Menjadi seorang ibu yang anaknya masih duduk di bangku TK harus bisa kreatif dalam membuatkan bekal yang sehat. Namun, anak-anak cenderung lebih menyukai jajanan yang kurang higienis karena warna dan bentuknya yang menarik. Itu sebabnya, Anda harus memiliki segudang ide agar mereka mau memakan bekal yang sudah dibuatkan.

Dengan membawa bekal makanan dari rumah merupakan cara agar anak-anak tidak membeli makanan di sekolah yang belum jelas akan kebersihan dan gizinya. Selain murah dan praktis, Anda bisa membawakan bekal untuk anak TK Anda dengan bentuk yang lucu sekaligus bergizi. Beberapa rekomendasi bekal yang sehat antara lain adalah sebagai berikut. 

Rolade Tahu Sayur

Anak-anak cenderung tidak menyukai sayuran. Ini merupakan tantangan tersendiri buat para ibu agar bisa berpikir dan menciptakan menu bekal sehat anak TK yang menarik dan bergizi tinggi. Menu rolade tahu sayur ini merupakan salah satu referensi menu yang bisa Anda berikan bagi ananda tercinta.  

Bahan

3 sendok makan margarin

3 kotak tahu putih, haluskan

300 gram daging ayam, cincang halus

2 butir telur ayam

4 siung bawang putih, haluskan

4 buah buncis, iris tipis

1 buah wortel ukuran sedang, potong dadu

2 batang daun bawang, iris tipis

Merica dan garam secukupnya 

Cara membuat

Langkah berikutnya dalam membuat bekal sehat anak TK rolade tahu sayur adalah, campurkan telur, garam dan merica lalu kocok hingga mengembang. Panaskan 1 sendok makan margarin di pan dan masak adonan telur tersebut hingga matang lalu sisihkan. 

Kemudian, tumis bawang putih dengan 2 sendok makan margarin hingga harum, masukkan ayam cincang dan masak dengan api kecil hingga matang. Lalu tambahkan buncis, tahu, dan daun bawang. Tambahkan garam dan merica secukupnya lalu aduk hingga rata, lalu matikan kompor dan tunggu sampai uap panasnya hilang. 

Setelah dingin, siapkan aluminium foil dan letakkan telur dadar pada aluminium foil tersebut. tambahkan dengan isian adonan yang sudah dibuat. Kemudian gulung secara perlahan-lahan sambil dipadatkan. Kukus gulungan rolade tahu sayur hingga matang. Setelah masak, potong menjadi beberapa bagian dan tambahkan hiasan untuk mempercantik tampilan bekal sehat anak TK.

Omelet Sayur dan Jamur

Menu selanjutnya yang berisi sayuran adalah omelet sayur dan jamur. Menu yang satu ini sangat praktis dan bergizi. Adapun cara mengolahnya adalah sebagai berikut.

Bahan

2 butir telur ayam

10 gram jamur kancing

½ wortel ukuran sedang, parut kasar atau potong dadu (sesuai selera)

½ tomat ukuran sedang yang dibuang isinya dan dicincang halus

1 buah bawang merah, cincang halus

1 siung bawang putih, cincang halus

Beberapa lembar daun bayam yang direbus dan tiriskan

Daun bawang

Garam dan merica secukupnya

Cara membuat

Untuk membuat bekal sehat anak TK omelet sayur dan jamur, pertama-tama tumislah bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan wortel dan tumis hingga setengah masak lalu tiriskan. 

Kocoklah telur dan masukkan semua bahan termasuk wortel yang sudah ditumis dan campur hingga rata. Terakhir, panaskan pan, tuang sedikit minyak dan masak adonan omelet hingga matang. Kemudian, potong omelet seperti pizza dan tambahkan saus tomat sebagai cocolan. 

Omelet ala Austria

Masih seputar menu bekal sehat anak TK dengan bahan telur, Anda juga bisa membuat omelet ala Austria sebagai bekal sehat yang praktis dan bergizi. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut. 

Bahan

2 butir telur ayam

1 buah kentang ukuran sedang, potong kecil-kecil

Kornet

Bawang bombay

Garam dan merica secukupnya

Cara membuat

Masak kentang yang sudah dipotong dengan cara dikukus atau digoreng hingga lunak. Tambahkan bawang bombay dan kornet lalu aduk hingga rata dan matang, sisihkan. Kocok lepas telur ayam dan tambahkan adonan kentang dan kornet lalu goreng hingga matang. Untuk penyajiannya, tambahkan hiasan bunga dari wortel dan selada. 

Martabak Mie Isi Sayur

Menu yang satu ini cocok bagi anak Anda yang masih duduk di bangku TK. Selain nasi, Anda bisa menyiapkan bekal sehat anak TK berupa martabak mie isi sayur. Bahan yang digunakan mudah didapatkan dan cara membuatnya juga simpel, mirip dengan omelet kentang. 

Bahan

2 butir telur ayam

1 bungkus mie instan

Kornet

1 buah wortel ukuran sedang, diserut kasar

2 lembar daun bayam dikukus dan potong kecil-kecil

Garam dan merica secukupnya

Cara membuat

Mirip dengan omelet kentang ala Austria, cara membuat bekal sehat anak TK martabak mie isi sayur ini juga mudah dan praktis. Masak mie instan seperti biasa, campurkan bumbunya lalu sisihkan. Panaskan pan dan masukkan wortel, kornet dan bayam lalu masak hingga matang. Jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya. 

Langkah berikutnya, kocok lepas telur ayam dan masukkan semua bahan yang sudah dimasak sebelumnya. Kemudian goreng di pan yang anti lengket hingga matang. Untuk cocolan, Anda bisa memberikan saus tomat sachet sebagai pelengkap bekal yang mudah dan praktis.

Kentang Goreng dan Nugget Ayam

Menu bekal sehat anak TK yang satu ini cocok bagi Anak Anda yang tidak suka membawa bekal nasi dan lebih suka jajan. Anda bisa membawakan kentang goreng dan nugget ayam yang tentunya lebih higienis dan menyehatkan dibandingkan dengan jajanan di sekolah. 

Bahan

Nugget ayam

2 buah kentang ukuran sedang, potong memanjang

Saus tomat 

Mayonnaise

Cara membuat

Siapkan air es yang sudah dicampur dengan garam. Rendam kentang yang sudah bersih dan dipotong memanjang rendam ke dalam air es tersebut selama satu jam. Kemudian, buang airnya dan simpan kentang dalam freezer hingga beku, lalu digoreng. Anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak sebagai stok. 

Jika sewaktu-waktu akan membuat bekal sehat anak TK atau sebagai camilan sehat anak dan keluarga. Anda tinggal menggoreng kentang dan nugget ayam secukupnya. Anda bisa menambahkan saus tomat dan mayonaise sebagai bahan cocolan. 

Menyiapkan  bekal sehat anak TK dengan berbagai menu yang menarik, lezat dan bergizi merupakan tantangan tersendiri bagi para ibu. Anda bisa menyiapkan berbagai menu omelet yang lezat, kentang goreng, nugget, atau rolade tahu sayur sebagai menu alternatif bekal sekolah anak Anda. 

Tugas Ibu tidak hanya memastikan makanan yang dimakan anak itu sehat ketika di rumah saja, tapi juga ketika ia di sekolah. Alternatif yang bisa Ibu lakukan adalah dengan membuatkan bekal yang sehat untuknya. Seperti yang sudah tertulis di atas, Ibu bisa membuatkan varian bekal yang sehat setiap harinya. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *