenangkan nya ketika bayi bertemu orang asing yang tidak pernah dia lihat. Karena hal ini dapat menyebabkan bayi menjadi stres.

Mulai Bisa Mengoceh

Di usia si kecil yang menginjak 5 bulan, si kecil akan mulai bisa mengoceh “ma”,“pa”,“du” atau yang lainnya. Di dalam tahap ini ibu bisa merespon si kecil, seolah – olah ibu mengerti dengan ocehan si kecil. Hal ini biasanya akan membuat si kecil semakin senang mengoceh. Setiap hari ibu harus melatih si kecil agar si kecil semakin berkembang hingga lancar dalam mengucapkan suatu kata.

Duduk, Berguling dan Merangkak

Bayi yang menginjak usia 5 bulan mulai bisa duduk, namun belum bisa untuk duduk terlalu lama, sebaiknya ibu memberikan bantal untuk menyokong punggung si kecil agar bisa duduk sedikit lebih lama. Bayi juga sudah mulai bisa berguling. Pada saat berusia 5 bulan, ibu harus hati – hati ketika meninggalkan bayi di atas tempat tidur karena akan sangat berbahaya bila si kecil jatuh. Bayi juga mulai bisa merangkak, biasanya bayi akan bermain sambil merangkak.

Hal di atas adalah perkembangan bayi pada umur 5 bulan yang terjadi pada pada bayi menginjak usia 5 bulan. Kebanyakan bayi yang berumur 5 bulan akan mengalami perkembangan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Penjelasan di atas juga terdapat bagaimana cara mengatasi berbagai perkembangan bayi pada umur 5 bulan.

Tentu nya ibu sangat membutuhkan nutrisi yang cukup ketika ibu masih menyusui bayi. Terdapat juga produk yang berasal dari Kalbe yang cocok dikonsumsi oleh ibu dalam kondisi pasca melahirkan atau menyusui. Produk ini adalah Lactamil Lactasis Vanila 400gr. Dengan mengkonsumsi Lactamil Lactasis Vanila 400gr maka kandungan gizi yang diperlukan ibu saat menyusui akan terpenuhi, karena susu ini kaya akan gizi. Dan akan membuat ASI yang dihasilkan menjadi berkualitas.

Lactamil Lactasis Vanila 400gr adalah susu yang baik dikonsumsi oleh ibu, karena akan membuat ASI menjadi berkualitas. Ibu harus mengkonsumsi susu ini secara rutin saat sedang dalam kondisi menyusui. Takaran saji untuk susu ini adalah 3 sendok makan untuk sekali minum. Dalam susu ini juga mengandung formula ADIK+. Dan juga terdapat kandungan ekstrak daun katuk yang dipercaya dapat melancarkan ASI.

Komposisi yang terdapat dalam susu Lactamil Lactasis Vanila 400gr adalah Omega 6, Protein, Karbohidrat, Serat Pangan, Sukrosa, Natrium, Kalium, Vitamin A, Vitamin D3, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B9 (Asam Folat), Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Zat Besi, Yodium, Zinc, DHA, Kolin, Biotin.

Keunggulan dari produk Lactamil Lactasis Vanila 400gr ini adalah.

  • Tinggi kalium, omega 6 dan natrium
  • Memiliki kandungan vitamin D3 untuk mempertahankan kadar kalsium dan fosfor dalam batas yang normal.
  • Nutrisi kehamilan dengan gizi yang baik untuk ibu menyusui sehingga memberikan gizi yang baik bagi Si Kecil karena kualitas ASI yang berkualitas dengan mengonsumsi Lactamil Lactasis Vanila 400gr ini.

Kegunaan dari produk Lactamil Lactasis Vanila 400gr ini adalah.

  • Dapat menghindarkan ibu dari kondisi kegendutan, karena Lactamil Lactasis Vanila 400gr adalah susu yang rendah gula dan rendah lemak. Jadi ibu tidak perlu khawatir akan memiliki berat badan yang berlebih dengan mengonsumsi susu ini karena kandungan yang ada di dalam Lactamil Lactasis Vanila 400gr ini rendah gula dan rendah lemak.
  • Membantu ibu menyusui memenuhi kebutuhan kalsium sehingga ibu dapat terhindar dari osteoporosis, dan kesehatan tulang ibu akan terjaga.
  • Meningkatkan nutrisi ibu menyusui, sehingga ibu dapat menghasilkan ASI yang baik dan berkualitas. Tentu dengan dihasilkan ASI yang berkualitas akan membuat kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil dapat terpenuhi. Kandungan gizi yang dibutuhkan ibu juga akan terpenuhi karena susu ini mengandung banyak vitamin.
  • Dapat Membantu meningkatkan ASI, ASI yang dihasilkan ibu akan meningkat dengan mengonsumsi susu Lactamil Lactasis Vanila 400gr ini secara rutin. Kekurangan ASI pada ibu hamil akan sangat berpengaruh terhadap bayi, karena bayi di bawah 6 bulan biasanya sangat membutuhkan ASI yang cukup.

Sudah bisa dipahami bukan perkembangan bayi pada umur 5 bulan. Disamping memantau perkembangan bayi pada saat menginjak usia 5 bulan, maka ibu juga harus mempunyai nutrisi yang cukup pada masa menyusui. Ibu dapat memberikan ASI yang berkualitas pada bayi. Dengan produk Lactamil Lactasis Vanila 400gr maka ASI yang dihasilkan ibu menjadi berkualitas dan tentu nya si kecil juga akan mendapatkan asupan gizi yang cukup. Ada baiknya Moms mencoba mengonsumsi susu ini dalam masa – masa moms sedang menyusui ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *