Salah satu pencapaian yang paling ditunggu oleh orang tua dari si kecil adalah saat dia mulai dapat berjalan. Banyak langkah yang dapat Ibu ambil untuk menstimulasi anak agar bisa cepat berjalan. Berikut beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk membuat buah hati Ibu cepat berjalan.

Meletakkan Perabot yang Kokoh

Kegiatan belajar berjalan bagi anak tentu menjadi momen yang paling mendebarkan.  Ketika si kecil sudah bisa mengangkat tubuhnya sendiri, sebagai orang tua Ibu perlu mendorong rasa percaya diri si kecil. Cara melatih anak agar cepat jalan yang pertama adalah dengan membantu si kecil berjalan dengan menggunakan topangan tangan. Kemudian, biarkan dia secara pelan-pelan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya.

Ibu perlu membuat rumah menjadi tempat yang paling nyaman agar anak Ibu tidak mudah terluka atau cedera saat belajar berjalan. Ada baiknya Ibu menyingkirkan benda apa saja yang berpotensial untuk membahayakan keselamatan anak. Contohnya, seperti meja yang memiliki sudut tajam, benda-benda yang bisa membuat si kecil tersandung, ataupun benda-benda yang rentan pecah.

Cara melatih anak agar cepat jalan yang efektif juga bisa dilakukan dengan membantu anak agar tetap bersemangat. Jauhkan si kecil dari furniture tempat dia berdiri secara perlahan supaya buah hati Ibu bisa berjalan sendiri. Selain itu, Ibu juga harus memastikan agar ia tidak mendarat di permukaan keras karena dapat menyakitinya.

Latih Anak Ibu Berjalan dengan Bermain Bersama

Anak-anak umumnya mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Nah, Ibu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk merangsang si kecil agar dia bisa cepat berjalan. Cara melatih anak agar cepat jalan kali ini adalah dengan membiarkan buah hati Ibu menarik mainan. Lantas, bagaimana cara selanjutnya?

Caranya terbilang mudah yakni Ibu bisa memasang tali dengan ukuran yang cukup aman pada mainan si kecil. Kemudian, tarik perlahan-lahan mainan tersebut. Biarkan si kecil berlatih berjalan dengan mengambil mainan itu sendiri. Sebaiknya Ibu melakukan langkah ini secara bertahap. Sesuaikan jarak dengan kemampuan si kecil. 

Cara melatih anak agar cepat jalan ini tidak hanya mendorong si kecil supaya bisa cepat berjalan, namun juga dapat melatih keseimbangan serta komunikasi buah hati Ibu. Ibu dapat menggunakan mainan yang paling si kecil sukai dan paling menarik perhatiannya. Si kecil pun akan lebih senang jika Ibu menggunakan metode ini.

Ajari Anak Ibu Berjalan dengan Menggunakan Kursi

Cara lain yang dapat Ibu gunakan untuk melatih buah hati Ibu berjalan adalah dengan menggunakan kursi. Pertama, Ibu perlu menyediakan sebuah kursi yang mudah untuk didorong dan kemudian biarkan si kecil mendorong kursi tersebut ke segala arah sesuai dengan keinginannya. 

Ada baiknya Ibu menyediakan sebuah ruangan yang luas. Jangan lupa untuk memindahkan semua benda yang berada di ruangan tersebut. Cara ini tidak hanya bermanfaat untuk mendorong anak agar bisa berjalan, namun juga bisa memperkecil rasa takut anak dan membuatnya lebih percaya diri. 

Latih Kekuatan Otot Punggungnya

Perlu Ibu ketahui, melatih berjalan pada anak tidak hanya berfokus pada kaki si kecil. Jangan lupa juga untuk melatih otot punggungnya dikarenakan otot punggung juga berperan besar menjadi tumpuan tubuh si anak. Tidak hanya itu, dengan melatih otot punggung si kecil juga bisa membangun kekuatan tubuh si anak.

Ibu dapat menggunakan berbagai cara dalam  melatih otot punggung si anak. Caranya, saat bayi sedang tengkurap, Ibu dapat meletakkan mainan yang paling bisa menarik perhatian si kecil. Ketika dia tertarik pada mainan tersebut, niscaya dia akan mendongakkan kepalanya. Gerakan tersebut dapat memicu otot leher agar dapat bekerja dengan lebih baik. Tidak hanya itu, posisi tersebut juga bisa mendukung gerak kaki agar lebih maksimal.

Ajak si Kecil untuk Berenang

Salah satu cara melatih anak agar cepat jalan yang lain adalah dengan mengajaknya berenang. Ternyata, kegiatan yang satu ini bisa melatih otot kaki dan memperkuatnya. Saat berenang, si kecil juga akan belajar untuk menggunakan kakinya. Ada baiknya Ibu mengajari si kecil untuk menendang di dalam air. Jika kebetulan Ibu mendapatkan kolam yang dangkal, Ibu bisa mengajaknya berjalan-jalan untuk memperkuat otot kaki.

Letakkan Anak di Lantai

Jika Ibu merupakan salah satu orang tua yang sering menggendong si anak ke manapun Ibu pergi, maka mulai saat ini ada baiknya Ibu  mulai sering meletakkannya di lantai. Hal ini merupakan salah satu cara melatih anak agar cepat jalan yang dapat Ibu lakukan untuk membuatnya dapat cepat berjalan. 

Caranya, letakkan si kecil di lantai dan luangkan waktu Ibu untuk memperhatikan dan mengawasi si kecil. Saat Ibu membiarkan si kecil berdiri menggunakan kedua kakinya sendiri, maka si kecil akan merasa lebih percaya diri. Selain itu, dia juga akan mendapatkan kemampuan untuk berpindah dan bergerak sendiri dari satu tempat ke tempat yang lain.

Jangan Gunakan Sepatu yang Berbunyi

Ibu mungkin berpikir bahwa menggunakan sepatu atau sIbul yang memiliki bebunyian bisa membuat si kecil terpacu untuk dapat berjalan. Padahal, hal tersebut justru menghambat si kecil untuk berjalan. Dia malah akan lebih tertarik dengan bebunyian yang ada dan juga rentan membuat si kecil tersandung.

Nah, itu dia ulasan mengenai cara melatih anak agar cepat jalan yang bisa Ibu lakukan. Memiliki anak dengan tumbuh kembang yang baik, termasuk dalam proses berjalan, merupakan sebuah hal yang tentu membahagiakan hati orang tua. Dengan melakukan berbagai cara di atas, Ibu bisa membantu si kecil untuk mengembangkan kemampuan berjalannya.

Jika Ibu ingin berkonsultasi seputar anak, kunjungi saja laman Tanya Pakar. Di sana, para ahli siap untuk membantu menjawab semua pertanyaan Ibu secara langsung. Pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu ya agar bisa menggunakan fitur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *