Membawakan bekal sekolah bagi ananda tercinta bagi sebagian ibu merupakan hal yang menantang sekaligus memiliki keasyikan tersendiri. Terutama jika sang anak masih duduk di bangku paud yang notabene masih suka pilih-pilih makanan. Anak-anak seusia itu cenderung memilih jenis makanan dengan bentuk yang unik dan warna yang mencolok.

Maraknya jajanan anak yang mengandung berbagai zat yang berbahaya tentu membuat para orang tua khawatir. Sebut saja makanan yang mengandung boraks, pewarna tekstil, tawas, dan zat-zat berbahaya lainnya yang membahayakan kesehatan. Untuk itu para ibu harus memiliki beragam ide agar sang buah hati mau menyantap bekal sehat yang sudah disiapkan dari rumah. Sebagai tambahan ide bagi Anda, berikut ini daftar menu bekal bagi ananda tercinta.

Nasi Gulung Telur Isi Sosis

Telur dan sosis merupakan dua bahan utama yang banyak digunakan sebagai bekal anak paud. Namun, jika tampilannya hanya itu-itu saja tentu membuat anak tidak tertarik dan cepat bosan. Untuk itu, sudah menjadi tugas sang ibu agar bisa berkreasi dengan menggunakan dua bahan tersebut.

Bahan:

Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berupa,

1 piring nasi hangat

2 butir telur untuk diolah menjadi dadar

2 buah sosis sapi atau sosis ayam yang digoreng sampai matang

Cara membuat:

Letakkan telur dadar di atas talenan yang bersih, kemudian tambahkan 2 sendok makan nasi hangat secara memanjang di satu sisi. Setelah itu, letakkan sosis di atas nasi dan tutup lagi dengan 2 sendok makan nasi.

Kemudian, gulung telur dadar sambil dipadatkan agar bentuknya tidak mudah berubah dan potong secara melintang. Anda bisa menambahkan potongan sayuran dan saus tomat pada bekal anak paud Anda agar terlihat semakin menarik.

Ball Shaped Rice with Egg

Menu bekal bagi anak yang satu ini masih menggunakan bahan telur dan nasi. Agar anak tertarik dan mau memakan bekalnya, Anda bisa berkreasi dengan menciptakan bentuk yang unik seperti resep beriku tini yang mengambil bentuk bola yang lucu.

Bahan:

1 siung bawang putih

Garam, merica, mentega, dan saus tiram secukupnya.

1 piring nasi

Sayur bayam, wortel, jagung, buah segar secukupnya

Cara membuat:

Tumis semua bahan bekal anak paud tersebut dan masukkan 1 piring nasi dan goreng seperti membuat nasi goreng pada umumnya. Setelah itu, tambahkan sedikit sayur bayam dan aduk hingga matang.

Setelah agak hangat, buatlah bola-bola dari bahan nasi goreng tersebut. Kemudian, gorenglah 1 butir telur yang nantinya akan digunakan sebagai alas dari bola-bola nasi. Sebagai pemanis, bentuklah wortel menjadi bunga yang cantik, tambahkan jagung, buah segar dan letakkan di sekitar bola-bola nasi agar tampilan bekal semakin menarik.

Nasi Goreng Selimut

Satu lagi resep bekal anak paud yang menggunakan bahan dasar nasi. Anda bisa mengkreasikan makanan utama sebagian besar masyarakat Indonesia ini menjadi nasi goreng yang nikmat sekaligus memiliki tampilan yang lucu. Dengan tampilan yang unik dan menarik tersebut bisa menambah selera sang anak untuk melahap bekal sehat yang sudah disiapkan dari rumah.

Bahan:

Nasi putih secukupnya

2 siung bawang putih, cincang halus

3 buah bawang merah, cincang halus

1 butir telur

1 buah sosis

Merica, garam, saus tomat, dan kecap secukupnya

2 sendok makan kacang polong

Ayam suwir secukupnya

Sebagai hiasan:

Brokoli, mentimun, dan tomat secukupnya

Cara membuat:

Mengolah bekal anak paud nasi goreng selimut ini sangat mudah. Caranya adalah, tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan ayam suwir dan kacang polong, aduk sebentar. Masukkan nasi, merica, garam, saus tomat, dan kecap lalu aduk sampai semua bahan tercampur secara merata.

Cara menghiasnya juga tidak terlalu sulit, gunakan imajinasi Anda agar bekal menu tampak seperti seekor panda yang sedang tidur siang. Pertama-tama, buatlah bentuk kepala panda yang lucu. Kemudian di bagian bawah ditutup dengan selimut dari telur dadar. Hias dengan sosis, tomat, mentimun, dan brokoli sehingga bekal akan terlihat seperti panda yang sedang tidur.

Omelet Makaroni

Bisa membuat menu bekal anak paud yang simpel tapi terlihat keren tentu merupakan hal yang membanggakan. Anda bisa mencoba kreasi menu omelet makaroni yang lezat dan menarik berikut ini.

Bahan:

100 gram makaroni yang sudah direbus

4 butir telur

100 ml susu cair

2 sendok makan margarin

¼ paprika hijau dan merah yang dipotong bentuk dadu

½ bawang bombay yang dicincang halus

5 lembar daging asap, potong tipis

Merica dan garam secukupnya

Cara membuat:

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat bekal anak paud adalah menumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarin sampai harum. Tambahkan daging asap dan aduk sampai merata, angkat dan sisihkan. Susu cair dan telur kocok hingga mencampur lalu masukkan tumis daging asap.

Kemudian, tambahkan dengan makaroni rebus, paprika, merica dan garam sambil terus diaduk hingga rata. Masukkan sisa margarin dalam pan dan goreng adonan makaroni hingga matang. Setelah agak dingin, potong makaroni menjadi beberapa bagian seperti potongan pizza. Atur dalam wadah bekal anak Anda dan tambahkan hiasan sebagai pemanis serta saus tomat.

Mie Sosis

Sebagian besar anak suka sekali dengan sosis. Agar anak tidak bosan, Anda bisa mengolahnya menjadi bekal anak paud dengan membuat mie sosis.

Bahan:

4 buah sosis

1 bungkus mie instan

1 siung bawang putih, cincang halus

Merica, garam secukupnya

Cara membuat:

Langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat mie sosis adalah merebus mie instan sampai matang lalu tiriskan. Kemudian, campurkan mie dengan bawang putih cincang hingga rata. Ambil sosis yang sudah dipotong menjadi 2 bagian dan gulung dengan mie. Goreng mie sosis sampai berwarna kecoklatan.

Mie sosis bisa dijadikan bekal anak paud dan dimakan bersama dengan saus tomat. Agar tampilan bekal semakin menarik, Anda bisa menambahkan daun selada dan wortel yang dibentuk seperti bunga untuk hiasan di dalam tempat bekal anak Anda.

Membuat bekal anak paud merupakan tantangan tersendiri yang terkadang membuat para ibu bingung mencari ide menu baru yang praktis sekaligus mudah dibawa. Dengan menu olahan dari nasi, mie, sosis, dan telur, Anda bisa membuat aneka menu bekal yang lezat sekaligus menarik.

Ibu harus kreatif dalam menyiapkan bekal anak sekolah paud agar anak tidak merasa bosan dan tetap lahap menyantap makanan sehat. Ibu bisa membuatkan berbagai macam variasi seperti yang sudah dituliskan di atas, ada omelet makaroni, mie sosis, dan aneka jenis makanan lain untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *