Bagi Anda yang sudah menikah, salah satu harapan terbesar Anda tak lain dengan segera  hadirnya sang buah hati kan? Memiliki seorang anak merupakan dambaan dari setiap pasangan yang telah menikah. Pasalnya anak merupakan karunia terindah dari tuhan yang akan menambah kelengkapan kebahagiaan pasangan suami istri. Jika Anda baru saja menikah dan segera mendapatkan kehamilan, tentu Anda akan bersyukur sekali ya. bagaimana tidak, dengan kehadiran sang buah hati tersebut maka keadaan rumah Anda pun akan semakin ramai dan menyenangkan.

Berbicara tentang tanda awal kehamilan memang seringkali yang banyak wanita jadikan patokan atau menerka-nerka apakah Ia hamil atau tidak yaitu melalui jadwal menstruasi atau pada saat yaitu telat haid. Namun ketika hamil muda, ada juga wanita yang masih mengalami bercak darah seperti haid meskipun sedang hamil. Hal tersebut mengakibatkan mereka tak segera menyadari tanda awal kehamilan dan menyadari setelah beberapa minggu kemudian.

Dan juga perlu Anda ingat, terlambat menstruasi ini juga bukan hanya disebabkan oleh kehamilan bun, terlambat menstruasi  juga  tak jarang dipengaruhi oleh beberapa faktor  seperti pola makan, stres, terlalu lelah, adanya gangguan hormonal, dan sebagainya. Jadi, Anda harus bisa membedakan antara telat haid karena hamil atau penyebab lainnya ya bun.

Bagi Anda yang tak ingin melewatkan momen untuk mengetahui tanda awal kehamilan Anda, maka Anda dan pasangan perlu mengerti benar mengenai ciri-ciri kehamilan tersebut ya. perlu Anda ketahui, tanda kehamilan tersebut selain disebabkan karena haid terlambat, namun juga terjadi gejala lain diantaranya yaitu perubahan di beberapa bagian tubuh, kondisi emosional yang naik turun, atau bahkan  juga selera makan yang berubah. Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ya!

Ciri-Ciri Tanda Awal Kehamilan

  • Terjadi Perubahan pada Payudara

Tanda awal kehamilan yang akan Anda rasakan yaitu akan terjadi perubahan pada payudara Anda ya bun. Ketika Anda sedang hamil, maka payudara Anda tersebut akan lebih membesar. Hal tersebut terjadi karena produksi hormon estrogen dan progesteron Anda meningkat. Selain payudara semakin membesar, payudara Anda akan semakin lembut dengan puting yang berubah agak kehitaman dan terlihat membesar.

Kehamilan juga menyebabkan  seorang wanita juga memiliki sensitifitas lebih pada payudara lho. Sensitifitas pada payudara Anda ketika hamil menjadi lebih tinggi atau bahkan  payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang. Bukan hanya itu, kehamilan juga akan menyebabkan pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat penegangan payudara. Nah, ketika seseorang sedang hamil, maka terjadi aktivitas pada  hormon HPL (Human Placental Lactogen). Hormon apakah itu? hormon tersebut merupakan suatu hormon yang diproduksi tubuh ketika sedang hamil untuk mempersiapkan ASI bagi bayi ketika terlahir ke dunia.

  • Pusing dan sakit kepala (Headaches)

Tanda awal kehamilan yang mungkin Anda rasakan yaitu Anda akan merasakan pusing dan sakit kepala ya bun. Kondisi pusing dan sakit kepala yang Anda  rasakan ketika sedang hamil ini disebabkan oleh faktor fisik diantaranya yaitu kelelahan, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Bukan hanya faktor fisik saja, ketika Anda pusing dan sakit kepala saat hamil ini juga seringkali disebabkan oleh keadaan emosional Anda misalnya perasaan tegang saat hamil maupun depresi. Pada saat hamil, maka pasokan darah ke seluruh tubuh juga meningkat dan bisa mengakibatkan Anda pusing ketika sedang berubah posisi.

Selanjutnya, penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu, peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

  • Muncul flek yang diikuti kram perut

Tanda awal kehamilan tersebut juga dapat ditandai dengan munculnya bercak darah. Bercak darah tersebut muncul  sebelum masa menstruasi Anda berikutnya datang, yaitu seringkali terjadi antara antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi.  Bercak darah atau flek tersebut diakibatkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim.  Nah, seperti yang dibahas sebelumnya, bercak darah yang terjadi saat hamil ini sering disalah artikan wanita sebagai darah haid.  Ketika sedang hamil, maka munculnya flek tersebut biasanya juga dibarengi dengan kram perut ya bun. Kondisi kram perut pada wanita hamil ini akan terjadi secara teratur dan bahkan berlanjut hingga kehamilan trimester kedua. Kram perut akan Anda rasakan sampai letak uterus posisinya berada di tengah dan disangga oleh panggul.

  • Mual dan muntah (Morning sickness)

Ketika Anda mengalami telat bulan, dan merasa mual dan muntah, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda awal kehamilan. Ya wanita yang sedang hamil, kebanyakan akan mengalami yang namanya mual dan muntah. Rasa mual dan muntah ini disebabkan oleh meningkatnya hormon secara tiba-tiba pada aliran darah.  Hormon tersebut dinamakan  HCG (Human chorionic Gonadotropin). Rasa mual dan muntah pada saat Anda sedang hamil tersebut seringkali dinamai dengan morning sickness karena biasanya terjadi pada pagi hari, namun sebenarnya rasa mual dan muntah ini juga sering terjadi pada siang hari atau bahkan ketika Anda mencium aroma atau wewangian tertentu.

Perlu Anda  ketahui juga, peningkatan hormon pada wanita hamil, juga terjadi pada saluran air kencing ya. oleh sebabnya, ketika Anda melakukan test kehamilan mediannya yaitu air seni. Tes kehamilan pada air seni tersebut berfungsi untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Namun Anda jangan khawatir ya bun, rasa mual tersebut biasanya akan menghilang ketika usia kehamilan Anda memasuki trimester kedua. Namun apabila  mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasikan ke dokter karena akan mengganggu kehamilan Anda tentunya.

  • Cairan vagina

Tanda awal kehamilan berikutnya yang perlu Anda ketahui yaitu dengan keluarnya cairan vagina. Pada saat hamil, maka cairan vagina yang keluar terasa kental selama beberapa hari setelah masa ovulasi.  Tanda kehamilan ini seringkali juga kurang diperhatikan oleh beberapa wanita.  Cairan lendir kental tersebut akan terus keluar untuk menjaga kebersihan vagina secara alami. selain  itu,  keluarnya cairan vagina tersebut  juga  dan mencegah bakteri jahat menyentuh janin.

  • Sering kencing/buang air kecil

Tanda awal kehamilan lainnya yang perlu Anda ketahui yaitu Anda akan lebih sering bolak-balik kamar mandi karena timbulnya rasa ingin buang air kecil berlebih. Keadaan tersebut terjadi apabila Anda sudah mengalami keterlambatan haid selama satu atau dua minggu.  Frekuensi lebih seringnya Anda buang air kecil ini disebabkan karena janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah. Ketika Anda sedang hamil, maka urin akan lebih cepat memenuhi kandung kemih  sehingga mengakibatkan keinginan buang air kecil menjadi lebih sering.

Peningkatan rasa buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan. Nah, ketika Anda sedang hamil dan sering merasa ingin buang kecil, maka biasakan untuk banyak minum air putih atau cairan lain untuk menghindari dehidrasi ya bun.

  • Sembelit

Tahukah Anda, sembelit juga menjadi salah satu tanda awal kehamilan lho bun.  Sembelit tersebut disebabkan karena meningkatnya hormon progesterone dalam tubuh. Pada saat hamil, hormon ini akan mengendurkan otot-otot rahim dan juga akan mengendurkan otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Ketika Anda merasa sembelit pada saat hamil, Anda tak perlu khawatir berlebih ya bun. Hal tersebut karena sembelit pada saat hamil juga memberikan keuntungan yaitu  memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

Nah, jadi bunda apabila Anda merasakan tanda-tanda tersebut diatas, maka mungkin saja saat ini Anda sedang hamil. Namun tetap saja tanda-tanda kehamilan  (pregnancy symptoms) diatas sifatnya pribadi, tidak semua perempuan pada awal kehamilan mutlak memiliki ciri-ciri di atas. Ciri-ciri yang dimiliki setiap orang ketika sedang hamil bervariasi bahkan ada juga yang tidak memiliki keluhan apapun.

Maka dari itu, Anda harus tetap siaga dan memperhatikan ciri atau gejala kehamilan yang terjadi secara lebih detail lagi. Apabila Anda sudah mengetahui kehamilan Anda apalagi pada waktu awal kehamilan, maka menyiapkan nutrisi  dan perlengkapan yang tepat untuk Anda dan buah hati dalam kandungan sangat penting sekali ya bun.  Pada saat awal kehamilan Anda, pasti Anda akan merasakan yang namanya mual dan muntah kan? Hal tersebut wajar karena kebanyakan wanita juga mengalaminya. Bukan hanya itu, ketika Anda sedang hamil maka Anda pun juga akan lebih memilih soal makanan.

Bisa jadi ketika Anda sedang hamil, selera makan Anda akan berkurang bahkan pada makanan yang dulu menjadi favorit Anda karena membayangkan baunya saja sudah mau muntah. Namun juga terkadang fluktuasi hormon d tubuh ketika hamil ini juga memicu ibu hamil untuk lebih sering makan sesuatu atau juga bisa disebut dengan ngidam.  Nah jadi apapun yang Anda rasakan entah itu mual, tak enak makan atau keadaan lainnya, namun memberikan nutrisi pada ibu dan bayi pada kandungan sangat penting sekali. Hal tersebut penting yaitu untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan serta agar menjaga tumbuh kembang anak dalam kandungan lebih optimal. Pemberian nutrisi pada ibu dan bayi tersebut bisa melalui sayur-sayuran sehat bahkan melalui produk susu.

Susu sangat diperlukan ketika Anda sedang hamil karena mengandung berbagai macam manfaat dan gizi yang diperlukan saat masa kehamilan. Melalui produk susu pun maka dengan kandungannya yang pas akan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin dalam kandungan. Bagi Anda yang merasa mual saat hamil, maka Anda juga bisa mengkonsumsi susu yang meredakan rasa mual Anda tersebut lho.  Saat Anda mual, cobalah mengonsumsi susu  khusus  hamil yang biasanya diperuntukkan untuk ibu hamil trimester pertama, yakni susu PRENAGEN Mommy Emesis ini ya bun .

Susu ini memiliki kandungan vitamin B6 dan protein di dalamnya yang membuat rasa mual berkurang. Melalui produk susu prenagen ini, maka juga akan membantu Anda melawan berbagai macam penyakit yang bsa juga membahayakan janin Anda lho. Mengapa? Karena  susu seperti PRENAGEN mengandung protein dalam kadar tinggi namun tidak berlebihan. Kandungan susu tersebut juga  sangat cocok lho untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Nah, untuk mendapatkan produk susu terbaik, maka Anda bisa mengunjungi toko online  KALBE Store sebagai solusi Anda mendapatkan produk susu terbaik ya bun.  Melalui Kalbe Store ini maka Anda bisa menikmati pengalaman berbelanja yang nyaman, pembayaran yang aman, dan pengiriman yang cepat bersama kami.

KALBE Store tersebut  merupakan situs e-commerce yang memudahkan Anda dalam berbelanja produk-produk nutrisi, perlengkapan ibu dan anak, makanan dan minuman, perawatan pribadi, vitamin dan suplemen, obat-obatan, hingga kebutuhan pasutri. Produk yang ditawarkan  di KALBE store pun juga bervariasi dan terjangkau untuk kebutuhan susu untuk kehamilan serta kebutuhan kehamilan  Anda lainya. Nah, produk susu kehamilan yang ditawarkan di KALBEstore ini juga lengkap dan Anda pun bisa langsung memilih sesuai kebutuhan. Produk susu tersebut diantaranya ada susu Prenagen mommy strawberry 200gr  Rp. 40.000, susu Prenagen mommy strawberry 400gr  Rp. 73. 000, susu Prenagen mommy mocca 400 yang dibanderol dengan harga Rp. 73.000, dan masih banyak  pilihan produk susu lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *