Bagi Anda yang belum tahu apa itu kolesterol, kolesterol adalah suatu senyawa lemak (lipid) seperti lilin. Sedangkan kolesterol tinggi merupakan keadaan dimana kolesterol dalam darah berada di atas garis normal sehingga dapat membahayakan kesehatan. Manfaat kolesterol sendiri yaitu membantu memproduksi sel-sel, hormon, maupun vitamin D. Namun, kolesterol yang berlebihan dapat menempel di dinding pembuluh darah seperti plak, sehingga mempersempit aliran darah. Nilai normal kolesterol yang biasa disebutkan dokter adalah di bawah 200 mg/dl.

Jika kadar kolesterol melebihi normal, maka keadaan ini disebut hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Pada umumnya, penyakit yang sering atau biasa menyerang orang yang memiliki kolesterol tinggi yaitu serangan jantung dan stroke. hal ini terjadi karena banyaknya pengendapan yang terjadi di pembuluh darah, sehingga menghambat aliran darah.

Menurut WHO (World Health Organization) pada tahun 2011, menjelaskan bahwa 35% penduduk di Indonesia mempunyai kadar kolesterol lebih tinggi dibanding batas normal. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa sebagian penduduk Indonesia berisiko tinggi menderita penyakit arteri.

Kolesterol tinggi dapat terjadi karena keturunan dan pola hidup yang kurang baik. Kadar kolesterol tinggi yang disebabkan karena keturunan tentu saja tidak bisa dicegah, namun bisa diatasi agar tidak mudah kambuh. Hal ini dapat diatasi dengan menjaga pola hidup sehat dengan cara berolah raga dan menjauhi makanan pantangan kolesterol tinggi. Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki keturunan kolesterol tinggi lebih baik menjaga pola hidup sehat sejak dini.

Kadar kolesterol dalam darah sendiri dapat diperiksa dengan melakukan tes darah. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan bila terdapat gejala seperti obesitas (kelebihan berat badan), tekanan darah tinggi, menderita diabetes, atau penyakit lain yang memungkinkan peningkatan kadar kolesterol.

Apabila terdapat keluarga atau orang terdekat yang memiliki penyakit akibat kolesterol, atau terdapat riwayat kardiovaskuler di usia dini, maka lebih baik bila segera dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol. Bagi Anda yang pernah didiagnosa mempunyai penyakit jantung koroner, stroke, atau arteri perifer, diharapkan segera melakukan pemeriksaan juga.

Gejala yang paling umum dirasakan bila Anda mengalami kolesterol tinggi, yaitu sakit di dada bagian depan atau sakit pada lengan saat stres atau sedang melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Jika Anda tidak segera mengubah pola makan dengan makanan pantangan kolesterol dan sering merokok, besar kemungkinan Anda akan berisiko terserang stroke atau penyakit jantung. Alasan Anda perlu menghindari rokok karena di dalam rokok mengandung zat kimia yang disebut akrolein yang dapat menyebabkan penyempitan arteri.

Makanan yang dianjurkan bagi Anda yang ingin menghindari pantangan kolesterol tinggi, yaitu buah alpukat. Alpukat diketahui merupakan penurun kolesterol yang didalamnya terkandung asam lemak tak jenuh tunggal sehingga dapat menambah kadar kolesterol baik. Selain itu, alpukat juga mengandung beta-sitosterol yaitu lemak nabati untuk menurunkan kolesterol yang diserap dari makan.

Ada juga jambu biji yang diketahui terdapat vitamin dan antioksidan yang mampu melindungi jantung dari radikal bebas. Kandungan kalium dan serat mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya juga mampu menaikkan kolesterol baik. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Cardiology yang meneliti 120 orang. Hasil dari penelitian tersebut yaitu adanya penurunan kolesterol total sebesar 9,9% dan peningkatan kolesterol baik 8%.

Pada bagian kulit apel terkandung pektin, yaitu serat yang mampu membersihkan kolesterol jahat di dalam tubuh terutama pembuluh darah. Pektin mampu menyerap kolesterol dan lemak dari makanan yang berada dalam tubuh dan membuangnya lewat urine dan feses. Kandungan polifenol, yaitu antioksidan yang dapat menurunkan peradangan.

Buah jeruk merupakan buah yang disukai banyak orang, karena rasanya yang enak dan juga kandungannya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Ternyata buah jeruk juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Kandungan vitamin C yang terdapat di buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Buah jeruk juga mengandung serat yang mampu membuang kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

Itulah beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. selain itu, buah tersebut juga memiliki kandungan zat gizi yang lain sehingga baik jika dikonsumsi meskipun tidak memiliki penyakit kolesterol tinggi. Selain itu juga ada beberapa makanan pantangan kolesterol tinggi yang perlu Anda hindari sehingga Anda terhindar dari penyakit kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan jantung koroner atau stroke.

Apabila Anda ingin menghindari kolesterol tinggi, maka Anda perlu menghindari beberapa makanan pantangan kolesterol tinggi berikut ini:

  • Gorengan

Sudah banyak orang yang mengetahui bahwa minyak dapat meningkatkan kadar kolesterol. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi alangkah lebih baik bila menghindari makanan yang satu ini. Karena gorengan dapat menyerap banyak minyak, sehingga sangat mudah menyebabkan kolesterol tinggi. Mulai saat ini hindarilah gorengan tempe, tahu, ayam, maupun makanan yang digoreng lainnya.

  • Lemak jenuh

Makanan pantangan kolesterol tinggi yang selanjutnya yaitu lemak jenuh, seperti yang terkandung dalam santan, daging yang dikemas (kornet, ham, dan sosis), minyak kepala, dan mentega. Mungkin makanan ini sering Anda gunakan sehari-hari, sehingga lebih baik jika menghindari makanan tersebut atau menggantinya dengan yang lain. Contohnya jadika menghindari makanan tersebut atau menggantinya dengan yang lain. Contohnya saja  minyak kepala Anda ganti menjadi minyak zaitun.

  • Lemak trans

Lemak trans merupakan lemak yang ada dalam minyak yang sudah menjadi padat. Biasanya lemak ini terdapat di dalam margarin atau minyak kelapa. Maka dari itu, makanan yang diolah dengan margarin ataupun minyak kelapa juga mengandung kolesterol yang tinggi. Namun bagi Anda yang ingin menggunakan margarin, maka carilah yang mengandung 0 gr lemak trans atau bebas lemak.

  • Jeroan

Berbagai jeroan yang Anda ketahui, seperti ampela, hati, usus, jantung, dan organ dalam lainnya memang enak rasanya. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa jeroan tersebut merupakan salah satu makanan pantangan kolesterol tinggi. Sehingga, alangkah lebih baik bila Anda menghindari jeroan dan memilih dagingnya saja yang lebih rendah lemak.

  • Kulit

Sebagian besar orang pasti sangat menyukai kulit ayam, sapi, atau kikil. Namun yang harus Anda ketahui, bahwa kulit mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi dan lebih tinggi daripada dagingnya. Apalagi biasanya kulit diolah dengan cara digoreng, maka semakin tinggi saja kandungan kolesterolnya. Untuk Anda yang menghindari makanan pantangan kolesterol tinggi lebih baik bila makan ayam tanpa menyertakan kulitnya.

  • Telur ayam

Di dalam sebutir ayam ras yang terdiri dari kuning telur dan putih telur biasanya mengandung kurang lebih 164 mg kolesterol. Untuk kuning telurnya sendiri mengandung kurang lebih 242 mg kolesterol. Kebanyakan orang mengkonsumsi telur dengan cara digoreng, sehingga tidak dapat dibayangkan lagi kolesterol yang didapatkan bila mengkonsumsi telur ayam. Bagi Anda yang ingin mendapatkan sumber protein yang cukup, Anda bisa menggantinya dengan tahu atau tempe saja.

  • Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau junk food memang saat ini sangat terkenal dan berada dimana saja. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa selain kandungan gizinya yang kurang lengkap, ternyata makanan cepat saji juga mengandung kolesterol yang tinggi. Sehingga lebih baik bagi Anda menghindari makanan pantangan kolesterol tinggi yang satu ini. Contohnya saja seperti kentang goreng, burger, pizza, ayam goreng, dan makanan cepat saji lainnya.

  • Udang

Makanan terakhir yang merupakan pantangan kolesterol tinggi yaitu udang. Tidak seperti makanan laut lainnya yaitu ikan dan cumi, udang merupakan makanan laut yang mengandung kolesterol paling tinggi. Bagi Anda yang ingin menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, lebih baik menghindari udang dan memilih makanan laut lainnya.

Itulah beberapa makanan pantangan kolesterol tinggi yang perlu Anda hindari. Tidak hanya Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, tapi bagi Anda yang juga ingin menjaga kesehatan. Mungkin awalnya akan sulit dan berat, namun bila sudah terbiasa dengan pola hidup sehat seperti berolah raga dan menghindari makanan pantangan tentu akan lebih mudah.

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sekarang ada Nutrive Benecol. Nutrive Benecol datang dengan berbagai varian rasa yaitu Blackcurrant, Strawberry, Orange, dan Lychee. Selain itu, Nutrive Benecol ini juga tidak mengandung gula tambahan (No Added Sugar), sehingga tidak menyebabkan gendut dan aman bagi penderita diabetes.

Nutrive Benecol merupakan minuman smoothie (susu dengan sari buah) yang di dalamnya terdapat Plant Stanol Ester (PSE). Sudah teruji klinis mampu menurunkan kolesterol total 7-10% setelah mengkonsumsi 2 botol/hari rutin selama 2-3 minggu serta mampu mencegah risiko jantung koroner. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi ataupun normal tetapi ingin melakukan pencegahan.

Plant Stanol Ester (PSE) bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dengan aman dan mampu mencegah risiko jantung koroner. PSE sendiri memiliki struktur seperti kolesterol, di dalam pencernaan akan berikatan dengan garam empedu yang membentuk micelle sehingga dapat mencegah penyerapan kolesterol yang seharusnya diikat garam empedu. Sehingga, kolesterol dalam darah dapat menjadi normal.

Perlu diketahui bahwa kolesterol dalam darah diproduksi oleh organ hati sebanyak 70-75%, sedangkan sisanya berasal dari asupan makanan yaitu 25-30%. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa standar normal kolesterol total <200 mg/dl, yang di dalam terdapat LDL (kolesterol jahat) <100 mg/dl dan HDL (kolesterol baik) >45 mg/dl.

Selain itu, Nutrive Benecol diketahui bebas kolesterol dan aman karena terbuat dari bahan alami yaitu kulit pohon pinus atau kedelai. Nutrive Benecol juga sudah mendapat status GRAS (Generally Recognized as Safe) dari USFD (United State FDA). Menjadi salah satu bagian dari pola hidup sehat di Amerika Serikat dan Eropa. Selain itu juga mendapatkan award sebagai ‘1 of 10 greatest discoveries in the world of nutrition’.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *