Sebagai orang tua, tak jarang kita mengalami kesulitan untuk mengajak anak-anak tidur tepat pada waktunya. Padahal tidur memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Kita perlu menyiapkan beberapa trik atau strategi yang perlu dicoba agar anak cepat tidur sesuai waktu yang telah ditetapkan dan disepakati.

Manfaat Tidur Cukup bagi Anak

Hasil penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang memiliki jadwal rutin jam tidur tepat waktu biasanya mereka mempunyai tingkat kecerdasan kognitif tinggi, kesehatan yang cukup baik, fisik yang lebih kuat, dan emosinya terkontrol. Maka dari itu, para orangtua perlu memiliki cara agar anak cepat tidur khususnya di malam hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur bagi anak :

Penting bagi Perkembangan Otak

Waktu yang tepat bagi otak anak untuk mengumpulkan informasi yang diperoleh sepanjang hari adalah saat tidur. Hasil penelitian membuktikan bahwa otak anak akan tetap berfungsi untuk memilih informasi penting dan tidak penting meskipun saat tidur. Jadi, jika anak mendapatkan tidur yang cukup sesuai anjuran dokter, maka tumbuh kembang otak bisa menjadi lebih optimal.

Nafsu Makan Bisa Lebih Terjaga

Rata-rata anak usia pra sekolah mengalami kurang tidur sebanyak 3 jam per hari. Anak usia 5 sampai 11 tahun yang mengalami tidur hanya 10 jam setiap hari bisa jadi akan mengalami kelebihan berat badan bila dibandingkan anak yang tidurnya selama kurang lebih 12 jam. Para orangtua perlu mencari cara agar anak cepat tidur sehingga nafsu makan anak tetap bisa terjaga secara maksimal.

Lebih Mudah Fokus

Kemampuan fokus anak bisa lebih baik jika dia mendapatkan tidur yang cukup. Saat Anda coba memberi tes kognitif pada anak yang kekurangan tidur maka dia mengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Jadi, masalah konsentrasi dan hiperaktif banyak terjadi pada anak yang memiliki kualitas tidur yang buruk . Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mencari cara agar anak cepat tidur.

Imunitas Tubuh Meningkat

Otak anak melepaskan zat kimia yang mendukung perbaikan sistem kekebalan tubuh khususnya di malam hari. Ini termasuk sitokin, molekul yang mengarahkan sel kekebalan ke daerah infeksi atau pembengkakan. Bila anak kurang tidur, kadar kortisolnya lebih tinggi. Selanjutnya, hormon stres yang mengurangi pengaktifan sistem kekebalan tubuh akan timbul dan bisa menghalangi penyembuhan.

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Media Belajar Warna Anak?

Trik Agar Anak Cepat Tertidur

Memang susah-susah gampang agar para orangtua mampu membuat anak dalam kondisi ingin segera tidur. Namun Anda tak perlu risau dan khawatir karena yang berikut ini ada beberapa cara agar anak cepat tidur. Diantaranya adalah :

Tetapkan Waktu Tidur

Tetapkan waktu tidur yang tepat untuk anak tidur siang dan tidur malam. Bila ditetapkan tidur siang setiap pukul 13.00 hingga pukul 15.00 dan tidur malam pukul 20.00, upayakan Anda pun patuh untuk menidurkannya pada jam-jam tersebut. Pastikan waktu tidur harus sama di setiap harinya, agar anak dan tubuhnya terpola dan belajar disiplin dengan aturan. Hal tersebut merupakan cara agar anak cepat tidur.

Siapkan Anak Jelang Tidur

Setelah anak sudah terbiasa dengan waktu tidur yang Anda tetapkan, hindari merusaknya! Jangan ajak ia ke acara pada saat jam tidur. Bila dilakukan, tanpa disadari tubuh anak belajar untuk tetap terjaga pada jam tersebut dan akhirnya akan sulit lagi membiasakan tubuhnya untuk tidur pada waktu tersebut. Biasakan anak untuk membersihkan tubuhnya dan gosok gigi  sekitar  30 menit sebelum naik ke tempat tidur. Salah satu cara agar anak cepat tidur ini bisa membantu memberi tanda  pada anak dan tubuhnya bahwa waktu tidur sudah dekat.

Ciptakan Suasana Nyaman

Suasana ruang tidur yang nyaman sangat memengaruhi cepat atau tidaknya proses tidur. Matikan lampu kamar atau ganti dengan lampu tidur yang redup, tidak ada suara bising, televisi tidak menyala, jauh dari mainan-mainan yang dapat menstimulus anak untuk bangun dan bermain. Jika udara dingin, kenakan pakaian berlengan dan celana panjang. Lengkapi dengan lagu lullaby atau nursery rhimes karena ritmenya sangat menenangkan, salah satu cara agar anak cepat tidur ini telah terbukti besar tingkat keberhasilannya membuat anak cepat mengantuk.

Hindari Aktivitas yang Membuat Anak Aktif

Kegiatan sebelum tidur sebaiknya jauh dari gerakan melompat, berlari atau gerakan besar lainnya. Gerakan-gerakan ini dapat ‘membangunkan’ tubuh, sehingga ia terjaga yang akibatnya ia akan sulit diajak tidur. Selain itu, hindari juga aktivitas yang membuat anak waspada, seperti menonton televisi, main video games. Anda bisa mencoba melakukan cara agar anak cepat tidur seperti membacakan buku cerita. Selain menenangkan, membacakan buku cerita juga membuat anak mengenal kosakata baru. Bacakan buku cerita dengan suara yang pelan, agar suasana hening tetap tercipta.

Berikan Sentuhan Lembut

Sentuhan atau pijatan lembut sebelum tidur merupakan salah satu cara agar anak cepat tidur dan menciptakan kondisi yang dapat membuat anak menjadi mengantuk. Sentuhan dan pijatan terbukti dapat membuat anak merasa nyaman. Mulai dari arah kaki, berlanjut ke bagian badan, tangan dan kepala dengan mesra. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih.

Bekali Minuman Membuat Rileks

Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh anak  berada dalam posisi relaks, yang merupakan efek kandungan tryptophan dalam susu. Salah satu cara agar anak cepat tidur yakni memberikannya minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh anak menjadi lebih nyaman untuk tidur. Hindari memberikan minuman mengandung kafein sebelum ia tidur, yang dapat memosisikan jantung siap untuk bekerja. Bukannya tidur, ia malah akan terus terjaga.

Tidur Siang yang Cukup

Tidur siang disarankan oleh para ahli karena baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Manfaat yang akan diperoleh saat anak tidur siang adalah mengembalikan kondisi fisik dan mental, mudah konsentrasi, mudah komunikasi dan mudah beradaptasi. Namun pastikan waktu tidur siang si kecil tidak berlebihan agar tidak mengganggu waktu tidur malamnya, tidur siang selama 1 hingga 2 jam sudah cukup.

Ketika anak terbangun di malam hari, hindari untuk memenuhi atau menyetujui permintaannya. Ketika ia mengajak Anda bermain dan Anda menyetujuinya, anak akan terbiasa dan terus menerus mengulanginya. Perlu untuk tega melakukan ini agar ia memahami bahwa langit sudah gelap, pertanda semua orang harus tidur. Inilah salah satu cara anak cepat tidur yang juga perlu Anda coba.

Pola tidur menjadi sangat penting untuk tumbuh kembang anak, sehingga Ibu harus tahu hal yang terbaik untuknya, salah satunya dengan mengontrol kapan waktu yang tepat untuk si kecil tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *