Sariawan merupakan penyakit sejuta umat yang bisa mengenai siapa saja, tidak terkecuali anak kecil. Bisa jadi, hampir semua orang pernah mengalami penyakit yang satu ini. Penurunan nafsu makan bisa jadi dialami buah hati Anda saat dia sedang sariawan.

Banyak hal yang menyebabkan sariawan pada anak, misalnya kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga, daya tahan tubuh yang lemah, kekurangan nutrisi tertentu, luka gigitan di mulut, lidah, dan bibir, serta lain sebagainya. Sebagai orang tua, tentu Anda khawatir terhadap kondisi tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan pada buah hati Anda.

Mengompres Dengan Es

Cara mengobati sariawan pada anak yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan es. Mengompres es pada daerah yang mengalami sariawan bisa membantu meredakan radang dan bengkak yang dialami anak. Dengan begitu, rasa perih yang diderita anak dapat berkurang dengan perlahan. 

Cara mengompresnya terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu membungkus beberapa buah es batu dengan kain bersih lalu menempelkan bungkusan es tersebut pada daerah munculnya sariawan. Selain itu, Anda juga dapat memberi si kecil jus buah dingin, air dingin, ataupun eskrim untuk meredakan rasa perih pada sariawannya.

Berkumur Menggunakan Air Garam

Untuk anak yang sudah berumur lebih dari enam tahun, berkumur menggunakan air garam dapat membantu meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan. Selain itu, air garam juga bisa membantu mempercepat penyembuhan sariawan yang dialami oleh anak Anda. Cara membuat larutan air garam ini juga terbilang mudah. 

Anda cukup memasukkan satu sendok teh garam ke dalam sebuah gelas air  hangat. Lalu, aduk cairan tersebut sampai rata. Jangan lupa untuk memberi tahu si kecil untuk menggunakan air garam tersebut untuk berkumur selama beberapa detik agar kandungan garamnya bekerja secara optimal.  Kemudian, buang air kamar sisa yang telah dipakai untuk berkumur tadi.

 Jaga Kebersihan Mulut

Cara mengobati sariawan pada anak lainnya adalah dengan menjaga kebersihan mulut si anak. Pastikan anak Anda menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang dikhususkan untuk anak. Tidak hanya itu, Anda juga harus memilih sikat gigi yang memiliki bulu lembut untuk anak Anda. Ada baiknya si kecil menghindari untuk menyikat gigi dengan terlalu keras karena dapat memperburuk sariawan.

Setelah sikat gigi, Anda dapat meminta anak Anda untuk berkumur menggunakan air garam. Selain air garam, Anda juga dapat menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alcohol dan sodium lauryl sulfate. Jika diperlukan, Anda bisa bertanya dan berkonsultasi secara langsung dengan dokter gigi terdekat untuk menanyakan terkait obat sariawan atau obat berkumur yang tepat untuk buah hati Anda.

Beri Nutrisi yang Cukup

Anak tetap membutuhkan nutrisi seperti biasa. Sayangnya, dia cenderung kurang nafsu makan saat mengalami sariawan. Selain itu, kebutuhan cairannya juga harus dipenuhi. Dengan begitu, ada baiknya Anda menghindarkan si kecil dari makanan yang asam, panas, memiliki tekstur keras, ataupun pedas. 

Sebagai solusi, Anda dapat memberikan makanan yang memiliki tekstur lembut dan mudah untuk ditelan. Misalnya seperti nasi, sup, atau  bubur. Jangan lupa untuk memberikan si kecil air dingin atau air putih untuk mencegah anak Anda mengalami dehidrasi. Cara mengobati sariawan pada anak melalui pemenuhan nutrisi juga dapat dilakukan dengan memberikannya vitamin dan gizi yang cukup.

Gunakan Madu untuk Mengobati Sariawan Anak

Salah satu cara mengobati sariawan pada anak adalah dengan menggunakan madu. Madu dapat membantu menyembuhkan luka secara cepat—termasuk luka sariawan karena ia mempunyai sifat anti-mikroba yang terbilang bagus sekali. Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu tersebut beberapa kali ke bagian yang mengalami sariawan. Akan tetapi, cara ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1 tahun.

Mengobati Sariawan pada Anak Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu opsi yang baik untuk mengobati sariawan pada anak. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya mempunyai sifat anti bakteri yang baik untuk kesehatan gusi. Cara mengobati sariawan pada anak menggunakan lidah buaya juga terbilang simple dan mudah. Anda cukup mengupas kulit lidah buaya dan mengambil gelnya. Lalu, oleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian yang mengalami sariawan.

Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan gel lidah buaya tersebut dengan air yang dingin. Gunakan campuran tersebut untuk membilas atau berkumur bagian yang sakit sebanyak tiga kali sehari supaya bisa mendapatkan hasil yang  maksimal.  Pastikan jika anak Anda berkumur selama 30 detik setiap harinya menggunakan larutan tersebut.

Mengobati Sariawan Menggunakan Minyak Kelapa

Anda tentu tidak menyangka jika salah satu cara mengobati sariawan pada anak adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Mengapa bisa? Ternyata, minyak kelapa memiliki kandungan anti inflamasi, anti bakteri, dan analgesik. Berbagai kandungan tersebut dapat membantu menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Minyak kelapa bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan juga iritasi pada bagian yang terkena sariawan. Cara mengobati sariawan pada anak menggunakan minyak kelapa ini dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak kelapa menggunakan cotton buds yang memiliki bahan lembut supaya bisa secara tepat mengenai bagian yang terkena sariawan.

Dengan  melakukan beberapa cara di atas, sariawan anak akan membaik dalam beberapa hari. Walau begitu, Anda tetap harus waspada apabila sariawan yang dialami oleh anak Anda tidak kunjung membaik. Bila perlu, hubungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Nah, itu dia ulasan mengenai cara mengobati sariawan pada anak yang patut Anda ketahui. Saat ini Ibu tidak perlu panik meski belum paham betul mengenai pola asuh si kecil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *