Sebagai orang tua, pasti Ibu merasa khawatir saat buah hati mulai kehilangan selera makan. Berkurangnya nafsu makan pada anak dapat disebabkan banyak hal salah satunya seperti sakit tenggorokan, maupun demam. Selain karena penyakit, nafsu makan yang berkurang juga dapat disebabkan terlalu banyak cemilan yang dimakan oleh anak, dan berkurangnya aktivitas sehingga energi yang digunakan lebih sedikit.

Selain alasan diatas, penyebab berkurangnya nafsu makan anak dapat disebabkan karena stres, tampilan makanan yang kurang menarik, dan rasa yang kurang bisa diterima lidah anak. Cara mengatasi berkurangnya nafsu makan anak tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya, sehingga Ibu dapat mengatasi permasalahan yang sedang dialami anak. Berikut 10 cara untuk menambah nafsu makan pada anak yang dapat Ibu terapkan.

Hindari Tindakan Memaksa

Cara bikin anak nafsu makan yang pertama yaitu hindari tindakan memaksa pada anak. Tindakan orangtua yang memaksa anak karena khawatir justru akan membuat anak merasa tegang saat makan. Hal ini dapat berdampak anak menjadi malas dan menghindar saat dipaksa untuk makan. Hal yang dapat dilakukan agar anak tidak merasa tegang yaitu dengan membujuk anak secara lembut dan perlahan.

Buat Tampilan yang Menarik

Cara bikin anak nafsu makan yang dapat dilakukan selanjutnya yaitu dengan membuat tampilan makanan berwarna-warni yang dapat menarik mata, sehingga membuat waktu makan menjadi menyenangkan. Ibu dapat membuat kreasi dari berbagai jenis sayur dengan warna-warna yang berbeda, lalu tambahkan kreasi sayur yang Ibu buat dengan seporsi makanan seimbang, sehingga nutrisi anak tetap tercukupi.

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Media Belajar Warna Anak?

Ciptakan Kreasi Makanan Bentuk Unik

Cara bikin anak nafsu makan selanjutnya yaitu dengan menciptakan kreasi makanan dengan bentuk yang unik dengan tampilan baru setiap harinya. Makanan yang sama setiap hari pasti dapat membuat anak merasa bosan dan menjadikan nafsu makan berkurang, untuk menyiasati hal tersebut Ibu dapat menciptakan kreasi makanan yang unik dan beragam. Hal ini dapat membuat anak merasa penasaran untuk mencoba makanan baru setiap harinya.

Batasi Minum Terlalu Banyak saat Makan

Batasi minum saat makan merupakan cara bikin anak nafsu makan dan mencegah rasa kenyang pada anak. Hal ini karena anak akan merasa kenyang sebelum menghabiskan makanannya, sehingga membuat nafsu makan jadi berkurang. Selanjutnya Ibu dapat memberikan air maupun minuman lain seperti jus dan teh pada anak setelah selesai makan.

Buat Jadwal Makan yang Rutin

Jadwal makan yang rutin setiap hari merupakan salah satu cara bikin anak nafsu makan yang tepat saat anak susah makan. Hal ini karena konsisten menerapkan jadwal makan yang rutin sejak kecil dapat membuat anak terbiasa makan pada waktu yang sama setiap harinya secara rutin. Selain itu, dengan menerapkan jadwal makan juga akan berdampak baik pada pola makan saat anak beranjak dewasa nanti. 

Bagi Makanan dalam Porsi Kecil

Makanan yang terlihat penuh dalam satu piring terkadang dapat menurunkan nafsu makan anak, hal ini dapat disiasati dengan membagi makanan dalam porsi lebih kecil. Selain mudah disiapkan, membagi makanan dalam porsi kecil juga dapat membuat anak tidak merasa bosan. Ibu dapat memberikan porsi makan kecil saat waktunya makan, selanjutnya dua hingga tiga jam kemudian sajikan makanan porsi kecil dengan menu baru.

Setelah melakukan cara bikin anak nafsu makan di atas, Ibu juga dapat berkonsultasi kepada dokter terkait berkurangnya nafsu makan anak. Nafsu makan pada anak juga dapat disiasati dengan penambahan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu, terdapat cara alami untuk menambah nafsu pada anak, yaitu sebagai berikut.

Jahe Penambah Nafsu Makan Anak

Bukan hanya berkhasiat menghangatkan tubuh, ternyata jahe menjadi salah satu cara bikin anak nafsu makan yang tepat. Jahe dapat mengurangi rasa mual yang menjadi salah satu penyebab berkurangnya nafsu makan anak. Ibu hanya perlu menghancurkan jahe, dan campurkan jahe yang telah dihancurkan ke dalam sandwich maupun sup untuk menambah nafsu makan pada anak.

Kunyit Penambah Nafsu Makan Anak

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat efektif penambah nafsu makan anak. Bukan hanya sebagai penambah nafsu makan saja, kunyit juga sangat efektif mampu meredakan demam pada anak, meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai antioksidan alami, antibakteri, dan antiinflamasi. Cara membuatnya pun cukup mudah, Ibu hanya perlu membuat parutan kunyit atau lebih praktis menggunakan bubuk kunyit lalu taburkan pada sajian makanan.

Konsumsi Yogurt

Cara bikin anak nafsu makan dapat dilakukan dengan rutin konsumsi yogurt. Yogurt berperan penting dalam menjaga sistem pencernaan berjalan dengan baik, selain itu karena mengandung probiotik yang sehat, yogurt juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak. Kandungan kalsium, vitamin B, dan bakteri sehat di dalam yogurt sangat baik untuk usus di perut anak. 

Temulawak Penambah Nafsu Makan Anak

Temulawak  merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan nafsu makan pada anak. kandungan vitamin C, B6, E, zat besi, dan potasium sangat bermanfaat bagi anak terutama dalam menambah nafsu makan dan mampu menghalau berbagai penyakit. Cara membuatnya pun cukup mudah, Ibu hanya perlu mencampurkan air seduhan temulawak dengan madu sebagai pemanisnya. 

Cobalah menerapkan cara-cara di atas untuk menambah nafsu makan anak. Selain itu, Ibu juga dapat menggunakan bahan tradisional yang alami dan dapat memberikan suplemen penambah nafsu makan anak yang sebelumnya mendapat persetujuan dari dokter anak. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *