Lembaga perbankan merupakan institusi yang bisa diandalkan oleh masyarakat untuk mendapatkan dana cepat dan aman untuk berbagai keperluan. Tentu saja perbankan tidak memberikan dana tersebut secara cuma-cuma, melainkan dengan sejumlah prosedur yang memungkinkan nasabah dan bank tidak mengalami kerugian.

Salah satu prosedur yang paling populer dan banyak diminati masyarakat adalah dengan melakukan pengajuan kredit serta dengan kata lain Anda harus menempuh sejumlah prosedur dan syarat membuat kartu kredit. Sederhananya, ketika Anda melakukan kredit, berarti Anda sedang melakukan peminjaman dana kepada bank, dan harus melakukan pembayaran dengan cara mengangsur (ditambah bunga) dalam periode tertentu.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat kredit dan memenuhi syarat membuat kartu kredit di bank apa saja, mari sejenak menyimak uraian berikut ini. Informasi yang akan kami sajikan ini mencakup ragam persiapan lengkap dengan peluang agar pengabulan pengajuan pembuatan kartu kredit semakin besar.

Seperti diketahui, kartu kredit merupakan salah satu produk perbankan yang kerap diandalkan oleh sebagian orang untuk melancarkan ragam transaksi barang dan jasa. Lebih jauh, kartu kredit bisa membantu dunia usaha dalam melancarkan perputaran modal karena pengadaan dana dijamin oleh perbankan.

Pihak perbankan memiliki prosedur tersendiri ketika ada pengajuan dari masyarakat yang ingin membuat kartu kredit. Namun pada dasarnya, ketetapan dan prosedur tersebut dirancang untuk menjamin kedua belah pihak (perbankan dan customer) untuk merasakan proses transaksi yang aman dan sehat.

Jadi, Anda jangan dulu ciut ketika dihadapkan pada ragam prosedur yang harus ditempuh ketika ingin mengajukan pembuatan kartu kredit di Bank. Justru Anda harus percaya diri, sebab ketika lembaga perbankan mempercayai Anda dengan pemenuhan sejumlah syarat membuat kartu kredit, mereka akan dengan ringan memberikan layanan kartu kredit sebagaimana permintaan.

Untuk melancarkan langkah pengajuan kartu kredit di lembaga perbankan apa saja, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu syarat membuat kartu kredit dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengabulan dana kredit dari bank. Adapun uraiannya yakni sebagai berikut:

Berlakulah Jujur, Apa Adanya dan Kooperatif

Ketika Anda mengajukan pembuatan kartu kredit di bank, perbankan mula-mula akan terlebih dahulu memastikan bahwa Anda benar-benar dapat dipercaya untuk memegang kartu kredit. Cara mendeteksinya tidak dengan cara menebak-nebak seperti cenayang, tapi menyuguhkan sejumlah indikator dan kriteria yang harus Anda penuhi dengan percaya diri.

Silakan melengkapi berkas dan dokumen yang diminta tanpa banyak alasan. Silakan pula menjawab pertanyaan apa saja yang diajukan dengan jujur serta penuh percaya diri. Jika dalam prosesnya, pihak bank merasa bahwa kriteria Anda cocok untuk menggunakan kartu kredit, maka pengajuan Anda akan segera dikabulkan.

Perhatikan Rekam Jejak Anda

Selain kecocokan dari segi karakter, syarat membuat kartu kredit selanjutnya bisa dilihat dari rekam jejak Anda. Bersikaplah terbuka ketika pihak perbankan ingin mengetahui rekam jejak Anda khususnya dalam urusan kredit. Jika terdeteksi Anda memiliki riwayat kredit macet, jangan segera pesimis pengajuan Anda akan ditolak. Jelaskanlah secara gamblang alasannya sehingga perbankan bisa memakluminya.

Analisis Kemampuan Bayar

Syarat membuat kartu kredit selanjutnya adalah kemampuan bayar. Sebagai penyedia dana pinjaman, pihak perbankan harus memastikan bahwa Anda selalu siap melakukan pembayaran sesuai jatuh tempo. Atau jika pun terprediksi terjadi kendala mendadak ketika pembayaran kredit, Anda telah siap dengan jaminan yang setara.

Maka dari itu, perhatikanlah penghasilan regular Anda sebelum mengajukan kredit, jangan sampai besar pasak dari pada tiang alias besar pengeluaran Anda, tapi pemasukan minim. Kelancaran Anda dalam membayar kredit akan sangat penting sehingga kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan.

Terkait kelancaran membayar kredit bank plus bunganya, ada sejumlah tips yang bisa Anda gunakan agar tidak terjerat dalam riwayat kredit macet. Para pemilik kartu kredit bank patut merasa bangga, sebab mendapatkan ragam kemudahan transaksi non tunai. Mereka juga jadi tak perlu galau ketika dihadapkan pada kebutuhan pengadaan dana cepat, sebab punya pendukung, yakni kartu kredit, yang siap menyediakan dana kapan saja.

Di sisi lain, kita juga harus pandai-pandai mengelola keuangan, jangan sampai kesulitan bayar kala jatuh tempo. Sebab jika begitu, kita yang malah jadi kesulitan, terlilit utang, serta punya rekam jejak yang jelek di mata perbankan.

Maka dari itulah, selain berbagi informasi seputar syarat membuat kartu kredit, kami juga menyajikan informasi solutif mengenai cara mudah mengelola keuangan agar bisa selalu membayar kredit tepat waktu. Mari simak uraiannya berikut ini:

Siapkan Dulu, Baru Belanja

Maksudnya, Anda dianjurkan untuk pandai memprediksi atau menyiapkan kepastian uang agar tersedia sebelum atau ketika masa pembayaran angsuran kredit tiba. Setelah Anda merasa yakin kalau uang cicilan “Aman”, barulah Anda bisa memanfaatkan ragam layanan kartu kredit di bank, serta berburu promo kartu lainnya.

Prioritaskan yang Dibutuhkan, Bukan yang Diinginkan

Memiliki kartu kredit, artinya Anda tertantang untuk lebih cerdas merencanakan keuangan. Meski ragam promo dan fasilitas eksklusif begitu menggiurkan, Anda tidak perlu menuruti semua yang diinginkan. Cobalah untuk menahan nafsu dan memprioritaskan kebutuhan pokok dulu. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.

Mengetahui Ragam Cara Bayar Kartu Kredit

Setelah mengetahui tentang syarat membuat kartu kredit, strategi melunasi kredit tepat waktu yang selanjutnya adalah, Anda paham dan mengetahui ragam cara pembayaran kartu kredit. Ini penting, karena menyangkut agenda eksekusi. Sebab, percuma Anda melaksanakan tips yang sudah dipaparkan pada poin yang pertama dan kedua, tapi Anda tidak membayar kredit Anda hingga melewati jatuh tempo. Setidaknya, ada dua cara pembayaran angsuran kartu kredit, yakni dengan mobile banking dan non mobile banking.

Cara bayar kredit yang paling praktis dan mudah adalah dengan membayar lewat mobile banking. Untuk prosedur pendaftaran dan aplikasinya, Anda bisa melakukan registrasi ke ATM terdekat, atau mengunduh aplikasi yang tersedia. Untuk informasi detilnya, Anda harus berkonsultasi kepada bank tertentu secara spesifik.

Adapun cara membayar kartu kredit dengan cara non monile adalah bisa secara Tunai Melalui Teller. Ini merupakan cara yang paling jelas dan pasti untuk membayar kredit Silakan mempersiapkan uang yang akan Anda setorkan, lalu katakanlah kepada Teller Bank bahwa Anda ingin membayar tagihan kredit.

Selain via teller bank, Anda juga bisa membayar melalui ATM terdekat, serta biaya administrasinya pun lebih rendah. Melakukan pembayaran kredit dengan Autodebet juga bisa Anda lakukan jika layanannya memungkinkan.

Cara ini dinilai yang paling praktis, karena sistem lah yang nantinya akan secara otomatis memotong debet Anda untuk membayar tagihan kredit sesuai jatuh tempo. Anda juga bisa mengontrol aliran pembayaran uang dan pengurangan kredit secara transparan. Peluang telat bayar atau kredit macet pun akan terselesaikan jika Anda membayar dengan cara autodebet.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *