Diabetes merupakan penyakit yang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap tubuh dengan baik, akan membuat kadar gula darah naik. Jika diabetes tidak diatasi akan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Banyak penyebab yang menyebabkan penyakit diabetes ini, penyebab utama penyakit diabetes adalah terlalu banyak mengkonsumsi gula, sehingga kadar gula darah menjadi sangat tinggi.

Sangat tidak menyenangkan apabila kita mengalami diabetes, karena jika sudah terserang penyakit diabetes maka kita tidak akan bisa makan secara bebas. Karena penyakit diabetes mempunyai beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi terutama yang banyak mengandung gula.

Namun ada penyebab lain penyakit diabetes yang tidak berhubungan dengan gula, yaitu adalah kurang tidur, jika kualitas tidur tidak baik maka metabolisme tubuh menjadi sangat terganggu. Karena kurang tidur akan memicu hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Dengan nafsu makan yang tinggi mendorong penderita untuk mengkonsumsi makanan berkalori yang tinggi yang membuat kadar gula menjadi naik.

Maka dari itu, kita harus menjaga pola tidur kita agar kita tidak terkena penyakit diabetes. Dengan tidur tepat waktu dan cukup. Maka hormon dalam darah kita tidak akan terpicu untuk makan, dan kita akan tetap makan dengan teratur sesuai dengan porsi kita.

Diabetes dibedakan menjadi dua tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar gula atau glukosa dalam tubuh. Diabetes tipe 1 terjadi karena tubuh kurang dan tidak memproduksi insulin, akibat tubuh kurang memproduksi insulin maka diperlukan tambahan insulin dari luar.

Lalu diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana kadar gula dalam darah mengalami kenaikan di atas normal. Tingginya kadar gula dalam tubuh disebabkan karena tubuh tidak menggunakan hormon insulin secara normal. Hormon insulin adalah hormon yang membawa gula (glukosa) masuk ke dalam sel dan diolah menjadi energi.

Kadar gula darah yang normal dikontrol oleh hormon insulin yang dihasilkan pankreas. Ketika makanan yang dimakan masuk ke dalam tubuh dicerna dan masuk ke aliran darah maka insulin akan mengikat glukosa dari dalam darah dan membawanya masuk ke dalam sel untuk diubah menjadi energi.

Maka dari itu kita harus mengetahui bilamana kita terkena penyakit diabetes. Berikut adalah beberapa ciri – ciri diabetes secara umum.

 Lemas

Penderita diabetes awal akan merasakan kelelahan, kelelahan yang dialami penderita juga membuat badan menjadi lemas dan tidak bertenaga, hal ini terjadi karena kadar gula yang terlalu tinggi atau kadar gula terlalu rendah, sehingga menyebabkan penderitanya mengalami kelelahan tubuh.

Kondisi ini juga diakibatkan hormon insulin yang tidak bekerja secara normal, karena jika hormon insulin bekerja dengan normal, maka penderita diabetes tidak akan mengalami kelelahan fisik yang mengakibatkan badan menjadi lemas. Karena hormon insulin membawa glukosa dari darah ke sel tubuh untuk menghasilkan energi.

Kesemutan

Jika sering mengalami kesemutan atau sensasi dingin dan mengelitik pada kaki atau bagian tubuh lain, bisa jadi Anda terkena diabetes, apalagi jika sering mengalami kesemutan dalam waktu yang lama.

Memang gejala kesemutan tidak hanya dialami penderita diabetes namun juga dapat dialami oleh beberapa orang. Namun kesemutan ini diakibatkan karena kerusakan syaraf. Diketahui beberapa penderita diabetes mengalami kerusakan syaraf yang membuat penderita sering mengalami kesemutan di beberapa bagian tubuh.

Luka yang Lama Sembuhnya

Luka pada bagian tubuh akibat kecelakaan atau terkena gigitan serangga yang tak kunjung sembuh dan susah kering bisa menjadi tanda seseorang mengalami diabetes. Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes mengakibatkan dinding pembuluh darah arteri menyempit.

Akibat dari pembuluh arteri yang menyempit adalah aliran darah kaya oksigen menuju ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Padahal bagian tubuh yang mengalami luka sangat membutuhkan oksigen untuk membuat luka menjadi cepat kering. Hal ini membuat sel – sel tubuh kesulitan dalam memperbaiki jaringan syaraf yang rusak, akibatnya penyembuhan luka pada penderita diabetes menjadi lambat.

Kelainan Kulit

Warna kulit pada penderita diabetes terlihat lebih gelap terutama warna kulit pada bagian leher. Hal ini dikarenakan insulin terlalu banyak dalam menghasilkan pigmen. Selain itu, muncul beberapa masalah kulit yang lain, karena penderita penyakit diabetes akan mengalami gangguan sirkulasi darah sehingga kelenjar keringat mengalami disfungsi. Kulit menjadi gatal, bersisik, terasa gatal, kering dan gatal.

Berat Badan Turun Drastis

Berat badan yang turun drastis sebenarnya tidak hanya dialami oleh penderita diabetes. Faktor berat badan ini bisa dipengaruhi oleh berbagai macam penyakit maupun kurang nya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga mengalami kondisi berat badan yang turun drastis.

Namun penurunan berat badan yang turun drastis bisa menjadi gejala Anda menderita diabetes, hal ini disebabkan karena produksi insulin yang tidak memadai membuat tubuh mengambil sumber energi lain, misalnya mengambil energi dari protein. Tubuh akan mengalami pemecahan otot dan lemak, hal ini yang membuat penderita diabetes mengalami penurunan berat badan.

Sering Buang Air Kecil

Penderita diabetes mempunyai salah satu gejala, yaitu terlalu sering buang air kecil. Apalagi jika Anda terlalu sering buang air kecil pada malam hari atau tengah malam. Hal ini disebabkan karena kadar gula penderita diabetes sangat tinggi sehingga ginjal tidak bisa menyerap semua gula yang ada di dalam tubuh Anda.

Hal ini membuat ginjal bekerja keras untuk menyaring dan mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin, maka penderita diabetes akan sering buang air kecil. Jika Anda sering buang air kecil hingga 8 kali per hari maka wajib konsultasi kepada Dokter karena kemungkinan Anda menderita diabetes.

Gangguan Penglihatan

Faktor gangguan penglihatan sering dialami oleh beberapa orang , biasanya gangguan penglihatan diakibatkan oleh faktor usia yang semakin bertambah dan faktor lainnya, yaitu gangguan penglihatan karena faktor keturunan yang dialami sejak kecil. Anda harus waspada apabila mengalami gangguan penglihatan, seperti kabur, buram, dan samar – samar dalam melihat. Karena bisa jadi Anda terkena diabetes.

Ini juga disebabkan karena kadar gula yang tidak terkontrol. Tingginya glukosa penderita diabetes dapat membuat saraf menjadi rusak serta pendarahan pada pembuluh mata. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena akan mengakibatkan gangguan pada mata. Retinopati Diabetik merupakan bentuk komplikasi diabetes pada mata yang sering terjadi pada penderita diabetes. Dalam kondisi yang parah penderita diabetes akan mengalami katarak atau kondisi yang paling parah adalah mengalami kebutaan permanen.

Gangguan Pada Gusi

Penderita diabetes akan sering mengalami kerusakan pada gusi seperti iritasi dan bengkak. Tentu gangguan pada gusi sangat tidak menyenangkan karena akan mengganggu proses makan. Hal ini juga disebabkan kadar gula darah yang tinggi.

Apakah Anda sudah cukup memahami ciri-ciri diabetes yang sudah diuraikan di atas, Anda harus segera konsultasi kepada dokter apabila mengalami beberapa gejala di atas. Karena jika Anda mengalami beberapa gejala di atas bisa jadi Anda terkena diabetes.

Dalam artikel ini juga saya akan membahas produk yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, produk ini diproduksi oleh Kalbe, produk ini adalah Diabetasol UHT Vanilla Malt 200ml. Dengan kemasan nya yang praktis produk ini mudah dibawa kemana – mana dan dapat diminum kapan saja dan dimana saja.

Produk ini dapat mengatasi gejala diabetes dengan gula darah yang tinggi. Diabetasol UHT Vanilla Malt 200ml merupakan nutrisi makanan yang lengkap dan seimbang yang akan memenuhi kebutuhan gizi Anda. Dengan adanya kandungan Vitadigest dan Indeks Glikemik yang rendah dapat mengurangi lonjakan gula darah yang tinggi, dan juga membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Keunggulan Diabetasol UHT Vanilla Malt 200 ml adalah.

  1. Nilai gizi yang lengkap dan seimbang
  2. Mengandung Vita Digest
  3. Indeks Glikemik rendah
  4. Bebas Asam Lemak Trans dan Kolesterol
  5. Bebas Gula

Kegunaan dari Diabetasol UHT Vanilla Malt 200 ml adalah.

Sebagai Pengganti Makan Utama

Tentu saat menderita diabetes kita tidak boleh makan secara sembarangan, oleh karena itu kita dapat mengganti minuman/makanan yang tinggi kadar gula nya, yang sangat kita suka untuk dikonsumsi dengan mengonsumsi Diabetasol UHT Vanilla Malt 200ml ini.

Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Setelah Makan

Tentu, setelah kita makan kadar gula kita akan naik. Dengan mengonsumsi minuman ini maka kadar gula akan dikendalikan oleh adanya kandungan yang terdapat pada minuman ini.

Untuk Mengurangi Lonjakan Gula Darah yang Tinggi

Dengan kandungan Vitadigest dan Indeks Glikemik rendah maka akan dapat mengendalikan lonjakan gula darah yang tinggi.

Untuk Menghindari Resiko Jantung Koroner

Dengan gizi yang seimbang yang terdapat dalam produk minuman ini, maka akan mengurangi resiko jantung koroner, karena jantung koroner disebabkan karena kelebihan gizi. Kekurangan gizi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, akan tetapi kelebihan gizi juga akan membuat seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu kita membutuhkan gizi yang seimbang.

Menjaga Tubuh Agar Tetap Vit

Dengan kandungan gizi yang seimbang dalam produk ini juga adanya Vitadigest dan Indeks Glikemik yang rendah maka mampu membuat tubuh tetap sehat dan vit sehingga dapat beraktivitas.

Di artikel ini sudah dijelaskan mengenai ciri – ciri dari diabetes dan produk yang bisa dikonsumsi saat Anda mengalami gejala atau penyakit diabetes. Produk Diabetasol UHT Vanilla Malt 200 ml bagus untuk kita konsumsi jika kita mengalami gejala diabetes ataupun mengalami penyakit diabetes. Produk ini sangat praktis dan mudah dibawa di dalam tas. Karena manfaat dari produk ini bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi sehingga kita bisa beraktivitas karena asupan gizi yang ada pada Diabetasol UHT Vanilla Malt 200 sangat cukup untuk mengendalikan gula darah yang tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *