Setiap anak pasti memiliki momen atau waktu dimana ia bisa menjadi begitu rewel. Rewel ini pun bermacam-macam bentuknya. Ada anak yang rewelnya hanya menangis tersedu-sedu, ada pula yang mengamuk dan tantrum bahkan menyakiti dirinya sendiri. Pastikan kita sebagai orangtua mengetahui penyebabnya sebelum mengatasinya.

Penyebab Anak Rewel dan Solusinya

Terdapat beberapa penyebab dimana momen-momen tertentu membuat anak kehilangan kemampuan untuk bertahan dan bersabar. Sebagai orangtua, tak jarang kita juga ikut merasakan emosi dan hilang kesabaran saat menghadapi anak rewel. Nah, berikut ini akan dijabarkan apa saja penyebab anak rewel sekaligus solusi atau cara agar anak tidak rewel antara lain : 

Rewel karena Sakit

Sudah barang tentu ketika anak mengalami kondisi tidak enak badan, maka semua itu akan berpengaruh pada sikap dan perilaku anak. Bisa jadi yang sebelumnya bisa aktif dan ceria tiba-tiba berubah menjadi anak yang murung dan cengeng bahkan hingga bersikap manja dengan kadar berlebihan kepada orang tuanya terutama sang ibu.

Salah satu cara agar anak tidak rewel saat sakit adalah cobalah untuk membesarkan hatinya sambil diusap-usap rambutnya, digendong dan coba dengarkan keluhannya. Apabila anak tidak mau makan, maka jangan dipaksa. Anda bisa menyuapinya sedikit demi sedikit. Coba bilang ke anak bahwa minum obat adalah sesuatu yang sangat penting agar bisa segera sembuh. 

Rewel Ketika Bertamu

Anak-anak bersikap rewel juga seringkali terjadi saat kita bertamu ke rumah orang lain yang tak jarang membuat kita merasa geram. Biasanya anak-anak seringkali merengek minta pulang saat bertamu kerumah orang lain lebih banyak disebabkan oleh anak-anak yang menganggap bahwa ‘rumahku adalah surgaku’, artinya mereka bisa menemukan kenyamanan hanya saat berada di rumah sendiri. Anda harus mencari cara agar anak tidak rewel pada kondisi tersebut.

Cara agar anak tidak rewel kala bertamu kerumah seseorang atau datang ke lingkungan baru adalah dengan mencoba untuk jangan memarahinya di depan tamu karena hal ini akan membuat Anda merasa malu telah menegur buah hati Anda di depan orang lain. Anda bisa membujuk anak Anda untuk mengeksplorasi tempat barunya tersebut agar lingkungan tersebut merasa aman untuknya. Tentunya, ajari anak untuk bersosialisasi dengan orang lain tanpa merasa ketakutan sehingga mereka akan merasa percaya diri berada ditempat baru tersebut.

Rewel karena Ditinggal Orangtua

Hal ini tentu menyebabkan anak akan rewel kala ditinggalkan oleh orangtuanya. Aktivitas orang tua diluar yang terlalu lama akan menyebabkan anak rewel hanya karena ingin bertemu dengan orangtuanya. Mungkin Anda sering mendapati ketika orangtuanya bekerja, seorang anak akan rewel karena selalu ingin bersama dengan orangtuanya.

Yang perlu diperhatikan saat melakukan cara agar anak tidak rewel ketika ditinggal oleh orangtuanya adalah Anda harus menghindari untuk pergi sembunyi-sembunyi dari seorang anak bahkan berbohong. Jika orangtua berbohong, maka Anda secara tidak langsung mengajarkan anak Anda untuk berbohong pula. Cobalah untuk mengatakan bahwa Anda akan segera kembali dengan cepat. Cepat atau lambat anak Anda akan mengerti dengan sendirinya.

Rewel Saat Datang ke Suatu Acara

Acara orang tua terutama seorang ibu akan membuat anak merasa stress dengan lingkungan barunya. Tentunya, Anda akan mendapati suatu kondisi yang mengharuskan Anda untuk membawa buah hati Anda ke suatu acara tertentu seperti arisan, reuni atau belanja. Namun, Anda tidak jarang mendapati anak Anda yang cenderung rewel dan minta pulang dengan segera. Jika Anda tidak menurutinya, maka Anak Anda akan cengeng dan menangis seketika juga.

Cara agar anak tidak rewel ketika Anda yang datang ke suatu acara tertentu seperti arisan bukanlah sesuatu yang sulit bagi Anda. Sebenarnya, ini hal yang wajar bagi Anda karena bertemu dengan orang asing di lingkungan tersebut. Mungkin, lingkungan tersebut menjadi tempat yang tidak menarik dan sangat menjenuhkan bagi anak Anda.

Rewel Ketika Naik Kendaraan

Kondisi ini tentu pernah Anda dapatkan ketika seorang anak rewel ketika diajak naik kendaraan. Sepertinya kendaraan merupakan suatu tempat baknya sebuah neraka bagi seorang anak. Penyebab anak tidak mau naik kendaraan karena merasa bosan berlama-lama di angkutan umum. Terlebih jika seorang anak suka mabuk kendaraan dan membuat anak tidak nyaman akan kondisi seperti ini seperti udara yang dingin, sesak dan penat ketika berada di angkutan umum. 

Mencari cara agar anak tidak rewel saat naik kendaraan adalah hal yang sangat wajar dengan penyebab yang sudah Anda ketahui sebelumnya. Orang tua harus mampu mengajak anak untuk mengobrol tentang apapun yang tidak membuat anak Anda bosan karena berkendara bagi anak adalah sesuatu yang sangat menjenuhkan bagi anak. Terlebih Anda akan harus membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan.

Rewel Saat Ingin Meminta Perhatian Lebih

Seringkali Anda akan merasa risih dengan kerewelan yang terjadi pada saat anak Anda meminta perhatian yang lebih dari orangtuanya. Keberadaan ibu dianggap sebagai sosok yang sangat berharga di hidupnya. Ingin mendapatkan perhatian lebih dari orangtuanya merupakan sikap yang wajar bagi seorang batita dan balita. Sepulang bekerja tentu seorang anak ingin mendapatkan perhatian yang lebih meskipun ibunya merasa sangat kecapaian.

Cara agar anak tidak rewel ketika anak Anda ingin mendapatkan perhatian yang lebih biasanya Anda harus bersikap tegas dan konsisten untuk memberikan perhatian pada anak Anda. Bersikap lemah lembutlah dan selalu bertanya apa keinginan anak sebenarnya. Jika Anda merasa sedang lelah coba pujilah Anak dan berikan penghargaan kepada anak Anda apa yang telah dicapai pada hari itu.

Melakukan tindakan agar anak tidak rewel memang tidak mudah namun sebagai orang tua, Anda harus mencobanya. Semakin banyak pengalaman Ibu bisa menaklukkan momen-momen anak rewel, maka artinya Ibu bisa mengerti dan memahami sikap dan hati anak Ibu. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *