Apa Itu SBMPTN? Yuk Mengenal Lebih Jauh

Bagi para pelajar, istilah SBMPTN mungkin sudah tidak asing lagi terutama bagi mereka yang sedang atau sudah lulus Sekolah Menengah Atas. SBMPTN sendiri sangatlah penting bagi mereka yang ingin masuk dunia perkuliahan. Walaupun bukan satu-satunya jalur masuk universitas tetapi SBMPTN ini juga penting lho untuk diketahui dan dikenal.

Maka dari itu di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian, cara mendaftar, tips dan trik SBMPTN. Kalau penasaran, baca artikel ini sampai selesai yuk!

Pengertian SBMPTN

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengenal SBMPTN adalah mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu seleksi masuk perguruan tinggi yang menggunakan pola ujian tertulis. Ujian ini pun dilakukan secara nasional.

Menggunakan pola ujian tertulis, memberikan berbagai keuntungan baik itu bagi calon mahasiswa, lembaga PTN, bahkan negara. Salah satu keuntungannya adalah ujian bisa terlaksana dengan lebih efektif, efisien, dan fleksibel.

Tips dan Trik SBMPTN

Untuk mengenal SBMPTN, Anda harus tahu juga apa saja sih tips dan trik SBMPTN, antara lain:

  1. Memilih jurusan yang tepat dengan mencari tahu peminat dan peluang jurusan tersebut.
  2. Jika bersungguh-sungguh dengan jurusan tersebut pilihlah 3 pilihan PTN dengan jurusan yang sama agar peluang lolos semakin besar.
  3. Pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat agar tidak ada alasan lagi drop out karena salah memilih jurusan.
  4. Ikut try out SBMPTN untuk mengetahui kemampuan mengerjakan soal.
  5. Belajar dengan sungguh-sungguh karena dalam SBMPTN ada banyak sekali saingan yang tidak boleh disepelekan.
  6. Berdoa dan kerjakan soal dengan cermat karena setiap jawaban harus dipikirkan matang-matang agar mendapatkan skor yang bagus.

Cara Mendaftar SBMPTN 2021

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah tes tertulis yang dilakukan untuk masuk ke universitas. Hasil dari ujian ini nantinya akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Agar lebih mengenal SBMPTN, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mendaftarnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mendaftar SBMPTN. Untuk mendaftar SBMPTN pada tahap awal adalah melakukan beberapa hal seperti:

  1. Mempunyai akun LTMPT, jika belum memilikinya kunjungi website LTMPT dan lakukan registrasi.
  2. Jika sudah registrasi, loginlah dengan menggunakan akun LTMPT.
  3. Klik menu pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A lantas isi formulir pendaftaran yang ada.
  4. Jika mendaftar dengan KIP Kuliah Berbayar, Anda bisa mengisikan Nomor Pendaftaran KIP. Jika belum mempunyai Nomor Pendaftaran KIP Kuliah, Anda bisa kunjungi website kemendikbud.
  5. Print Slip Pembayaran untuk membayar.
  6. Bayarlah biaya pendaftaran melalui bank mitra LTMPT seperti Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BTN dengan menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah Anda miliki.
  7. Loginlah kembali ke akun LTMPT di website LTMPT.
  8. Isilah jenis jurusan SMA.
  9. Pilih program studi dan universitas.
  10. Unggah portofolio untuk program studi yang wajib portofolio.
  11. Cek ulang data pendaftaran dan simpan.
  12. Cetak kartu peserta untuk dibawa saat ujian.

Setelah mengetahui bagaimana cara mendaftar, Anda juga harus tahu apa saja persyaratan dan jadwal SBMPTN 2021 yang bisa dibaca di berbagai website lainnya.

Pentingnya Memenuhi Syarat Mengikuti SBMPTN

Bagi kamu para mahasiswa universitas pasti sudah tidak asing dengan SBMPTN, dengan perjuangan mengikuti SBMPTN kamu bisa dengan mudah diterima oleh universitas favorit yang kamu inginkan. Nah, bagi para siswa yang masih duduk di kelas 1 SMA atau 2 SMA mungkin masih asing dengan ini, namun perlu kalian ketahui hal ini akan menentukan masa depan.

Jadi, untuk kamu yang masih belajar dan masih belum bisa menentukan pilihan tetap harus mengetahui apa itu SBMPTN yang merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa dengan jalur tertulis. Hal ini memudahkan kamu untuk diterima di beberapa universitas yang ada sesuai dengan hasil UTBK ( Ujian Tulis Berbasis Komputer ).

Untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri, kamu harus mengetahui beberapa syarat mengikuti SBMPTN. Jangan abaikan beberapa syarat yang ada untuk mengikuti ujian tertulis ini, dengan beberapa syarat yang akan kami jelaskan kamu bisa dengan mudah dapat mengikuti ujian masuk universitas. Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang ada:

Peserta adalah Siswa SMA/MA/SMK

Untuk bisa mengikuti ujian kamu harus memiliki surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah Atas, hal ini berguna untuk memuat informasi dari lembaga pendidikan yang bersangkutan. Sehingga dapat memudahkan proses penerimaan di universitas pilihan, walaupun tetap yang paling utama adalah hasil dari ujian yang akan diikuti setelah berhasil mendaftar.

Peserta Memiliki Nilai UTBK

Peserta yang mendaftar juga harus memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer, hal ini dapat mempengaruhi agar kamu bisa terdaftar sebagai peserta SBMPTN. Karena dengan adanya Nilai UTBK juga walaupun akhirnya kamu gagal dalam melaksanakannya tetapi kamu telah memenuhi syarat mengikuti SBMPTN, oleh sebab itu kamu akan disalurkan ke beberapa universitas lainnya yang bisa menerima kamu dengan hasil nilai yang diperoleh.

Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kesehatan adalah hal yang paling penting, karena jika memiliki riwayat penyakit bisa saja menghambat jalannya ujian, setidaknya pastikan di haribpenting saat mengikuti ujian masuk universitas kamu tidak kecapean karena terlalu banyak begadang atau apapun sejenisnya agar tidak mengganggu jalannya proses studi.

Peserta Memiliki NISN

Syarat mengikuti SBMPTN berikutnya adalah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional atau sering dikenal dengan sebutan NISN, apalagi jika kamu ingin memilih program studi di bidang seni dan olahraga. Kamu wajib banget mengunggah portofolio, karena dengan mengecek kartu peserta semua data akan tertampilkan dan kamu akan lebih mudah diterima oleh universitas.

Peserta Dinyatakan Tidak Lulus Jalur SNMPTN

Untuk mengikuti ujian seleksi bersama kamu harus dinyatakan tidak lulus ujian SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri). Jika kamu berhasil atau lulus dalam SNMPTN kamu tidak membutuhkan jalur SBMPTN karena sudah pasti sekolah negeri pilihan kamu di manapun berada pasti akan menerima kamu.

Untuk biaya UTBK sendiri menjadi syarat mengikuti SBMPTN yang ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Biaya pendaftaran biasanya tidak terlalu besar mengingat ini merupakan lembaga khusus yang telah diresmikan pemerintah. Hal ini mempermudah seseorang dalam mencapai tujuannya dalam bidang pendidikan.

Trik Agar Lolos SBMPTN 2021 yang Patut Dicoba

Trik Agar Lolos SBMPTN 2021 yang Patut Dicoba! Melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus SMA tentu menjadi impian banyak orang. Jalur untuk masuk ke perguruan tinggi sendiri ada banyak, tidak jarang memiliki kebijakan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Meskipun begitu, perjalanan masuk ke perguruan tinggi tidak semudah yang dibayangkan karena persaingan yang ketat dan faktor yang lainnya.

Tidak bisa dipungkiri pula jika di luar sana ada begitu banyak siswa yang harus menelan pil pahit saat pengumuman SBMPTN tiba. Pada tahun lalu setidaknya ada 600 ribu lebih siswa peserta SBMPTN, tetapi hanya sekitar 160 ribu lebih siswa yang diterima. Angka tersebut tidak jarang membuat banyak siswa kelas 12 tertekan dan takut jika gagal ke depannya. Apabila kamu termasuk di antara mereka, kamu tidak perlu khawatir dan harus tetap berjuang meraih yang diimpikan.

SBMPTN sendiri merupakan salah satu jalur masuk ke PTN yang dibuka dengan menggunakan nilai UTBK sebagai persyaratannya. Namun, setiap PTN pun memiliki kriteria tersendiri untuk menerima calon mahasiswanya. Meskipun SBMPTN terlihat begitu sulit untuk ditembus, tetapi ada trik agar lolos SBMPTN 2021 yang bisa kamu lakukan. Paling tidak dengan menerapkan trik tersebut kamu akan lebih bersemangat untuk terus melangkah.

Apa Saja Trik agar Lolos SBMPTN 2021?

Tidak bisa dipungkiri memang, jika SBMPTN menjadi momok yang menakutkan bagi kelas 12 karena persaingannya yang begitu ketat. Sistem seleksi yang digunakan untuk masuk PTN ini bukannya tanpa alasan tapi agar pihak PTN dapat menyaring calon mahasiswa yang terbaik. SBMPTN ini diadakan tiap tahun setelah Ujian Nasional berakhir, sehingga kamu bisa lebih fokus dengan PTN yang dituju. Selain dengan belajar untuk UTBK, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Memilih Jurusan Sesuai dengan Minat dan Bakat

Trik agar lolos SBMPTN 2021 adalah dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Terkadang siswa lebih mengedepankan prospek kerja dan gaji yang didapatkan nantinya, bukan di bidang yang diminati. Padahal jika kamu berusaha dengan keras, maka kesulitan pun akan lebih mudah untuk dilalui.

Memilih Program Studi yang Berada di Jurusan yang Sama

Trik yang berikutnya adalah kamu dapat memilih program studi yang berada di jurusan yang sama. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan memilih dari PTN yang berbeda, tetapi dengan jurusan yang sama. Hal tersebut yang akan menunjukkan keseriusan kamu dengan program studi yang dipilih dan dijalani ke depannya.

Mengikuti Try Out UTBK

Trik agar lolos SBMPTN 2021 yang selanjutnya adalah dengan mengikuti try out UTBK yang diadakan oleh sebuah lembaga. Dengan mengikuti try out, paling tidak bisa melatih kemampuan dan mengukur kemampuan kamu. Apabila dirasa masih kurang, maka kamu perlu berusaha lebih banyak belajar dan membantu kamu saat mengerjakan UTBK yang sebenarnya.

Mengatur Waktu Belajar UTBK

Materi yang keluar saat UTBK tidaklah sedikit, bahkan tidak semuanya diajarkan selama di sekolah. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur waktu belajar UTBK dan dipersiapkan jauh-jauh hari agar mendapat nilai yang maksimal.

Memperbanyak Latihan Soal

Trik agar lolos SBMPTN 2021 adalah dengan banyak mengerjakan latihan soal. Apabila kamu banyak mengerjakan soal, maka kamu pun akan terbiasa dengan jenis soal yang muncul atau memiliki kemungkinan untuk muncul.

Demikian trik agar lolos SBMPTN 2021 yang bisa dibagikan. Semoga trik tersebut bisa membantu kamu memperbesar peluang untuk lolos SBMPTN tahun 2021.

Inilah Alur dan Biaya SBMPTN yang Harus Kamu Ketahui

Sudah lulus dari Sekolah Menengah Atas dan ingin melanjutkan kuliah? Cobalah untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Agar bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, kamu harus melakukan sebuah tes terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti SBMPTN.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN adalah sebuah seleksi yang dilakukan oleh calon mahasiswa agar bisa berkuliah di PTN. Seleksi akan dilakukan dengan ujian tertulis maupun ujian keterampilan. Uji keterampilan ini biasa diterapkan di jurusan yang berkaitan dengan seni dan olahraga.

Alur SBMPTN

Sebelum mengikuti SBMPTN, pastikan kamu sudah mengerti biaya SBMPTN, sistem dan alur SBMPTN yang sudah disiapkan. Hal ini agar proses seleksi bisa berjalan dengan lancar. Jika kamu masih belum mengerti, alur SBMPTN ada dua tipe, yaitu tipe A dan tipe B. Berikut penjelasannya.

SBMPTN Tipe A

SBMPTN Tipe A adalah SBMPTN yang dilakukan untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang menggunakan skema KIP Kuliah. Pada SBMPTN Tipe A ini ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Salah satunya adalah memiliki akun LTMPT dan masuk menggunakan akun tersebut di situs LTMPT. Setelah itu, kamu harus memilih pendaftaran UTBK SBMPTN Tipe A untuk mendaftar ujian tertulis.

Jika sudah, maka kamu harus memilih tempat tes UTBK yang sudah disediakan. Pilihlah tempat tes yang paling dekat atau mudah dijangkau dari tempat kamu tinggal. Jika kamu membutuhkan ‘keperluan khusus’, maka kamu bisa mengisi kolom yang disediakan. Lalu, print atau cetak slip pembayaran biaya SBMPTN kamu. Kamu akan diberikan waktu untuk melakukan pembayaran selama 2 x 24 jam.

Jika sudah melakukan pembayaran, kamu harus login LTMPT kembali untuk menjalani prosedur pendaftaran yang belum selesai. Selain itu, pastikan kamu mengisi jenis jurusan SMTA yang kamu pilih. Kamu bisa memilih paling banyak 2 program studi  baik dari PTN yang sama maupun berbeda. Jika kamu memilih program studi dari PTN yang berbeda, maka pastikan PTN tersebut masih satu jenis. Misal sesama politeknik atau non-politeknik saja.

Biaya SBMPTN – Jika semua sudah dilakukan, kamu hanya perlu mengisi portofolio dan melakukan konfirmasi pendaftaran. Jangan lupa untuk mencetak bukti peserta UTBK SBMPTN. Bukti ini harus diserahkan ketika kamu melakukan tes UTBK sesuai dengan jadwal SBMPTN yang ada.

SBMPTN Tipe B

SBMPTN Tipe B adalah SBMPTN yang dikhususkan bagi peserta KIP Kuliah yang masuk dalam golongan pendaftar tidak berbayar oleh kemdikbud. Untuk cara peendaftarannya masih sama seperti SBMPTN Tipe A. Hanya saja pada saat pemilihan jenis SBMPTN kamu harus memilih UTBK SBMPTN Tipe B.

Biaya Mengikuti SBMPTN

Ketika ingin berkuliah dan mengikuti tes, pasti yang menjadi pertanyaan utama adalah mengenai biaya SBMPTN. Untuk biaya sendiri bisa dikatakan cukup murah, yaitu sebesar 150 ribu rupiah, kecuali jika kamu mendaftar dengan Tipe B yang tidak dipungut biaya. Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa mengirimkannya melalui SMS banking, ATM, dan Mobile / Internet Banking. Perlu diketahui bahwa biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. 

Itulah informasi alur dan biaya SBMPTN yang harus kamu ketahui sebelum mulai mencoba masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.