Tak hanya pada anak, orang dewasa yang mengalami kembung biasanya akan merasa tidak nyaman untuk beraktivitas, terlebih pada anak yang masih terbatas dalam menyampaikan sesuatu. Reaksi yang mungkin ditimbulkannya akibat ketidaknyamanan tersebut dengan menangis dan rewel. Biasanya juga akan cenderung lebih manja karena ingin diperhatikan oleh kedua orang tuanya.

Definisi Perut Kembung

Dalam dunia kedokteran, perut kembung disebut meteorismus atau kondisi ketika perut terlihat membuncit dikarenakan berisi udara yang berlebihan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, hingga para manula yang telah berusia senja. Cara mengatasi perut kembung pada anak disesuaikan dengan penyebab yang menjadi faktor utamanya.

Gejala Perut Kembung

Pada umumnya, gejala yang ditimbulkan dari perut kembung pada anak adalah sebagai berikut.

  • Perut terasa sesak, begah, dan penuh
  • Adanya rasa nyeri pada perut
  • Perut terlihat lebih besar
  • Muncul bunyi nyaring saat ditepuk perlahan
  • Sering bersendawa atau sering buang angin

Gejala tersebut dapat dideteksi melalui reaksi anak pada tubuhnya. Jika terjadi pada bayi, dia akan cenderung lebih mudah menangis. Cara mengatasi perut kembung pada anak juga bisa dilakukan dengan menanyakan kondisinya secara langsung untuk memastikan.

Faktor Penyebab Perut Kembung

Beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung pada anak antara lain sebagai berikut.

  • Terlalu Banyak Menelan Udara

Pada saat bayi kerap menangis, ia akan lebih banyak menelan udara secara tidak sadar. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh teknik menyusui yang belum benar. Cara mengatasi perut kembung pada anak karena hal ini bisa disiasati dengan perlekatan puting dengan benar. Hal ini akan meminimalisir udara yang masuk saat menyusui terjadi.

  • Pembentukan Gas yang Berlebih dalam Usus

Dalam mencerna makanan, usus berperan sangat penting. Bila penyerapan makanan tidak berjalan dengan maksimal, maka bakteri akan berkumpul dalam usus membentuk gas yang membuat perut terlihat membuncit. Hal ini membuat anak lebih cenderung mudah terkena gangguan pencernaan. Efeknya bisa diare atau berkebalikan dari itu yakni sembelit.

Gas yang menggumpal itu juga bisa disebabkan oleh konsumsi flatugenik (zat pembentuk gas) yang berlebihan. Cara mengatasi perut kembung pada anak pada kasus seperti ini tentu dengan menghindari pemicunya, yakni dengan mengurangi makan ubi, keju, sawi, kol, dan sejenisnya..

  • Adanya Penyumbatan Usus 

Sumbatan pada usus juga menjadi salah satu penyebab perut kembung. Hal ini terjadi karena sumbatan tersebut akan menghalangi jalan keluar gas melalui anus berupa kentut. Bila hal ini terjadi, satu-satunya cara untuk mengetahuinya dengan melakukan pemeriksaan dokter. Tingkat keparahan penyakit atau penyebabnya dapat diketahui setelah dokter memberikan diagnosis pada anak Anda.

Cara Mudah Mengantisipasi Perut Kembung

  • Memperhatikan Jenis Makanan 

Cara mengatasi perut kembung yang pertama adalah dengan memperhatikan jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi. Produk yang mengandung susu dan turunannya cukup riskan untuk anak-anak, seperti keju, es krim, yogurt, dan makanan yang dominan gas seperti jagung, kacang-kacangan, telur, hingga ikan.

  • Memperhatikan Teknik Menyusui yang Tepat

Jika teknik menyusui kurang tepat, potensi udara yang masuk pada saat proses menyusui akan semakin besar. Hal tersebut memicu terjadinya kembung pada anak. Ketidakseimbangan porsi udara dan air yang masuk dalam tubuh anak menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, pastikan teknik perlekatan telah tepat diterapkan.

  • Menggunakan Puting Botol yang Benar

Penggunaan puting botol yang tidak sesuai dengan rongga mulut anak akan membuat udara masuk terlalu banyak. Cara mengatasi perut kembung pada anak karena banyaknya udara tersebut dapat dicegah dengan menggunakan bahan puting botol susu yang sesuai dan cocok untuk bayi. Sudahkah Anda cek puting botol susu anak Anda?

  • Menggosok Perut Anak

Jika perut anak kembung, cara paling mudah untuk mengeceknya dengan menepuk perlahan dan terdengar suara nyaring dari dalam. Langkah untuk meredakannya yakni dengan menggosok perut bayi secara perlahan dengan memutar dari punggung ke pusar, kemudian memberikan tekanan saat mendekati pusar . Anda bisa gunakan minyak telon atau kayu putih untuk menghangatkan perutnya.

  • Melakukan Pijatan dengan Lembut

Cara mengatasi perut kembung pada anak selanjutnya adalah melakukan pijatan secara lembut dan melakukan penekanan untuk memancing gas keluar pada bagian perut, punggung, dan dada. Jika hal ini terjadi pada bayi, lakukan dalam jeda waktu satu jam seusai menyusu. Jika terjadi pada balita dan anak-anak, pastikan Anda melakukannya setelah selesai makan.

  • Menepuk Punggung Anak secara Perlahan 

Angin yang terlalu banyak terperangkap dalam perut memang mengganggu. Biasanya kondisi ini dipengaruhi oleh makanan yang belum tercerna usus dengan baik. Dampak dari banyaknya angin yang terjebak ini membuat seseorang sulit bersendawa. Hal ini akan membuatnya sangat rewel dan tidak nyaman.

Cara mengatasi perut kembung pada anak yang baru saja makan atau menyusu bisa dilakukan dengan menepuk punggungnya perlahan. Bila masih bayi, tengadahkan tubuhnya agar mudah bersendawa. Jika belum berhasil, tengkurapkan bayi agar perut kembung tertekan dan gas yang bersenyawa di dalam perutnya bisa dikeluarkan secara alami.

  • Memberikan Air Hangat

Memberikan air hangat akan membantu pencernaan anak lebih nyaman. Jika perut kembung terjadi pada bayi, cukup berikan pijatan, kompresan perut, dan mandikan dengan air hangat.  Jika perut kembung terjadi pada balita dan anak-anak, Anda bisa memberikan bertahap. Perut yang terasa begah dan penuh dengan gas tidak akan menyamankan siapapun. Oleh karenanya, pastikan Anda mendampingi anak dan memberikan kesigapan pada saat dibutuhkan.

  • Membiarkan  Tengkurap Lebih Lama

Bila bayi Anda sudah bisa tengkurap, maka cara mengatasi perut kembung pada anak bisa disiasati dengan proses tengkurap yang lebih lama. Perhatikan mengenai tindakan ini melalui ekspresinya. Tidur tengkurap akan membantu penekanan gas pada perut agar lebih mudah keluar.

Anda juga bisa mengajak bayi ngobrol untuk memancing mulutnya agar terbuka. Jika segala cara untuk meredakannya belum berhasil, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan teknik yang berbeda.

  • Minum Menggunakan Sedotan

Anak-anak yang bermasalah dengan perut kembung akan lebih murung dibandingkan biasanya. Perhatikan asupan cairan agar tidak dehidrasi dengan penggunaan sedotan. Hal ini dapat membantu aliran air yang lebih stabil untuk perutnya.

Cara mengatasi perut kembung pada anak di atas bisa dipraktikkan sesuai dengan kondisi dan usia anak. Dengan tetap memberikan asupan nutrisi yang benar, niscaya masalah perut buncit karena udara berlebih ini akan segera teratasi.

Perut kembung akan memicu ketidaknyamanan pada anak, bahkan membuat anak rewel dan menangis. Sebagai orang tua, pasti Ibu akan merasa khawatir akan segera mengusahakan obat yang cocok untuk mengatasi perut kembung pada anak tersebut. Seperti yang sudah tertulis di atas, Ibu bisa menggosok perut anak dengan menggunakan minyak telon atau lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *