Hingga kini, mahasiswa di mata masyarakat merupakan kalangan yang istimewa. Merekalah para pelajar tingkat tinggi yang dinilai sudah siap menyambut kemandirian dari segi akademik maupun finansial ketika lulus nantinya. Di sisi lain, mereka juga dinilai masih layak bergantung kepada orang tua sembari menunjukkan eksistensi diri.

Posisi “aman” untuk kalangan mahasiswa seharusnya dimanfaatkan betul oleh mahasiswa untuk mengasah kemampuan, kepribadian serta kemandiriannya selama sekitar empat tahun masa perkuliahan. Salah satu langkah yang bisa ditempuh yakni menggeluti usaha untuk mahasiswa. Tapi ingat, apapun bisnis ala mahasiswa yang Anda geluti jangan sampai mengganggu kegiatan perkuliahhan apalagi kualitas belajar Anda.

Kami tegaskan bahwa tugas utama mahasiswa sejatinya masih setara dengan pelajar yang lainnya, yakni untuk belajar di kampus. Meski gaya pembelajarannya sangat berbeda, di mana mahasiswa dituntut untuk banyak belajar mandiri sementara dosen hanya sebagai pengontrol, tapi justru itulah tantangan mahasiswa untuk mendisiplinkan diri agar waktunya selalu terlewati secara efektif dan berkualitas. Di sisi lain, mahasiswa juga punya banyak waktu luang untuk menjalankan usaha untuk mahasiswa maupun berorganisasi di luar jam kuliah. Jadi tak ada salahnya memulai bisnis di usia belia ketika menyandang status mahasiswa.

Pada artikel kali ini, kami ingin berbagi informasi mengenai sejumlah jenis usaha yang bisa dilakukan mahasiswa tanpa harus mengganggu jam kuliah. Adapun bisnis yang cocok untuk dijadikan ladang usaha bagi mahasiswa adalah sebagai berikut:

Bisnis Pulsa dan Paket Data

Usaha untuk mahasiswa yang pertama adalah bisnis pulsa dan paket data. Seperti kita ketahui, pada saat ini hampir semua orang sudah sangat akrab dengan smartphone untuk beragam keperluan dan hiburan. Secara otomatis, gadget tersebut juga butuh diisi pulsa dan kuota internet agar membuat fungsinya selalu optimal.

Para pengguna telepon pintar bisa saja pergi ke konter terdekat untuk mengisi pulsa maupun kuota. Tapi cara ini dinilai kurang efektif, sebab mereka lebih menginginkan melakukan pengisian pulsa kepada orang terdekat yang dipercaya.

Uniknya, usaha untuk mahasiswa yang satu ini bisa dengan mudah Anda jalankan sembari kuliah maupun mengerjakan tugas. Dengan berbekal smartphone, Anda bisa melakukan pengisian pulsa atau kuota, lalu mendapatkan bayaran untuk kemudian mengambil untung sekitar seribu atau dua ribu rupiah dalam satu kali transaksi.

Cara menjadi agen pulsa sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar menjadi agen pulsa di sejumlah distributor, atau bisa menggunakan aplikasi yang bisa memunginkan Anda melakukan pengisian pulsa. Cara sederhana ini bahkan bisa Anda lakukan dengan hanya duduk di kamar kos, karena setiap transaksi terjadi secara mobile.

Sebagaimana telah disinggung di paragraf sebelumnya, keuntungan dari berbisnis pulsa dan kuota hanya sekitar seribu hingga dua ribu rupiah saja per transaksi. Tapi jika transaksi yang Anda lakukan banyak dalam sehari, maka keuntungannya pun pasti akan semakin tinggi. Meski begitu, Anda teta; harus melakukan pengisian saldo secara regular agar kebutuhan pelanggan bisa selalu terpenuhi setiap saat.

Meski keuntungan dari bisnis ini tampak tidak terlalu besar, setidaknya Anda akan terbiasa memutar uang sehingga tidak pasif. Selain itu, bisnis pulsa menjadi usaha untuk mahasiswa yang cocok, terlebih jika jumlah transaksinya banyak. Pasti keuntungan yang akan Anda dapatkan pun akan berlimpah.

Bisnis Online Shop

Berjualan barang secara online juga bisa menjadi usaha untuk mahasiswa yang cocok digeluti. Maksudnya, Anda bisa membuka toko online dan menjadi dropshipper. Untuk langkah-langkahnya, Anda bisa mulai dengan menetapan satu produk yang ingin Anda jual. Misalnya, Anda ingin menjadi dropshipper jilbab, buku atau kaos.

Manfaatkanlah kecenderungan mahasiswa yang selalu ingin tampil modis, tapi dengan budget yang terbatas. Anda bisa melakukan pencarian barang murah tapi berkualitas di sejumlah marketplace, lalu Anda bisa menawarkannya kepada teman-teman Anda yang membutuhkan.

Membuka Les Privat

Titel mahasiswa yang dinilai keren dan intelek di mata masyarakat harus Anda manfaatkan untuk menjadi seorang guru les privat. Tingkat kepercayaan masyarakat juga akan lebih tinggi ketika para orang tua menitipkan anaknya untuk mendapatkan pelajaran tambahan dari orang yang berstatus mahasiswa.

Karenanya, ini menjadi satu lagi usaha untuk mahasiswa yang sekiranya cocok untuk Anda. Anda bisa memulainya dengan menyebarkan iklan tentang pembukaan les privat untuk mata kuliah yang spesifik, jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak Anda.

Anda juga bisa mempromosikan diri secara langsung dengan mendatangi komplek perumahan dari rumah ke rumah. Sikap yang baik serta kualitas intelektual yang mumpuni akan membuat Anda pantas menjadi guru privat untuk anak usia SD, SMP dan SMA.

Tak melulu urusan promosi diri, Anda juga harus segera mempelajari teknik-teknik mengajar agar bisa efektif ketika menyampaikannya pada murid. Profesi sebagai guru harus dipahami sebagai profesi yang tidak bisa disepelekan, apalagi cuma jadi ajang gaya-gayaan semata. Justru Anda harus benar-benar berdedikasi dan bertanggung jawab sehingga anak didik Anda bisa berhasil dalam agenda pembelajaran bersama Anda.

Usaha Jasa Pengetikan

Anda bisa mengerahkan kemampuan mengetik cepat Anda dengan membuka jasa pengetikan untuk makalah, jurnal ilmiah atau apa saja. Jasa ini pastinya sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, dosen dan warga akademik lain yang sibuk untuk sekadar mengetik.

Maka pada situasi tersebut, Anda bisa pasang badan untuk menawarkan jasa pengetikan. Jika Anda punya dana cukup, Anda bisa melengkapi usaha ini dengan membuka usaha untuk mahasiswa lainnya yang dirasa cocok, yakni jasa print. Ketika Anda berhasil menggeluti usaha jasa print, jangan lupa untuk terus mempelajari seluk beluk mesin print agar Anda tidak kebingungan ketika printer Anda mengalami gangguan ketika dioperasikan.

Sadarilah bahwa dalam menggeluti setiap usaha, ada banyak hal detil yang mesti Anda perhatikan. Ketekunan dan ketelitian dalam berbisnis sangat dibutuhkan, sehingga dampak positifnya, Anda jadi terampil untuk melakukan manajemen waktu secara efektif.

Bisnis Cemilan

Para mahasiswa yang seharian berada di kampus pasti kerap merasa lapar sehingga butuh makanan atau cemilan. Terlebih, aktivitas yang padat memungkinkan para mahasiswa tak sempat untuk sekadar mencari makan di kantin.

Seperti diketahui, cemilan bukanlah termasuk makanan pokok tapi ia bisa efektif mengganjal perut yang lapar. Cemilan juga bersifat fleksibel karena bisa jadi Anda tidak perlu membutuhkan piring dan sendok untuk menyantapnya. Cukup disimpan dalam kemasan, ragam cemilan aneka rasa bisa segera Anda pasarkan dengan harga terjangkau.

Nah, jika Anda membuka usaha bisnis cemilan, membawanya ke kampus untuk dijual, maka pasti bisnis tersebut akan laku. Dengan bisnis ini pula, Anda bukan hanya bisa belajar berbisnis dan memiliki uang saku tambahan, tapi juga bisa menjadi pahlawan kelaparan bagi para mahasiswa yang belum sempat makan di kantin.

Demikianlah informasi seputar usaha untuk mahasiswa yang kira-kira cocok untuk Anda. Ingatlah bahwa rasa gengsi dan malas tidak akan membuat Anda maju dan sukses. Justru ini akan membuat Anda terhina karena tidak bisa belajar untuk mulai menopang hidup dengan usaha Anda sendiri. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *