Tak ada satupun orang yang berharap mengidap penyakit kolesterol, kecuali mereka yang memang benar-benar tidak paham. Kolesterol tergolong ke dalam penyakit yang cukup berbahaya, karena ia secara massif mengganggu metabolisme tubuh sehingga berdampak pada penyumbatan sejumlah pembuluh darah. Jika situasi ini terus dibiarkan, maka Anda akan sangat rentan stroke, serangan jantung dan risiko penyakit berat lainnya. 

Butuh sejumlah upaya dan kedisiplinan agar Anda bisa tercegah dari penyakit kolesterol. Hal yang paling utama yakni Anda harus benar-benar menjaga asupan pola makan agar senantiasa bergizi seimbang. Namun apa jadinya jika Anda sudah memiliki kolesterol tinggi dan divonis dokter mengidap penyakit kolesterol? 

Dalam hal ini, Anda harus benar-benar menjaga pola makan dan secara rutin meminum obat khusus kolesterol, serta jika perlu mengonsumsi sejumlah suplemen penyeimbang kadar kolesterol. Cara ini pastinya akan memakan banyak biaya, dan pastinya Anda akan tersiksa ketika penyakit tersebut kambuh. 

Maka dari itulah, tak ada yang lebih baik dari melakukan sejumlah langkah pencegahan. Meskipun saat ini Anda merasa sehat dan bugar, jangan sampai Anda melakukan gaya hidup seenaknya dan mengabaikan pola hidup sehat. Lantas bagaimanakah caranya agar kita senantiasa terjaga dan tercegah dari sakit kolesterol?

Untuk menjawab hal ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan kolesterol, serta apa saja Tanda-Tanda dan Gejala Kolesterol Tinggi. Dengan mengantongi pengetahuan yang memadai seputar kolesterol, Anda berpeluang lebih piawai untuk melakukan tindak pencegahan maupun pengobatan secara efektif. 

  • Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol sejatinya adalah senyawa lemak yang baik dan bermanfaat untuk tubuh. Ia secara alamiah diproduksi oleh tubuh untuk membantu memproduksi sel-sel yang sehat, hormon, serta vitamin D. Tapi sebagaimana prinsip hidup, segala sesuatu yang berlebihan akan menjadi sesuatu yang tidak baik, begitu pula dengan kolesterol. 

Faktanya, kolesterol bisa tersulit untuk menjadi banyak dan diproduksi secara berlebihan. Jumlah kolesterol yang terlalu banyak dalam tubuh inilah yang membuat senyawa ini menjadi jahat bahkan membahayakan kesehatan tubuh. Singkat kata, kolesterol dalam jumlah berlebihan akan berdampak pada penyumbatan pembuluh darah sehingga Anda berpotensi terkena sejumlah penyakit kronis seperti serangan jantung dan stroke. 

  • Apa Saja Ciri-Ciri Orang yang Mengidap Kolesterol Tinggi?

Salah satu cara mendeteksi Anda atau seseorang mengidap kolesterol tinggi adalah dengan me;ihat tanda-tanda atau ciri-cirinya. Meski begitu, Anda tetap harus melalui cek laboratorium medis agar bisa memastikan kondisi tubuh Anda, apakah benar memiliki kolesterol dalam jumlah banyak atau masih dalam porsi yang seimbang. Adapun ciri-ciri tubuh yang memiliki kadar kolesterol tinggi dijelaskan pada uraian berikut ini: 

  • Merasa Pusing dan Pegal

Ciri paling awal ketika kadar kolesterol Anda tinggi adalah perasaan sakit kepala dan pusing di kepala, serta mengalami pegal-pegal di bagian leher serta pundak. Tapi tentu saja ketika Anda mengalami hal ini, tak lantas Anda harus mengambil kesimpulan bahwa Anda terjangkit kolesterol. Sebab ada banyak faktor yang membuat kepala pusing dan badan pegal. 

Meski begitu, tak ada salahnya untuk melakukan sejumlah tindakan antisipatif, misalnya dengan menjaga pola makan serta menjauhi sejumlah hal yang menyulut kadar kolesterol Anda semakin tinggi. Segeralah periksa ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

  • Mengalami Gangguan Saluran Pencernaan

Tanda selanjutnya dari Anda mengalami peningkatan kadar kolesterol adalah mengalami gangguan saluran pencernaan. Hal ini terjadi karena empedu Anda akan mengalami ketidakseimbangan kinerja, lantas hal tersebut menyebabkan munculnya batu empedu.

Berdasarkan penelitian, 80 persen kasus batu empedu terbentuk dari penumpukan batu kolesterol. Di sisi lain, kolesterol yang berlebih di dalam pembuluh darah akan menghalangi aliran darah ke ginjal serta lambung. Ketika arteri di bagian tersumbat, maka usus bisa mengalami gangguan sindrom iskemik dan pada akhirnya menyebabkan gangguan yang cukup serius pada saluran pencernaan.

Dampak yang tampak dari gejala ini adalah Anda yang akan merasakan sakit perut, mual, muntah, hingga mengalami pendarahan ketika buang air besar. Jika Anda mengalami gangguan sindrom iskemik, maka yang akan terjadi pada tubuh adalah sakit perut, mual, muntah, hingga berdarah saat BAB.

  • Diabetes 

Tanda-tanda Anda memiliki kadar kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah Anda akan mengalami gangguan kesehatan yang lebih kompleks lagi, yakni akan mengidap diabetes tipe dua. Penyakit ini sudah tergolong kategori kronis dan akan mengundang penyakit lainnya datang. 

Secara singkat, diabetes merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan kadar gula Anda terlalu berlebihan, bahkan tidak terkendali. Gula pada dasarnya memang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk sumber energi. Tapi ketika kadar gula dalam tubuh berlebih, maka akan mengakibatkan sejumlah dampak negatif. 

Di antara dampak buruk tersebut yakni kenaikan trigliserida, penurunan HDL serta secara otomatis meningkatkan jumlah kolesterol jahat.Jika situasi ini dibiarkan, maka risiko penyempitan pembuluh darah di sejumlah tempat akan terbuka lebar. Lebih lanjut, pembuluh darah yang tersumbat akan membuat aliran darah juga ikut tertahan. Akibatnya, pembuluh darah Anda bisa pecah kapan saja dan menyebabkan stroke atau gagal jantung. 

  • Disfungsi Ereksi 

Masalah serius pada organ reproduksi juga akan terjadi pada laki-laki dewasa ketika ia memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Di mana Anda berpeluang besar mengalami disfungsi ereksi. Tanda-tanda fisik yang akan kentara jelas adalah Anda akan mengalami penyempitan pembuluh darah ke bagian penis, sehingga ereksi menjadi tidak optimal. 

  • Lantas Bagaimana Solusinya?

Ketika Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, maka Anda patut curiga bahwa kadar kolesterol dalam darah Anda mengalami peningkatan secara tak terkendali. Pastikanlah kondisi kesehatan Anda sesegera mungkin agar bisa segera melakukan tindak pengobatan secara cepat dan tepat. 

Selain melakukan tindakan medis, Anda juga bisa mendukung upaya pengobatan penyakit kolesterol dengan melakukan diet untuk sejumlah makanan, buah-buahan, suplemen serta aktivitas olahraga. Berikut ini sejumlah makanan yang bisa Anda racik untuk membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah, atau setidaknya tidak membuat kondisi tubuh Anda semakin parah akibat kolesterol jahat yang berkeliaran banyak di dalam tubuh. 

Berikut ini sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendukung pengobatan penyakit kolesterol: 

  • Mengonsumsi Air Perasan Jeruk Nipis

Langkah pertama untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami adalah dengan minum perasan air jeruk nipis. Ada sejumlah kandungan zat baik yang terdapat dalam air jeruk nipis, di antaranya antioksidan bernama flavonoid. 

Antioksidan yang satu ini secara efektif akan membantu melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas yang dapat merusak tubuh, termasuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Waktu terbaik meminum perasan air jeruk nipis adalah saat pagi dan malam hari. 

  • Minum Jus Kulit Manggis

Sejumlah penelitian medis mengungkapkan bahwa kulit manggis kaya manfaat, salah satunya bisa mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Di antara kandungan yang terdapat dalam kulit manggis adalah zat xanthone. Ini merupakan bahan aktif anti kanker dan antioksidan. Berdasarkan riset, zat ini bahkan lebih kuat dari vitamin C dan E sehingga Anda sangat bisa mengandalkannya untuk mengobati penyakit kolesterol. 

Cara membuat jus kulit manggis cukup mudah. Mula-mula, pilihlah kulit manggis yang bagus, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, campurkanlah kulit manggis dengan sedikit air, lalu blender. Setelah kulit manggis hancur dan tercampur air, Anda bisa segera meminumnya. 

Ketika Anda mengonsumsi jus kulit manggis secara rutin, maka Anda akan bisa merasakan khasiatnya, dimana kondisi tubuh Anda akan lebih baik dan kadar kolesterol Anda kemungkinan besar akan kembali seimbang.  

  • Mengonsumsi Brokoli 

Makanan sehat lainnya yang bisa membantu Anda menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah adalah dengan rajin mengonsumsi brokoli. Sayuran hijau ini telah terbukti mengandung serat tinggi, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Brokoli bekerja ampuh menyeimbangkan kadar kolesterol, sebab kandungan dalam sayur ini berfokus melakukan detoksifikasi untuk tubuh Anda secara alami. 

  • Rutin Minum Nutrive Benecol Smoothies

Inilah cara termudah dan paling praktis ketika Anda serius mengobati kolesterol secara cepat dan praktis, yakni dengan mengonsumsi Nutrive Benecol Smoothies. Ini merupakan produk minuman susu dicampur sari buah yang kaya akan kandungan Plant Stanol Ester (PSE) sebanyak 1,7 gr per saji. 

PSE merupakan racikan yang terdiri dari bahan-bahan khusus yang punya fungsi utama menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah untuk kemudian menggantinya dengan dominasi kolesterol baik. Kandungan PSE dalam Nutrive Benecol Smoothies juga efektif mencegah Anda dari serangan jantung koroner. 

Istimewanya, semua kandungan yang terdapat dalam Nutrive Benecol Smoothies hanya terdiri dari bahan-bahan alami saja. Minuman kesehatan ini juga memiliki kandungan gula sebanyak nol persen, sehingga pengidap diabetes tidak perlu takut mengalami lonjakan gula darah setelah mengonsumsi Nutrive Benecol Smoothies. 

Untuk mendapatkan khasiat baik dari Nutrive Benecol Smoothies secara efektif, silakan mengonsumsi produk ini secara rutin setiap hari sebanyak dua botol. Setelah masa konsumsi selama dua hingga tiga minggu, Anda akan segera merasakan efek positif, dimana akan terjadi penurunan kadar kolesterol sebanyak 7 hingga 10 persen. Hal ini bukan sekadar promosi belaka, tapi telah melewati riset dan uji klinis. 

Khasiat baik dari Nutrive Benecol Smoothies makin ditegaskan dengan diperolehnya status “Generally Recognized as Safe (GRAS)” dari United Stated FDA. Artinya, produk ini memang sudah teruji aman dan berkhasiat. Selain itu, Nutrive Benecol Smoothies telah berhasil meraih prestasi berupa meraih sepuluh besar “greatest discoveries in the world of nutrition” alias bagian dari sepuluh penemuan paling hebat dalam dunia nutrisi. 

Produk Nutrive Benecol Smoothies tidak mengkhususkan diri untuk penderita kolesterol tinggi saja, tapi orang sehat pun dianjurkan untuk mengonsumsi produk kaya manfaat ini secara rutin. Selain aman dan mendukung kesehatan, minuman ini juga akan efektif mencegah Anda dari serangan penyakit kolesterol, sebab kadar kolesterol dalam darah Anda senantiasa terjaga keseimbangannya. 

Demikianlah informasi seputar tanda-tanda Anda mengidap penyakit kolesterol dan bagaimana cara mengantisipasinya. Mari segera menegaskan kepedulian terhadap diri dan kesehatan Anda dengan rutin menerapkan gaya hidup sehat serta mengonsumsi Nutrive Benecol Smoothies. Ingatlah bahwa mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Tapi jika penyakit kolesterol sudah telanjur bersarang di tubuh Anda, jangan pernah berputus asa untuk melakukan sejumlah tindak pengobatan yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *