Bondanita https://bondanita.com Loving You Tue, 27 Oct 2020 06:41:04 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.1 Mengapa Investasi Reksa Dana itu Penting? https://bondanita.com/mengapa-investasi-reksa-dana-itu-penting/ https://bondanita.com/mengapa-investasi-reksa-dana-itu-penting/#respond Tue, 27 Oct 2020 06:41:04 +0000 https://bondanita.com/?p=383 Reksa dana hanyalah dana investasi yang mengumpulkan uang dari sejumlah investor untuk diinvestasikan dalam sekuritas yang biasanya tidak dibeli secara langsung. Dana tersebut biasanya dikelola secara profesional dan mereka membeli sekuritas dari berbagai penyedia dan kemudian menjualnya ke reksa dana. Investor ini dapat bersifat institusional atau ritel. Mereka dapat menginvestasikan persentase tetap atau jumlah total dalam sekuritas perusahaan yang berbeda dan kemudian menikmati keuntungan dari waktu ke waktu. Secara sederhana, dana ini digunakan untuk mengamankan tingkat pengembalian tetap bagi investor.

Jika Anda berencana untuk berinvestasi dalam investasi reksa dana, Anda perlu melihat opsi yang dapat Anda pilih. Anda harus selalu ingat bahwa semua investasi mengandung risiko dan Anda perlu mempertimbangkan aspek ini saat berinvestasi. Oleh karena itu, Anda hanya perlu menginvestasikan apa yang Anda yakini. Tetapi sebelum Anda memulai, pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan yang terlampir pada investasi tertentu yang Anda rencanakan untuk diinvestasikan.

Ada berbagai jenis reksa dana yang tersedia di pasar, seperti saham, obligasi, dan dana investasi. Semuanya sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan opsi investasi lainnya. Selain itu, ada berbagai jenis aset yang dapat diinvestasikan ke dalam dana. Dianjurkan untuk memilih dana yang fokus pada kategori aset tertentu.

Dalam memilih jenis dana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda harus memastikan bahwa dana yang Anda pilih akan memberikan investasi jangka panjang. Anda juga harus melihat ukuran dana. Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda ingin membeli saham itu sendiri atau Anda ingin menggunakan broker ahli untuk melakukan kesepakatan untuk Anda. Jenis opsi investasi terbaik adalah membeli saham dan kemudian menjualnya untuk menghasilkan uang dari keuntungan. Jumlah yang harus Anda investasikan dan besarnya investasi awal Anda juga merupakan sesuatu yang perlu Anda pikirkan.

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan apakah Anda ingin memilih opsi investasi terindeks atau tidak. Opsi yang diindeks memberi Anda kesempatan untuk menuai keuntungan tingkat bunga yang sama dari investasi Anda selama seluruh periode dana. Di sisi lain, opsi yang tidak diindeks memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan uang hanya ketika harga pasar naik dan Anda dapat menghindari pemaksaan olehnya.

Ada juga banyak reksa dana yang tersedia di pasar, tetapi jika Anda mencari reksa dana yang bagus, Internet dapat banyak membantu Anda. Anda dapat menelusuri portal online, membaca blog, mengobrol dengan profesional, dan berbicara dengan agen real estat untuk mengetahui lebih lanjut tentang pilihan terbaik untuk Anda. Reksa dana adalah cara yang baik untuk mencapai tujuan keuangan Anda dan tentunya merupakan pilihan investasi yang patut dipertimbangkan.

Apa Itu Reksa Dana dan Cara Membuat Pilihan Investasi Yang Tepat

Reksa dana adalah sarana investasi yang digunakan oleh perorangan dan lembaga sebagai sarana investasi di pasar saham atau pasar keuangan lainnya. Biasanya, reksa dana adalah akun investasi terbuka yang dikelola secara individual dan profesional yang mengumpulkan uang dari berbagai investor untuk membeli saham di perusahaan tertentu. Sebagai imbalan atas investasi yang dilakukan oleh investor, investor menerima pendapatan dari investasi tersebut.

Reksa dana dapat dibeli melalui perusahaan pialang atau dapat langsung diinvestasikan oleh perorangan. Pilihan terakhir dianggap yang paling menguntungkan karena uang yang diperoleh dari investasi dikenai pajak. Akibat pertimbangan pajak, mayoritas investor individu memilih untuk berinvestasi di reksa dana melalui perusahaan pialang.

Di Amerika Serikat, reksa dana telah menjadi bentuk standar investasi selama beberapa tahun tetapi ada juga jenis reksa dana lain yang tersedia. Contoh reksa dana tersebut adalah asuransi, komoditas, pasar uang, dan industri real estate. Selain itu, Anda juga dapat menemukan sarana investasi seperti dana pensiun, dana modal ventura, pasar saham, dan sekuritas pemerintah dalam kategori ini.

Saat membeli dan berinvestasi di reksa dana, investor harus mewaspadai risiko yang menyertainya. Kunci sukses memiliki portofolio reksa dana adalah mengetahui jenis risiko yang Anda rasa nyaman. Banyak orang akan memilih untuk berinvestasi di reksa dana karena dianggap sebagai bentuk investasi yang relatif aman.

Penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang aturan dan regulasi yang mengatur investasi yang Anda lakukan. Aturan dan regulasi ini berbeda menurut jenis investasi yang Anda lakukan. Misalnya, jika Anda memilih untuk berinvestasi di reksa dana yang berinvestasi di pasar komoditas, Anda harus mewaspadai risiko yang terkait dengan investasi semacam itu.

Ada banyak keuntungan berinvestasi di reksa dana. Misalnya, mereka sangat terdiversifikasi, yang dapat memberikan likuiditas lebih besar dan risiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan investasi saham. Karena lebih mahal, reksa dana juga memberikan banyak kemudahan bagi investor karena investasinya dapat dikelola tanpa harus dimiliki sendiri.

Saat membeli dana ini, penting juga untuk memahami berbagai risiko yang terlibat di dalamnya. Karena ada begitu banyak jenis reksa dana, Anda pasti ingin memahami bagaimana setiap reksa dana bervariasi dalam hal risiko dan potensi keuntungannya. Meskipun Anda dapat memperoleh beberapa informasi dari internet tentang bagaimana risiko yang terkait dengan masing-masing reksa dana, tetap disarankan agar Anda berbicara dengan ahlinya untuk memastikan bahwa Anda membuat pilihan investasi terbaik.

Singkatnya, Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu reksa dana untuk membuat keputusan investasi terbaik. Dalam hal portofolio investasi reksa dana, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda tidak memerlukan informasi latar belakang apa pun di pasar keuangan untuk membuat pilihan investasi yang tepat.

Pro dan Kontra Reksa Dana Vs Saham

Reksa dana vs saham adalah pertanyaan umum di antara banyak investor. Jenis investasi ini populer di antara semua usia dan di semua tingkat pendapatan. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa pasar saham memiliki lebih banyak volatilitas, sementara yang lain akan mengatakan bahwa reksa dana memiliki tingkat stabilitas yang lebih tinggi.

Anda mungkin ingin mempelajari keuntungan dan kerugian sebelum berinvestasi. Reksa dana memiliki banyak keuntungan dan kerugian yang harus Anda pertimbangkan sebelum berinvestasi pada jenis reksa dana tertentu. Mari kita lihat beberapa di antaranya.

Salah satu hal terbaik tentang reksa dana adalah memungkinkan Anda berinvestasi di beberapa jenis saham dan obligasi. Misalnya, jika Anda suka berinvestasi di saham terkait energi maka Anda bisa berinvestasi di sektor energi dengan dana. Ini akan mendiversifikasi portofolio Anda dan memberi Anda kesempatan untuk melakukan diversifikasi lebih jauh. Selain itu, dengan jenis dana tersebut, Anda akan dapat mengelola risiko yang terkait dengan perusahaan tersebut.

Keuntungan lain dari reksa dana adalah Anda dapat memilih untuk berinvestasi pada saham yang sedang naik daun. Dengan cara ini Anda akan mendapat untung dari kenaikan nilai saham itu sendiri. Jika Anda berinvestasi pada saham yang sama ketika harganya turun, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang sama. Anda juga memiliki opsi untuk membeli sekuritas atau sektor tertentu saat berada di pasar beruang.

Kerugian utama reksa dana adalah bahwa mereka memiliki tingkat risiko yang tinggi yang terkait dengannya. Mereka mungkin kehilangan sebagian besar modal mereka atau dipaksa untuk melikuidasi. Namun, jika Anda membeli jenis dana yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang sukses secara signifikan.

Untuk memastikan bahwa Anda baik secara finansial, pastikan Anda mengetahui pro dan kontra dari reksa dana atau dana saham. Selama Anda bersedia meluangkan waktu dan tenaga, pada akhirnya Anda akan menemukan dana yang tepat untuk Anda.

Hal penting lainnya untuk dipikirkan adalah jenis investasi yang dapat Anda lakukan dengan reksa dana. Banyak orang berinvestasi dalam reksa dana karena mereka lebih fleksibel dalam hal investasi dan Anda dapat menginvestasikan uang ke dalam jenis reksa dana ini berkali-kali selama periode waktu tertentu. Ini berarti Anda dapat berhasil dengan berbagai investasi jika Anda tahu bagaimana mengelola investasi Anda.

Ketika Anda berinvestasi dalam saham, Anda memasukkan uang Anda ke dalam perusahaan dan berharap itu berhasil. Namun, dengan reksa dana, Anda akan menginvestasikan dana di beberapa perusahaan berbeda. Namun, Anda dapat menginvestasikan uang Anda sendiri di satu perusahaan atau sejumlah perusahaan berbeda untuk mendiversifikasi portofolio Anda.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah ketika menyangkut reksa dana vs saham, Anda akan menginvestasikan sebagian dari uang Anda sendiri ke dalam investasi yang Anda pilih. Dengan kata lain, jika Anda memilih untuk menginvestasikan uang Anda pada saham yang berhubungan dengan energi, Anda akan memasukkan uang ke dalam perusahaan yang terkait dengan industri tersebut. Namun, ketika Anda menginvestasikan uang Anda di reksa dana, Anda akan memasukkan uang ke perusahaan yang tidak terkait dengan industri tersebut.

Berinvestasi di Reksa Dana Vs Emas

Seseorang selalu dapat berinvestasi dalam berbagai logam mulia seperti emas atau perak dengan berinvestasi di dalamnya baik dengan membeli logam fisik atau berinvestasi secara elektronik untuk berinvestasi di reksa dana emas ini. Di antara pilihan investasi Emas terbaik yang tersedia di India, reksa dana Emas dianggap sebagai pilihan yang lebih efisien karena menghilangkan proses pembelian emas yang rumit dan menawarkan penyimpanan logam mulia yang lebih aman.

Ada banyak keuntungan yang bisa dinikmati dengan memilih reksa dana dalam opsi emas. Berikut ini beberapa di antaranya:

Salah satu keuntungan yang dapat dinikmati dengan berinvestasi di reksa dana atau opsi emas adalah ketersediaan investasi yang mudah. Anda tidak harus melalui tugas yang membosankan dan memakan waktu untuk mengunjungi rumah pialang lokal untuk mendapatkan nasihat investasi. Anda dapat dengan mudah mengakses informasi yang diperlukan secara online hanya dengan mengklik tautan yang sesuai yang akan memberi Anda informasi keuangan yang relevan.

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari berinvestasi di reksa dana atau opsi emas adalah, Anda akan dapat menghemat banyak waktu dan uang. Tidak seperti membeli emas batangan, membeli reksa dana lebih hemat waktu dan Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal darinya. Anda juga dapat meminimalkan risiko karena hanya akan ada satu dealer yang akan menyediakan layanan untuk Anda.

Keuntungan besar lainnya dari berinvestasi di reksa dana atau opsi emas adalah, tidak perlu menginvestasikan uang dalam jumlah besar pada aset tertentu. Anda dapat memilih dari berbagai opsi yang tersedia dan kemudian menginvestasikan uang di dalamnya sesuai dengan kenyamanan Anda. Tidak perlu khawatir jika investasi jatuh ke tangan yang salah. Karenanya, Anda dapat dengan mudah melakukan investasi apa pun tanpa harus mengorbankan aset berharga Anda.

Ini adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari berinvestasi di reksa dana dalam opsi emas. Oleh karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan keunggulan ini, disarankan agar Anda menginvestasikan uang dalam opsi tersebut. Dan nikmati mereka.

Dalam hal investasi uang di reksa dana dalam opsi emas, Anda harus selalu mempertimbangkan faktor keamanan. Jika Anda baru mengenal dunia keuangan, Anda dapat memilih reksa dana emas. Anda dapat memilih opsi emas dan menggunakannya untuk menyimpan aset berharga Anda.

Karena emas adalah logam mulia yang dapat disimpan dengan aman, Anda dapat menggunakan logam ini untuk menyimpan kekayaan dan mengamankan investasi Anda. Karena logam mulia ini sangat likuid, Anda dapat dengan mudah menarik uang untuk menukarnya dengan mata uang lain jika terjadi penukaran aset lain yang memerlukan konversi. Saat Anda tidak berminat untuk membeli aset lain.

Secara umum reksa dana atau opsi emas dianggap sebagai salah satu cara paling aman untuk menyimpan uang dan berinvestasi dalam emas. Selain itu, jika Anda berinvestasi dalam opsi ini, Anda dapat dengan mudah menghindari kerepotan dan kerepotan berinvestasi dalam emas fisik.

Reksa Dana Vs Investasi Properti

Tidak ada keraguan bahwa kebanyakan orang pernah mendengar tentang reksa dana versus real estat, tetapi tidak semua orang menyadari perbedaan di antara keduanya. Jika Anda ingin berinvestasi di real estat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan berinvestasi di reksa dana.

Reksa dana memungkinkan Anda untuk mendiversifikasi portofolio Anda dan meningkatkan peluang mendapatkan uang dalam jumlah besar kapan saja. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan membayar tarif pajak yang lebih rendah atas investasi dari dana tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil keringanan pajak atas investasi Anda.

Kelemahan utama dari reksa dana adalah cenderung kehilangan nilai dalam waktu yang sangat singkat. Ini adalah sesuatu yang dapat dihindari jika Anda memiliki real estat dengan sejarah penghargaan. Anda dapat memastikan bahwa investasi Anda tetap menguntungkan dengan berinvestasi di real estat yang sudah bernilai. Alasan mengapa ini berhasil adalah karena apresiasi biasanya cukup bertahap dan tidak segera terlihat.

Berinvestasi di reksa dana merupakan sesuatu yang menguntungkan bagi investor. Kelemahannya adalah mereka umumnya memiliki lebih banyak risiko daripada jenis investasi lain, seperti saham dan obligasi. Namun, mereka cenderung menawarkan keuntungan yang lebih tinggi.

Jika Anda ingin berinvestasi di real estat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan berinvestasi di real estat melalui DIRE. REIT sebenarnya bukanlah perusahaan real estat, tetapi mereka terkait karena membeli properti dan menyewakannya. Mereka membayar dividen atas investasi ini. Meskipun tingkat suku bunga pada beberapa REIT mungkin sedikit lebih tinggi daripada yang lain, pendapatannya jauh lebih besar daripada jenis investasi lainnya.

Secara keseluruhan, reksa dana atau real estat bisa jadi agak sulit untuk mengambil keputusan. Namun, penting untuk diingat bahwa investasi akan tetap berpengaruh pada nilai properti.

Jika Anda ingin memanfaatkan kedua dunia tersebut saat berinvestasi, Anda harus mempertimbangkan untuk berinvestasi di real estat dan reksa dana. Penting untuk memahami perbedaan antara keduanya sehingga Anda dapat menentukan jenis investasi mana yang terbaik untuk situasi Anda. Setelah Anda memahami cara menentukan perbedaan antara keduanya dengan benar, Anda akan dapat memilih investasi yang tepat untuk masa depan Anda.

Sebagian besar investor tidak menyadari bahwa ada banyak perbedaan antara reksa dana vs investasi properti. Anda perlu meluangkan waktu untuk meneliti setiap jenis dan mempelajari properti untuk membuat keputusan yang tepat. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memahami potensi keuntungan dan kerugian pajak yang terkait dengan kedua investasi tersebut. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memahami perbedaan cara kedua investasi tersebut dapat menguntungkan Anda dan masa depan Anda.

Ini juga akan membantu untuk memahami perbedaan antara reksa dana vs investasi properti. Alasan mengapa hal ini diperlukan adalah karena jika Anda meluangkan waktu untuk memahami setiap jenisnya, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apakah reksa dana atau real estat adalah pilihan yang lebih baik untuk situasi Anda atau tidak. Anda juga akan lebih mudah membuat keputusan terbaik tentang investasi terbaik untuk situasi Anda. Ini akan membantu Anda membuat keputusan investasi terbaik.

Bagaimana Memilih Reksa Dana?

Bagi investor mana pun, memilih dana yang tepat untuk diinvestasikan bisa jadi sangat sulit. Ada begitu banyak pilihan di luar sana. Anda harus mengerjakan pekerjaan rumah Anda dan membandingkan tarif, biaya, dan fitur lainnya. Jika Anda menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan gaya perdagangan Anda, Anda telah menemukan jalan menuju tempat yang tepat untuk memulai karir investasi Anda.

Selalu periksa tim yang memiliki reputasi baik, dengan setidaknya satu akun yang pernah dikelola oleh perusahaan reksa dana sebelumnya. Carilah bayaran kurang dari 1,9% setahun, dan rekam jejak kesuksesan yang mengesankan. Hal penting yang perlu diingat adalah jangan mengejar kinerja terbaik reksa dana. Dana yang dikelola terbaik mungkin tidak berkinerja sebaik besok seperti minggu lalu.

Baca juga berbagai biaya, biaya, dan fitur lain dari reksa dana. Anda perlu memiliki gambaran tentang biaya, pengeluaran, dan pertimbangan lainnya. Pastikan untuk mengetahui jenis investasi apa yang terlibat. Anda ingin memastikan bahwa hasilnya akan terbayar dalam jangka panjang.

Jangan terpikat untuk membeli dana jika tim manajemennya tidak berpengalaman atau memiliki reputasi yang buruk. Anda mungkin akan membayar lebih dari yang Anda perlukan. Jauh lebih baik membeli dana yang mapan dan terkenal, daripada perusahaan yang sedang naik daun. Reksa dana adalah cara teraman untuk berinvestasi di sekuritas. Mereka menawarkan tingkat perlindungan dan keamanan untuk Anda dan keluarga Anda.

Manajer portofolio yang baik memiliki pengalaman bertahun-tahun dan dapat dengan mudah menemukan sekuritas mana yang merupakan investasi yang baik. Mereka dapat membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik. Yang terpenting, mereka tahu jenis saham apa yang harus dibeli. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mendapatkan lebih banyak pengembalian uang Anda ketika Anda membeli manajer portofolio yang baik.

Pelajari tentang sejarah perusahaan. Cari tahu bagaimana kinerja mereka di masa lalu, dan bagaimana rencana mereka untuk tampil di masa depan. Pastikan perusahaan yang Anda pilih sehat secara finansial dan manajer mereka berpengalaman dalam industri tersebut.

Anda juga perlu memastikan perusahaan yang Anda minati memiliki laporan keuangan yang baik. Pastikan neraca dan laporan laba rugi dan arus kas akurat dan rinci. Ini membantu Anda melihat nilai sebenarnya dari perusahaan. Anda ingin melihat potensi pertumbuhan masa depan perusahaan, dan seberapa baik mereka dapat memenuhi kewajibannya.

Ingatlah bahwa ketika memilih reksa dana, kuncinya adalah membuat pilihan investasi yang bijak. Hindari menjadi mangsa penipuan. Pilih dengan bijak dan jauhi lembaga keuangan yang mencoba menarik investor dengan harga murah atau biaya tersembunyi.

Berinvestasi di pasar saham berisiko. Ada banyak resiko yang terlibat. Meskipun keuntungan yang Anda peroleh bisa besar, Anda berisiko kehilangan seluruh investasi Anda dalam waktu singkat.

Banyak orang yang memiliki kekayaan besar berinvestasi di saham sering kali gagal untuk menyadari keuntungan tinggi yang mereka harapkan. Pengembalian yang Anda peroleh akan bergantung pada seberapa baik pergerakan harga saham, serta perusahaan tempat Anda berinvestasi. Saat berinvestasi di pasar saham, yang terbaik adalah tetap menggunakan nama perusahaan besar.

Meskipun ada banyak pertimbangan penting ketika Anda memutuskan perusahaan mana yang akan diinvestasikan, salah satu yang terpenting adalah tujuan investasi Anda. Setelah Anda membuat keputusan tentang jenis dana yang ingin Anda beli, Anda harus mempertimbangkan ukuran investasi dan jumlah yang ingin Anda investasikan. Setelah Anda melakukan ini, Anda kemudian dapat mulai memilih saham dan obligasi yang akan memberi Anda pengembalian tertinggi.

Mempelajari cara memilih reksa dana adalah ide yang bagus. Dengan meneliti dengan cermat berbagai jenis yang tersedia, Anda dapat menemukan yang tepat untuk kebutuhan Anda. Mungkin perlu melakukan riset sebelum membeli saham individu, sehingga Anda dapat membuat pilihan yang tepat.

Jadi, Apa Pilihan Terbaik Untuk Anda?

Istilah “investasi jangka panjang” adalah investasi jangka pendek adalah hal yang biasa. Namun kedua istilah tersebut biasanya tidak digunakan secara bergantian. Ada berbagai jenis saham, obligasi, dan reksa dana yang termasuk dalam kategori, dengan masing-masing jenis investasi menawarkan keuntungan yang berbeda bagi investor.

Secara umum, ada beberapa jenis investasi atau portofolio yang dapat dibeli dengan tujuan menghasilkan uang dalam jangka waktu yang lebih lama. Beberapa contoh investasi tersebut adalah CD (Sertifikat Deposito), reksa dana, saham, dan obligasi. Sementara masing-masing jenis investasi ini memiliki tujuan yang berbeda, hal yang sama terjadi dengan masing-masing: investor mengakumulasi modal dan menerima pendapatan darinya selama periode waktu tertentu. Perbedaannya muncul ketika investor memutuskan untuk menjual aset tersebut.

Misalnya, reksa dana adalah cara yang bagus untuk berinvestasi karena biasanya berlangsung antara 10 dan 30 tahun. Ini berarti Anda dapat mengumpulkan uang tanpa membayar bunga selama beberapa dekade. Hal ini dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang karena investasi awal Anda akan memiliki nilai lebih seiring Anda terus mengumpulkan lebih banyak uang. Namun, jika Anda memilih reksa dana yang diarahkan untuk berinvestasi pada saham, obligasi, atau reksa dana dengan jenis yang sama seperti yang Anda miliki, Anda mungkin tidak dapat membuang aset tersebut setelah jatuh tempo.

Investasi jangka panjang juga dapat mencakup real estat, mobil, dan aset berwujud lainnya seperti perhiasan dan seni. Ini karena aset tersebut dapat dijual lebih dari biaya aslinya. Tentu saja, ini bisa memakan waktu cukup lama karena barang-barang ini mahal. Dengan rumah misalnya, Anda harus mencari rumah yang kondisinya baik dan dibeli dengan harga yang sesuai.

Investasi jangka pendek umumnya mencakup rekening tabungan, sertifikat deposito, pasar uang, dan trust, CD, sertifikat deposito, dan saham. Ini semua biasanya disebut sebagai investasi jangka pendek. Mereka dimaksudkan untuk digunakan dalam waktu singkat dan tidak untuk menumpuk. Investasi ini datang dengan tingkat bunga yang lebih rendah, tetapi karena uang dibayarkan dengan cepat, Anda biasanya dapat mengakumulasi lebih banyak.

Sebagai contoh, sertifikat deposito adalah investasi jangka pendek yang bagus karena Anda dapat meminjam uang tanpa harus membayar bunga untuk jangka waktu tertentu. Uang Anda tumbuh dan nilai sertifikat meningkat. Ini sering kali merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin menginvestasikan sejumlah uang secara spontan.

Di sisi lain, jika Anda ingin menghasilkan uang dengan saham, obligasi, reksa dana, atau reksa dana yang sesuai untuk investasi jangka panjang, sebaiknya pilih yang terbaik untuk Anda. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan jenis investasi apa yang paling sesuai untuk Anda berdasarkan kebutuhan Anda.

Karena reksa dana dimaksudkan untuk disimpan untuk jangka panjang, Anda perlu memikirkan jenis pengembalian yang Anda inginkan untuk uang Anda. Anda mungkin ingin memastikan bahwa dana tersebut akan menjadi investasi jangka panjang yang baik. Selain itu, sebaiknya Anda membaca tentang perusahaan yang membuat dana yang Anda pilih. Anda dapat melakukannya secara online, tetapi banyak pakar keuangan menyarankan agar Anda melakukannya secara langsung untuk memastikan Anda tidak dimanfaatkan.

Sebagian besar, reksa dana adalah investasi jangka pendek yang bagus, tetapi Anda tidak boleh mengharapkannya memberikan pendapatan yang terjamin. Banyak orang senang dengan investasi mereka, tetapi ada juga orang lain yang kehilangan uang dengan mereka. Namun, selama Anda tetap menggunakan jenis investasi ini, Anda harus dapat menghasilkan uang di dalamnya seiring waktu. Jika Anda tidak yakin, bicarakan dengan pakar keuangan.

Untuk sebagian besar, jika Anda mencari investasi jangka panjang, maka reksa dana adalah cara yang bagus untuk memulai. Sebagian besar waktu mereka menawarkan pengembalian yang lebih baik daripada opsi lain, tetapi mereka memang membutuhkan sedikit usaha. Ini akan bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang jika Anda berhati-hati dengan investasi yang Anda pilih.

Sebelum Anda membuat keputusan tentang reksa dana, ada baiknya Anda mempelajari lebih lanjut tentang reksa dana tersebut. Padahal, akan lebih baik jika Anda menjadi terdidik agar tahu jenis investasi yang terbaik untuk Anda. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik Anda dapat menginvestasikan uang Anda.

]]>
https://bondanita.com/mengapa-investasi-reksa-dana-itu-penting/feed/ 0
8 Alasan Harus Gagal Sebelum Sukses https://bondanita.com/8-alasan-harus-gagal-sebelum-sukses/ https://bondanita.com/8-alasan-harus-gagal-sebelum-sukses/#respond Mon, 26 Oct 2020 12:51:41 +0000 https://bondanita.com/?p=379 Kita semua pernah mengalami kegagalan, baik besar maupun kecil. Itu adalah peristiwa kehidupan yang, memang, bukan pengalaman hebat dan bisa membawa kita banyak pikiran negatif.

Ketika kita gagal dalam suatu hal, kita biasanya memiliki dua pilihan untuk dipertimbangkan. Entah kita terus mencoba untuk berhasil dalam apa yang telah kita gagal, atau kita berhenti dan mengucapkan selamat tinggal pada tujuan dan impian kita.

Memilih yang pertama berarti bahwa kegagalan tidak akan menghentikan kita dan bertahan selalu merupakan pilihan yang baik. Mengapa? Berikut adalah beberapa alasan logis mengapa kegagalan adalah pilar kesuksesan, sesuatu yang bahkan sangat penting jika kita ingin mencapai tujuan hidup kita.

  • Failure memberi kita pelajaran untuk sukses yang tidak bisa dilakukan oleh pengalaman lain

Seperti yang dikatakan Bill Gates, “Tidak apa-apa merayakan kesuksesan, tetapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran dari kegagalan.” Ketika kita gagal, kita mempelajari hal-hal seperti apa yang tidak berhasil, kemungkinan kesalahan, risiko nyata, dan lain-lain. Kami mempelajari hal-hal yang tidak dapat dipelajari dengan begitu jelas dalam situasi lain. Kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas ini relevan untuk kesuksesan.

Oleh karena itu, ketika kegagalan terjadi, sebaiknya kita mencari hikmah yang bisa kita gunakan sebagai peringatan di masa depan. Itu mungkin menjadi catatan penting untuk membantu kita menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil.

  • Kegagalan membuat kita rendah hati untuk berpikir bahwa tidak ada yang mudah didapat

Ketika kita memiliki pola pikir yang benar, kita bisa mengakui kegagalan sebagai tanda bahwa kita harus bekerja lebih keras. Tidak ada hal berharga dalam hidup yang datang dengan mudah dan itu juga berlaku untuk kesuksesan tertinggi yang selalu kita impikan. Kegagalan bisa mengingatkan kita akan fakta itu, membuat kita lebih termotivasi untuk berusaha.

Sukses, bagaimanapun, adalah sesuatu yang hanya bisa dicapai dengan bekerja keras secara konsisten.

  • Kegagalan membuat kita menyempurnakan pendekatan pekerjaan kita menuju kesempurnaan

Karena kegagalan membantu kita menyadari kesalahan kita, secara alami kita akan belajar apa yang benar. Ini akan memaksa kita untuk mengubah proses dan pendekatan kita dalam melakukan sesuatu untuk mencapai kemajuan.

Karena itu, setiap titik di mana kita gagal harus mengasah pendekatan kerja kita secara bertahap. Metode baru yang akan muncul dari kesalahan kita harus lebih baik dibandingkan dengan metode awal yang kita gunakan saat kita baru memulai.

  • Kegagalan memperkuat mentalitas kita

Mentalitas yang kuat dibutuhkan bahkan setelah mengamankan kesuksesan. Banyak kompetisi dan penentang dapat menjatuhkan kita jika kita tidak memiliki mentalitas yang tepat untuk mempertahankan pencapaian kita. Perjalanan yang kita tempuh dari bawah menuju posisi sukses harus mempersiapkan mental kita untuk itu.

Setiap kegagalan yang kita atasi selama perjalanan dengan benar memperkuat ketangguhan kita. Itu harus menjadi pilar yang berguna untuk mentalitas yang kita butuhkan ketika kita mencapai tujuan kita.

  • Kegagalan meningkatkan apresiasi kita terhadap kesuksesan

Ketika kita akhirnya berhasil setelah banyak kegagalan dalam perjalanan ke puncak, menurut Anda bagaimana rasanya? Kepuasan luar biasa, bukan? Sesuatu yang harus diperjuangkan dengan keras untuk mendapatkan jauh lebih berharga bagi kita daripada yang membutuhkan sedikit usaha.

Kegagalan yang kita alami dalam perjalanan menuju sukses seharusnya menjadikan pencapaian kita lebih berharga. Tingkat apresiasi ini juga akan memberi kita motivasi yang lebih tinggi untuk mempertahankan kesuksesan kita atau bahkan meningkatkannya lebih jauh ke tingkat selanjutnya.

  • Kegagalan terkadang menciptakan peluang berharga untuk sukses

Kegagalan juga bisa mengarah pada peluang lain, yang bisa menjadi fondasi penting untuk kesuksesan Anda di masa depan.

Untuk menunjukkannya, katakanlah Anda dipecat dari pekerjaan Anda. Anda mungkin merasa sangat gagal karena ini. Namun, ini juga dapat membuka peluang untuk memulai bisnis yang selalu Anda inginkan. Waktu yang belum pernah Anda miliki sekarang tersedia untuk Anda, memungkinkan Anda menjelajahi kemungkinan lain.

Ketika Anda gagal, cobalah melihatnya secara positif dan cermat melihat peluang yang mungkin bisa dibuka. Mereka mungkin menjadi faktor penting bagi Anda untuk sukses di masa depan.

  • Kegagalan menguji tekad kita apakah tujuan kita adalah kesuksesan yang tepat untuk kita atau tidak

Apakah Anda memiliki tekad yang kuat untuk sesuatu yang Anda katakan ingin Anda capai? Ketika tujuan Anda tidak terlalu berarti, kegagalan mungkin menjadi pengingat Anda bahwa Anda seharusnya melakukan sesuatu yang lain. Ini juga bisa menjadi momen ketika Anda harus membandingkan upaya yang dibutuhkan dengan hal-hal yang akan Anda dapatkan jika Anda berhasil.

Jika tujuan ini cukup berarti bagi Anda, maka Anda harus terus mengejarnya. Jika tidak, Anda mungkin ingin memikirkan kembali tujuan Anda dan mengevaluasi kembali definisi sukses Anda. Karenanya, kegagalan juga dapat membantu Anda menemukan apa tujuan hidup Anda yang sebenarnya.

  • Kegagalan adalah sesuatu yang dialami oleh kebanyakan orang sukses

Itu selalu baik untuk membandingkan dengan mereka yang telah membuatnya sebelum kita. Ketika kita melihat kisah sukses orang-orang sukses, kebanyakan dari mereka pernah mengalami kegagalan dalam perjalanan menuju puncak. Besar atau kecil, pengalaman itu adalah bagian penting dari kesuksesan yang sekarang mereka nikmati.

Apakah Anda ingin sukses juga? Kemudian ada sedikit yang menyarankan bahwa Anda tidak akan melalui pergumulan dan kemunduran seperti yang sebelumnya Anda alami.

 

]]>
https://bondanita.com/8-alasan-harus-gagal-sebelum-sukses/feed/ 0
10 Cara Otak Untuk Membuat Anda Bodoh https://bondanita.com/10-cara-otak-untuk-membuat-anda-bodoh/ https://bondanita.com/10-cara-otak-untuk-membuat-anda-bodoh/#respond Mon, 26 Oct 2020 12:47:28 +0000 https://bondanita.com/?p=376 Otak manusia merupakan satu hal luar biasa yang juga sangat membingungkan. Meskipun beratnya hanya berkisar tiga pon, oprgan tubuh yang satu ini mampu memproses beragam informasi dalam kecepatan luar biasa. Otak memiliki kecepatan paling lambat 260 mph. Ini adalah kecepatan yang sama dengan mobil tercepat di dunia! Otak kita yang melalui evolusi tingkat tinggi adalah satu hal yang membedakan kita, manusia dari hewan. Meskipun otak senantiasa membantu kita berfungsi secara baik, kta masih saja mudah untuk diperdayai.

Berikut ini adalah 10 cara otak membuat kita (secara mengejutkan) terlihat “bodoh”.

  • Otak Menyaring Lebih Banyak Informasi dari yang Anda Duga

Kita semua pasti ingin berpikiran bahwa kita menyadari segala hal di sepanjang waktu. Tetapi pada kenyataannya, kita tidaklah selalu sadar akan hal-hal di sekitar kita sepanjang waktu. Otak kita menggunakan sekitar 20% hinigga 25% tenaga tubuh kita, jadi sangatlah penting untuk otak bekerja seefisien mungkin. Untuk bisa melakukan hal ini, otak m,enyaring begitu banyak “gangguan” di dalam lingkungan kita dan memfokuskan perhatian kita pada hal-hal yang kita anggap penting dengan menggunakan reticular activating system atau RAS (sistem aktivasi retikuler).

Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil tertentu lalu Anda melihatnya di mana-man? Hal ini terjadi bukan karena semua orang membeli mobil yang sama persis, namun RAS sedang beraksi dan memfokuskan perhatian Anda ke mobil-mobil tertentu. Karena otak Anda terfokus ada pemeblian mobil baru, RAS mencatat hal ini dan membuat Anda lebih sadar terhadap mobil tersebut di dalam lingkungan Anda.

RAS merupakan satu jaringan penting di dalam otak yang membantu kita untuk mengurai seluruh informasi dalam jumlah besar yang terpaparkan pada kita setiap hari. Karena ini adalah alat yang sangat berguna, sangatlah mengejutkan mengetahui bahwa Anda menyaring begitu banyak informasi.

  • Otak Anda Bisa Dipancing

Apakah Anda pernah pergi belanja, membalik sebuah label dan menemukan tawaran menarik yangtidak bisa ditolak? Kemeja yang ingin Anda beli biasanya berharga $200 dan sekarang harganya hanya $20 – ini keputusan mudah! Apa benar ini tawaran yang bagus atau pikiran Anda sedang dipancing untuk berpikir demikian saat melihat “X” berukuran raksasa menutupi harga aslinya? Hal ini menunukkan bagaimana satu stimulan awal bisa memiliki dampak besar pada keputusan atau perilaku selanjutnya.

Di dalam sebuah penelitian yang menarik, peserta penelitian dipancing dengan kata-kata yang berkaitan dengan orang-orang tua. Setelah mendengarkan kata-kata tersebut, peserta penelitian terlihat berjalan lebih lambat saat meninggalkan eksperimen. Mereka berjalan lebih lambat jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak dipancing. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa saat peserta penelitian dipancing dengan menggunakan kata-kata yang terbilang kasar, mereka jadi lebih mungkin menginterupsi orang yang melakukan percobaan.

  • Terlalu Banyak Pilihan Berujung Pada Keraguan

Anda mungkin berpikir bahwa memiliki variasi pilihan adalah hal yang baik – sebenarnya tidak. Meskipun memiliki banyak pilihan terkesan sebagai satu hal bermanfaat untuk bisa mendapatkan keputusan terbaik, pikiran Anda sebenarnya kewalahan dan mengurangi keuntungan Anda di dalam membuat keputusan yang sebenarnya.

Bernahkan Anda menjelajahi Netflix di malam hari dan merasa seolah-olah Anda lumpuh? Kita semua sudah pernah mengalaminya, membolak-balik ragam pilihan yang tidak kunjung berakhir. Itulah paradox pilihan di dalam satu tindakan.

Di dalam sebuah percobaan yang sangat menarik di sebuah toko bahan makanan, diamatilah satu rak penuh dengan 24 macam selai untuk dicoba dan dibeli oleh pembeli. Mereka yang mencoba mendapatkan kupon $1 untuk pembelian apapun. Rak dengan 24 macam selai mendapatkan begitu banyak perhatian karena orangorang ingin mencicipi aneka rasa selai. Esok harinya, satu meja disiapkan dengan hanya enam macam selai untuk dicicipi. Meskipun meja yang lebih kecil tidak terlalu populer, oran-orang yang berkunjung ke meja ini memiliki kecenderungan untuk membeli sepuluh kali lipat lebih besar dari mereka yang mengunjungi rak dengan pilihan lebih banyak.

Mengapa demikian? Memiliki terlalu banyak pilihan bisa berujung pada keraguan atau kelambanan. Bahkan lebih buruk lagi, saat berhadpaan dengan begitu banyak pilihan, kita merasa kurang kurang dengan pilihan yang kita buat.

  • Anda Memandang “Diri Anda di Masa Depan” Sebagai Orang Asing

Apakah Anda pernah makan begitu banyak pada hari Jumat lalu membenarkan pola makan Anda selama akhir pecan karena pada hari Senin Anda akan memulai diet baru? Kita cenderung untuk berpikir bahwa diri kita di masa yang akan datang adalah orang yang benar-benar berbeda dan menyebabkan kita untuk melemahkan koneksi dari kepedihan dan pengorbanan yang akan dilalui oleh “diri kita di masa depan” hanya demi membakar kalori akhir pecan tersebut.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa otak kita berpikir bahwa diri kita di masa depan adalah orang yang sangatlah berbeda. Pikiran ini jauh terbawa hingga kita mungkin saja memikirkan seorang selebriti! Di dalam sebuah penelitian yang diadakan oleh Hershfield dan koleganya, di saat peserta diminta untuk membayangkan diri mereka di masa depan, pencitraan diri sendiri yang diciptakan oleh aktifitas syaraf sama dengan saat mereka mendeskripsikan selebriti seperti Matt Damon!

Para penguji mengambil satu langkah maju dan menanyakan peserta penelitian untuk melihat diri sendiri di dalam cermin atau mencari foto dari diri mereka di masa depan (dengan membuat wajah mereka terlihat lebih tua secara digital). Setelah itu mereka ditanyai bagaimana mereka akan menghabiskan $1,000. Mereka yang sudah melihat “diri mereka yang lebih tua” berkata bahwa mereka akan menabung dua kali lipat lebih banyak untuk masa pensiun. Jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang hanya melihat diri mereka sekarang di cermin.

  • Anda Menjadi Lebih Terikat Pada Benda Yang Lebih Sering Anda Sentuh

Pernahkah Anda bersih-bersih rumah tetapi terhenti di tengah jalan karena Anda sibuk memegang benda-benda dengan nilai sentimental karena Anda tidak bisa membuangnya. Penelitian menunjukkan bahwa lebih sering Anda menyentuh sesuatu atau menghabiskan waktu dengan sesuatu tersebut, Anda akan memberikan nilai lebih pada sesuatu hal itu.

Penelitian ini Menunjukkan bahwa lebih banyaknya waktu yang dihabiskan oleh seseorang dengan satu benda, keterikatan yang dirasakan akan lebih kental. Para peneliti mengetahui hal ini  dengan membiarkan peserta penelitian untuk memeriksa dan menyentuh cangkir kopi sebelum cangkir tersebut dilelang. Saat cangir tersebut dilelang, mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan cangkir tersebut cenderung untuk menawar lebih tinggi. Inilah alasan mengapa penjual ingin Anda mencoba pakaian, mencoba mengendarai mobil atau motor dan memakan contoh makanan.

  • Kurangnya Tekad Berujung Pada Keputusan Buruk

Tekad bisa diibaratkan sebagai tabung gas. Awalnya penuh namun akan berkurang sepanjang haridegan adanya pengambilan keputusan ataupun latihan untuk mengendalikan diri. Apa yangterjadi saat tabung gas ini hampir habis? Anda mungkin sudah menebaknya, mengendalikan diri dan juga mengambil keputusan yang baik menjadi lebih sulit.

Di sebuah penelitian, para peneliti meneliti lebih dari 1000 putusan pengadilan yang memberikan ataupun yang tidak memberikan pembebasan bersyarat pada tersangka. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa faktor pertama yang menjadi penentu apakah seorang tersangka akan diberikan kebebasan bersyarat atau tidak adalah waktu pengambilan keputusan dan bukan kejahatan yang sudah dilakukan ataupun catatan tertentu dari tersangka.!

Dari penelitian ini diketahui bahwa jika ada pengadilan yang diadakan lebih pagi memiliki kesempatan lebih besar untuk tersangka mendapatkan kebebasan bersyarat. Ternyata, para juri di pengadilan mengalami “kelelahan” di dalam mengambil keputusan saat hari sudah sore. Keputusan mudah yang diambil saat merasa lelah adalah “tidak”.

  • Anda Tidak merasa Panik Saat Anda Seharusnya Panik

Apa Anda pernah merasakan gempa bumi minor di tengah malam? Anda mungkin terbangun setelah beberapa detik namun lalu Anda berguling dan tertidur lagi. Itulah prasangka normal yang sedang bermain-main. Presangka ini muncul ketika ada bencana sedang terjadi dan bukannya berganti ke mode “perjuangan”, Anda justru meyakinkan diri Anda bahwa semuanya normal dan ini berujung pada kelambanan ataupun Anda tidak bertindak apapun.

Prasangka ini bisa berujung pada kematian dan cedera sia-sia seperti halnya yang terjadi di badai Katrina di mana tidak satupun penduduk menyangka bahwa tanggulnya akan hancur. Saat mereka menyadarinya, mereka terjebak dalam situasi buruk yaitu terjebak di dalam rumah.

Berdasarkan hipotesis ilmiah, hal ini terjadi karena otak kita membutuhkan waktu 8 hingga 10 detik untuk memproses informasi. Jika ditambah rasa stres, maka prosesnya akan menjadi lebih lamban lagi.

  • Anda Membuat Asumsi Buruk

“Ketersediaan heuristik” merupakan jalan pintas mental yang kita ambil. Seperti halnya kita percaya bahwa sesuatu adalah biasa jika kita memiliki contoh sebagai rujukan ataupun kita merasa familiar dengan sesuatu. Untuk contohnya, saat kita memiliki banyak teman yang menggunakan iPhone, kita berasumsi bahwa semua orang punya iPhone!

Sebuah ekperimen yang dilakuakn di Universitas Zurich menunjukkan bahwa orang-orang yang sudah pernah merasakan banjir (atau mengenal orang lain dengan pengalaman banjir) memiliki kecenderungan untuk melighat resiko lebih tinggi mengenai kemungkinan banjir dibandingkan dengan mereka yang belum memiliki pengalaman tersebut. Mereka yang sudah mengalami banjir memiliki memori “yang tersedia” sebagai rujukan dan membuat mereka melihat resiko lebih tinggi dar mereka yang belum pernah mengalaminya meskipun kemungkinannya sama persis.

  • Anda Menggunakan Emosi Dalam Mengambil Keputusan

Meskipun kita semua suka memperdayai diri sendiri dengan berpikir bahwa keputusan diambil berdasarkan logika hitam dan putih, penelitian menunjukkan hasil sebaliknya.

Ahli syaraf Universitas Iowa, Thomas Damasio menunjukkan bahwa pengambilan keputusan terjadi pada lebih dari satu bagian otak Anda. Sebelum penelitian ini, sebagian besar ilmuwan syaraf percaya bahwa pengambilan keputusan hanya terjadi di prefrontal cortex atau bagian otak yang rasional dan yang paling tinggi tingkat evolusinya.

Meskipun begitu, ada satu lagi bagian otak yang menarik saat bekerja yaitu sistem limbil. Area ini adalah area sangat tua dari otak kita dan bertanggung jawab untuk emosi. Ini adalah bagian otak di mana kita membuat keputusan berharga berkenaan dangn memori dan pengalaman. Ragam bagian otak ini bekerjasama untuk pengambilan keputusan.

  • Memori atau Ingatan Anda Salah

Apakah Anda dan teman Anda pernah mengingat satu kenangan tetapi Anda berdua memperdebatkan beberapa detil? Kapan kalian pertama kali mendengar mengeani peristiwa 9/11….di rumah Anda….atau di sekolah…atau malah di tempat fitnes?

Anda yakin 100% bahwa tean Anda ada di rumah Anda, tapi dia berkata bahwa tempatnya di sekolah dan Anda berdua sama-sama yakin. Ternyata, jika satu kenangan memiliki nilai emosional lebih, kita akan semakin percaya diri saat mengingat keakuratan satu cerita. Semakin emosional, semakin besar rasa percaya diri kita.

Di tahun 1986, [esawat luar angkasa, the Challenger meledak. Hari itu adalah hari penuh kenangan bagi banyak orang Amerika. Hari berikutnya, seorang profesor di Emory, Ulric Neisser membagikan daftar pertanyaan pada murid-muridnya. Pertanyaan-pertanyaan yang ada intinya adalah menanyakan setiap murid mengenai di mana mereka dan dengan siapa mereka dan banyak rincian lain yang terjadi bersamaan saat mendengar ledakan Challenger.

Dua setengah tahun kemudian, Profesor Neisser membaguikan daftar pertanyaan yang sama ke kelompok murid yang sama. Keakuratan rata-rata dari memori yang ada sangatlah kecil sekitar tiga dari tujuh. Tetapo hal yang lebih menarik adalah saat mereka ditanya mengenai seberapa yakin mereka dengan apa yang mereka ingat. Penilaian rata-rata adalah sekitar 4.17 dari 5!

Kita cenderung untuk percaya mengenai peristiwa dan detil di sekitarnya meskipun saat kita sebenarnya salah. Hal ini terjadi karena kita cenderung memiliki “terowongan bayangan” pada persitiwa besar dan berbagagi detil yang berkaitan dengan satu memori cenderung untuk dilupakan.

]]>
https://bondanita.com/10-cara-otak-untuk-membuat-anda-bodoh/feed/ 0
Tetap Termotivasi di Sela-sela Pekerjaan https://bondanita.com/tetap-termotivasi-di-sela-sela-pekerjaan/ https://bondanita.com/tetap-termotivasi-di-sela-sela-pekerjaan/#respond Mon, 26 Oct 2020 12:43:43 +0000 https://bondanita.com/?p=373 Terlepas dari kenyataan bahwa Anda dipecat atau hanya merasa bahwa Anda butuh satu perubahan, siapapun akan mendapati diri sendiri mencari-cari posisi baru di perusahaan yang baru pada saat tertentu di dalam hidup. Berada di tengah-tengah perburuan pekerjaan bisa menjadi hal yang menantang bahkan jika Anda adalah seorang profesional terampil. Semuanya berawal dari satu rasa positif dengan mengetahui bahwa ada banyak perusahaan yang mencari orang untuk bidang yang menaril hati Anda. Tetapu, setelah adanya begitu banyak wawancara, Anda mulai menyadari bahwa semuanya tidak seindah yang Anda bayangkan.

Hal terpenting di saat pencarian pekerjaan impian Anda tidak kunjung terwujud adalah tetap termotivasi.

Anda tidak perlu berputus asa dan menyerah pada respon positif yang pertama Anda temui hanya karena uang. Mencari pekerjaan impian bisa jadi jalan yang membosankan dan dibutuhkan langkah demi langkah untuk bisa menata situasi sesuai dengan kemampuan terbaik Anda!

Kami menumpulkan beberapa tips dan trik yang bisa membantu Anda untuk tetap termotivasi bahkan di saat uang menipis dan tabungan Anda meleleh dengan kecepatan yang terus naik.

Bersikap Realistic dan Jujur Pada Diri Sendiri

Sebelum membidik posisi tertentu, letakkan diri Anda dan kemampuan yang Anda miliki untuk dipertimbangkan lebih lanjut. Pastikan bahwa Anda memang pantas dan sesuai untuk pekerjaan tersebut dan bahwa motivasi Anda datang dari gairah terhadap bidang tersebut. Saat motivasi Anda murni karena uang, Anda mungkin tidak akan mencapai kesuksesan yang awalnya Anda pikirkan.

Perhatikan lowongan kerja yang ada online dan cobalah untuk mencari jalan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pihak perusahaan yang menarik perhatian Anda. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki tekad dan komunikatif yang merupakan dua hal yang akan diharagai dan dicari oleh mereka yang mencari pegawai baru. Anda juga memiliki kesempatan untuk mempelajari setiap perusahaan dan mencari yang benar-benar sesuai dengan tujuan Anda.

Anda juga harus mengerti bahwa mencari pekerjaan baru membutuhkan waktu. Jangan berharap untuk mendapatkan wawancara kerja di minggu pertama pencarian pekerjaan! Biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu bulan sebelum Anda dikontak untuk mengisi posisi dengan pendapatan yangbiasa saja.

Belajar Menerima Penolakan

Salah satu alasan utama mengapa berburu pekerjaan bisa menjadi satu hal yang mengerikan adalah penolakan. Meskipun ini adalah masalah personal, setelah melalui beberapa penolakan, Anda akan mulai meragukan diri sendiri dan bertanya-tanya apakah Anda benar-benar sebaik yang Anda pikir. Di saat seperti ini, akan lebih baik jika Anda menebalkan kulit dan mnyingkirkan segala kegagalan dan kekecewaan. Perusahaan hanya mencari kandidat terbaik dan penolakan artinya Anda kurang sesuai dengan pola kerja mereka.

Kembangkan Citra Diri Anda dan Manfaatkan Platform Online

Saat ini Anda memiliki waktu berharga dan motivasi untuk mengembangkan citra diri Anda. Cek ulang CV Anda dan pastikan bahwa kemampuan Anda disorot secara positif. Jika Anda merasa bahwa CV-nya tidal cukup memuaskan dan Anda tidak bisa memperbaikinya, Anda selalu punya kesempatan ntuk melibatkan seorang profesional di dalam proses ini. Hubungi layanan lokal untuk menuliskan resume dan mintalah pendapat mereka.

Saat CV Anda dalam kondisi terbaik, tengoklah kehidupan online Anda. Buatlah profil profesional di platform seperti Linkedln dan cobalah untuk menarik pekerja profesional lainnya ke dalam lingkaran sosial Anda. Di zaman sekarang, perusahaan cenderung menengok Anda secara online dan melihat bagaimana Anda terlibat di dalam proyek lain. Mereka akan melihat-lihat akun Facebook dan Twitter Anda. Mereka mencoba untuk mengetahui beragam hal engenai Anda sebanyak mungkin. Aktif di berbagai latform online menunjukkan bahwa Anda komunikatif dan Anda suka dilibatkan ke dalam beragam aktifitas yang merupakan satu nilai lebih di mata perusahaan perekruit.

Latihlah Kemampuan Anda di Dalam Wawancara

Sebelum adanya wawancara, berlatih untuk menjawab beberapa pertanyaan selalu menjadi satu hal terbaik. Bacalah pertanyaa-pertanyaan populer dalam wawancara dan bacalah pengalaman wawancara di perusahaan yang sama dari ragam individu. Dengan ini, Anda menghindari situasi klurang nyaman saat Anda tidak tahu apa yang harus Anda jawab. Akan lebih baik lagi kalau Anda mempersiapkan diri untuk beberapa pertanyaan yang “menipu”. Beberapa perusahaan perekruit suka menguji kemampuan Anda di dalam beradaptasi di situasi yang mengejutkan.

Buatlah Satu Jadwal

Jangan habiskan waktu Anda untuk melamar pekerjaan dan menunggu pekerjaan baru untuk datang. Ini tidak baik untuk semangat dan pikiran Anda dan jua akan mengikis kualitas lamaran Anda. Buatlah jadwal beberapa jam saja untuk aktifitas ini dan hormati jadwal ini. Biarkanlah diri Anda mendapat waktu luang untuk melakukan aktifitas yang menyenangkan. Waktu luang ini bisa Anda manfaatkan untuk bersantau dan bersenang-senang dengan teman atau keluarga.

Semua orang tahu kalau mencari pekerjaan tidaklah mudah untuk dilakukan. Tetapu dengan motivasi yangtepat dan beberapa tips juga trik, Anda bisa belajar menjadi sabar selagi menggapai tujuan Anda. Cobalah untuk tetap bersikap positif dan luangkan waktu untuk kegiatan yang menyenangkan seperti beramal dan bekerja sukarela untuk komunitas Anda. Anda tidak pernah tahu kapan kesempatan akan muncul, jadi tetaplah terlibat dalam berbagai aktifitas dan kegiatan sosial.

]]>
https://bondanita.com/tetap-termotivasi-di-sela-sela-pekerjaan/feed/ 0
Bekerja Bersama Remaja Autis, Mengajai Lima Hal https://bondanita.com/bekerja-bersama-remaja-autis-mengajai-lima-hal/ https://bondanita.com/bekerja-bersama-remaja-autis-mengajai-lima-hal/#respond Mon, 26 Oct 2020 12:41:29 +0000 https://bondanita.com/?p=370 Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), kira-kira satu dari setiap 68 anak telah didiagnosis menderita gangguan spektrum autis. Autisme lima kali lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Penyakit ini menyerang orang-orang dari segala latar belakang sosial, ekonomi, dan ras.

Kenyataan bahwa autisme sudah menjadi hal biasa menandakan kalau setiap orang menyadari ada seseorang yang sedang berjuang dengan penyakit ini—mungkin saja anggota keluarga, tetangga, siapapun itu. Autisme menuntun para penderita yang pada awalnya tidak mampu berbicara atau merawat dirinya sendiri, melintasi spektrum menuju keberhasilan menjadi seorang karyawan di perusahaan besar.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kelompok orang-orang spesial ini, dan saya ingin membagikan kepada Anda beberapa hal yang didapat dari pengamatan dan pemikiran.

  • Tidak semua komunikasi disampaikan dalam bentuk verbal

Kita lalai untuk menyadari bahwa komunikasi non-verbal juga sama pentingnya.

Hal ini benar-benar membuat saya sadar ketika bekerja dengan seorang wanita muda yang tidak mampu berbicara. Saya dituntut untuk memahami suasana hatinya dengan cara yang lebih bijak—ekspresi wajah dan gerakan tangan; apakah wanita muda ini ingin memfokuskan perhatiannya pada apa yang sedang terjadi di dalam ruangan atau pikirannya tengah terbagi; dan usaha yang dilakukannya adalah sesuatu yang benar-benar harus saya perhatikan.

Bisa “membaca ruangan”, apakah ruangan itu dipenuhi oleh rombongan atau dua orang yang sedang melakukan wawancara kerja, adalah kemampuan yang harus dikembangkan. Mulailah dengan membaca perasaan yang ditunjukkan orang-orang, khususnya pada saat komunikasi non-verbal yang mereka lakukan tidak sesuai dengan kata-kata.

Contoh yang biasa dijumpai adalah orang-orang yang berkata dirinya baik-baik saja ketika sebenarnya mereka terganggu akan sesuatu, atau menghindari kontak mata ketika sedang berbohong, dan seterusnya. Cobalah untuk lebih memahami apa yang dikatakan orang-orang dengan sekuat tenaga mereka, bukan hanya dari kata-kata.

  • Manfaat kebiasaan

Salah satu ciri autisme adalah pola pengulangan, perilaku stereotip. Tentu saja hal ini berbeda bagi setiap invidivu—beberapa penderita lebih terbuka, sedangkan sebagian lagi tidak mampu mengatasi detail terkecil sekalipun. Sementara fleksibililtas dan spontanitas memiliki tempat tersendiri dalam keseimbangan hidup, pemikiran untuk memiliki kebiasaan sehari-hari yang terstruktur dan seimbang bisa memberi manfaat kepada sejumlah orang.

Cobalah menjalani kehidupan yang teratur dan terorganisir, dan Anda akan menyadari bahwa cara ini mampu meredakan kebingungan dan kegelisahan. Tentu saja mengatakan lebih mudah daripada berbuat—seperti kebanyakan dari kita yang benar-benar memahami bahwa lebih mudah mengerjakan tugas pada jam pelajaran selama beberapa hari dibandingkan jika harus terjaga sepanjang malam sebelum batas pengumpulan, begitu juga dengan rencana-rencana yang dibuat saat ini bisa mencegah stres yang tidak perlu nantinya.

  • Pentingnya memiliki hobi

Anak-anak dan orang dewasa yang menderita autisme memiliki kecenderungan untuk menghabiskan sebagian besar waktunya terlibat dan berbicara mengenai suatu topik tertentu. Topik ini bisa mengacu pada apa pun mulai dari video permainan, musik, hingga kereta api, apa saja yang terlintas di pikiran mereka. Seorang penderita akan lebih sering menghabiskan waktunya dan berusaha mempelajari topik yang dipilihnya, dan akan membicarakannya sesering mungkin.

Kita terlalu sering mencampuradukkan segala hal dalam kehidupan tanpa berpikir, sungguh-sungguh mengejar ketinggalan untuk memenuhi kewajiban sehingga tidak pernah memiliki waktu guna melakukan hal yang benar-benar kita inginkan. Saya telah mempelajari bagaimana pentingnya menghabiskan satu hari, bahkan jika hanya beberapa menit saja, terlibat dalam sesuatu yang benar-benar murni untuk kepentingan sendiri—bukan karena sesuatu itu akan membantu saya menjadi lebih profesional, tapi murni untuk kesenangan pribadi. Sesuatu itu bisa saja membaca, bermain gitar, atau memanggang kue ulang tahun yang lezat; semua aktivitas itu dilakukan demi memenuhi kepuasan kita sendiri.

Bekerja bersama orang dewasa yang menderita penyakit autis bisa menjadi tantangan yang besar, tapi pada akhirnya, saya sangat yakin bahwa kita mempelajari begitu banyak hal dari para penderita, sama halnya apa yang mereka dapatkan dari diri kita. Saya harap tiga pengamatan ini akan membantu Anda lebih memahami komunikasi non-verbal, berusaha untuk membuat hidup lebih terorganisir dan teratur, dan pada waktu bersamaan, carilah kesempatan dalam sehari untuk melakukan apa yang Anda sukai!

]]>
https://bondanita.com/bekerja-bersama-remaja-autis-mengajai-lima-hal/feed/ 0
Tidak Memiliki Cukup Waktu untuk Bermeditasi? Cobalah Lakukan Ini https://bondanita.com/tidak-memiliki-cukup-waktu-untuk-bermeditasi-cobalah-lakukan-ini/ https://bondanita.com/tidak-memiliki-cukup-waktu-untuk-bermeditasi-cobalah-lakukan-ini/#respond Mon, 26 Oct 2020 12:38:36 +0000 https://bondanita.com/?p=367 “Aku harus bermeditasi selama dua jam untuk merenungkan apa yang sudah kulakukan hari ini.” – Gandhi

Apakah Anda ingin mencoba bermeditasi? Banyak manfaat kesehatan dari meditasi yang telah Anda ketahui, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi depresi, dan membantu memusatkan pikiran. Terlebih lagi, artis kesukaan Anda juga melakukan meditasi. Jadi, sudah pasti aktivitas ini berguna, bukan?

Saya tahu apa yang sedang Anda pikirkan, “Meskipun bagi sebagian orang, bermeditasi bukanlah hal yang susah, saya tidak bisa duduk selama kira-kira dua jam dengan memusatkan pikiran.” Baiklah, bagaimana jika ada sebuah cara yang bisa menjadikan meditasi sebagai kegiatan untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari Anda tanpa harus menyisihkan waktu?

Meditasi sambil Beraktivitas

Untuk mendapatkan manfaat meditasi, Anda tidak perlu duduk bersila dan merenung walaupun menyisihkan waktu guna melakukan latihan formal meditasi bisa menjadi suatu tantangan. Latihan kesadaran penuh dapat dilakukan di mana saja sembari menggabungkan latihan masa kini yang kita senangi: multi-tasking (mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan).

Latihan kesadaran penuh dapat dilakukan dalam banyak kesempatan, seperti membersihkan kamar mandi, berjalan menuju mobil, mengantre di supermarket, menunggu untuk bertemu seorang teman, makan siang, berkebun, bahkan mengendarai kendaraan. Jangan mencoba untuk berhenti berpikir

Kesalahpahaman meditasi yang sering sekali terjadi adalah Anda dituntut untuk sepenuhnya berhenti berpikir. Percayalah, itu tidak akan berhasil. Alih-alih berhenti berpikir, Anda harus membiarkan diri untuk menyaksikan pikiran-pikiran yang muncul. Jangan biarkan pikiran membawa Anda ke mana pun yang diinginkan. Keluarlah dari pikiran dan pusatkan pada sesuatu yang ada di hadapan Anda.

Kenalilah pikiran-pikiran yang datang kemudian lupakanlah. Ingatlah kembali bahwa Anda harus melipat pakaian, membersihkan mobil, atau menggigit roti lapis yang lezat. Latihan yang dilakukan menunjukkan bahwa jika sedang sibuk, maka kita akan menggunakan akal untuk menyusun rencana, berpikir, dan mengatur strategi. Namun, masalahnya adalah kita akan kehilangan saat ini karena sibuk menyusun kembali percakapan-percakapan atau khawatir tentang sesuatu yang harus dilakukan keesokan harinya. Pernahkan Anda memegang secangkir kopi hanya untuk menyadari bahwa Anda telah meminumnya tanpa meneguknya?

Lepaskanlah pikiran yang menghakimi

Pikiran manusia terus-menerus menghakimi dan menilai segala sesuatu yang terjadi. Kita menyusun rencana dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang belum pernah terjadi dan mungkin saja tidak akan terjadi. Pikiran kita sebagian besar tersita untuk membayangkan dan melakukan perlawanan terhadap “apakah itu’. Tentu saja, pikiran bisa menjadi alat yang bagus untuk memecahkan masalah, tapi terlalu banyak berpikir bisa berujung pada kesia-siaan dan kegelisahan.

Jika Anda sedang mengantre di kantor pos, mengapa merasa marah dan frustrasi? Kenapa tidak terima saja kenyataan bahwa Anda berada di sana dan sebagai gantinya melakukan latihan kesadaran penuh. Pusatkan seluruh perhatian Anda pada lingkungan sekitar; orang-orang, pemandangan, suara-suara. Libatkan semua inderamu. Waspadalah akan suara dari dalam diri yang mungkin saja menghakimi, mengkritik, tidak yakin, menentang. Tarik dan embuskan napas dan biarkan diri Anda benar-benar tenang. Jangan terhanyut dengan pikiran Anda. Sepenuhnya berada di tempat Anda saat ini.

Sadar akan kenyataan

Terimalah apa pun yang sedang terjadi saat ini. Namun, bukan berarti membiarkan seseorang memotong antrean. Hanya saja, jangan biarkan diri Anda mulai membayangkan apa yang harus dilakukan jika seseorang mencoba mendorong Anda dari depan. Waspadalah terhadap kecenderungan pikiran yang ingin memulai pertikaian. Sebagai gantinya, bawalah kembali pikiran Anda terhadap kenyataan yang ada.

Keluarlah dari pikiran yang menyebabkan Anda gelisah

Ketika kembali merenung, kita sadar bahwa dengan memfokuskan pikiran pada peristiwa yang terjadi di masa lalu, khawatir akan apa yang mungkin terjadi di masa depan, dan mengacuhkan kenyataan yang terjadi saat ini  bisa mendatangkan kegelisahan. Dengan memusatkan perhatian pada kejadian-kejadian kecil yang terjadi setiap hari, kita dapat memperbarui energi yang telah terbuang, mengurangi stres, dan menuai banyak manfaat dari latihan formal meditasi tanpa harus mengorbankan kesibukan. Banyak orang yang menganggap bahwa meditasi sama seperti melamun: tapi kenyataannya adalah sebaliknya. Inilah latihan meditasi terbaik yang bisa Anda lakukan di mana saja.

]]>
https://bondanita.com/tidak-memiliki-cukup-waktu-untuk-bermeditasi-cobalah-lakukan-ini/feed/ 0
10 Alasan Mengapa Peminum Kopi Menjadi Lebih Sukses https://bondanita.com/10-alasan-mengapa-peminum-kopi-menjadi-lebih-sukses/ https://bondanita.com/10-alasan-mengapa-peminum-kopi-menjadi-lebih-sukses/#respond Mon, 26 Oct 2020 12:36:15 +0000 https://bondanita.com/?p=364 Saya suka kopi. Saya harap Anda pun begitu. Ada semacam ritual saat membuat kopi dan bau kopi pun sangat mengagumkan. Saat orang lain mengeluh dan bergerak untuk menyelesaikan hari-hari mereka, kopi semacam memberikan pukulan keras tepat di wajah untuk membangunkan Anda. Bisa jadi, Anda meminum kopi setiap waktu atau beberapa kali saja setiap hari. Anda belum tahu bahwa hobi meminum kopi Anda ini erat sekali hubungannya dengan kesuksesan Anda. Berikut ini informasi Anda mengenai hal tersebut!

  • Para peminum kopi cenderung lebih aktif

Saat kafein masuk ke dalam aliran darah Anda, zat ini akan bertindak layaknya energi atau bensin bagi diri Anda. Kafein juga meningkatkan adrenalin dalam tubuh Anda yang meningkatkan performa Anda secara signifikan. Beberapa ahli menyarankan untuk meminum secangkir kopi satu jam sebelum pergi ke gym atau latihan fisik.

  • Peminum kopi lebih sehat

Menurut beberapa penelitian, mereka yang meminum kopi akan cenderung terhindar dari diabetes tipe 2. Sejalan dengan laporan tersebut, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa angka kematian akibat diabetes berkurang jika penderitanya meminum kopi. Kopi juga bekerja melawan penyakit cardiovascular.

  • Peminum kopi lebih cerdas

Kandungan kafein dalam kopi menghadang adenosine dalam otak, yang sifatnya menghambat. Karena itulah peminum kopi memiliki energi yang lebih besar. Fungsi otak mereka lebih tinggi. Kopi akan mengembangkan reaksi waktu, ingatan, dan fungsi kognitif.

  • Peminum kopi memiliki otak yang lebih sehat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat melawan penyakit-penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Walaupun disebutkan belum ada obat untuk penyakit tersebut, peminum kopi cenderung terhindar dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.

  • Peminum kopi memiliki tingkat depresi yang rendah

Menurut penelitian di Harvard, meminum beberapa cangkir kopi akan menurunkan risiko bunuh diri untuk pria dan wanita dengan presentase sekitar 50%. Meminum beberapa cangkir kopi akan membuat semangat tetap terjaga dan membuat Anda mengurangi risiko depresi berat sekitar 10%. Walaupun penurunan tingkat depresi tersebut tidak bisa dihubungkan sepenuhnya karena kafein, namun menurut para peneliti, pengaruh peningkat mood pada kopi juga bertindak sebagai anti oksidan.

  • Peminum kopi lebih panjang umur

Menurut beberapa penelitian kesehatan berkaitan dengan meminum kopi, orang yang meminum kopi lebih panjang umur, terhindar dari kematian dini, dan terhindar dari dampak buruk penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

  • Peminum kopi terhindar dari penyakit kegemukan atau obesitas

Kegemukan dan obesitas tidak berkaitan dengan peminum kopi. Dalam hampir semua suplemen pembakar lemak, Anda akan menemukan kafein. Menurut penelitian, kafein adalah zat pembakar lemak yang meningkatkan kadar metabolisme sekitar 3% hingga 11%. Kafein juga meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh sekitar 10% hingga 29%.

  • Peminum kopi lebih menarik dan memiliki selera humor tinggi

Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, mereka yang meminum kopi lebih bersemangat saat bekerja dan lebih menarik di tempat kerja. Mereka sangat mudah bergaul dengan tim dan memberikan pengaruh positif dalam diskusi atau aktivitas lainnya.

  • Peminum kopi lebih cepat menghasilkan uang

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada para karyawan di Inggris, ditemukan bahwa pekerja yang meminum kopi menghasilkan sekitar 2.000 poundsterling lebih banyak dibandingkan rekan kerja mereka yang meminum teh. Menurut penelitian tersebut, pekerja yang juga peminum kopi datang tepat waktu ketimbang pekerja yang meminum teh.

  • Peminum kopi cenderung suka pencapaian tinggi

Dalam sebuah artikel yang  dipublikasikan oleh The Guardian, diketahui bahwa meminum kopi adalah bagian dari gaya hidup orang dengan pencapaian tinggi. Dengan minimnya waktu yang mereka miliki, secangkir kopi akan merangsang dan meningkatkan mood saat mengawali hari. Mereka tidak akan bermalas-malasan di tempat tidur saja, tapi akan segera bergegas bangun dan mengejar target mereka secepat mungkin.

Jika Anda senang saat membaca posting ini, maka tambah satu cangkir kopi lagi dan mari bersulang untuk sebuah kesuksesan! Anda sudah membuka peluang untuk menjadi seorang yang sukses.

]]>
https://bondanita.com/10-alasan-mengapa-peminum-kopi-menjadi-lebih-sukses/feed/ 0
10 Hal Yang Tidak Dilakukan oleh Orang Cerdas https://bondanita.com/10-hal-yang-tidak-dilakukan-oleh-orang-cerdas/ https://bondanita.com/10-hal-yang-tidak-dilakukan-oleh-orang-cerdas/#respond Mon, 26 Oct 2020 12:33:58 +0000 https://bondanita.com/?p=361 Bagaimana kategori orang yang dianggap cerdas menurut Anda? Mungkin, Anda membayangkan seseorang yang terpelajar dan cerdas. Tapi, menjadi cerdas lebih dari sekedar menjawab pertanyaan dengan benar dan mendapatkan nilai baik di sekolah. Orang cerdas lebih cenderung kreatif, bersemangat, hebat, dan rendah hati.

Mereka tahu bahwa mereka mampu melakukan hal-hal hebat. Mereka pun tidak akan melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Mereka tidak akan membiarkan kesalahan masa lalu mempengaruhi kehidupan mereka saat ini

Orang cerdas  tahu bahwa tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan atau kesalahan. Kesalahan atau kegagalan bisa menghambat dalam mencapai cita-cita. Orang cerdas tidak akan membiarkannya terjadi. Mereka meninggalkan masa lalu karena mereka tahu bahwa mereka tidak bisa mengubah kesalahan masa lalu tersebut. Namun, Anda bisa belajar sesuatu dari kesalahan masa lalu tersebut dan melihatnya sebagai kesempatan untuk berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

  1. Mereka tidak fokus pada hal-hal yang negatif

Orang cerdas percaya bahwa pemikiran adalah hal penting. Jika Anda hanya memiliki pikiran negatif di kepala Anda, maka hidup Anda juga akan negatif. Orang cerdas tahu bahwa kehidupan akan lebih baik saat Anda menggunakan kemampuan untuk bermimpi, membuat, membangun, membayangkan, dan mencintai.

  1. Mereka tidak lari dari masalah

Setiap orang memiliki masalah mereka sendiri. Ada masalah dengan pekerjaan, uang, keluarga, kesehatan, dan lain sebagainya. Orang cerdas akan menghadapi masalah tersebut. Mereka akan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saat mereka terjatuh, mereka tetap bertahan dan terus berjalan. Mereka harus melawan ketakutan mereka dan memandang setiap masalah sebagai kesempatan untuk menjadi lebih baik.

  1. Mereka tidak menghiraukan apa yang orang lain pikirkan mengenai mereka

Orang cerdas tidak membiarkan komentar negatif dari orang lain menghentikan mereka untuk hidup bahagia, menyenangkan, dan berhasil. Dunia ini penuh dengan mereka yang sinis, meremehkan, dan pembenci. Namun, orang cerdas akan menyingkirkan komentar tersebut. Mereka akan lebih banyak bergaul dengan mereka yang memiliki pemikiran yang sama di mana mereka akan saling bertukar pikiran dan cita-cita. Ada pepatah mengatakan bahwa jika Anda adalah orang paling cerdas di sebuah ruangan, maka Anda berada di ruangan yang salah.

  1. Mereka tidak membuang-buang waktu

Orang cerdas tidak membuang-buang waktu. Mereka mengembangkan kebiasaan yang produktif yang membuat pekerjaan mereka lebih baik dan lebih cepat. Mereka tidak akan terpengaruh dengan hal-hal yang tidak berarti atau tidak berguna. mereka juga tahu bahwa mereka tidak bisa bekerja setiap waktu, otak Anda perlu istirahat untuk beberapa saat.

  1. Mereka tidak mengharapkan hasil yang instan

Orang cerdas mengetahui bahwa hal-hal baik akan datang kepada mereka yang mau bersabar. Kebanyakkan orang saat ini menginginkan semua dengan cepat. Orang cerdas memahami bahwa mereka harus bekerja keras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Hanya dengan kerja keras maka Anda akan benar-benar menghargai hasilnya.

  1. Mereka tidak fokus pada apa yang tidak bisa mereka atur

Setiap hari kita menemukan hal-hal yang tidak bisa atur seperti kemacetan, pengganggu, dan lain sebagainya. Orang cerdas lebih tenang dalam menghadapi hal-hal tersebut karena mereka tahui bahwa emosi negatif akan melukai diri mereka sendiri dalam situasi seperti itu.

  1. Mereka tidak menghabiskan waktu untuk orang yang tidak menghargai mereka

Orang cerdas akan mengelilingi diri mereka dengan orang-orang cerdas lainnya. Mereka pun tetap memiliki waktu bersama keluarga, teman, serta sahabat yang mau berbagi pendapat dan cita-cita. Mereka juga menyadari bahwa mereka tidak boleh terlalu sering bergaul dengan orang-orang yang berpikiran negatif.

  1. Mereka tidak arogan

Mungkin, Anda tidak akan mendengar pengakuan langsung dari orang cerdas bahwa mereka cerdas. Hal ini karena biasanya mereka malu tentang hal itu dan merasa tidak perlu untuk mengatakan hal itu kepada dunia. Mereka tidak akan memamerkan pencapaian dan penghargaan yang mereka dapatkan.

  1. Mereka tidak pernah lupa untuk mengucapkan “terima kasih”

Tunjukkan rasa menghargai dalam diri Anda. It adalah salah satu hal yang paling penting. Orang cerdas tahu bahwa dunia tidak hanya soal diri mereka sendiri. Mereka percaya bahwa dengan kekuatan kebaikan dan kelakuan yang baik maka semuanya akan menyalur kembali kepada mereka suatu saat nanti.

]]>
https://bondanita.com/10-hal-yang-tidak-dilakukan-oleh-orang-cerdas/feed/ 0
Cara Mudah Membuat Anak Cepat Tidur https://bondanita.com/cara-mudah-membuat-anak-cepat-tidur/ https://bondanita.com/cara-mudah-membuat-anak-cepat-tidur/#respond Sun, 25 Oct 2020 16:10:08 +0000 https://bondanita.com/?p=355 Cara Mudah Membuat Anak Cepat Tidur-Malam seharusnya menjadi waktu istirahat seorang anak setelah beraktivitas seharian, namun kadang anak malah semakin aktif di malam hari dan mengajak orang tua untuk terus bermain. Banyak orang yang menganggap hanya orang dewasa saja yang menghadapi masalah susah tidur, seorang anak bahkan bayi juga bisa mengalami masalah susah tidur.

Dalam kondisi tertentu seorang anak bisa mengalami susah tidur. Anak kecil yang mengalami masalah tidur biasanya ditandai dengan menangis, merengek, menjerit, beberapa sikap lainnya yang membuatnya begitu memprihatinkan. Hal ini membuat orang tua harus mempunyai cara membuat anak cepat tidur pada malam hari.

Hari sudah semakin larut, namun anak tak kunjung merasa lelah. Tidur larut malam atau sering disebut begadang bukanlah hal baik untuk dilakukan oleh orang dewasa terlebih anak-anak. Maka dari itu simak cara membuat anak cepat tidur berikut ini agar keesokan harinya sang anak bisa bermain dan kembali bugar seperti sediakala.

Mengurangi Jatah Tidur Siang

Tidur siang merupakan hal yang sangat penting buat anak agar tidak terlalu lelah dalam bermain pada siang hari, tapi membangunkan anak pada saat-saat akhir jam tidur siangnya adalah sebuah cara membuat anak cepat tidur walaupun terdengar unik dan aneh, namun cara ini cukup berhasil membuat anak cepat tidur. Sebab anak akan merasa mengantuk karena anak masih merasakan lelah pada tubuhnya setelah beraktivitas sebelumnya, sehingga pada malam hari anak akan cepat tidur karena merasa kelelahan.

Hindari Aktivitas yang Membuat Anak Aktif Setelah Makan Malam

Setelah makan malam sebaiknya hindari aktivitas yang mampu membuat anak kembali aktif, cara ini merupakan cara membuat anak cepat tidur yang pertama. Aktivitas yang membuat anak aktif seperti gerakan melompat, berlari atau gerakan besar yang lainya dan sangat diharapkan untuk dihindari. Gerakan-gerakan tersebut mampu menstimulasi anak untuk tetap aktif sehingga sang anak akan terjaga dan akan sulit diajak tidur.

Tetapkan Waktu Tidur

Cara membuat anak cepat tidur  berikutnya adalah dengan menetapkan waktu tidur anak. Tetapkan waktu tidur yang konsisten setiap harinya. Misalnya, pukul 21.00 setiap harinya. Setelah anak sudah terbiasa dengan waktu tidur yang telah ditetapkan, maka Anda juga diharap jangan merusak kekonsistenan itu. Jangan ajak dia bermain atau ke acara apabila sudah jam tidur. Sebab apabila dilakukan, tanpa Anda sadari tubuh anak akan belajar untuk tetap terjaga meskipun pada waktu tidur yang telah ditentukan, hingga akhirnya akan sulit lagi membiasakan tubuhnya tidur diwaktu yang telah ditentukan.

Ciptakan Suasana Rileks dan Nyaman

Apabila telah mendekati waktu tidur anak, maka diharapkan untuk Anda membuat suasana menjadi rileks agar anak merasa mengantuk, selain itu pastikan suasana kamar tidur anak nyaman serta atur suhu ruangan kamar anak Anda. Pastikan jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin supaya anak Anda nyenyak untuk tidur. Cara ini merupakan salah satu cara membuat anak cepat tidur.  Jadi sebelum mendekati waktu tidur jangan lupa buat suasana rileks untuk anak Anda.

Membacakan Dongeng

Pada masa kanak-kanak seorang anak mampu belajar dengan cepat kreatif. Sebelum tidur pada malam hari, biasanya anak sangat senang mendengarkan cerita sebab dengan begitu ia akan membangun imajinasinya.

Namun sebelum menggunakan cara membuat anak cepat tidur dengan membacakan dongeng sebaiknya sebelum bercerita, posisikan anak senyaman mungkin dalam keadaan berbaring, serta berikan bantal empuk untuk digunakannya agar jika mengantuk anak bisa langsung tertidur.  Dalam mendongeng, sebaiknya Anda menggunakan nada suara yang menenangkan agar memberikan efek tenang kepada anak, akan tetapi sebelum itu batasi berapa cerita pendek yang akan Anda bacakan setiap malam, sebab satu cerita pendek tidak akan cukup membuat anak terlelap begitu saja.

Walaupun anak menyukai suara tenang sebelum tidur, tetapi anak yang sudah cukup besar malah senang dengan cara membuat anak cepat tidur dengan membaca dongeng sendiri dengan suara yang keras, kadang anak membaca untuk dirinya sendiri atau membaca keras untuk Anda, maka dari itu Anda yang mendengarkannya bercerita harus memberikan respon yang tanggap kepada apa yang dibacakan Anak Anda.

Cara ini selain bagus untuk membangun imajinasi anak, juga mampu membuat anak terbuai dalam relaksasi. Jika Anda bingung harus menggunakan cara mendongeng dengan suara tenang atau keras, ada kalanya Anda bisa mengubah intonasi suara keras atau menenangkan untuk mampu melihat cara yang efektif agar anak mengantuk dan akan terlelap lebih cepat.

Menyanyikan Lagu

Selain membacakan dongeng untuk anak agar, ternyata menyanyikan lagu kepada anak sebelum tidur mampu menjadi salah satu cara membuat anak cepat tidur. Lagu-lagu yang menenangkan akan membuat anak merasa tenang dan nyaman, terlebih lagi jika tidur dalam pelukan orang tua maka akan membuat tidur anak terasa lebih tenang dan nyaman.

Menjauhkan Barang Elektronik

Setiap anak memiliki screentime atau batasan waktu yang berbeda sesuai dengan usia anak Anda. Sebab mampu berpengaruh pada kualitas dan kuantitas tidur anak. Sehingga untuk membuat anak lebih mudah tidur di malah hari, Anda bis menggunakan cara membuat anak cepat tidur dengan menjauhkan media digital jenis apapun dari anak beberapa jam sebelum anak tertidur. Media-media digital seperti gadget, tablet, televisi dan laptop sebab akan membuat anak mengalami kesulitan tidur.

Alasan mengapa dengan bermain barang elektronik maka anak akan mengalami susah tidur karena cahaya buatan dari perangkat elektronik akan mengganggu ritme sirkadian anak, serta cahaya yang sangat terang akan membuat mata anak kesulitan membedakan antara siang dan malam. Sehingga lebih baik menjauhkan barang-barang elektronik ketika anak akan tidur pada malam hari ataupun siang hari, hal ini tidak hanya bermanfaat untuk membuat anak cepat tidur tetapi juga soal kualitas tidur dari anak.

Kualitas tidur anak pada malam hari menjadi penentu kondisi tubuh anak pada keesokan harinya. Bila kebutuhan tidur anak terpenuhi maka anak akan bangun dengan segar bugar. Sebagai orang tua, Ibu harus mengatur jam tidur anak dengan benar.

]]>
https://bondanita.com/cara-mudah-membuat-anak-cepat-tidur/feed/ 0
Cara Mengatasi Batuk pada Anak https://bondanita.com/cara-mengatasi-batuk-pada-anak/ https://bondanita.com/cara-mengatasi-batuk-pada-anak/#respond Sun, 25 Oct 2020 16:06:39 +0000 https://bondanita.com/?p=352 Cara Mengatasi Batuk pada Anak- Batuk adalah penyakit pada jalan pernapasan yang dapat menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan. Batuk juga dapat dianggap sebagai reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh sebagai bentuk pertahanan saat bakteri menyerang tubuh. Biasanya batuk cukup rentan dialami oleh anak-anak yang dapat disebabkan karena makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Batuk yang dialami anak tentu menbuat orangtua khawatir dan kerepotan, karena tidak jarang penyakit batuk dapat mengganggu waktu tidur bagi anak. Selain berkonsultasi ke dokter, Anda juga dapat membuat obat batuk untuk anak dari bahan alami. Berikut 12 obat alami yang dapat mengobati batuk pada anak. 

Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi batuk pada anak secara tepat yaitu dengan perbanyak konsumsi air putih. Air putih bertujuan untuk menghindari kekurangan cairan pada tubuh, karena apabila tubuh anak kekurangan cairan maka akan memengaruhi sistem imun yang membuat kekebalan tubuhnya menurun, sehingga dengan memerbanyak minum air putih hangat sebanyak 6-8 gelas setiap hari dapat membantu meredakan gatal pada tenggorokan dan memercepat proses pemulihan.

Perasan Air Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang mengandung berbagai bahan aktif yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi batuk pada anak. Selain itu, lemon juga dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda dapat membuat perasan air lemon yang dicampur dengan air hangat, serta tambahkan madu untuk mengurangi rasa asam pada air lemon. 

Dengan rutin mengonsumsi air lemon hangat, maka dapat mengurangi rasa gatal yang dirasakan anak dan membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Anda dapat membuat perasan air lemon hangat yang diminum secara teratur antara 2-3 hari dalam seminggu hingga sakit batuk yang dialami anak sedikit berkurang. 

Gunakan Madu untuk Meredakan Batuk

Cara mengatasi batuk pada anak secara tepat yaitu dengan menggunakan madu. Madu dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mampu mengatasi sakit pada tenggorokan. Konsumsi madu secara rutin  dapat menghilangkan gejala batuk saat malam hari sehingga tidak mengganggu tidur anak. 

Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok teh madu ke dalam air hangat dan lemon. Selain dicampurkan ke dalam minuman, anak juga dapat memakan satu sendok madu secara langsung atau dapat dijadikan sebagai selai pada roti tawar. Perlu diingat meredakan batuk menggunakan madu hanya diperbolehkan pada bayi di atas 12 bulan. 

Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Batuk

Cara mengatasi batuk pada anak selanjutnya yaitu dengan menghindari makanan dan minuman yang semakin membuat batuk pada anak semakin meradang. Makanan dan minuman penyebab batuk yaitu makanan yang digoreng, minuman dingin, dan minuman manis. Saat anak sedang mengalami batuk, disarankan untuk memberikan makanan hangat yang berkuah agar tidak menyebabkan gatal pada tenggorokan.

Jauhkan dari Benda Pemicu Alergi

Batuk dapat disebabkan berbagai hal, salah satunya karena alergi. Apabila anak mengalami gejala batuk yang disebabkan oleh alergi, Anda dapat menghindari pemicu alergi pada anak. Selain itu, perhatikan kebersihan lingkungan rumah dan tempat tidur anak. Biasanya benda yang menjadi pemicu batuk alergi anak antara lain bulu hewan peliharaan yang mudah menempel di tempat tidur maupun sofa, adanya jamur, dan debu. 

Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara mengatasi batuk pada anak secara tepat dengan berkumur menggunakan air garam. Larutan air garam cukup efektif membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut anak. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu hanya memasukkan setengah sendok teh garam ke dalam gelas, tuangkan air hangat, aduk hingga garam larut dalam air. Rutin berkumur menggunakan air garam sebanyak 3 kali dalam sehari dapat meredakan batuk pada anak.

Jahe dan Kencur

Cara mengatasi batuk pada anak dengan cara alami selanjutnya yaitu dengan mencampurkan jahe dan kencur sebagai alternatif pereda batuk. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan potongan jahe dan kencur yang telah ditumbuk, kemudian direbus. Setelah mendidih, saring air rebusan jahe dan kencur, kemudian berikan air rebusan untuk anak.

Jeruk Nipis dan Madu

Campuran jeruk nipis dan madu juga dapat digunakan sebagai obat alami yang dapat meredakan batuk pada anak. Madu yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan juga dapat memberikan rasa lebih manis apabila dicampukan dengan air jeruk nipis. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat, lalu tambahkan madu sebagai penghilang rasa asam. 

Konsumsi Buah Nanas

Salah satu cara mengatasi batuk pada anak yaitu dengan mengonsumsi buah nanas. Buah nanas mengandung enzim bromelin yang dapat membantu meredakan batuk dan mampu mengeluarkan lendir di tenggorokan. Adanya kandungan enzim bromelin pada nanas juga dapat meringankan peradangan dan pembengkakan. Manfaat yang terdapat pada buah nanas dapat diperoleh dengan mengonsumsi sepotong buah nanas atau dapat diolah menjadi jus nanas.

Konsumsi Buah Anggur

Cara mengatasi batuk pada anak menggunakan bahan alami yaitu dengan konsumsi buah anggur. Buah anggur dapat memberikan cairan tambahan yang membuat tenggorokan tetap lembab dan mencegah terjadinya radang. Selain itu, adanya kandungan antioksidan alami pada buah anggur mampu mengurangi tenggorokan kering dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar.

Campuran Susu dengan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal Indonesia yang cukup dikenal memiliki beragam manfaat, salah satunya adanya kandungan antiseptik yang dapat mengurangi resiko infeksi saat batuk. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuat segelas susu hangat yang ditambahkan denagn campuran satu sendok teh bubuk kunyit, aduk campuran kedua bahan tersebut, dan berikan pada anak.

Pilih Posisi Tidur Paling Nyaman

Cara mengatasi batuk pada anak dapat dilakukan dengan memilih posisi tidur yang paling nyaman. Usahakan posisi anak saat tidur dengan sedikit mengangkat kepala, Anda dapat mengganjal kepala anak menggunakan bantal yang ditinggikan saat tidur. Selain sedikit mengangkat kepala, usahakan agar anak tidak tidur telentang karena dapat mengganggu pernapasan. Apabila batuk yang dialami oleh anak semakin parah meskipun telah menggunakan ramuan alami, jangan ragu segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif. 

Terdapat berbagai macam cara mengatasi batuk pada anak secara alami yang dapat Anda terapkan saat anak mengalami batuk.

]]>
https://bondanita.com/cara-mengatasi-batuk-pada-anak/feed/ 0