Kenapa Batuk Anak Tidak Sembuh-sembuh? Penyakit batuk biasanya datang bersamaan dengan demam dan flu. Akan tetapi, ada kalanya penyakit batuk tetap saja tidak sembuh meskipun demam dan flu sudah reda. Ketika anak mengalami batuk tiada henti, seringkali membuat orang tua khawatir. Anak jadi tidak bisa tidur nyenyak dan di siang hari anak menjadi rewel.

Kejadian batuk yang berkelanjutan dan tidak kunjung sembuh ini sebaiknya perlu diwaspadai. Batuk yang terjadi secara terus-menerus menunjukkan kondisi anak yang tidak normal karena menandakan anak menderita penyakit yang lebih serius. Namun, hal ini juga bisa terjadi karena masalah lingkungan. Adapun penyebab dari susahnya batuk anak untuk sembuh adalah sebagai berikut.

Asma

Batuk anak tidak sembuh-sembuh bisa disebabkan karena anak tersebut menderita asma. Orang-orang yang menderita asma memang cenderung mengalami periode sakit batuk yang lebih panjang dari pada orang-orang pada umumnya. Selain batuk, anak yang menderita asma juga akan mengalami sesak napas. Jika penyebabnya adalah asma maka harus lebih diperhatikan lagi penyebab kambuhnya asma serta cuaca seperti di musim hujan yang cenderung dingin.

Infeksi

Batuk berkepanjangan pada anak bisa juga disebabkan adanya infeksi pada saluran pernapasan. Adanya infeksi ini bisa mengindikasikan anak mengalami penyakit TB atau tuberkulosis, pneumonia, bronchitis dan juga batuk rejan atau pertusis. Batuk yang seperti ini harus ditangani dengan lebih baik serta pengobatan yang lebih teliti.

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Media Belajar Warna Anak?

Polusi Udara

Selain karena penyakit lain yang lebih serius, batuk anak tidak sembuh-sembuh bisa juga disebabkan oleh kualitas udara yang tidak baik. Adanya polusi udara yang semakin tinggi di sekitar tempat tinggal sangat tidak bagus untuk kesehatan. Udara yang terlalu banyak mengandung bahan kimia dan bercampur dengan bakteri serta jamur bisa memperburuk keadaan. 

Postnasal Drip

Postnasal drip adalah keadaan saat adanya dahak berlebihan pada rongga sinus atau hidung yang kemudian terkumpul pada bagian belakang tenggorokan. Ini juga menjadi salah satu penyebab batuk sulit sembuh pada anak. Postnasal drip sering kali disebabkan adanya infeksi pada sinus.

Asam Lambung (GERD)

Penyakit asam lambung atau GERD bisa menjadi salah satu penyebab batuk anak tidak sembuh-sembuh. Ini terjadi karena asam lambung yang terdapat dalam tubuh naik ke daerah kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Penyakit asam lambung memang jarang diderita oleh anak-anak akan tetapi saat ini tidak sedikit anak yang mengalami masalah lambung.

Obat Tekanan Darah

Jangan dikira seorang anak tidak akan pernah mendapatkan obat tekanan darah. Obat tekanan darah tidak hanya diberikan kepada orang tua saja yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Seorang anak dengan penyakit gagal jantung juga akan diberi obat tekanan darah serupa yang mengandung enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor).

Batuk anak tidak sembuh-sembuh biasanya memiliki beberapa gejala dan tanda tertentu sehingga sebagai orang tua bisa cepat-cepat menanganinya. Adapun gejala penyerta batuk berkepanjangan di antaranya adalah hidung tersumbat dan berair, sakit tenggorokan, sesak napas, suara serak. Selain itu kepala juga terasa pusing dan beberapa bisa sampai pingsan. Hal yang mudah terlihat adalah turunnya berat badan dengan drastis.

Untuk mengatasi batuk yang membandel ini tentu saja harus dibawa ke dokter dan diperiksa dengan baik. Selain itu meminum obat yang sudah diresepkan oleh dokter, Anda juga bisa membantu penyembuhan anak Anda dengan melakukan hal-hal berikut ini di rumah.

Perbanyak Asupan Cairan

Ketika batuk anak tidak sembuh-sembuh, tenggorokan cenderung terasa kering dan makanan susah ditelan. Selain itu, ada juga lendir dahak yang sering terkumpul di tenggorokan. Supaya membuat tenggorokan anak nyaman, bantu dia untuk memperbanyak asupan cairan. Utamakan minum air hangat, baik air putih maupun air teh. Bisa juga dengan memberikan sup hangat yang dikonsumsi saat makan. Dengan mengonsumsi cairan hangat bisa membantu mencairkan dahak serta membantu tenggorokan menelan lebih lancar.

Makan Permen Pereda Batuk

Jika batuk pada anak masih juga belum sembuh dalam waktu lama, Anda bisa memberi anak permen pereda batuk. Permen ini bisa membantu melegakan tenggorokan dan anak akan menyukai rasanya yang manis. Walaupun kebanyakan permen pereda batuk memiliki rasa mint yang cenderung dianggap pedas oleh anak-anak.

Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Jika anak Anda memiliki asam lambung, entah itu karena penyakit magh, maka hindari makanan yang bisa memicu asam lambung. Contoh makanannya berupa makanan pedas, asam, mint dan juga cokelat.

Hindarkan Anak dari Lingkungan Berpolusi Tinggi

Batuk anak tidak sembuh-sembuh bisa dikarenakan lingkungan yang berpolusi tinggi. Oleh sebab itu, supaya batuk anak cepat mereda, tempatkan anak di lingkungan yang memiliki tingkat polusi rendah. Apabila ada salah satu orang tua di rumah yang aktif merokok, sebaiknya selama masa pemulihan anak, lakukan aktivitas merokok tersebut di luar.

Jaga Kelembaban Udara

Selain menghindari udara berpolusi, Anda juga perlu memperhatikan kelembaban udara di sekitar tempat anak Anda beristirahat. Udara yang terlalu kering atau dingin bisa meningkatkan kemungkinan penyakit batuk bertahan lebih lama. Dengan kelembaban udara yang tepat, saluran pernapasan akan lebih lancar.

Lakukan Terapi pada Hidung

Supaya keadaan batuk anak tidak sembuh-sembuh cepat membaik lakukan terapi pada hidung. Terapi bisa dilakukan dengan memberikan semprotan hidung atau juga terapi irigasi hidung menggunakan larutan garam. Ini berfungsi untuk mengeluarkan lendir dan membersihkan hidung anak. Lakukan dengan hati-hati supaya tidak memperparah keadaan.

Sebelum keadaan batuk anak semakin parah atau bahkan sebelum anak jatuh sakit, ada baiknya Anda melakukan berbagai pencegahan. Pastikan selalu lingkungan tempat Anda tinggal bersih. Jika ada anggota keluarga yang merokok, baik ketika anak sehat atau sakit, biasakan untuk tidak merokok di dalam rumah.

Namun jika anak sudah terlanjur sakit dan batuk anak tidak sembuh-sembuh, lakukan penanganan seperti yang telah disebutkan di atas dengan baik. Perhatikan dengan baik penyebab anak batuk serta ikuti saran dokter dalam penanganannya.

Ibu harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan si kecil, jika ia dijangkiti batuk dan tidak kunjung sembuh, Ibu bisa melakukan tips di atas sebagai langkah penanganan pertama. Ketika sudah dilakukan langkah penanganan tapi si kecil belum sembuh juga.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *