Pada umumnya, anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Hal ini membuat sebagian anak-anak terutama bayi akan riskan terhadap penyakit kulit. Ruam popok karena penggunaan diapers sekali pakai merupakan salah satu masalah paling umum yang terjadi. Tak hanya itu saja, terkadang kulit bayi juga timbul bercak putih berbentuk bulat seperti panu.

Kemungkinan Penyakit Kulit yang Ditimbulkan

Ada banyak hal yang bisa memicu timbulnya bercak putih pada kulit anak, terutama pada anak-anak. Berikut ini berbagai kemungkinan penyakit yang bisa ditimbulkan berdasarkan ciri dan gejala yang membersamainya.

  • Penyakit Pityriasis Alba

Pityriasis Alba merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak menular. Bisa menjangkiti seluruh usia dan menjadi penyebab bercak putih pada kulit anak. Pemicunya karena terlalu sering terpapar sinar UV dari matahari tanpa penggunaan sunscreen. Terlalu sering mandi dengan air panas juga dapat menjadi salah satu alasan. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila mandi dengan air hangat suam kuku agar terhindar dari penyakit satu ini.

Di dunia, ada sekitar 5% anak-anak yang memiliki risiko mengidap penyakit Pityriasis Alba. Sebagian besar bercak putih yang timbul berada di area wajah, lengan, leher, dada, hingga punggung sampai pantat. Orang tua sebaiknya waspada bila kondisi tidak kunjung membaik selama beberapa hari.

Penyakit ini dibagi menjadi dua. Jenis pertama Pityriasis Alba Pigmenting yakni kondisi bercak putih pada kulit anak yang disebabkan karena hiperpigmentasi atau penggelapan kulit. Kondisi ini mengakibatkan adanya bagian bersisik di luar kulit yang biasanya kerap ditengarai sebagai infeksi jamur.

Jenis kedua yakni Pityriasis Alba Ekstensif. Bentuk bercaknya klasik, cukup meluas dan simetris pada kulit. Tidak menimbulkan peradangan dan tanpa spongiosis atau akumulasi cairan abnormal pada kulit. Awal kemunculannya berupa sisik kasar, menyerang bagian bawah tubuh dan jarang menyasar area wajah.

  • Hipopigmentasi

Pernahkah Anda melihat beberapa orang yang punya bercak putih pada kulit anak cukup terang dan terlihat? Kemungkinan besar, kondisi tersebut karena adanya hiperpigmentasi pada kulit, sehingga tampak lebih terang karena kekurangan pigmen melanin. Pigmen ini berfungsi sebagai zat pemberi warna pada kulit. Pada umumnya, hipopigmentasi terjadi pada luka atau trauma kulit seperti digosok benda tertentu.

  • Pityriasis Versicolor (Panu)

Panu atau Pityriasis Versicolor merupakan penyakit yang paling sering terlintas apabila seseorang melihat bercak putih pada kulit. Hal tersebut memiliki peluang yang cukup besar mengingat bahwa panu merupakan akibat dari infeksi jamur yang menyerang kulit karena kelembaban yang tidak terjaga. 

Tak jarang, penyakit yang berkaitan dengan bercak putih pada kulit anak satu ini muncul di seluruh tubuh baik wajah, dada, punggung, tangan, atau kaki. Kondisi tersebut menyebabkan kulit anak akan terasa kasar dan bersisik bila disentuh. Melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan diri sangat penting diterapkan demi menghindari panu, kadas, kurap, dan sejenisnya.

  • Penyakit Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit kelainan kulit yang disebabkan karena kurangnya melanin atau pigmen warna kulit yang bisa menjangkit seluruh tubuh seperti wajah, leher, kaki, tangan, hingga lipatan kulit. Tak hanya bisa terjadi pada anak-anak saja, tetapi bisa juga menyerang orang dewasa.

Vitiligo ini juga bisa terlihat dari bercak putih pada kulit anak yang pada dasarnya sudah berhenti memproduksi melanin. Jika hal ini benar sesuai diagnosis, maka akan diiringi gangguan imunitas pada tubuh anak. Jika hal ini terjadi pada anak, waspadai gejalanya pada cucu Anda kelak, karena vitiligo berpotensi menyerang keturunan dan keluarga yang lain.

  • Kemunculan Morfea

Morfea termasuk salah satu jenis penyakit kulit yang langka. Biasanya akan muncul bintik-bintik atau bercak putih yang cukup mengganggu penglihatan. Area yang disasar biasanya pada perut, dada, atau punggung. Kabar baiknya, morfea hanya terjadi pada lapisan kulit terluar. Untuk kasus yang cukup parah, morfea dapat menyerang persendian, sehingga akan membatasi ruang gerakmu dalam beraktivitas.

Penyebab penyakit bercak putih pada kulit anak satu ini masih belum bisa ditelaah secara pasti. Para ahli mengemukakan morfea cukup erat kaitannya dengan kondisi peningkatan kolagen dan matriks ekstraseluler pada lapisan dermis kulit manusia. Hal ini memungkinkan seseorang akan cepat merasa kaku pada bagian yang diserang.

Komponen di luar sel yang disasar tersebut bersinggungan langsung dengan jaringan dan organ tubuh. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila penderitanya cukup tersiksa bila sudah sampai pada tahap keparahan. Pastikan Anda cukup peka dengan gejala yang mungkin ditimbulkan dan reaksi anak ketika mendapatkannya

  • Penyakit Lepra

Lepra merupakan salah satu jenis penyakit tertua di dunia. Penyebab utamanya adalah bakteri mycobacterium leprae atau yang lebih dikenal dengan penyakit kusta di Indonesia. Penyakit yang melibatkan bercak putih pada kulit anak ini dapat dialami oleh siapa saja. Pada umumnya, pergerakan bakteri pada penyakit lepra lebih cepat ketika berada di daerah yang panas dan lembab.

Cara Mencegah dan Mengurangi Keluhan Terkait Penyakit Bercak Putih

  • Gunakan jenis sabun, sampo, deterjen, salep, hingga lotion yang cocok dengan jenis kulit anak sebagai pelembab kulit
  • Gunakan bahan yang bebas pewangi sehingga lebih aman
  • Memproteksi kulit dari sengatan matahari dengan sunscreen
  • Menggunakan krim jenis steroid dan anti inflamasi agar kulit lebih terlindungi

Bercak putih pada kulit anak sebenarnya bisa dilihat dari ciri fisiknya terlebih dahulu. Bila disertai dengan kondisi tubuh yang semakin menurun, ada baiknya orang tua segera melakukan diagnosis ke dokter agar penanganan lebih tepat. Dengan demikian, risiko terburuk bisa dicegah dengan penegakan obat yang sesuai dengan keluhan.

Tingkat kesensitifan kulit anak tentu lebih tinggi dibanding orang dewasa. Hal itu bisa menjadi pemicu munculnya bercak putih pada kulit anak. Namun, Ibu perlu mengetahui jika terdapat berbagai jenis penyakit yang bisa menjadikan kemunculan bercak putih pada kulit anak. Oleh karena itu, Ibu perlu memastikan jenis penyakit kulit apa yang diderita anak agar tidak terjadi kesalahan pengobatan. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *