Ibu tidak perlu panik atau khawatir berlebihan saat anak Ibu susah untuk buang air besar. Penyakit tersebut merupakan salah satu fenomena yang sering muncul pada pencernaan anak. Saat anak susah untuk BAB, maka dia bisa mengalami penurunan nafsu makan sehingga pertumbuhannya pun terhambat. Berikut beberapa cara yang dapat Ibu lakukan untuk melancarkan pencernaan anak.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kadang-kadang, anak susah untuk diminta minum yang cukup. Nah, Ibu sebagai orang tua memiliki tugas untuk membuat anak  Ibu banyak minum untuk mengatasi BAB mereka yang tidak lancar. Jika mereka sudah berumur empat tahun ke atas, Ibu bisa juga memberikan cairan lain seperti jus buah apel.

Jika anak Ibu sudah berumur lebih dari enam bulan ke atas, maka Ibu bisa memberikannya banyak minum air putih. Walau begitu, asupan gizi lainnya seperti susu tidak boleh berhenti. Banyak mengonsumsi air putih juga dapat membantu anak terhidrasi dengan baik. Cara melancarkan BAB anak yang satu ini juga dapat melunakkan tinja sehingga bisa melancarkan BAB anak.

Berikan Makanan Berserat

Ada baiknya Ibu memberikan anak makanan yang mengandung banyak seperti buah dan sayur, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Cara melancarkan BAB anak ini bisa menjadi langkah yang efektif untuk melancarkan BAB anak. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan anak Ibu aneka makanan berserat yang juga mengandung banyak nutrisi seperti mineral dan vitamin.

Ajarkan Anak untuk Menggunakan Toilet

Sebagai orang tua, ada baiknya Ibu mengajarkan anak  Ibu untuk duduk di toilet setelah makan. Hal ini dapat membuat anak lebih teratur dalam buang air besar. Caranya, ajak anak Ibu untuk duduk di toilet selama 5 hingga 10 menit dalam rentang waktu tiga puluh menit setelah anak selesai makan.

Olahraga

Cara melancarkan BAB anak selanjutnya adalah dengan mengajak anak olahraga. Pada dasarnya, olahraga tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, namun juga diperlukan oleh anak-anak untuk menjaga kebugaran tubuhnya.  Selain bisa membuat tubuh anak menjadi lebih bugar, cara yang satu ini juga dapat membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Berikan Makanan yang Mengandung Probiotik

Cara melancarkan BAB anak juga bisa dilakukan dengan memberikan makanan yang mengandung probiotik. Makanan yang mengandung bakteri baik dipercaya bisa membantu melancarkan BAB anak. Makanan yang mengandung probiotik antara lain seperti kimchi, yoghurt, acar, kefir, dan lain sebagainya.

Mengatasi  Sembelit dengan Mengonsumsi Apel

Buah yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk pencernaan seperti vitamin A, C, mineral, dan lain sebagainya. Dengan begitu, mengkonsumsi apel dapat membantu untuk melancarkan pencernaan karena kandungan pektin pada apel dipercaya bisa membantu produksi bakteri baik.

Mengonsumsi Pisang

Salah satu cara melancarkan BAB anak yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi pisang. Pisang merupakan buah yang dikenal mengandung serat yang tinggi. Nah, kandungan serat pada pisang tersebut dapat melancarkan sistem pencernaan. Ada baiknya anak-anak Ibu mengkonsumsi pisang setiap hari agar kebutuhannya akan serat terpenuhi dengan baik.

Melancarkan BAB Anak dengan Asparagus

Tahukah Ibu? Cara melancarkan BAB anak lain yang bisa Ibu lakukan adalah dengan mengkonsumsi asparagus atau rebung. Hal tersebut dikarenakan kedua jenis sayuran tersebut mengandung banyak serat yang tentunya baik untuk kesehatan pencernaan. Ibu dapat mengolahnya menjadi sajian makanan yang lezat agar anak tertarik untuk mengkonsumsinya.

Mengonsumsi Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah untuk didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, sayuran yang satu ini mempunyai kandungan serat yang tinggi. Sehingga, akan sangat bagus jika dikonsumsi untuk dapat melancarkan buang air besar si kecil. Ibu bisa mengolahnya menjadi sup atau hidangan lain yang disukai oleh anak.

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Media Belajar Warna Anak?

Melancarkan Buang Air Besar dengan Mengonsumsi Avokado

Cara melancarkan BAB anak yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah avocado. Buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk proses diet. Selain itu, kandungan serat pada buah ini juga bagus untuk memperlancar buang air besar. Nah, Ibu bisa mengolah buah ini menjadi jus yang disukai oleh anak-anak. 

Mengkonsumsi Lemon

Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon bisa berkhasiat untuk banyak aspek. Salah satunya, vitamin C juga bisa bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, vitamin C juga bisa mengubah dan memecah sisa makanan yang nantinya akan dikeluarkan oleh sistem pencernaan si kecil. Caranya, Ibu bisa meminumkan perasan dari sari buah lemon dan ditambah sedikit gula agar si kecil suka.

Melancarkan BAB dengan Air Kelapa

Cara melancarkan BAB anak yang mudah lainnya adalah dengan mengonsumsi air kelapa. Mengapa air kelapa? Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang bisa melancarkan BAB dan meningkatkan sistem pencernaan. Beri si kecil satu gelas air kelapa tanpa menggunakan tambahan gula jika dia mengeluh dan merasa susah untuk BAB.

Menggunakan Metode Akupuntur

Jika berbagai  cara melancarkan BAB anak di atas tidak juga manjur, maka Ibu bisa menggunakan cara akupuntur. Akupuntur merupakan metode yang bisa digunakan untuk mengatasi sembelit pada anak. Akan tetapi, jika anak merasa tidak nyaman, Ibu bisa memberikan pijatan yang lembut pada perut si kecil untuk membantu melancarkan pencernaannya.

Nah, itu dia ulasan mengenai cara melancarkan BAB anak yang patut Ibu ketahui. Dengan berbagai cara di atas, Ibu dapat membantu mengatasi sembelit pada anak. Dengan sistem pencernaan yang baik dan lancar, anak tentunya dapat makan dengan teratur dan menyerap semua nutrisi secara optimal. Pertumbuhan anak pun juga dapat berjalan dengan baik dan tidak terhambat. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *