Seperti kita ketahui bahwa ibu hamil memerlukan vitamin yang cukup untuk tumbuh kembangnya janin yang ada di dalam kandungan. Oleh sebab itu dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai buah yang bagus untuk ibu hamil. Semua pasangan suami istri pasti bahagia ketika mengetahui bahwa mereka akan segera mempunyai anak. Kabar sang istri tengah hamil merupakan sumber kebahagiaan sendiri. Namun, menjadi ibu hamil tidaklah mudah, nutrisi untuk si kecil sudah harus tercukupi bahkan semenjak masih berada di dalam kandungan, karena itulah ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap 4 sehat 5 sempurna, terutama buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan serat dan bagus dikonsumsi selama mengandung.

Selain untuk tumbuh kembang janin, buah yang bagus untuk ibu hamil juga akan sangat berguna bagi ibu hamil sendiri sebab banyak buah yang dapat mencegah serta mengurangi efek yang sering diakibatkan oleh kehamilan itu sendiri seperti mual di pagi hari (morning sickness), sembelit, kontraksi otot, kram perut, dan lain sebagainya. Sehingga selama hamil Anda bisa tetap merasa sehat dan bugar, jangan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Berikut beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu hamil.

  • Mangga

Sudah menjadi rahasia umum kalau buah yang satu ini merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil. Bukan hanya karena rasanya yang enak namun juga kandungannya yang bagus untuk si ibu dan bayi yang dikandung. Mangga merupakan sumber vitamin C dan vitamin A. Vitamin C membantu ibu hamil agar rasa mual nya berkurang, serta mengurangi sembelit yang biasanya dialami ibu hamil. Selain itu kandungan vitamin A berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh sehingga sistem imun ibu dan bayi dapat selalu terjaga.

  • Pisang

Selama masa kehamilan, ibu hamil seringkali merasa mual. Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah pisang dan bisa menjadi solusi untuk masalah ini sebab pisang mengandung vitamin C, vitamin B6 dan serat. Selain itu, pisang juga mengandung kalium serta mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan keseimbangan cairan tubuh. Tentu sebagai ibu hamil cairan tubuh harus selalu seimbang agar bayi yang dikandung dapat selalu terjaga selama masa kehamilan membuat buah ini menjadi pilihan yang bagus.

  • Alpukat

Buah yang satu ini sangat bagus untuk dikonsumsi ibu hamil sebab memiliki kandungan asam folat yang tinggi, asam folat sangatlah diperlukan dalam tumbuh kembang janin. Selain asam folat, alpukat juga mengandung berbagai vitamin seperti B, C dan K. Adapula kandungan lain seperti serat kolin, magnesium dan kalium yang dapat membantu meredakan mual serta mengatasi kram perut.

  • Apel

Apel  sangatlah bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Ada kandungan vitamin A, C, D, E, serat serta zinc. Buah ini sangat berguna untuk mempercepat tumbuh kembang janin Anda, menjaga kekebalan tubuh dan juga melancarkan sistem pencernaan. Menurut berbagai penelitian, ibu yang mengonsumsi Apel secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami asma dan alergi.

  • Nanas

Nanas dipercaya tidak bagus untuk dikonsumsi ibu hamil, bahkan disebut-sebut dapat menyebabkan keguguran. Namun, sampai sekarang tidak ada penelitian yang menyebutkan demikian, klaim ini belum dibuktikan oleh para ahli. Memang benar bahwa nanas mengandung bromelain yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan pendarahan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas, nanas justru bagus untuk ibu hamil. Nanas kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil seperti asam folat, vitamin C dan B6 serta berbagai kandungan lainnya. Maka dapat disimpulkan bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran hanyalah mitos belaka. Jadi nanas juga termasuk dalam buah yang bagus untuk ibu hamil.

  • Pepaya

Para ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pepaya yang sudah matang sebab lebih kaya akan vitamin E, C dan tentunya sebagai sumber serat. Pepaya matang lebih bagus sebab pepaya yang belum matang mengandung getah yang bisa saja malah menyebabkan kontraksi. Sebelum mengonsumsi buah ini sangat dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan Anda terlebih dahulu.

  • Jeruk

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah jeruk. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk tubuh, dan sama seperti buah-buahan sebelumnya, kandungan vitamin C membantu mengurangi rasa mual. Selain itu, jeruk juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel. Buah jeruk juga mengandung banyak asupan cairan, hal ini berguna untuk menghindari ibu hamil dari dehidrasi.

  • Semangka

Seperti jeruk, semangka memiliki banyak kandungan air dan dapat menghindari ibu hamil dari dehidrasi. Yang membuat semangka bagus dikonsumsi ibu hamil selain karena kandungan cairannya adalah kandungan lain seperti vitamin, magnesium dan potasium. Kandungan-kandungan ini dapat membantu mengurangi kram otot yang umumnya terjadi di sekitar perut selama hamil.

  • Blueberry dan Stroberi

Buah berry yang kecil-kecil dan imut ini ternyata memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi ibu dan calon bayi dan merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Buah-buahan berry diketahui mengandung kalium, asam folat dan vitamin C serta tentunya serat seperti kandungan buah pada umumnya. Kandungan yang terdapat pada berry dapat mencegah ibu hamil dari anemia dan kontraksi otot serta membantu melancarkan pencernaan membuat buah ini bagus untuk ibu hamil.

  • Jambu biji

Buah yang satu ini dikenal dapat membantu menaikkan jumlah trombosit dan biasanya disarankan untuk dikonsumsi penderita demam berdarah, fungsi serupa dapat berguna juga bagi ibu hamil sebab dapat mengontrol kadar gula darah. Buah ini bagus sebab kaya akan vitamin C, selain itu jambu biji juga memiliki kandungan vitamin A, serat, kalium dan fosfor.

  • Pir

Buah yang masih satu spesies dengan apel ini mengandung banyak air yang dapat membantu ibu hamil agar tetap terhidrasi selama masa kehamilannya. Selain itu pir juga kaya akan asam folat, kalium yang dapat membantu regenerasi sel dalam tubuh ibu dan bayi yang sedang dikandung serta kandungan serat yang dapat mencegah terjadinya sembelit.

  • Lemon

Tidak jarang ibu hamil menghisap lemon, jeruk nipis maupun buah-buahan citrus lainnya yang asam. Namun hal ini dilakukan karena rasa asam yang dikandung lemon bisa mengurangi rasa mual yang biasa dialami ibu hamil atau biasa disebut dengan morning sickness. Kandungan air yang banyak juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi. Kandungan vitamin C nya mencegah sembelit, kandungan kalsium, kalium dan magnesiumnya dapat mempercepat tumbuh kembang janin juga.

Agar Anda tidak merasa bosan dalam mengonsumsi buah-buahan di atas, cara mengonsumsinya tentu dapat Anda kreasikan misalnya dengan dijadikan salad buah, dapat juga Anda jadikan camilan dengan mencampurkan beberapa potong buah dalam satu wadah. Buah-buahan seperti pisang, blueberry dan stroberi sangat bagus apabila bisa Anda jadikan topping pada menu sarapan seperti oatmeal, sereal dan roti. Selain itu, Anda tentunya dapat menjadikan buah-buahan di atas sebagai jus yang bisa Anda minum kapan saja dan di mana saja, jus pun bisa Anda variasikan dengan mencampur satu buah dengan buah yang lainnya, misalnya jambu biji dan jeruk. Tidak jarang buah-buahan dicampur dengan sayur juga lho, seperti bayam dan buncis. Hal ini tentunya perlu dilakukan agar nutrisi si janin terpenuhi. Dan buah yang bagus untuk ibu hamil juga dapat terpenuhi.

Memakan buah-buahan saja tentunya tidak cukup ya, agar perkembangan janin menjadi lebih sehat dan optimal tentunya diperlukan produk-produk suplemen tambahan untuk ibu hamil. Selain terkadang ibu hamil tidak sempat atau lupa mengonsumsi buah. Kalbe dengan produk Prenagen pun memiliki solusinya untuk Anda.

Produk pertama adalah Prenagen Liquid Juice Pome grape 300ml. Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, mengonsumsi buah sangatlah penting bagi ibu hamil. Produk ini adalah perpaduan dari dua buah dengan antioksidan tinggi, pome (delima merah) dang grape (anggur) ada juga yang rasa fruit veggie atau buah dan sayur-sayuran. Produk ini dapat Anda beli seharga Rp 10.000 saja, cocok untuk ibu hamil yang gemar bepergian dan beraktivitas.

Selain itu, ada pula susu Prenagen Mommy yang dapat memenuhi nutrisi ibu selama masih dalam masa hamil. Formula PRENAPro dapat menjaga stamina ibu agar bisa tetap fit selama hamil, susu ini juga dapat membantu janin agar lahir cerdas, tepat waktu (40 minggu) serta berat sesuai stAndar (2,5-4kg). Hadir dalam berbagai rasa, yakni mocha,  strawberry, vanilla, chocolate dan kacang hijau, kemasan 400gr dapat Anda miliki dengan harga Rp 73.000 dan untuk 200gr seharga Rp 40.000.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan kehamilan maka Prenagen Esensis dapat menjadi jawaban bagi Anda. Sebaiknya dikonsumsi 4 bulan sebelum persiapan hamil agar kebutuhan asam folat, kalsium, vitamin dan mineral terpenuhi. Hadir dalam rasa chocolate, mocha, dan vanilla dapat Anda miliki seharga Rp 61.000 untuk kemasan 360gr dan Rp 32.000 untuk kemasan 180gr.

Selanjutnya, bagi Anda yang sedang hamil muda, Prenagen Emesis cocok dikonsumsi Anda yang sedang hamil 0-3 bulan. Pada masa ini, ibu hamil rentan sekali mengalami morning sickness atau mual di pagi hari, formula Prenagen Emesis teruji klinis dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah bahkan menghilangkan pada hari ke-10 apabila dikonsumsi secara teratur dua kali sehari, yakni pagi hari sebelum beraktivitas dan sore hari setelah beraktivitas. Dengan berbagai pilihan rasa seperti chocolate dan vanilla delight, produk ini dapat Anda miliki seharga Rp42.000 untuk ukuran 200gr dan Rp 75.000 untuk 400gr.

Bagi ibu hamil yang senang beraktivitas dan mungkin tidak sempat untuk membuat susu, jangan khawatir sebab Prenagen juga memiliki produk susu kotak yakni Prenagen Mommy UHT Velvety Choco, jadi tidak usah khawatir gizi dan kebutuhan nutrisi Anda dan janin Anda tidak terpenuhi karena produk ini juga mudah ditemukan di berbagai minimarket terdekat.

Dalam masa kehamilan, ibu hamil memang harus mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya dan janin yang dikandung, oleh karena itu harus dikonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Untuk susu, produk Kalbe yang satu ini sudah teruji klinis dapat mempersiapkan calon ibu untuk hamil, meringankan mual di pagi hari, susu dengan berbagai macam rasa yang tidak hanya tersedia di kotak besar namun juga berupa susu kotak yang praktis hingga produk-produk jus buahnya yang praktis membantu memenuhi kebutuhan serat dan asam folat apabila ibu hamil tidak sempat mengonsumsi buah segar. Tunggu apalagi? Gunakan Prenagen pada masa kehamilan Anda.

Tidak lupa, bahwa masa dalam masa kehamilan, bukan hanya kebutuhan gizi yang bagus yang harus dipersiapkan tapi juga kesiapan calon ibu secara mental dan emosional. Maka daripada itu, calon ibu juga memerlukan dukungan emosional dari keluarga, orang-orang terdekat dan tentunya dari sosok suami yang akan segera menjadi seorang Ayah.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *