Macam Bawaan Hamil Anak Perempuan – Kehamilan pasti menjadi hal yang paling diharapkan dalam kehidupan rumah. Kehadiran sang buah hati bisa menjadi pelengkap kebahagiaan keluarga serta menjadi penerus garis keturunan. Baik perempuan atau laki-laki, jenis bayi kelamin bayi yang dikandung biasanya membawa tanda yang berbeda. Umumnya, bawaan anak laki-laki dan perempuan terasa berbeda. 

Ciri-ciri tertentu pada ibu hamil sangat umum dijadikan ajang tebakan jenis kelamin bayi yang dikandung. Meskipun saat ini sudah ada teknologi canggih yang bisa melihat jenis kelamin bayi sebelum dilahirkan, tetap saja banyak orang yang mempercayai tanda-tanda yang diperlihatkan. Tanda-tanda tersebut banyak dijadikan patokan dan banyak juga yang membuktikan kebenarannya seiring hasil pemeriksaan ultrasonografi atau USG. Seperti inilah tanda umum yang disebut sebagai tanda jenis kelamin bayi perempuan.

Bentuk Perut

Bawaan hamil anak perempuan bisa dikenali dari bentuk perut ketika mengandung. Memang bentuk perut perempuan hamil sudah pasti besar. Namun masih banyak orang yang menganggap bentuk perut tidak sama ketika hamil anak perempuan dan hamil anak laki-laki. Bentuk perut yang melebar dan membuncit agak tinggi menjadi perkiraan bahwa yang dikandung adalah bayi berjenis kelamin perempuan. Sekali lagi, bentuk perut bukan jaminan kebenaran fakta tentang jenis kelamin bayi yang akan lahir.

Detak Jantung Bayi

Jumlah detakan jantung bayi sebanyak 140-160 kali per menit dipercaya sebagai pertanda jenis kelamin perempuan. Ada teori yang mengatakan bahwa jantung bayi perempuan lebih kecil sehingga detaknya relative lebih cepat. Namun teori tersebut tidak sepenuhnya bisa dipercaya. Selain itu ada pula yang mengatakan bahwa detak jantung tidak menandakan jenis kelamin karena detak jantung bayi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya kesehatan ibu dan kondisi emosionalnya.

Ngidam Makanan Manis

Fase ngidam dialami oleh hampir semua perempuan hamil. Pada masa tersebut, ibu hamil cenderung menginginkan suatu makanan tertentu yang kadang disebut sebagai keinginan bayi. Ternyata jenis makanan yang diinginkan bisa jadi tanda jenis kelamin bayi. Ibu hamil yang lebih suka mengonsumsi makanan manis dianggap sebagai bawaan hamil anak perempuan. Sekali lagi, tidak ada teori terpercaya yang bisa membuktikan kebenaran anggapan ini. Namun banyak ibu hamil bayi perempuan yang membenarkan anggapan ini.

Wajah Berminyak dan Berjerawat

Wajah yang bermasalah dan seolah tidak terurus biasanya identik dengan sifat laki-laki. Tapi pada perempuan hamil, wajah yang jadi berminyak dan berjerawat justru disebut sebagai pertanda hamil anak perempuan. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon estrogen pada tubuh ketika hamil. Hormon estrogen juga yang memicu minyak berlebih pada wajah. Minyak yang tersumbat menjadi awal munculnya berbagai masalah, termasuk jerawat.

Mood Cepat Berubah

Ternyata bawaan hamil anak perempuan juga bisa dilihat dari perubahan mood. Lagi-lagi penyebabnya adalah peningkatan hormon estrogen. Mood ibu hamil yang diperkirakan janinnya berjenis kelamin perempuan bisa berubah dengan cepat. Ibu hamil mudah sedih lalu bisa jadi gembira seketika. Perubahan mood yang cepat ini biasanya terjadi pada trimester kedua hingga ketiga. Agar tidak sampai stres berlebihan, lakukan hal menyenangkan seperti jalan-jalan atau yoga untuk ketenangan pikiran.

Garis pada Perut

Berbagai bentuk perubahan fisik juga menjadi indikasi bawaan hamil anak perempuan. Salah satunya adalah munculnya linea nigra yaitu garis hitam pada tengah perut. Ibu yang diperkirakan hamil bayi perempuan memiliki garis ini mulai dari daerah pusar hingga bawah. Warna hitamnya begitu jelas. Bentuknya pun sedikit berliku. Garis ini akan hilang setelah bayi lahir. Meskipun ada juga ibu hamil bayi laki-laki yang mengalami hal ini, tapi masih lebih banyak dialami ibu yang hamil anak perempuan.

Morning Sickness Berlebihan

Bisa dipastikan semua perempuan hamil akan mengalami morning sickness. Hal yang membedakan adalah kadarnya. Ada yang sangat parah dan ada juga yang hanya biasa. Bawaan hamil anak perempuan disebut memiliki tanda morning sickness yang lumayan parah. Penelitian menunjukkan morning sickness yang berlebihan dipicu oleh produksi hormon hCG yang meningkat. Hormon itu diproduksi lebih banyak saat kehamilan anak perempuan.

Telapak Tangan Lembut

Masih merupakan efek dari meningkatnya kadar hormon estrogen, bawaan hamil anak perempuan juga memperlihatkan telapak tangan yang terasa lebih lembut. Ketika disentuh, telapak tangan akan lebih halus dibanding sebelum hamil. Hormon tersebut juga mempengaruhi bagian kulit lain. Sementara pada kehamilan bayi laki-laki, ibu hamil mungkin mengalami telapan tangan yang kasar, kering hingga pecah-pecah.

Warna Rambut

Bawaan hamil anak perempuan juga bisa dilihat dari warna rambut sang ibu. Warna rambut yang kusam dianggap pertanda ibu hamil bayi perempuan. Selain kusam, rambut juga terlihat tipis dan bisa jadi itu karena kerontokan parah. Hal ini berlaku kebalikannya. Ibu hamil yang rambutnya jadi lebih berkilau dipercaya tengah mengandung anak laki-laki. Anggapan ini masih belum dibuktikan secara ilmiah namun sudah banyak yang merasakan pengalamannya.

Posisi Tidur

Posisi tidur ibu hamil sebenarnya sangat bergantung pada kenyamanan. Terlebih ketika usia kehamilan sudah cukup tua dan mendekati waktu persalinan, pasti akan sangat sulit menemukan posisi tidur yang enak. Tapi ada yang menganggap bahwa posisi tertentu menggambarkan ciri jenis kelamin bayi yang dikandung. Ibu hamil yang cenderung suka miring ke kanan saat tidur disebut sebagai bawaan hamil anak perempuan. Namun pada usia kehamilan pada trimester ketiga, tidur miring posisi tertentu lebih disarankan untuk kemudahan persalinan.

Perubahan pada Wajah

Perubahan pada wajah perempuan hamil menjadi bawaan hamil anak perempuan yang sering tidak diperhatikan. Perubahan itu terlihat dari hidung yang lebih besar. Selain itu bentuk wajah juga semakin bulat. Ada yang mengatakan beberapa perubahan pada wajah tersebut adalah sebab dari kenaikan berat badan. Beberapa juga mempercayai bahwa tanda tersebut benar karena tidak semua ibu hamil janin perempuan mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak.

Jenis kelamin bayi perempuan maupun laki-laki sebenarnya tak jadi masalah. Hal yang lebih penting dari itu adalah kesehatan bayi yang dilahirkan serta kondisi terbaik ibu seusai persalinan. Meski begitu, tanda-tanda bawaan hamil anak perempuan di atas bisa menjadi bahan perkiraan yang cukup bisa dibuktikan dari kejadian terdahulu. Banyak yang terbukti berdasarkan pengalaman, banyak juga yang terbukti berdasarkan penelitian.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *