Ini Dia 8 Buah Penurun Kolesterol

Banyak orang lebih memilih untuk menurunkan kolesterol melalui cara-cara alami. Apalagi untuk orang-orang yang baru ingin mencegah kolesterol tinggi dan ingin memulai hidup sehat.

Kolesterol adalah lemak dalam tubuh yang terdiri dari dua jenis, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kadar kolesterol baik tidak boleh lebih rendah dari 40 mg/dL dan kadar kolesterol jahat tidak boleh lebih tinggi dari 100 mg/dL. 

Jika kadar kolesterol jahat terlalu tinggi, itu dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis kardiovaskuler atau penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, misalnya gagal jantung, hipertensi, atau stroke, akibat menumpuknya lemak jahat di pembuluh darah yang dapat menyumbat aliran darah.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peningkatan kolesterol diperkirakan menyebabkan 2,6 juta kematian.

Cara mencegah atau menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan perbanyak olah raga atau banyak bergerak, melakukan diet sehat dan hindari makan makanan berlemak tinggi, dan mulailah gaya hidup sehat seperti berhenti merokok dan minum minuman beralkohol.

Selain itu, kita juga bisa menurunkan kolesterol dengan cara alami, yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan anti-oksidan. Berikut delapan buah penurun kolesterol yang bisa Anda coba.

  • Alpukat

Alpukat ternyata baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Itu karena Alpukat mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan jika rutin dikonsumsi akan berdampak baik bagi jantung. Buah alpukat juga bisa membuat tubuh kenyang lebih lama, menyeimbangkan gula dalam darah, serta dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. 

  • Jambu Biji

Jambu biji juga ampuh menurunkan kadar kolesterol. Buah jambu biji mengandung vitamin E, vitamin C, pektin, flavonoid, dan nutrisi lainnya yang mampu membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Buah jambu biji juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah hingga menyembuhkan luka.

  • Buah Pir

Buah pir adalah buah yang kaya akan serat. Serat dalam buah pir sangat baik untuk mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh, sehingga dapat menyeimbangkan kadar kolesterol. Serat tinggi dalam buah pir juga sangat baik untuk pencernaan dan dapat menangkal radikal bebas.

  • Zaitun

Buah zaitun juga ternyata ampuh untuk menurunkan kolesterol tinggi. Buah zaitun mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E, serta kaya anti-oksidan. Semua nutrisi itu dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh, serta menyehatkan pembuluh darah dan jantung. Tidak hanya buah zaitun, mengkonsumsi minyak zaitun juga akan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh loh.

  • Pepaya

Pepaya terkenal karena kandungan seratnya yang tinggi dan karena itu sangat baik untuk usus dan pencernaan. Tapi tidak hanya itu, pepaya juga mengandung vitamin E, vitamin C, antioksidan, dan likopen, yang dapat membantu mencegah menumpuknya lemak di pembuluh darah, yang jika dibiarkan bisa menyebabkan hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung.

  • Kiwi

Kiwi memiliki kandungan vitamin E, vitamin C, dan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Rajin mengkonsumsi buah kiwi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Buah kiwi juga baik untuk merawat fungsi otot dan saraf loh.

  • Pisang

Siapa yang tidak suka pisang? Pisang adalah salah satu buah yang rasanya lezat dan mudah didapatkan. Tapi ternyata, pisang juga sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan kolesterol. Pisang mengandung banyak serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan dapat mencegah berkumpulnya lemak di pembuluh darah. Pisang juga bisa membuat tubuh kenyang lebih lama, menyeimbangkan tekanan darah, dan bagus untuk penderita diabetes.

  • Buah-buahan Berry

Buah-buahan berry seperti strawberry, blueberry, atau blackberry juga dapat melawan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik, karena buah-buahan berry kaya akan anti-oksidan. Rutin mengkonsumsi buah-buahan berry sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal, di mana anti-oksidannya juga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain mengkonsumsi buah-buahan di atas, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi kulit manggis, oatmel, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Meski Anda belum memiliki kolesterol tinggi, Anda tetap harus mulai mencegah sedari dini dan menjaga pola makan sehat. Anda juga disarankan rutin mengecek kadar kolesterol dengan melakukan cek darah setiap 4-6 tahun sekali.

Sebagai asupan nutrisi pendamping, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi Nutrive Benecol. Nutrive Benecol adalah minuman smoothie (susu dengan sari buah) dengan rasa yang lezat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) dan teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol total 7-10% setelah konsumsi 2 botol/hari, dan diminum secara rutin dalam 2 sampai 3 minggu. Mengkonsumsi Nutrive Benecol juga dapat membantu menghindari risiko penyakit jantung koroner. Minuman ini bisa dikonsumsi oleh Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi maupun orang dengan kadar kolesterol normal tetapi ingin melakukan pencegahan.

Nutrive Benecol bebas kolesterol dan aman dikonsumsi karena berasal dari bahan alami tumbuhan (kulit pohon pinus atau kedelai). Meski begitu, produk ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui atau anak di bawah usia 5 tahun, karena membutuhkan nutrisi yang berbeda, maka disarankan terlebih dahulu untuk konsultasi ke dokter.

Rutin olah raga, banyak makan buah dan sayur, serta konsumsi Nutrive Benecol jadi kombinasi sempurna bagi Anda yang ingin turunkan kolesterol.

Written By

user

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *