Lingkaran hitam di bagian bawah mata yang dikenal dengan istilah mata panda (periorbital hypochromia) tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Anak kecil juga bisa mengalami hal ini. Yang dimaksud lingkaran hitam tersebut adalah menipisnya kulit di sekitar mata sehingga terlihat lebih transparan dibandingkan dengan bagian wajah lain.  

Walaupun tidak terlalu beresiko, namun kemunculannya pada anak bisa merupakan indikasi adanya masalah kesehatan sehingga memerlukan pengecekan lebih lanjut ke dokter. Beberapa penyebab terjadinya mata panda pada anak antara lain adalah sebagai berikut:

Gejala Alergi

Munculnya bawah mata hitam pada anak bisa disebabkan karena gejala alergi. Tubuh anak mungkin sensitif terhadap unsur-unsur tertentu seperti debu, makanan, bahan kimia, bulu hewan, dan lain-lain. Saat reaksi alergi muncul, gejala yang umum terjadi adalah, mata merah dan gatal, hidung tersumbat sehingga membatasi aliran darah. 

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hindarkan anak dari penyebab alerginya dan selalu sedia obat anti alergi. Jika anak alergi debu atau udara kotor, pastikan udara lingkungan sekitar rumah selalu bersih. Jika alergi terhadap makanan atau minuman tertentu, maka jaga pola menu makan anak. Begitu pula jika anak alergi terhadap obat-obatan tertentu, lebih baik konsultasikan kepada dokter agar mendapat penanganan yang tepat.  

Faktor Keturunan

Perhatikan apakah ada anggota keluarga yang mata panda, maka anaknya juga berpeluang memiliki kasus yang serupa. Terutama ketika anak sudah mengikuti pola hidup sehat dan kondisi tubuhnya juga sehat namun lingkaran bawah mata hitam pada anak tetap muncul, besar kemungkinan hal ini terjadi karena faktor keturunan. 

Selain itu, Anak yang memiliki kulit putih juga bisa memiliki mata panda. Apalagi kondisi kulit bagian bawah mata yang memang cenderung lebih tipis dibandingkan area kulit wajah lainnya. Ini menyebabkan pembuluh vena yang berada di sekitar mata terlihat seperti lingkaran hitam seperti mata panda. 

Anemia

Anak yang kurang asupan zat besi juga bisa menjadi penyebab timbulnya bawah mata hitam pada anak. Kadar zat besi pada anak yang rendah bisa menimbulkan anemia sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya berikan makanan yang menjadi sumber zat besi bagi anak seperti ikan, sayuran hijau dan kacang-kacangan. 

Kurang Nutrisi

Selain zat besi, kekurangan nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, dan B12 juga bisa menimbulkan bawah mata hitam pada anak Anda. Kurangnya berbagai nutrisi tersebut bisa menyebabkan terganggunya sirkulasi darah dan oksigenasi jaringan yang tidak kuat yang akan terlihat di bawah mata. Lakukan diet sehat dan beri asupan gizi yang seimbang akan membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata buah hati Anda. 

Kulit Sensitif

Beberapa anak sering mengalami masalah kulit sensitif pada kulitnya, salah satunya adalah eksim. Ini menyebabkan kulit terasa gatal sehingga area sekitar mata menjadi hitam. Selalu sediakan cream atau bedak khusus untuk alergi dan hindari penggunaan produk perawatan kulit anak yang bisa memicu timbulnya eksim.  

Kurang Tidur dan Kelelahan

Penyebab bawah mata hitam pada anak bisa timbul karena terlalu lelah beraktivitas dan waktu tidur yang kurang. Kedua hal tersebut menjadi kontribusi yang menyebabkan munculnya mata pada. Saat tubuh anak lelah, kulit mereka akan menjadi pucat dan pembuluh darah disekitar mata melebar sehingga lingkaran hitam pada bagian bawah mata semakin terlihat jelas. 

Tidak jarang, bagian bawah mata anak Anda akan terlihat membengkak. Ini disebabkan karena jaringannya yang penuh dengan cairan yang akan menghilang ketika sang anak tercukupi waktu tidurnya, yaitu antara 7 sampai 8 jam sehari.  

Terlalu Lama Bermain Gadget dan TV

Hadirnya teknologi yang semakin canggih juga berdampak pada kesehatan anak yaitu munculnya bawah mata hitam pada anak. Beberapa diantaranya adalah terlalu sering menonton acara TV dan bermain game melalui smartphone. Saat kedua hal tersebut dilakukan terlalu lama, mata akan menjadi mudah lelah dan menimbulkan ketegangan yang signifikan pada otot mata (eye strain). 

Beri batasan waktu berapa lama anak boleh bermain gadget dan menonton TV. Selain itu, selalu ingatkan pada anak untuk mengatur jarak pandang agar tidak terlalu dekat antara mata dengan gadget atau TV sehingga kinerja otot mata tidak terlalu keras yang bisa menyebabkan timbulnya mata panda. 

Dehidrasi

Anda tentu sering mendengar slogan, “perbanyak minum air putih penting bagi kesehatan tubuh Anda”. Itu sebabnya jangan remehkan dan beri air putih dalam jumlah yang cukup untuk anak Anda. Dehidrasi yang terjadi pada anak bisa membuat munculnya lingkaran bawah mata hitam pada anak. 

Saat Dehidrasi, sel-sel kulit menjadi menyusut sehingga kulit tampak kusam dan gelap. Untuk itu, perbanyak minum air putih setidaknya 8-10 gelas dan juga konsumsi buah segar setiap hari. Selain itu, batasi anak Anda asupan minuman bersoda dan kafein seperti teh dan kopi .

Sinar Matahari Berlebih

Sebagian besar anak-anak suka sekali dengan aktivitas luar ruangan. Paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan bisa mengakibatkan area kulit yang terbuka mengalami hiperpigmentasi sehingga terlihat lebih gelap. Beberapa area tersebut diantaranya adalah bagian tengkuk, leher, wajah, dan bisa menimbulkan bawah mata hitam pada anak Anda

Agar hal tersebut tidak terjadi, beri batasan waktu saat bermain di luar rumah. Misalnya, saat pagi hari atau sore hari saja. Jika tetap memaksa untuk bermain di luar, anjurkan anak untuk menggunakan topi sebagai pencegahan agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

Kebiasaan Menggosok Mata

Ketika Anda melihat anak terlalu sering menggosok mata, segera cegah dan alihkan perhatian anak kepada kegiatan positif lainnya untuk mencegah timbulnya bawah mata hitam pada anak Anda. Mata yang sering mengalami gesekan akan melonggarkan kulit dan bisa menyebabkan pembuluh darah melebar dan berwarna lebih gelap sehingga memunculkan mata panda.

Mata panda tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, bahkan anak kecilpun bisa mengalami hal ini. Penyebab timbulnya bawah mata hitam pada anak bisa karena berbagai faktor. Mulai dari faktor genetik, alergi, lelah, kurang gizi, dehidrasi, sampai dengan kebiasaan bermain gadget yang terlalu lama. Untuk itu, cegah kemunculan mata panda dengan memberi asupan gizi yang lengkap, tidur yang cukup dan minum air yang cukup. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *