Berenang merupakan salah satu aktivitas yang dapat dijadikan sebagai sarana hiburan atau bahkan dapat dijadikan sebagai hobi. Renang memiliki beragam manfaat bagi tubuh antara lain meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan kekuatan otot, menyehatkan jantung, menyehatkan paru-paru, cara tepat menurunkan berat badan, menghilangkan stres, dan lain sebagainya. 

Berenang merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh semua usia, termasuk anak-anak. Bahkan, berenang dapat digunakan sebagai aktivitas fisik bagi anak yang sangat disarankan dalam proses mendukung tumbuh kembangnya. Berikut 9 cara mudah dan aman yang dapat diajarkan saat anak berenang. 

Pilih Waktu yang Tepat

Pilihan waktu yang tepat merupakan hal terpenting sebelum mengajari anak berenang. Pastikan waktu yang Ibu pilih merupakan waktu luang di antara rutinitas harian, sehingga dapat memiliki banyak waktu saat mengajari cara belajar berenang anak dengan baik. Hal ini karena mengajari berenang dibutuhkan kesabaran dalam melatih serta penerapan metode yang tepat, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu.

Ajari Anak saat Perasaan sedang Tenang

Sebelum mengajari anak untuk berenang, pastikan anak sedang dalam mood yang baik. Hal ini bertujuan agar anak lebih cepat menguasai teknik berenang yang diajarkan. Selain itu, pastikan Ibu juga dalam pikiran yang tenang agar mampu mengajarkan metode berenang dengan baik. Dalam mengajari cara belajar berenang anak, pastikan bahwa Ibu mengawasi dan membantunya sehingga anak tidak merasa khawatir saat pertama kali berada di kolam.

Pastikan Anak Memiliki Keinginan dan Tekad

Tanpa adanya keinginan dan tekad yang kuat, tentu akan sulit untuk melatih cara belajar berenang anak, sehingga pastikan anak memiliki keinginan yang kuat sehingga setiap metode dan teknik yang diajarkan dapat diterapkan oleh anak. Selain itu, yakinkan pada anak bahwa berenang merupakan aktivitas olahraga yang menyenangkan, sehingga anak semakin bersemangat saat akan berlatih renang.

Kenalkan Anak pada Air

Sebagai pelatih, tentu Ibu harus memahami dan menguasai teknik dasar dalam berenang yaitu dengan mengenalkan anak pada air, hal ini bertujuan agar anak merasa nyaman saat berada di dalam air. Namun apabila anak masih takut untuk masuk ke dalam kolam, mulailah dengan mengajak anak untuk duduk di pinggir kolam, hal ini bertujuan agar anak merasa nyaman dan mampu beradaptasi sebelum masuk ke dalam air.

Mulai dari Tepi Kolam

Cara belajar berenang anak selanjutnya apabila anak telah beradaptasi dengan air dan lingkungan kolam, maka mulailah belajar dari tepi kolam. Ajari anak berada di tepi kolam dengan mengajaknya bermain-main, setelah anak merasa nyaman di pinggiran kolam, secara perlahan ajari anak gerakan sederhana dalam berenang sambil tetap bermain dengan anak. Hal ini bertujuan agar anak merasa nyaman sehingga mampu beradaptasi dan tidak panik.

Kembangkan Kemampuan Gaya Renang

Cara belajar berenang anak selanjutnya yaitu dengan mengajarkan teknik gaya renang. Pastikan anak sudah merasa nyaman dan memiliki keberanian sebelum diajarkan teknik berenang, sehingga lebih memudahkan saat akan dilatih berenang. Sebagai permulaan, ajari anak berenang tendangan kaki gaya bebas di dalam air dan berenang gaya dada, setelah itu lanjutkan dengan gerakan tangan, dan lakukan secara berulang-ulang dan bertahap.

Setelah melatih permulaan dalam berenang, pelatihan dapat dilanjutkan dengan dasar untuk mengapung dan berenang. Cara mengapung dapat dimulai dengan menyanggah tubuh anak dalam posisi berbaring dengan diajarkan mengayunkan tangan secara perlahan. Setelah anak merasa aman dan dapat mengayunkan tangannya, secara perlahan Ibu dapat melepaskan sanggahan pada tubuh anak dan biarkan mengapung dengan sendirinya.

Ajari Cara Meluncur di Dalam Air

Cara belajar berenang anak selanjutnya yaitu dengan mengajari cara meluncur dalam air. Tahapan ini dilakukan saat anak mampu mengapung tanpa bantuan, ajari anak gerakan dalam berenang seperti meluncur dan menggerakkan kaki di dalam air. Pastikan anak berpegangan pada tepi kolam renang dengan kedua tangan, lalu jejakkan kaki pada dinding, dan meluncur menuju Ibu dengan jarak pendek, setelah terbiasa tambahkan jarak secara bertahap.

Terapkan Cara Berenang pada Anak

Cara mengajari anak berenang selanjutnya yaitu dengan menerapkan cara berenang yang tepat. Sebelum menerapkan cara berenang, pastikan anak sudah mampu dan menguasai teknik mengapung sehingga dapat dengan mudah belajar dan menerapkan cara berenang yang lain. Pada tahapan ini, ajari anak untuk menarik dan menghembuskan napas yang tepat saat berenang. 

Cara belajar berenang anak dapat dilakukan dengan meminta anak berenang minimal sejauh 2 meter atau disesuaikan dengan kemampuan anak. Pada tahapan ini, pastikan Ibu selalu mengawasi anak agar tetap aman dan pastikan anak mampu menarik dan membuang napas secara tepat. Hal ini karena adanya kemungkinan anak akan mengalami kendala seperti meminum air kolam saat menarik dan membuang napas.

Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Berikan waktu istirahat atau waktu jeda yang cukup pada anak, hal ini bertujuan agar tubuh kembali bugar sebelum melanjutkan cara belajar berenang anak dengan metode dan teknik yang tepat. Dengan tubuh yang bugar serta bersemangat dapat membuat anak mampu dengan mudah menerima teknik-teknik belajar renang yang baik sehingga lebih mudah untuk mempraktekkan yang telah dipelajari tentang berenang.

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Media Belajar Warna Anak?

Jangan lupa berikan pengertian pada anak tentang manfaat renang dan jadikan kegiatan berenang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Hal ini bertujuan agar anak senang saat belajar berenang sehingga lebih mudah mempelajari teknik dan metode yang tepat saat berenang. 

Cara belajar berenang anak perlu ketelatenan dan kesabaran, biarkan anak beradaptasi dengan air terlebih dahulu sebelum berenang. Ibu bisa mengetahui cara terbaik meningkatkan kecerdasan anak dengan Tanya Pakar. Di sana selain bisa mengetahui kemampuan anak lebih baik juga ada banyak resep kreasi yang bisa digunakan untuk bekal si kecil. Tentunya sudah memperhatikan kandungan gizi yang seimbang. Ibu akan semakin mudah dalam mendampingi si kecil dalam tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *