Berbicara tentang kehamilan, hamil merupakan sebuah tahap pasca pernikahan yang telah dinanti-nanti oleh calon orangtua. Tentunya fase kehamilan tersebut merupakan sebuah fase yang membahagiakan bagi setiap pasangan. Apakah Anda pasangan yang baru menikah atau bahkan sudah lama  menikah? Bagi Anda pasangan suami istri apalagi yang masih baru, tentu tanda-tanda awal kehamilan Anda belum Anda ketahui dengan jelas kan? Hal tersebut wajar karena ini merupakan pengalaman pertama  Anda hamil.

Bukan Anda yang masih hamil pertama kali, namun ciri-ciri hamil tersebut juga seringkali tidak diketahui oleh  wanita yang sudah beberapa kali melahirkan. Banyak wanita yang baru mengetahui jika dirinya sedang hamil ketika usia kandungannya sudah tidak muda. Memang salah satu kondisi yang umum yang menjadi ciri-ciri hamil adalah tidak  haid.Namun, bunda ketahuilah bahwa saat Anda hamil, ada ciri-ciri orang hamil lain yang menandakan bahwa Anda sedang hamil.

Perlu Anda ketahui  minggu pertama kehamilan tersebut dapat  dihitung sejak tanggal terakhir haid.  Meskipun begitu memang pada minggu-minggu pertama kehamilan Anda belum merasakan sesuatu yang berarti mengenai kehamilan Anda tersebut . Nah, berikut ini adalah ciri-ciri orang hamil yang terjadi di minggu-minggu pertama kehamilan. Ketika Bunda mengalami ciri-ciri hamil berikut ini, coba pastikan dengan cek ke dokter ya.

Perubahan pada Payudara

Ciri-ciri orang hamil pertama yang perlu Anda ketahui yaitu terjadi perubahan pada payudara. Ketika sedang hamil, maka payudara wanita umumnya akan membesar. Pembesaran pada payudara tersebut disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron. Bukan hanya membesar, ketika sedang hamil maka payudara juga akan terasa lebih lembut dan putingnya pun akan lebih membesar dengan warna yang semakin gelap. Puting tersebut kadang juga akan terasa gatal. Pada saat sedang hamil, maka pembuluh vena pada payudara wanita juga akan terlihat akibat penegangan payudara.

Kram dan Flek

Ciri-ciri orang hamil lainya yaitu ditandai dengan terjadinya kram dan flek. Pada masa kehamilan, maka sel telur yang dibuahi akan membentuk blastokista (sel berisi cairan. Nah, pada minggu ke-10 sampai 14 setelah konsepsi, maka blastosis akan menempel pada endometrium dan menyebabkan pendarahan saat implantasi.  Namun jangan salah ya bun, pendarahan tersebut bukanlah darah haid.  Pada saat terjadinya flek, maka warna flek tersebut biasanya berwarna biasanya merah mudah, merah, dan coklat. Pendarahan ini umumnya  terjadi selama tiga hari, bisa disertai kram perut ringan, sedang, atau berat yang Anda rasakan.

Mual dan Muntah-muntah (Morning Sickness)

Ketika seorang wanita sedang hamil, maka ciri-ciri orang hamil yang umum terjadi yaitu mengalami mual dan muntah-muntah. Rasa mual tersebut seringkali terjadi pada minggu ke-4 sampai 6 kehamilan. Rasa mual tersebut terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) secara tiba-tiba. Namun Anda jangan khawatir, karena rasa mual dan muntah  tersebut biasanya akan mereda setelah memasuki trimester kedua. Mual dan muntah tersebut memang  kerap disebut dengan  morning sickness karena umum terjadi saat pagi hari. Namun rasa mual dan muntah tersebut  dapat terjadi juga pada siang dan malam hari.

Kulit Lebih Glowing atau Berjerawat

Ciri-ciri orang hamil juga dapat ditandai dengan perubahan kulit menjadi lebih glowing atau bahkan berjerawat lho. Perubahan kulit pada wanita hamil menjadi lebih glowing tersebut  terjadi karena pada saat hamil maka volume darah dan hormon  akan meningkat. Nah,  maka hal tersebut bisa menyebabkan lebih banyak darah mengalir di pembuluh darah. Akibat dari meningkatnya aliran darah itu maka akan membuat  kulit tampak lebih merah dan glowing atau sebaliknya Bunda bisa lebih mudah berjerawat.

Mudah Lelah dan Ngantuk

Ketika Anda sedang hamil, maka ciri-ciri orang hamil yang Anda rasakan yaitu biasanya  akan lebih cepat merasa lelah dan ngantuk. Rasa lelah dan ngantuk tersebut disebabkan karena perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh Anda ya bun. Selain itu penyebab rasa lelah tersebut yaitu karena pada saat Anda sedang hamil, maka kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru, semakin bertambah. Tak ayal juga saat Anda sedang hamil, maka sering dengan membesarnya perut Anda juga akan memberikan beban tersendiri bagi tubuh sehingga hal tersebut menyebabkan Anda lebih sering merasa lelah.

Indera Penciuman Lebih Sensitif

ciri-ciri orang hamil  muda berikutnya yaitu biasanya akan merasa lebih sensitif pada indera penciumannya.  Peningkatan sensitivitas indera penciuman tersebut disebabkan karena perubahan hormon estrogen di dalam tubuh. Hal tersebut dapat ditandai deangan lebih mudahnya Anda mencium bau-bau tak sedap sehingga akan  menimbulkan rasa mual.

Perubahan Mood

Apakah Anda merasa tidak mood dengan ditandai rasa ingin marah atau sedih? Perlu Anda ketahui perubahan mood tersebut bisa jadi merupakan ciri-ciri orang hamil  lo bun. Perubahan mood saat hamil tersebut disebabkan oleh meningkatnya hormon tertentu dalam tubuh.  Nah, akibat dari ketidakseimbangan hormon tersebut, maka akan menyebabkan mood Anda berubah-ubah, terutama di pagi hari.

Tidak Haid

ciri-ciri orang hamil  yang paling umum dan biasanya dijadikan patokan para wanita untuk mengetahui apakah ia hamil atau tidak yaitu ketika telat bulan atau tidak haid. Ya, pada saat setelah implantasi selesai, tubuh wanita akan memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG) yang berfungsi  membantu tubuh mempertahankan kehamilan dan memerintahkan ovarium berhenti memproduksi sel telur matang tiap bulan. Ketika masa kehamilan, maka jika wanita memiliki  siklus menstruasi teratur maka empat minggu setelah terjadi  pembuahan tidak akan terjadi menstruasi.

Sering Buang Air kecil

ciri-ciri orang hamil   pada usia kandungan masih muda yaitu ditandai dengan frekuensi buang air kecil akan meningkat dari biasanya.  Seringnya Anda buang air kecil tersebut disebabkan karena janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih  Anda serta  merupakan sebab  adanya peningkatan sirkulasi darah. Pada saat Anda sedang hamil, maka kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine. Hal tersebut mengakibatkan keinginan buang air kecil Anda akan lebih meningkat dan lebih sering. Peningkatan rasa buang air kecil tersebut  juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

Ngidam Tetapi Malas Makan

Tentu Anda sudah sering mendengar kan ketika seorang wanita hamil, maka dia sering ingin ini itu, alias ngidam. Ya ngidam merupakan hal yang wajar dirasakan oleh wanita hamil ya. Namun biasanya rasa inginya wanita hamil terhadap sesuatu makanan misalnya tersebut hanya sebatas ingin namun kemudian malas memakannya karena rasa mual di perut. Saat hamil, biasanya seseorang akan ngidam makanan yang asam dan segar misalnya saja buah seperti mangga muda, rujak, bakso, dan sebagainya.

Sakit Punggung

Apakah Anda sering merasa sakit punggung disertai ciri-ciri yang disebutkan di awal? Jika iya maka hal tersebut bisa jadi merupakan ciri-ciri orang hamil   lho. nyeri punggung saat Anda sedang hamil tersebut disebabkan karena ligamen Anda melemas. Maka Anda pun harus sabar ya bun, karena pada saat kehamilan bisa jadi rasa nyeri ini akan terus ada sepanjang kehamilan, seiring pertambahan berat badan dan perubahan pusat gravitasi. Pelemasan ligamen tersebut juga seringkali bisa menyebabkan postur Anda akan berubah.

Nah, Jadi bunda apabila Anda mengalami ciri-ciri orang hamil  tersebut, maka tak ada salahnya untuk Anda segera mengecek ke dokter.  Untuk mengecek kehamilan tersebut maka Anda juga bisa mengeceknya menggunakan testpack melalui tes urin ya. atau jika Anda ingin mengetahui tanda kehamilan Anda lebih akurat, maka Anda bisa memeriksakan ke dokter yaitu dengan  memeriksakan kadar EPF (early pregnancy factor) dalam darah Anda untuk mengetes kehamilan Anda tersebut.

Apabila Anda sedang hamil apalagi sedang hamil muda, tentu ada berbagai hal yang perlu Anda persiapkan ya bun. Persiapan tersebut diantaranya yaitu dengan memilih dokter kandungan yang tepat,   Mempersiapkan perlindungan (asuransi kesehatan dan asuransi jiwa), Mempersiapkan jadwal untuk 9 bulan ke depan, Menentukan menu makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi,  Berbelanja baju hamil,  mempersiapkan keuangan untuk kebutuhan pra kelahiran, proses kelahiran dan pasca kelahiran.

Nah, ketika Anda menentukan makanan dan makanan dan minuman untuk Anda konsumsi tentu Anda harus memastikan bahwa makanan tersebut memiliki nutrisi yang baik ya bun.  Salah satu bentuk pemberian nutrisi pada ibu dan bayi ketika masih dalam kandungan yaitu melalui produk susu. Mengapa produk susu? Berbicara tentang susu tentu Anda sudah sering mendengar kan jika susu kaya akan manfaat.

Susu juga penting untuk kesehatan dan ibu dan bayi dan bagus untuk perkembangan jabang bayi ketika masih berada di kandungan. Pemberian nutrisi salah satunya  melalui Susu untuk ibu menyusui tersebut penting karena memiliki berbagai macam kandungan diantaranya yaitu protein, AA, DHA, Omega 3&6, zat besi dan lainya sehingga akan membuat Ibu bisa terhindar dari kekurangan ASI serta dibutuhkan untuk membantu menunjang perkembangan otak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *