Saat wanita pertama kali mengetahui dirinya hamil, sudah pasti, Bisa dibayangkan rasa apa yang ada, bahagia sudah pasti. Bagaimana tidak, salah satu tujuan dari menikah adalah memiliki keturunan. Saat kehadiran jabang bayi yang meskipun masih didalam kandungan itu membuat rasa yang sangat bahagia dan tidak sabar menantikan kehadirannya lahir ke dunia ini. Saat kehamilan mulai berjalan semakin mendekat dengan hari perkiraan lahir atau disingkat HPL, pasti sudah memulai menulis daftar Perlengkapan bayi baru lahir itu apa saja. Terutama untuk seorang calon ibu yang baru pertama kali mengandung, pasti akan excited sekali dalam belanja perlengkapan bayi.

Ada beberapa ibu yang percaya atau memegang tradisi orang Indonesia, yang konon katanya, untuk membeli perlengkapan bayi baru lahir itu harus menunggu usia kehamilan 7 bulan. Percaya ga percaya , karena kehadiran buah hati sangat dinantikan, maka banyak pasangan suami istri yang belanja perlengkapan bayi baru lahir setelah 7 bulan karena mereka mungkin ada yang percaya atau hanya menuruti nasihat dari para orang tuanya.

Saat usia kehamilan masuk 7 bulan, tibalah saatnya belanja perlengkapan bayi yang baru lahir, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa daftar perlengkapan bayi yang baru lahir yang lengkap. Sebelum belanja kebutuhan si bayi, kebutuhan ibu-nya juga perlu diperhatikan, meskipun tidak sebanyak perlengkapan bayi.Tips nya meskipun sangat excited dengan hadirnya anak, sarannya jangan terlalu boros, pilihlah yang benar-benar diperlukan, dan menghitung jumlah yang akan dibeli, karena setelah kehadiran anak, pengeluaran kita menjadi bertambah.

Mari kita mulai dari kebutuhan si ibu dulu :

  • 5 Baju menyusui, tidak perlu beli yang mahal, yang penting nyaman dipakainya. Kenapa harus atau hanya 5 buah baju saja. Untuk berganti-ganti 5 buah baju sudah cukup.
  • 7 Bra menyusui, banyak produk yang mengeluarkan bra menyusui, sudah pasti ukurannya bertambah, jadi jangan lupa saat membelinya bisa dicoba dulu yah..
  • 7 Celana Dalam hamil,kenapa harus beli celana dalam, kan saat sudah melahirkan perut kita mengecil. Jangan salah lho ya bu ibu, celana hamil bisa digunakan saat Anda hamil juga.Jangan membeli ukuran yang ngepas , karena nanti Anda tidak akan nyaman saat memakainya.
  • Untuk Stagen saya rasa 1 sudah cukup.Karena pemakaian stagen tidak berlangsung lama. Jadi satu buah saja sudah cukup.
  • 2buah nursing cover, pilihlah bahan yang Anda  nyaman, hindari bahan yang keras.
  • Pembalut Nifas, untuk pembelian awal bisa 5 bungkus dulu, jika kurang bisa membelinya lagi, Saat Anda dalam masa nifas, darah yang keluar berbeda dengan darah saat Anda menstruasi ya, darah nifas lebih banyak keluarnya, jadi sehari bisa ganti lebih dari 5 kali.Saat menuju hari ke 40, darah yang keluar berkurang, jadi bisa memakai pembalut biasa.
  • 3 buah Breastpad. Fungsi breast pad adalah menjaga ASI tidak merembes di baju atau mengalir ke bra Anda. Jika ingin berhemat bisa membeli breast pad yang bisa dicuci ulang.

Ada beberapa perlengkapan ibu yang tidak harus dimiliki, contohnya:

  • Niple cream, sebenarnya nipple cream sendiri bisa dikatakan butuh ada juga yang ga memakainya. Nipple cream dipakai saat putting Anda lecet saat masa menyusui, selain menggunakan nipple cream, ada juga yang memakai air susu ibu sendiri untuyk menyembuhkannya, dengan cara diolesi merata.
  • Breast Pump elektrik atau breastpump manual, biasanya alat ini dibeli bagi para calon ibu, yang setelah melahirkan akan meninggalkan anaknya dirumah, karena tuntutan kerja sudah pasti.Selain menggunakan Breastpump kita juga bisa memerasnya memakai tangan kita sendiri, biasanya cara ini lebih dianjurkan dokter.
  • Bantal menyusui, saat masa menyusui adalah masa-masa yang bisa dikatakan kita harus dimanjakan dengan layanan yang menyenangkan dan membuat kita nyaman.Dengan rasa nyaman dan bahagia itu akan membuat ASI keluar banyak, dan kita tidak akan mengalami stress. Dengan adanya bantal menyusui yang menyangga bayi kita, maka kita tidak akan capek dan takut si bayi tidak nyaman saat proses pemberian ASI.
  • Vitamin pelancar ASI, sebenarnya ini tidak terlalu kita butuhkan, karena dengan memakan sayuran, buah-buahan air yang mencukupi, ASI kita akan melimpah dengan sendirinya.
  • Tas ASI, Saat kita akan bepergian yang dimana tempatnya tidak memungkingkan kita untuk menyusui, ada baiknya membawa tas ASI saat bepergian, jadi saat anak haus dan lapar, kita bisa langsung memberikannya dengan dot.
  • Perlukah kulkas ASI, hmmmm…dengan harga yang bisa dikatakan mahal, mungkin sebaiknya jika tidak perlu-perlu sekali, sebaiknya tidak kita masukan dalam daftar pembelian perlengkapan bayi baru lahir.

Nah inilah tiba saatnya kita mengleist daftar perlengkapan bayi yang baru lahir.

Yang Pertama outfit

  • Popok Kain secukupnya, jika Anda berniat memberikan pemakaian popok kain dalam jangka Panjang, belilah dalam jumlah yang lumayan banyak untuk ganti-ganti. Karena saat bayi baru lahir, itu akan pipis-pipis terus dan puff. Atau mungkin Anda bisa membeli diapers sekali pakai, jika tidak mau repot, karena bayi yang menangis karena popok basah, diapers sekali pakai bisa menjadi solusinya.
  • Cloth Diaper ( Clodi ), Pilihan membeli clodi bisa dinilai lebih hemat daripada diapers yang sekali pakai. Pemakaian clodi tidak langsung basah jika kena pipis tapi jika kena puff harus langsung diganti yah.
  • Singlet atau kaos dalam, Untuk urusan kaos dalam belilah yang berbahan nyaman, karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif, saat Anda membeli singlet belilah sekalian yang banyak, karena untuk singlet biasanya masih bisa dipakai sampai umur 2 tahunan.
  • Setelan baju Panjang. Baju atasan dan bawahan yang Panjang sangat cocok dipakai saat bayi setelah mandi sore, cuaca malam yang dingin, dengan memakai setelan Panjang, bayi akan merasa aman saat tidur malam.
  • Setelan baju pendek. Atasan bawahan pendek bisa dipakai saat siang hari, untuk sehari-hari dirumah.
  • Kaos kaki dan kaos tangan. Untuk melindungi bayi dari kedinginan dan cakaran kukunya sendiri ya bunda.
  • Selimut, Benda satu ini akan membuat si bayi merasa kehangatan saat terlelap.
  • Jumper pendek. Buat bayi memakai jumper adalah hal yang recommended  banget.Pilihlah bahan yang nyaman, jadi bayi tidak akan kepanasan saat memakainya, Saat bayi memakai Jumper model ini, bayi juga akan terlihat cute abis, tapi untuk bayi yang dibawah satu tahun biasa akan mengalami pertumbuhan berat badan yang signifikan, jadi belilah ukuran yang sedikit lebih besar ya.
  • Jumper Panjang sampai kaki, fungsinya hampir sama seperti setelan atasan bawahan Panjang, kalua jumper model yang satu ini tidak memerlukan pemakaian kaos kaki lagi, karena kaki sudah terbungkus rapat dengan bajunya.
  • Baju pergi, tidak perlu membeli banyak di awal, secukupnya saja.karena semakin bertambahnya usia, nanti akan mudah tidak muatnya di badan.
  • Perlengkapan Mandi, Saat sudah selesai memilih outfit si bayi, mari kita mengelis perlengkapan bayi baru lahir berikutnya, yaitu perlengkapan mandi.Perlengkapan mandi , dari shampo, sabun, minyak telon, handuk dan tidak ketinggalan tempat untuk mandinya.

Nah bagaimana Mom? Sudah siap pergi ke rumah sakit bersalin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *