Belajar adalah hal yang terus berada dalam otak anak-anak. Media belajar pun tak luput dari perhatian. Tak hanya mulai belajar dari tengkurap, berjalan, berlari, dan berbicara yang terlihat, anak-anak juga belajar mengerti, memahami, dan berbahasa dengan versi anak-anak dalam diri mereka. Perkembangan media belajar untuk anak juga beragam. Pada usia satu tahun, anak-anak akan mulai belajar mengenai bentuk, huruf, binatang, hingga mempelajari warna.

Konsep Pengenalan Warna

Proses memperkenalkan warna pada anak-anak bisa dimulai dari bayi. Dengan memberikan perkenalan pada warna, anak-anak akan diajarkan tentang konsep pengenalan warna yang memiliki kelebihan sebagai berikut.

  1. Anak-anak dapat mengembangkan kecerdasan kognitifnya
  2. Dapat memanfaatkan media belajar warna anak sangat banyak, bisa diaplikasikan sebagai alat pembelajaran
  3. Belajar warna bisa melibatkan contoh langsung dan aktivitas fisik, sehingga anak akan lebih kaya pengalaman tentang pembelajaran warna
  4. Belajar warna akan melatih kreativitas anak dan rasa tanggung jawabnya secara lebih utuh      

Manfaat Belajar Warna pada Anak

  • Anak Dapat Menatap Dunia Lebih Utuh

Proses belajar warna anak dalam kehidupan dapat membuatnya menatap dunia dengan lebih utuh. Saat bepergian, Anda bisa mengamati sekeliling dengan leluasa dan belajar dari alam. Misalkan datang ke taman bunga, Anda dapat mengenalkan konsep bunga cantik warna-warni, daun, pot, kupu-kupu dan lainnya. 

Dengan memperlihatkan secara langsung kepada anak dan membagikan pengalaman warna, hal itu akan membuatnya lebih bersemangat dalam belajar sesuatu yang baru dari hal-hal di sekitarnya. Dengan demikian, anak akan lebih peka dan bisa mengambil manfaat dari segala hal yang ditemuinya.

  • Belajar Warna Dapat Melatih Kreativitas

Proses belajar warna anak yang terjadi sejak dini akan memberikan sebuah pengalaman warna yang beragam. Secara tidak langsung, anak juga akan belajar melatih kreativitas dengan daya imajinasi dan seni artistik atas dasar pengalaman tersebut. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi anak-anak yang berbakat pada bidang seni.

  • Anak Akan Berlatih Mengungkapkan Emosi

Emosi manusia bisa dituangkan dalam bentuk warna. Anak-anak dapat mulai dikenalkan dengan warna sebagai ekspresi hatinya. Warna-warna terang untuk perasaan gembira, dan warna alam seperti biru dan hijau sebagai ungkapan rasa hangat, sedangkan warna gelap untuk ekspresi marah atau kesedihan. Ketika anak sudah bisa memahami hal ini, ia akan tumbuh jadi seseorang yang lebih peka terhadap perasaan dan ekspresi orang lain.

  • Anak Dapat Mengasah Kemampuan Estetika

Media belajar warna anak bisa dimulai saat memperhatikan foto, lukisan, atau pemandangan alam. Konversi warna bisa diberikan saat anak melihat estetika suatu hal dengan detail. Dari sana, anak juga bisa melihat presisi warna yang sesuai, perpaduan warna yang kontras, dan lain sebagainya. Diharapkan anak akan lebih pandai dalam mengapresiasi warna, memahami konsep estetika, dan bisa menghargai berbagai karya seni orang lain.

  • Mengenalkan Konsep Ruang dan Bentuk

Anak akan lebih paham warna dengan pengenalan konsep ruang dan bentuk. Lingkaran, kotak, persegi panjang, dan lainnya bisa dikenalkan dengan barang-barang yang ada di rumah. Misal dengan toples plastik, botol, dan benda lainnya. Dengan warna yang mencolok pada benda-benda tersebut, anak akan lebih mudah mengingat ketika ditanya berulang kali.

Media Pembelajaran Pengenalan Warna Pada Anak

  • Diselipkan dalam Percakapan Harian

Terdapat banyak cara belajar warna anak dengan menyenangkan. Salah satunya dengan menyelipkannya dalam percakapan harian. Misalkan dengan meminta anak mengambilkan barang dengan warna tertentu di lokasi tertentu. Hal itu akan membuatnya berpikir dan mengenali contoh warna yang disebutkan.

  • Mengamati Warna secara Langsung

Media belajar warna anak selanjutnya bisa dengan terlibat secara langsung dalam kegiatannya. Ketika anak diajak bepergian, kenalkan konsep warna hijau untuk melanjutkan perjalanan dan warna merah tanda berhenti. Dengan melihat aneka warna kendaraan di jalan raya, Anda juga bisa memberikan pengenalan warna dasar yang perlu diketahuinya.

  • Menggunakan Media Video

Anda juga bisa menyiasati pengenalan warna dengan memberikan video anak yang berkaitan dengan warna. Otak anak akan lebih bergembira bila dalam video juga ditampilkan gambar dan lagu yang menggembirakan. Semakin sering video diputar, anak akan semakin hafal dan paham dengan baik konsep warna yang dikenalkan.

  • Bermain dalam Game Ponsel atau Slime 

Game ponsel juga bisa membantu dalam belajar warna anak. Ada berbagai tema yang bisa digunakan yang bisa disesuaikan dengan usia anak. Ada game berkaitan dengan cocok warna, game bubble tea yang memadukan warna, game mencari warna, dan sebagainya. Dari berbagai permainan digital dan  mengutak-atik warna dengan slime, anak akan terlatih memadupadankan warna, memilih warna, dan mengingat akurasi yang tepat untuk konsep warna hijau yang merupakan perpaduan antara biru dan kuning.

  • Mengenalkan Warna sambil Bernyanyi

Berbagai lagu juga bisa menjadi media pembelajaran warna. Pelangi-pelangi, Balonku, dan  Bintang Kecil, dan Lihat Kebunku menjadi beberapa contoh lagu yang menyajikan kata-kata dengan warna di dalamnya. Anda bisa membagikan pengalaman tersebut dengan menunjukkan warna-warna yang berkaitan dengan lagu

  • Membelikan Buku Mewarnai

Mewarnai menjadi salah satu kegiatan belajar warna anak yang paling mudah. Anda bisa mengakomodir dengan memberikan pensil warna dan buku mewarnai. Dengan menjadi support system bagi pembelajaran anak, maka Anda telah memberikan kebebasan kepadanya dalam berekspresi dan berkreativitas.

Menemani anak dalam proses mengembangkan diri akan menjadi hal yang berharga bagi kedua orang tuanya. Belajar warna anak bisa menjadi salah satu cara meningkatkan quality time bersama keluarga yang menyenangkan. Dengan tetap memberikan pengawasan dan pendampingan, anak akan lebih mudah dalam melakukan pembelajaran yang berharga untuk tumbuh kembangnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan Ibu untuk mendukung aktivitas anak dalam belajar mengenali jenis-jenis warna. Banyak alternatif yang bisa Ibu lakukan seperti menggunakan buku mewarnai, media elektronik, penjelasan langsung, atau media lainnya. Ibu bisa menemani anak dalam mengenali warna secara penuh. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *