Setiap orangtua pasti menginginkan memiliki buah hati yang tumbuh dengan baik, salah satunya anak tumbuh tinggi dengan berat badan ideal sesuai tahap usia. Anak yang terlihat sehat dengan tubuh tinggi dan berisi, tentu membuat orangtua merasa senang dan bahagia. Namun menaikkan berat badan bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang tua. 

Setiap anak akan mewarisi genetika kedua orangtuanya, namun selain faktor genetika, faktor gaya hidup juga memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan anak, salah satunya seperti waktu tidur yang cukup bagi anak. Berikut 9 cara yang dapat dilakukan agar anak tumbuh tinggi dan gemuk sesuai tahap usianya. 

Waktu Tidur Cukup

Cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk yang pertama yaitu dengan memastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Bagi anak balita usia 3-5 tahun, waktu tidur yang diperlukan yaitu sekitar 10 jam-13 jam per hari. Sedangkan bagi anak yang berusia di atas 6 tahun memerlukan waktu tidur antara 9 jam-11 jam per harinya. Saat anak tidur, hormon pertumbuhan mampu bekerja secara optimal, sehingga dapat memaksimalkan pertumbuhan anak.

Berkurangnya waktu tidur merupakan salah satu penyebab gangguan pertumbuhan pada anak, sehingga pastikan anak memenuhi kebutuhan tidurnya saat siang hari. Selain siang hari, seorang anak juga tidak disarankan tidur terlalu larut agar mampu memaksimalkan pertumbuhannya. Kebiasaan tidur ini seharusnya diterapkan sejak dini, sehingga saat dewasa nanti kebiasaan disiplin dalam tidur menjadi rutinitas yang sehat.

Perhatikan Asupan Gizi pada Makanan

Cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk selanjutnya yaitu dengan memperhatikan asupan gizi pada makanan. Kebiasaan makanan sehat memberi banyak pengaruh terhadap pertumbuhan anak lebih sehat, seperti menyertakan karbohidrat dalam menu harian anak, hal ini karena karbohidrat menjadi salah satu nutrisi bahan bakar untuk otak. Selain itu, lengkapi asupan kalsium yang berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan tulang pada anak. 

Paparan Sinar Matahari untuk Anak

Selalu membiasakan anak untuk bermain di luar ruangan merupakan langkah tepat untuk menunjang proses tumbuh kembang anak. Selain mendapatkan stimulasi, anak juga mendapat paparan sinar matahari sehingga membuatnya mendapatkan kadar vitamin D yang cukup bagi pertumbuhannya. 

Vitamin D yang berasal dari paparan sinar matahari pagi sangat penting dan sangat dibutuhkan bagi perkembangan tulang. Selain itu, asupan vitamin D merupakan alternatif cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk yang dapat memperkuat sistem imun anak, sehingga pastikan anak mendapatkan paparan sinar matahari setiap pagi dan sore. 

Jangan Abaikan Peranan Zinc untuk Pertumbuhan

Cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk selanjutnya dengan memenuhi kebutuhan zinc pada anak. Asupan zinc dapat Anda peroleh dari multivitamin, maupun makanan seperti daging, tiram, kepiting, lobster, dan gandum. Zinc (seng) merupakan zat gizi mikro jenis mineral yang memiliki peranan sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Selain itu zinc juga memiliki peranan yang penting bagi metabolisme, sehingga pastikan Anda memenuhi kebutuhan zinc pada anak.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Vitamin C

Vitamin C atau dikenal dengan asam askorbat memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem imun tubuh anak untuk menangkal berbagai jenis penyakit. Vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan kolagen protein dan dapat meningkatkan proses penyerapan zat besi dalam tubuh yang merupakan salah satu cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk.

Perbanyak Air Putih

Air putih dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya dalam proses tumbuh kembang anak. Kebiasaan air putih bagi anak antara lain dapat mengurangi kerusakan gigi pada anak sebesar 20%-40%. Rutin minum air putih sekitar 2 liter per hari juga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental pada anak, hal ini karena air putih atau air mineral merupakan salah satu komponen  yang berfungsi membawa oksigen dan nutrisi mengalir ke seluruh tubuh.

Rutin minum air putih merupakan salah satu cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk yang memberikan dampak positif seperti menjaga suhu tubuh tetap normal, menjaga sistem saraf pusat, dan menyusun cairan limfa untuk membantu kekebalan tubuh pada anak. Selain itu, air putih juga dapat memberikan mencerdaskan pola pikir anak, memperlancar sistem pencernaan pada anak, dan  membantu anak bergerak lebih lincah dan aktif.

Rutin Melakukan Olahraga

Cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk selanjutnya yaitu dengan rutin melakukan aktivitas olahraga. Selain nutrisi tepat yang diberikan untuk anak, olahraga juga merupakan salah satu tepat untuk proses tumbuh kembang, peningkatan saraf motorik, dan mencegah penyakit yang dapat membahayakan kesehatan. Olahraga yang dapat dilakukan anak yaitu lari pagi, berenang, dan aktivitas lain yang membuat anak merasa senang.

Olahraga memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh antara lain, untuk mengurangi resiko berbagai penyakit khususnya terkait dengan obesitas, olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar sehingga anak menjadi lebih aktif dan produktif. Selain itu, berolahraga juga mempengaruhi kecerdasan pada anak, hal ini karena berolahraga dapat meningkatkan koordinasi kerja otak sehingga lebih mudah menyerap pengetahuan dan informasi yang diberikan.

Hindari Makanan Instan dan Junk Food

Cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk selanjutnya yaitu dengan menghindari terlalu sering memakan makanan instan dan junk food. Makanan instan dan junk food dapat menyebabkan obesitas pada anak, hal ini karena kandungan natrium, gula, dan lemak yang tinggi dapat memicu obesitas. 

Selain itu, apabila seorang anak kecanduan dengan makanan instan dan junk food, maka yang didapatkan hanya karbohidrat, protein, dan lemak, sehingga menyebabkan kebutuhan vitamin dan serat yang menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak menjadi tidak terpenuhi. Makanan instan dan junk food juga menyebabkan kecanduan yang akhirnya berimbas pada sistem imunitas yang lemah pada anak.

Tambahkan Asupan Lemak 

Cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk selanjutnya yaitu dengan menambahkan asupan lemak sehat pada anak. Anda dapat menambahkan lemak sehat yang didapat dari ikan salmon, sarden, alpukat, dan kacang-kacangan. Lemak ini berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan vitamin, mendukung daya pikir, mendukung kesehatan tubuh, dan menyumbang pasokan energi yang dibutuhkan dalam tubuh.

Pastikan Anda memberikan nutrisi yang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak, sehingga membuat pertumbuhan anak menjadi tinggi dan gemuk dalam artian tubuh ideal sesuai usia. Dengan pemenuhan nutrisi yang seimbang dapat menjadikan anak menjadi sehat sehingga dapat belajar dan bermain secara aktif. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *