Orang tua  mempunyai peran yang sangat penting untuk anak dalam hal pendidikan. Terutama, dalam hal membaca dan menulis. Sebagai orang tua, Ibu akan membutuhkan beberapa langkah untuk membuat anak dapat membaca. Lalu, apa saja cara agar anak dapat membaca dengan cepat? Berikut ulasannya untuk Ibu.

Membacakan Buku Anak dengan Rutin

Cara cepat anak bisa membaca yang pertama adalah Ibu dapat membacakan buku cerita anak untuknya. Perlu Ibu ketahui, membacakan buku secara rutin untuk anak dapat membuat anak Ibu akrab dengan buku. Dengan begitu, kegemarannya pada bacaan lambat laun akan tumbuh. 

Tidak hanya itu, dengan membacakan anak-anak buku, maka secara perlahan anak-anak akan mengenal dan mengetahui huruf-huruf sehingga mempermudah pengembangan kemampuannya. Membacakan buku pada anak juga bisa memperkuat dan memperdalam kedekatan emosional antara Ibu dan buah hati.

Memperkenalkan Huruf Kecil

Cara cepat anak bisa membaca yang selanjutnya adalah dengan memperkenalkan berbagai huruf kecil sebelum huruf besar. Sebagian orang berpendapat jika cara ini bisa mempercepat anak untuk mengetahui dan menghafal semua huruf. Memperkenalkan huruf terlebih dahulu menjadi hal yang penting sebelum mengajari anak membaca. Ibu mungkin bertanya-tanya mengapa kita sebagai orang tua harus mengajari huruf kecil terlebih dahulu.

 Jawabannya adalah, kebanyakan orang mengenalkan huruf besar dulu pada anak-anak dikarenakan huruf besar cenderung lebih mudah untuk mereka kenali. Padahal, memperkenalkan huruf besar terlebih dahulu pada anak dapat membuat mereka mengalami kesulitan jika membaca buku nantinya.  Terlebih lagi, jumlah huruf kecil jauh lebih banyak dibandingkan huruf besar. Maka dari itu, 

Memperkenalkan Huruf Besar

Apabila anak sudah mengenali dan menghafal huruf-huruf kecil, maka cara cepat anak bisa membaca yang selanjutnya adalah memperkenalkan huruf besar atau yang biasa disebut huruf kapital. Nantinya mungkin anak akan merasa kurang familiar dengan huruf besar. Namun, lambat laun dia akan hafal semuanya, baik huruf besar maupun huruf kecil. Dia juga akan lebih mudah membaca karena sudah terbiasa dengan kedua jenis huruf tersebut. 

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Media Belajar Warna Anak?

Mengajarkan Membaca Mulai dari Satu Suku Kata

Setelah buah hati Ibu sudah mengenali dan juga sudah hafal apa saja huruf besar dan kecil, maka sekarang saatnya dia memasuki tahap selanjutnya yakni membaca satu suku kata. Cara cepat anak bisa membaca tahap ini mengharuskan Ibu untuk membuat semua suku kata yang dibuat dari kombinasi semua huruf konsonan dan juga lima huruf vokal. Misalnya, Ibu bisa membuat beberapa suku kata seperti /ba bi bu be bo/ / ca ci cu ce co/ dan  seterusnya.

Mengajarkan Anak Membaca Dua Suku Kata dengan Vokal yang Sama

Apabila anak Ibu sudah menguasai tahap membaca satu suku kata. Maka, Ibu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni mengajarkan membaca dua suku kata dengan vokal yang sama. Contohnya, Ibu dapat menyusunnya seperti ini: /ca-ca/ /la-la/ /ma-ma/ /pa-pa/ dan seterusnya. 

Latih Anak Membaca Dua Suku Kata dengan Vokal yang Berbeda

Cara cepat anak bisa membaca yang selanjutnya adalah Ibu dapat melatih dia untuk membaca dua suku kata dengan huruf vokal yang berbeda. Misalnya, Ibu bisa memulainya dengan huruf konsonan yang sama seperti: /da-du/ /ma-mi/. Kemudian, Ibu bisa melatihnya untuk membaca dua suku kata yang mengandung konsonan dan vokal yang berbeda seperti /ko-di/ /pa-lu/ /sa-te/, dan lain sebagainya.

Mengajarkan Anak untuk Membaca 3 Suku Kata

Selanjutnya, cara cepat anak bisa membaca yang dapat Ibu tempuh adalah dengan mengajarkannya membaca tiga suku kata. Setelah anak sudah sukses mempelajari tahap dua suku kata, maka itulah saatnya Ibu dapat mengajarkannya tahap ini. Peningkatkan ini nantinya akan melancarkan buah hati Ibu dalam membaca. Contohnya, seperti /a-ro-ma/ /se-pe-da/ dan lain sebagainya.

Latih Anak Membaca ‘Ng’

Cara cepat anak bisa membaca yang seterusnya adalah Ibu bisa mengajarkan anak untuk membaca huruf ‘ng’. Bunyi ini jauh lebih mudah dipahami dibandingkan bunyi ‘ny’. Maka dari itu, Ibu perlu mengajarkan bunyi ini terlebih dahulu. Sebelumnya, latih anak dengan mengeja / ang ig ung eng ong / kemudian /nga ngi ngu nge ngo/. Kemudian, Ibu dapat mengajarkan anak untuk membaca kata yang mengandung huruf ‘ng’ seperti /pi-sang/.

Latih Anak Membaca Bunyi ‘Ny’

Jika anak Ibu sudah bisa membaca bunyi ‘ng’ maka cara cepat anak bisa membaca selanjutnya adalah membaca bunyi ‘ny’. Awalnya, Ibu dapat mengajarkannya mengeja /nya nyi nyu nye nyo/ kemudian Ibu bisa mengembangkannya dengan mengajari si anak beberapa kata yang mengandung bunyi ‘ny’. Misalnya seperti /nyo-nya/ /pe-nyu/ /nya-nyi/ dan lain sebagainya.

Latih Anak dengan Huruf Konsonan Mati

Cara cepat anak bisa membaca lain setelah mengajarkan anak bunyi ‘ny’ adalah dengan melatihnya untuk membaca huruf konsonan mati. Ada baiknya Ibu melatih anak dengan membaca konsonan mati di tengah, kemudian disusul akhir. Beberapa contoh yang dapat Ibu terapkan antara lain seperti /i-kan/ /je-ruk/ dan lain sebagainya.

Ajari Anak Membaca Sebuah Kalimat Sederhana 

Setelah melewati berbagai cara cepat anak bisa membaca di atas, Ibu dapat mengajarinya untuk membaca sebuah kalimat sederhana. Lakukan latihan membaca ini setiap hari. Apabila anak sudah lancar membaca sebuah kalimat, maka selanjutnya Ibu bisa melatihnya dengan membaca sebuah paragraf pendek. 

Selain itu, sebaiknya Ibu juga menyediakan berbagai buku yang menarik—seperti buku yang dilengkapi dengan ilustrasi gambar. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca. Selain itu, atur juga waktu belajar anak serta durasi untuk mengajarinya membaca agar kemampuannya semakin meningkat. 

Berikan Anak Tes yang Ringan

Apabila anak Ibu sudah lumayan lancar dalam membaca, Ibu bisa memberikannya beberapa tes ringan untuk menguji kemampuannya. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar anak bisa mengingat dengan baik mengenai apa saja yang sudah dia pelajari. Jangan lupa puji buah hati Ibu agar dia mendapatkan energi positif dan terus termotivasi.

Nah, itu dia ulasan mengenai berbagai cara cepat anak bisa membaca yang perlu Ibu ketahui. Pada dasarnya, mengajari buah hati Ibu untuk membaca tidak begitu sulit. Selama Ibu mempunyai tekad yang kuat dan kesabaran yang luas, maka anak Ibu akan dapat segera membaca. 

Jika Ibu ingin berkonsultasi seputar anak, kunjungi saja laman Tanya Pakar. Di sana, para ahli siap untuk membantu menjawab semua pertanyaan Ibu secara langsung. Pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu ya agar bisa menggunakan fitur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *