Ketika kita atau orang yang kita sayangi divonis mengidap penyakit kolesterol, pasti rasa takut dan khawatir akan segera menyeruak ke dalam benak. Pasalnya, penyakit ini tidak bisa dianggap sepele seperti halnya batuk atau pilek. Orang yang menderita penyakit kolesterol akan mengalami sejumlah gangguan tubuh secara berkelanjutan dari dalam, hingga ia bahkan berpotensi terkena serangan jantung, stroke, serta kematian. 

Menindaklanjuti kekhawatiran tersebut, kita pun pastinya tak akan duduk diam dan berpasrah begitu saja, bukan? Akan ada sejumlah upaya, baik medis maupun non medis yang dilakukan agar penyakit kolesterol tersebut segera sembuh dan situasi tubuh kembali normal. 

Namun sebelum kita mencari tahu sejumlah cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mengatasi kolesterol berlebih, ada baiknya kita terlebih dahulu memiliki pemahaman yang cukup tentang apa yang dimaksud dengan kolesterol, faktor-faktor yang menyebabkan kolesterol, serta apa saja gejalanya. 

Pemahaman yang cukup seputar penyakit kolesterol akan membuat Anda lebih mudah memilah informasi dan cara terbaik untuk mengatasi kolesterol berlebih. Bak gayung bersambut, kami selalu setia menyediakan sejumlah informasi bermanfaat terkait kesehatan, termasuk informasi seputar Cara Cerdas Mengatasi Kolesterol Berlebih. 

  1. Mengenal Kolesterol

Kolesterol sejatinya bukanlah sebuah penyakit. Justru ia merupakan zat yang diproduksi oleh hati, di mana tugasnya adalah memproduksi sel-sel sehat, hormon, serta vitamin D yang memang sangat. Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yakni Low-density lipoprotein (LDL) dan High-density lipoprotein (HDL). 

Kolesterol jenis pertama yakni LDL biasa disebut kolesterol “jahat”, sebab ia menumpuk di dinding pembuluh darah dan bisa membuat pembuluh darah megalami penyempitan, pengerasan, bahkan kerusakan. Sementara itu, HDL atau kolesterol “baik” selain bertugas memproduksi sel, hormon dan vitamin, juga vekerja membantu tubuh menghilangkan kelebihan kolesterol LDL dan mengembalikannya ke hati.

Kolesterol bisa menjadi masalah jika kadarnya melebihi batas normal di kisaran 160-200 mg saja. Jika lebih dari itu, kita dipastikan akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan, serta pada kondisi inilah kita bisa menyebut kolesterol sebagai penyakit. 

  1. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Penyakit Kolesterol

Tidak piawainya seseorang menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuhnya merupakan faktor utama yang menyebabkan penyakit kolesterol jadi terasa. Tapi bahkan kita pun mungkin melakukannya secara tidak sengaja, disebabkan kurangnya pengetahuan tentang kolesterol. 

Maka dari itulah, penting untuk mengetahui tentang Faktor-Faktor yang Menyebabkan Penyakit Kolesterol agar kita bisa melakukan pencegahan sejak dini. Bukankah mencegah lebih baik dari apda mengobati? 

Meski begitu, Anda yang sudah telanjur divonis mengidap penyakit kolesterol tak perlu berkecil hati. Anda harus selalu bersemangat melakukan sejumlah Cara Cerdas Mengatasi Kolesterol Berlebih tanpa dibarengi rasa putus asa. Perasaan dan pikiran negatif sejatinya akan membuat kita memperparah keadaan diri. Sebaliknya, pikiran yang positif akan membantu proses penyembuhan secara signifikan. 

Adapun hal-hal yang harus Anda hindari agar senantiasa tercegah dari penyakit kolesterol akan dijelaskan dalam uraian berikut ini: 

  1. Tidak mengonsumsi makanan yang tinggi kadar lemak jenuh terlalu sering. Makanan-makanan tersebut di antaranya kuning telur, mentega, biscuit, keju, krim dan santan. Di satu sisi, makanan-makanan yang telah disebutkan tadi memang bermanfaat, baik untuk menambah cita rasa maupun sebagai sumber protein. Namun, konsumsi makanan yang dilakukan secara berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan karena akan menyulut ketidakseimbangan kolesterol.  
  2. Melakukan olahraga secara rutin. Ini merupakan aktivitas wajib yang sering diabaikan oleh orang-orang karena sejumlah alasan, dari mulai kesibukan, rutinitas kerja, hingga malas. Padahal, olahraga secara rutin bisa membuat tubuh Anda jadi bugar, dan proses pengeluaran racun-racun di tubuh lebih optimal melalui keringat. Justru kurangnya olahraga bisa membuat kolesterol jahat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah Anda. 
  3. Hindari kebiasaan merokok. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok sangat buruk bagi kesehatan. Dalam kemasan rokok bahkan dipaparkan tentang bahayanya, tapi efek candu dan gaya hidup membuat kebiasaan ini terus digemari. 

Lebih spesifik untuk kolesterol, rokok mengandung zat bernama akrolein yang berbahaya bagi tubuh, sebab ia dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik. Ketika hal ini terjadi, proses pengangkutan timbunan lemak di tubuh menuju hati untuk kemudian dibuang akan menjadi terhambat. Akibatnya, terjadilah penyempitan pembuluh darah yang menyakitkan tubuh Anda. 

  1. Hindari mengonsumsi alkohol. Selain dilarang agama dan menyulut terjadinya sejumlah tindak kriminal, alkohol bisa menjadi dalang utama Anda mengidap penyakit kolesterol. Ini disebabkan konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan trigliserida dalam darah.
  2. Jaga berat badan ideal. Jangan sampai badan Anda mengalami kegemukan atau obesitas, karena potensi kolesterol tinggi akan semakin besar. Tanda umum seseorang mengalami obesitas adalah ketika massa tubuh Anda di atas 30 kg per meter persegi serta ukuran lingkar pinggang untuk laki laki lebih dari 102 cm dan 89 cm pada wanita.
  3. Menjaga diri dari penyakit tertentu yang bisa menyulut penyakit kolesterol datang menyerang. Penyakit yang dimaksud adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, kelenjar tiroid yang kurang aktif, sakit liver, sakit ginjal serta memiliki riwayat keturunan penyakit kolesterol. 
  4. Cara Cerdas Mengatasi Kolesterol Berlebih

Setelah mengetahui pengertian kolesterol serta mengetahui pula hal-hal yang menyulut seseorang berpotensi mengidap kolesterol, beralihlah kita ke pembahasan inti, yakni Cara Cerdas Mengatasi Kolesterol Berlebih. 

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, dari mulai medis, hingga alternatif. Tapi kami selalu merekomendasikan Anda menempuh jalur medis, karena cara tersebut relatif lebih aman dan teruji klinis. Selebihnya, Anda mesti rutin melakukan sejumlah gaya hidup sehat dan diet ketat agar kolesterol Anda selalu terjaga seimbang. Adapun Cara Cerdas Mengatasi Kolesterol Berlebih secara spesifik akan dijelaskan pada uraian berikut ini: 

  • Mengonsumsi Air Jeruk Nipis Secara Rutin

Kolesterol tinggi bisa Anda seimbangkan secara alami dengan rutin meminum air jeruk nipis. Minumlah setiap pagi dan malam hari dengan cara memeras air jeruk, lalu mencampurkannya dengan segelas air hangat. 

Air jeruk nipis terbukti mengandung zat bernama flavonoidyang sudah dikenal sebagai anti-oksidan kuat. Selain mampu menyeimbangkan kadar kolesterol, zat yang terkandung dalam perasan air jeruk nipis ini juga efektif melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

  • Makan Anggur

Buah lainnya yang sangat bagus untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah adalah anggur. Lebih spesifik, ia mengandung anti-oksidan umum sekaligus zar antimikroba seperti piceatannol dan resveratrol yang menghasilkan fitonutrien. Kandungan baik lainnya yang terdapat dalam anggur yakni flavonoid yang juga berperan sebagai anti-oksidan. Untuk mencegah dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah, Anda bisa memakannya langsung atau dibuat jus. 

  • Jambu merah

Berdasarkan penelitian, jambu merah memiliki sejumlah kandungan baik yang mampu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan tersebut di antaranya anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan zat baik lainnya. Sama seperti anggur, kita bisa memakannya langsung atau dibuat jus lalu dikonsumsi secara rutin. 

  • Kulit manggis

Jika makan buah manggis, janganlah membuang kulitnya begitu saja, sebab justru terdapat banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh ketika kita mengonsumsinya secara rutin. Kulit manggis mengandung bahan aktif xanthone yang merupakan zat anti-kanker serta anti-oksidan. Zat ini terbukti jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E. Kulit manggis juga tentu saja bisa diandalkan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah. 

  • Mengonsumsi biji-bijian utuh

Jika Anda tak terlalu suka buah, maka agenda menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah bisa tetap Anda lakukan dengan mengonsumsi aneka biji-bijian utuh. Adapun kandungan yang terdapat dalam biji-bijian di antaranya protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.  Nutrisi yang tadi disebutkan mampu mencegah efek radikal bebas, serta meningkatkan kemampuan sel tubuh untuk berkembang dengan baik. 

  • Mengandalkan brokoli 

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki serat tinggi, sehingga ia juga bisa diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Lebih lanjut, sayuran hijau ini bekerja membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Adapun cara mengonsumsi brokoli bisa dilakukan dengan cara merebusnya tanpa menggunakan minyak. 

  • Makan Ikan Salmon

Tak hanya melulu mengandalkan sayuran dan buah-buahan, tapi rupanya ikan salmon juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat secara drastis. Ini disebabkan kandungan minyak Omega-3 yang mendominasi pada salmon sehingga manfaatnya bukan hanya untuk menyembuhkan penyakit kolesterol saja, tapi juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Selain untuk kolesterol, lemak omega-3 juga berguna untuk tubuh dalam rangka mencegah penyakit jantung, demensia, serta penyakit lainnya. 

  • Rutin Mengonsumsi Nutrive Benecol Smoothies

Hidup di zaman modern menggiring kita untuk menyukai hal-hal yang serba cepat dan praktis. Hal ini sangat wajar, terutama bagi Anda yang menjalani hari-hari dengan segudang kesibukan pekerjaan. Tapi gaya hidup serba praktis dan instan ini jangan sampai membuat Anda mengabaikan kesehatan, apalagi membuka peluang penyakit kolesterol datang menyerang. 

Ketika Anda tidak sempat mencari buah-buahan, mengolah sayuran atau biji-bijian untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah, maka kami merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi Nutrive Benecol Smoothies. 

Minuman andalan masyarakat modern ini terdiri dari susu dengan sari buah yang kaya akan kandungan Plant Stanol Ester (PSE). Dalam setiap sajian Nutrive Benecol Smoothies, terdapat 1,7 gr PSE yang secara klinis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta mencegah serangan jantung coroner. Produk unggulan ini juga terdeteksi bebas gula, sehingga aman untuk para penderita diabetes.  

Untuk menurunkan kadar kolesterol sebanyak 7 hingga 10 persen, Anda dianjurkan untuk meminum dua botol Nutrive Benecol Smoothies per hari selama dua atau tiga minggu. Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin, rasakanlah segala manfaat baik dari Nutrive Benecol Smoothies yang bukan hanya berpengaruh untuk kebaikan kolesterol Anda, tapi juga baik untuk tubuh Anda secara keseluruhan. 

Istimewanya, konsumsi Nutrive Benecol Smoothies tidak terbatas hanya untuk orang yang menderita penyakit kolesterol saja. Tapi Anda yang sehat pun tetap bisa, bahkan dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam agenda penjagaan kesehatan serta upaya pencegahan dari penyakit kolesterol. 

Nutrive Benecol Smoothies makin menegaskan khasiatnya dalam mempengaruhi kesehatan masyarakat modern, dengan sejumlah prestasi dan pengakuan dari dunia internasional. Di antara prestasi tersebut yakni perolehan status Generally Recognized as Safe (GRAS) dari United Stated FDA. Artinya, Nutrive Benecol Smoothies sudah dipastikan aman, bahkan berguna untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Prestasi lainnya yakni, produk ini masuk 10 besar kategori “greatest discoveries in the world of nutrition”. Melihat pencapaian demi pencapaian yang diraih Nutrive Benecol Smoothies, adakah Anda masih ragu untuk mengonsumsi minuman super bermanfaat ini? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *