Berbicara tentang NPWP, sebagai warga negara Indonesia tentu Anda sudah pernah mendengar dan bahkan sudah paham tentang NPWP kan? Jadi NPWP atau nomor wajib pajak ini merupakan  nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana administrasi perpajakan. Fungsi dari NPWP tersebut yaitu sebagai tanda pengenal diir atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban dalam urusan perpajakan.

Membayar pajak tersebut merupakan kontribusi dari masyarakat kepada negara. Jadi, bagi Anda warga negara yang sudah memenuhi wajib pajak, maka harus membayar pajak dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Nah, Nomor Pokok Wajib Pajak ini perlu dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha.  Fungsi perlu dimilikinya NPWP atau pembuatan NPWP tersebut yaiti sebagai sarana administrasi perpajakan atau digunakan sebagai acuan apabila Anda akan membayar pajak, juga menjadi persyaratan sejumlah pelayanan umum, seperti pengajuan kredit, pembuatan paspor, dan sebagainya.

Pembuatan NPWP ini sangat penting. Mengapa? Karena apabila Anda sebagai wajib pakak tidak mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP,maka akan ada sanksi nya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.  Untuk membuat NPWP tersebut apabila Anda ingin membuat NPWP dan status Anda masih belum bekerja atau masih melamar pekerjaan, Anda tetap bisa melakukan pengajuan pembuatan NPWP melalui online ataupun ofline.

Meskipun Anda masih belum bekerja, Anda tetap bisa memproses penbuatan NPWP tersebut. hal tersebut justru malah akan memberikan manfaat positif apalagi jika nanti Anda diterima bekerja, dan kantor mempersyaratkan Anda memiliki NPWP maka Anda sudah memilikinya.

Bagi Anda yang ingin mengurus Pembuatan NPWP, maka Anda dapat mengurus pembuatan NPWP tersebut melalui instansi perusahaan tem[at Anda bekerja maupun secara offline dan online. Sebagai warga Negara yang baik dan sebagai seorang wajib pajak, tentu mengurus NPWP sangat penting sekali ya. bukan hanya itu, NPWI juga memiliki banyak manfaat bagi Anda. Nah, berikut ini akan kami jabarkan mengeni manfaat dan cara membuta kartu NPWP. Simak ya!

Manfaat Pembuatan NPWP

  • Sebagai kelengkapan administratif

Ketika Anda akan melakukan pinjaman ke Bank misalnya KPR atau KTA, Kepemilikan NPWP ini akan sangat penting Anda miliki ketika Anda akan mengurus kelengkapan administrastif yang berkaitan dengan instansi misalnya seperti bank, instansi pemerintah, dan lainya. Kepemilikan NPWP tersebut juga akan Anda butuhkan  ketika Anda akan melamar pekerjaan sebagai kelengkapan administrasi yang harus dikumpulkan. Bukan hanya itu, kartu NPWP ini juga menunjukkan kredibiltas Anda sebagai wajib pajak.  Hal tersebut sangat dibutuhkan terutama bagi Anda yang saat ini memiliki usaha dan akan melakukan pengurusan  Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) maka Anda harus menyertakan copy NPWP saat menyerahkan kelengkapan administrasi.

  • Mempermudah saat bepergian ke luar negeri

Manfaat pembuatan NPWP tersebut juga akan memdahkan Anda ketika akan bepergian yaitu ke luar negeri lho. Dengan memilki NPWP maka akan membantu perjalanan Anda pastinya. Mengapa? Karena dengan Anda  menunjukkan kartu NPWP di bandara saat akan  pergi ke luar negeri, maka tidak akan dikenai biasaya fiskal. Bagkan dengan Anda memiliki NPWP,maka beberapa maskapai penerbangan ada yang  membuat promo potongan biaya.

  • Pengurusan Taspen

Kpemiliki NPWP ini juga masih Anda perlukan meskipun sudah tidak lagi bekerja secara aktif lho. Terumata  jika Anda pensiunan tentu maih akan menerima penghasilan. Nah, bagi Anda pensiuman Asabri dn PNS,maka dalam pembuatan Tabungan Pensiunan (Taspen) tersebut membutuhkan NPWP sebagai kelengkapannya.

Cara Pembuatan NPWP Secara Online

Lalu bagaimana cara mendaftarkan NPWP?Anda tak perlu bingung karena pembuatan NPWP pribadi tersebut cukup mudah. Saat ini Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) telah memperkenalkan cara pendaftaran NPWP melalui internet atau juga dikenal sebagai e-Registration (E-REG DJP). Langhah-langkah membuat NPWP secara online tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengurus NPWP secara online, maka pertama Anda perlu mengunjungi situs Dirjen Pajak dengan alamat www.pajak.go.id atau klik ereg.pajak.go.id/login untuk langsung mengakses halaman pendaftaran NPWP online di situs Dirjen Pajak. Di laman Dirjen Pajak tersebut maka Anda perlu klik menu sistem e-Registration.
  2. Untuk mendapatkan akun pendaftaran NPWP online, maka Anda perlu mendaftar terlebih dengan mengklik menu daftar. Selanjutnya Anda perlu mengisi data pendaftaran pengguna dengan benar seperti nama, alamat email, password, dan lainnya.
  3. Jika Anda sudah melakukan pendaftaran, selanjutnya Anda sudah bisa melakukan aktivasi akun. Untuk mengaktivasi akun tersebut dapat Anda lakukan dengan membuka kotak masuk (inbox) dari email yang Anda gunakan untuk mendaftar, kemudian buka email yang masuk dari Dirjen Pajak untukmelakukan aktivasi, maka Anda perlu mengikuti petunjuk yang ada di dalam email tersebut.
  4. Nah, setelah proses aktivasi sudah berhasil, selanjutnya Anda perlu megisi formulir pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran,Anda harus login ke ke sistem e-Registration dengan memasukkan email dan password akun yang telah Anda buat tadi. Untuk melakukan registrasi tersebut Anda juga dapat melakukanya dengan mengklik tautan yang terdapat di dalam email aktivasi kedua dari Dirjen Pajak.
  5. Setelah login Anda sudah berhasil , selanjutnya Anda  akan masuk ke halaman Registrasi Data WP untuk memulai proses pembuatan NPWP. Pada tahap ini maka Anda perlu mengisi semua data yang dibutuhkan dengan benar pada formulir yang tersedia. Untuk mengisi data tersebut, isi  datanya dengan teliti ya. nah, apabila data tersebut sudah Anda isi dengan benar maka akan muncul surat keterangan terdaftar sementara.
  6. Tahapan pembuatan NPWP selanjutnya yaitu apabila Anda sudah mengisi semua data pada formulir secara lengkap, maka kemudian pilih tombol daftar untuk mengirim Formulir Registrasi Wajib Pajak secara elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak Anda terdaftar.
  7. Langkah selanjutnya Anda perlu mencetak dokumen yang diperlukan diantaranya yaitu formulir registrasi wajib pajak dan surat keterangan terdaftar sementara.  Setelah formulir registrasi wajib pajak dan surat keteranganya sudah Anda cetak, maka selanjutnya Anda perlu menandatangani Formulir Registrasi Wajib Pajak  tersebut dan melengkapi dokumen. Jika sudah maka selanjutnya satukan dengan berkas kelengkapan yang telah Anda siapkan.
  8. Nah, pada saat proses pembuatan NPWP tersebut jika semua berkas kelengkapan yang dibutuhkan sudah siap, maka Anda perlu mengirimkan Formulir Registrasi Wajib Pajak, Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang sudah ditandatangani, beserta dokumen lainnya ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda sebagai Wajib Pajak terdaftar. Perlu Anda ketahui, berkas pengiriman dokumen tersebut harus dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim secara elektronik.
  9. Untuk melakukan pembuatan NPWP online ini apabila Anda tidak ingin repot-repot mengirimkan berkas yang dibutuhkan secara langsung atau melalui pos ke KPP, Anda dapat memindai (scan) dokumen Anda dan mengunggahnya dalam bentuk softfile melalui aplikasi e-Registration tadi.
  10. Melalui aplikasi e-Registration tersebut apabila Anda sudah mengirimkan berkasi dokumen yang diperlukan,maka Anda dapat memeriksa status pendaftaran NPWP Anda melalui email atau di halaman history pendaftaran dalam aplikasi e-Registration.  Namun jika status pada history tersebut ditolak, maka Anda perlu memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap.  Beda lagi jika statusnya tersebut disetujui maka kartu NPWP Anda akan dikirim ke alamat Anda melalui Pos Tercatat.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai manfaat dan cara melakukan pembuatan NPWP secara online. Bagaimana? Kini Anda sudah paham kan bagaimana cara membuat NPWP secara online. Langkahnya cukup mudah. Untuk mmebuat NPWP tersebut, Anda juga bisa melakukanya secara offlineatau secara langsung dapat dilakukan dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Persyaratan dokumen yang harus dibawa sama seperti pada pendaftaran online. Untuk melakukan pendaftaran NPWPsecara offline tersebut Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk pendaftaran offline, yaitu dengan  Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau melalui Jasa Pos atau Ekspedisi. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *