Maraknya jajanan tidak sehat yang dijual di sekitar lingkungan sekolah tentu membuat para orang tua khawatir. Itu sebabnya penting untuk selalu mengingatkan kepada ananda tercinta agar tidak membeli makanan di sembarang tempat. Selain itu, membawakan bekal makanan yang sehat untuk dibawa ke sekolah setiap hari merupakan alternatif yang terbaik.

Sebagai langkah awal, Anda bisa berdiskusi dengan anak untuk menentukan menu bekalnya. Atau, Anda bisa membuat beberapa variasi makanan dari bahan yang sederhana dan mudah didapat serta praktis cara pembuatannya. Yuk, simak beberapa ide kreatif untuk bekal menu anak yang sehat di bawah ini.

Sandwich Aneka Isi

Menu bekal anak sehat yang pertama adalah sandwich dengan beragam isian yang menggugah selera. Setangkup roti tawar dengan isian keju, Beef patty, dan telur goreng dijamin menyehatkan. Apalagi jika ditambahkan dengan mentimun, selada, dan tomat segar. 

Bahan

2 lembar roti tawar

Telur goreng 

Keju

Beef patty

Mentimun 

Tomat

Selada

Cara membuat 

Sebelum membuat sandwich, Anda bisa membuat beef patty sendiri sebagai tambahan bekal anak sehat. Caranya mudah, campurkan daging giling, lada bubuk, garam, dan bawang bombay cincang. Tambahkan telur kocok sebelum digoreng agar daging lebih mudah dibentuk. 

Letakkan roti tawar diatas piring, tambahkan selada, beef patty, keju, tomat, mentimun, dan telur goreng lalu tutup dengan roti tawar. Bekal anak yang gurih, praktis, dan menyehatkan siap untuk dibawa ke sekolah. 

Frittata

Bisa membuatkan bekal anak sehat sekaligus menggugah selera adalah impian setiap ibu. Salah satunya adalah frittata, yaitu menu bekal dengan bahan utama telur yang dicampur dengan bawang bombay dan sosis. Anda bisa menambahkan kentang goreng dan saus tomat sebagai cocolannya. 

Bahan

2 sendok makan margarin

2 buah sosis sapi, potong kecil-kecil

2 butir telur ayam, kocok lepas

¼ buah bawang bombay, iris tipis

15 gram keju parut

Cara membuat

Panaskan margarin dan tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan sosis, lalu aduk hingga rata. Tuangkan telur yang sudah dikocok dan masak hingga matang. Sajian bekal anak sehat frittata bisa ditambahkan saus tomat atau mayonaise sebagai cocolan.

Roti Goreng Isi Kornet

Terkadang, anak-anak lebih menyukai bekal yang praktis sekaligus mengenyangkan. Salah satu menu yang bisa Anda sajikan adalah roti goreng isi kornet. Bahan-bahannya banyak tersedia dan cara penyajiannya juga mudah.

Bahan

3 lembar roti tawar 

1 butir telur ayam

5 sendok makan kornet sapi

½ bawang bombay, cincang kasar

1 siung bawang putih, cincang halus

Garam dan merica secukupnya

Tepung terigu secukupnya

Cara membuat

Tumis bawang putih dan bawang bombay  dengan margarin sampai harum. Masukkan kornet dan tambahkan sedikit tepung terigu agar tidak lengket, kemudian masak hingga matang. Untuk penyajian bekal anak sehat yang satu ini, siapkan roti tawar, tambahkan 1 sendok makan kornet dan gulung sambil sedikit ditekan hingga padat.

Kemudian, celupkan roti yang sudah digulung ke dalam adonan telur kocok sampai seluruh permukaan tertutup secara merata. Masukkan ke dalam pan dan goreng hingga berwarna kecoklatan. Tambahkan saus tomat atau mayonaise sebagai cocolan.

Burger Nasi Goreng

Menu bekal anak sehat selanjutnya adalah burger nasi goreng. Ini untuk menyiasati anak yang mudah bosan dengan menu yang monoton. Dengan merubah bentuk tampilan bekal bisa membuat anak semangat dan tetap mau memakan bekalnya. 

Bahan

100 gram nasi putih hangat yang baru matang

25 gram smoked beef

30 gram tomat, dicincang

40 gram kacang polong

5 gram bawang putih dirajang halus

15 gram margarin

Kecap asin, minyak wijen, kecap manis, saus tomat, garam secukupnya

2 butir telur

2 lembar daun selada

Cara membuat

Langkah pertama membuat bekal anak sehat adalah tumis bawang putih dengan margarin sampai harum. Kemudian, masukkan tomat dan kacang polong lalu masak hingga layu. Tambahkan nasi dan aduk hingga merata menggunakan api kecil. 

Tambahkan kecap asin, saus tomat, minyak wijen, garam, dan kecap manis secukupnya, aduk sampai tercampur rata, lalu sisihkan. Bentuk nasi goreng menjadi 2 bola besar dan pipihkan hingga membentuk burger. Tambahkan smoked beef, telur mata sapi, selada dan tambahkan nasi goreng lagi di bagian atas. 

Pizza Roti Tawar

Selain burger, pizza merupakan menu bekal anak sehat favorit yang sangat digemari anak-anak. Anda bisa membuat pizza yang simpel, lezat dan mengenyangkan. 

Bahan

2 lembar roti tawar

2 buah sosis sapi, iris tipis

4 sendok makan saus tomat

2 sendok makan mayonaise

2 sendok makan margarin

50 gram keju parut

Tomat dan mentimun

Cara membuat

Pertama-tama, goreng sosis tapi jangan sampai terlalu kering, tiriskan. Olesi satu lembar roti dengan saus tomat hingga rata, tambahkan mayonaise di bagian atasnya. Letakkan sosis goreng, irisan tomat dan mentimun di atas roti dan parutan keju. Goreng roti sampai berwarna kecoklatan dan topping lebih menempel. Siapkan saus tomat atau saus sambal sebagai cocolan. 

Burger Tempe

Mau membuatkan bekal anak sehat yang murah dan bergizi, cobalah membuat burger tempe yang lezat ini. Makanan kekinian yang bergizi ini akan membuat anak tidak akan kehabisan energi saat beraktivitas di sekolah.

Bahan

4 buah roti burger

150 gram tempe, dikukus hingga matang

25 gram tepung roti

2 butir telur ayam

4 sendok makan saus tomat

½ sendok makan margarin

1 siung bawang putih, cincang halus

Garam dan lada secukupnya

Keju slice, selada air, irisan mentimun dan tomat secukupnya

Cara membuat

Campur tempe yang sudah dihaluskan dengan tepung roti, garam dan merica dan bawang putih yang sudah ditumis sebelumnya. Aduk semua bahan sampai rata. Tambahkan telur ayam dan aduk kembali hingga rata.

Kemudian, goreng adonan tempe untuk bekal anak sehat tersebut menggunakan margarin hingga berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Oles roti burger dengan saus tomat, tambahkan tempe yang sudah digoreng, keju, irisan tomat dan mentimun, serta selada. Sediakan saus tomat atau saus sambal sebagai cocolan. 

Membuat berbagai macam menu untuk bekal anak sehat dan bergizi membuat Anda harus berkreasi. Dengan bahan sederhana dan cara pengolahannya yang simpel Anda bisa membuat aneka menu yang lezat seperti seperti pizza roti tawar, burger tempe, roti goreng isi kornet sampai dengan frittata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *