Sudah siapkah Anda untuk Menabung. Siap membagi uang bulanan Anda  untuk ditabung bukan hanya sekedar gaji bulanan Anda digunakan sepenuhnya guna memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda saja, tanpa adanya membeli impian Anda. Jangan pernah berfikir boro-boro nabung,  kebutuhan bisa tercukupi saja sudah bersyukur. Ini adalah pola berfikir yang salah, jangan pesimis dengan gaji yang pas-pasan. Mari kita simak tips dan trik cara menabung yang baik dibawah ini.

Sebelumnya, kita harus mengerti, apa sih manfaat dari menabung itu? Sudah pasti banyak manfaatnya ya…Menabung sendiri adalah hal yang perlu diterapkan sejak masa kecil. Dengan menabung kita bisa merencanakan sesuatu dengan baik dan matang. Saat menjadi orang tua, kita harus mengajarkan kepada anak-anak kita, akan pentingnya menabung dari kecil. Menabung itu bukan menyisihkan uang dari sisa uang belanja, uang jajan ataupun jatah uang bulanan kita.

Akan tetapi cara menabung yang baik adalah dengan memprioritaskan uang untuk tabungan itu sendiri dari uang bulanan yang ada. Sebelum kita menabung kita harus memiliki pola fikir yang matang dalam mengatur keuangan kita, kemudian baru kita bisa mencoba untuk menabung. Mempelajari tips dan trik mengenai cara menabung yang baik, merupakan salah satu permulaan yang baik untuk diterapkan.

Untuk keberhasilan rencana kita dalam menabung, mari kita pelajari tips dan trik dalam menabung yang baik, kita baca dengan seksama

Hal yang pertama, yang perlu kita perhatikan adalah kita harus memliki target dan prinsip dari dari hati kita, agar mantap dan tidak gagal dari tujuan kita menabung, Dengan memiliki target tertentu kita akan memiliki rasa semangat dengan prinsip yang sudah terencana dalam menabung. Jika sudah memiliki target dan prinsip dari diri kita, maka tabungan kita akan berjalan dengan sesuai rencana atau berhasil.

Yang kedua, Optimis pasti bisa. Tanamkan jiwa optimis dalam hati untuk mencapai suatu target. Berapapun penghasilan kita, Jangan pesimis karena gaji kita tidak sebesar yang orang lain dapatkan. Percaya, jika kita berusaha pasti akan didapat Usaha yang kita lakukan adalah dengan menabung yang baik dari penghasilan yang kita dapat.

Yang ketiga, kita harus membuat catatan anggaran rumah tangga kita, anggaran kebutuhan kita selama satu bulan. Berapa pemasukan yang didapat dan berapa target uang yang kita masukan ke dalam tabungan kita, selebihnya kita harus mengatur pengeluaran uang bulanan kita, yang akan kita bagi untuk kebutuhan sehari-hari, uang untuk simpanan kesehatan dan uang simpanan untuk hal yang mendesak. Berapapun penghasilan kita, jika sudah tertata dengan anggaran yang baik, maka kita tidak akan keteteran dalam urusan keuangan.

Yang keempat, Stop Jiwa Konsumtif dan kesampingkan gengsi. Stop Belanja hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Banyak orang gelap mata, saat menerima gaji atau uang bulanan. Kebanyakan dari orang setelah mendapat gaji atau uang bulanan akan pergi ke mall, supermarket atau mencari tempat yang dijadikan untuk hang out atau sekedar jalan-jalan Bersama keluarga atau sahabat. Akan tetapi, jika kita sudah melihat barang bagus, seperti baju, sepatu, tas atau makanan yang enak, hati kita akan tergoda. Disinilah prinsip dan target kita berperan, jika sudah memiliki tekad bulat untuk menabung, saat melihat barang bagus dan makanan enak kita bisa menahannya.

Yang kelima, Jangan tergoda dengan iming-iming kartu kredit. Banyak orang berfikir, dengan kartu kredit kebutuhan kita bisa terbantu untuk terbeli. Faktanya, untuk orang yang berpenghasilan tidak terlalu besar, kartu kredit hanya akan menjadi bom waktu keuangan kita sendiri, yang sewaktu-waktu bisa meledak tanpa bisa kita target. Kenapa demikian, karena mayoritas manusia itu memiliki sifat yang tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah didapatnya, dengan kartu kredit, kita tidak bisa mengontrol pengeluaran kita.

Saat bepergian melihat sesuatu yang menarik dan limit keuangan kita menipis, maka timbul rasa ingin memilikinya, dan kartu kredit lah yang digunakan untuk membayar. Anda tidak menyadari bahwa nanti saat Anda menerima gaji yang seharusnya digunakan untuk keperluan bulan saat menerima gaji, tetapi gaji Anda otomatis akan terpotong untuk membayar transaksi kartu kredit Anda dibulan lalu yang semestinya tidak termasuk anggaran.

Yang keenam Anda bisa mencoba memisahkan rekening tabungan. Banyak bank yang menawarkan jasa simpanan atau deposito berjangka. Nah, dengan Anda memisahkan rekening tabunngan yang dipakai untung deposito dan rekening kebutuhan bulanan, keuangan Anda akan terkontrol dengan baik. Karena rekening deposito berjangka tidak bisa diambil sewaktu-waktu melainkan menggunakan jangka waktu yang biasanya tahunan baru bisa diambil, tergantung perjanjian diawal saat pembuat rekening deposito itu sendiri. Tidak seperti rekening umumnya yang mendapatkan fasilitas Kartu ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ) yang bisa diambil kapanpun kita mau.

Yang ketujuh, Hindari memegang uang tunai yang banyak. Jangan biasakan menyimpan uang dalam bentuk tunai dengan jumlah yang banyak didompet Anda. Uang tunai yang kita pegang, itu akan membuat kita mengeluarkan atau membelanjakan uang kita diluar rencana. Sudah dijamin saat kita pergi, tanpa kita sadari, kita mau ini dan mau itu, akhirnya kita membelinya. Dengan tidak adanya uang yang kita pegang, maka kita berfikir dahulu sebelum mengambil uang di ATM, berfikir dengan anggaran yang sudah kita keluarkan dan sisa uang yang ada.

Yang Kedelapan, Aset. Jika Anda sudah mencoba cara diatas tetapi masih kesusahan, Anda bisa mencoba dengan membeli asset. Asset yang paling menggiurkan adalah emas, atau jika memiliki uang lebih banyak bisa membeli tanah. Karena asset ini keuntungannya sangat menggiurkan.Contohnya Emas, bisa kita beli saat harganya turun, kemudian bisa kita jual kembali saat harga naik, untu tanah sendiri, harga tanah rata-rata selalu naik. Semakin bertabahnya waktu, tanah akan memiliki harga yang lebih dari harga saat kita membeli.

Yang kesembilan, Tekankan prinsip hidup sederhana dan berhemat. Jangan mudah tergiur untuk membelanjakan uang Anda. Polakan pada hidup Anda hidup sederhana, biasakan berfikir seribu kali dahulu untuk membeli sesuatu,

Seberapa pentingkah barang ini, jika saya membelinya?

Masih ada barang yang lama yang masih bisa dipakai.

Masih ada kebutuhan lain, yang harus saya fikirkan.

Dengan cara menabung diatas, Anda bisa mencapai target yang impikan, Cara ini bisa menjadi motivasi atau penyemangat diri Anda dalam menabung dengan baik dan benar dan anti gagal. dengan berusaha untuk menerapkan cara menabung yang baik,  itu sudah menjadi semangat tersendiri, ditambah dengan praktek dari apa yang Anda rencanakan, yang akhirnya Anda jalankan akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri saat Anda sudah menggapai apa yang Anda impikan dengan kerja keras sendiri. Selalu semangat kerja jangan lupa untuk menjaga kesehatan, karena sehat itu mahal harganya.Jangan sia-siakan waktu luang dan sehatmu dengan sebaik mungkin demi terciptanya hidup nyaman dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *